4 Trik Black Hat SEO ini Masih Berfungsi, Mau Nyoba?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:59 AM
14 comments
Trik black hat SEO ternyata masih ada yang 100% bekerja hingga detik ini. Awalnya rada ragu, benarkah masih berfungsi?

Setelah riset sana sini, ternyata memang benar, trik SEO black hat ini masih ada 'taji' nya. Anda tentu penasaran. Apa saja sih trik yang dimaksud?

Blackhat SEO Masih Ada


Baik lawan buruk. Benar melawan salah. Ada gelap ada terang. Dalam liarnya dunia SEO, ada whitehat dan blackhat. Meski faktanya, dalam SEO masih ada area abu-abu yang sering jadi celah untuk blogger dalam mengoptimasi blog mereka.

Soal benar atau salah, itu hanya sebuah persepsi sebagai sudut pandang dari argumen yang muncul sesuai dengan posisi Anda berdiri.

Ngomongin taktik SEO topi hitam (blackhat), tak perlu kita berdebat tentang penting tidaknya, atau bahkan dalam hal segi kepantasan. Jika di tanya, apakah teknik blackhat masih ada pengaruhnya di tahun ini? Terus terang jawaban saya adalah YA.

Akan selalu ada orang-orang taktis yang mencari celah dari sebuah sistem ‘permainan’. Seperti yang kita tahu, "dimana ada kemauan di situ ada jalan".

SEO blackhat adalah taktik atau metode yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat sebuah halaman yang berpedoman di luar pakem kerja mesin pencari. Ini bisa berarti isian kata kunci, cloaking, teks tersembunyi, dan berbagai praktik rumit lainnya.

Trik Black Hat SEO

4 Trik Blackhat SEO yang Masih Berfungsi


Mari kita lihat taktik SEO topi hitam apa saja yang masih berfungsi kinerjanya di hasil pencarian Google.

Keyword Stuffing

Kita mungkin sudah akrab dengan istilah yang satu ini. Keyword stuffing adalah mengemas konten dan laman web dengan mengusung kepadatan kata kunci untuk membantu mendapat  tempat duduk di SERPs. Namun ada sebuah "etika" yang perlu Anda patuhi.

Menerapkan user-generated tagging akan menciptakan efek yang sama seperti isian kata kunci namun bedanya tanpa aliran kata tidak nyaman yang bisa mengundang reaksi ‘curiga’ dari Google.

Menggabungkan tag tidak hanya membantu mengatur pengelompokkan jumlah konten, namun memungkinkan pengguna untuk menemukan jawaban dari setiap pertanyaan yang mereka input.

Efeknya justru akan menciptakan jaringan metadata yang lebih dapat diterima dan cocok untuk mesin pencari dalam hal meningkatkan relevansi konten.

Stack Exchange adalah salah satu situs yang melakukan teknik ini dengan sangat baik. Silahkan pelajari teknik penempatan tag-tag dari situs tersebut.

Duplikat Konten

Ini bukan berarti men-duplikasi konten dengan cara konvensional dimana memposting ulang konten di website Anda atau pun situs terkait tanpa ada penambahan atau perubahan sedikit pun dari teks salinan aslinya.

Ada cara yang lebih terhormat yaitu dengan mengubah dan repackage konten dengan cara baru. Beberapa metode ini mungkin bisa merubah suasana konten Anda :

  • Membuat video, slideshow, gifographic dan lain-lain dari konten yang sama untuk target pengguna yang berbeda agar informasi konten bisa terdistribusi.
  • Menghidupkan kembali posting sebelumnya dengan pengalaman, upgrade dan wawasan yang baru. Mempublikasikan posting baru dengan link ke konten asli dan mengedit paragraf bagian bawah dengan memasukkan beberapa materi baru. 
  • Mengirimkan tweet yang sama pada interval dengan hari yang berbeda dari link konten lama namun yang masih berguna. Anda bisa mengarahkan lalu lintas sebanyak ketika awal pertama konten tersebut dirilis.

Blog Private Networks (Jaringan Sendiri)

Google menggunakan inbound link sebagai faktor peringkat untuk situs. Inbound link ibarat orang yang mengarahkan jari telunjuknya ke arah blog kita.

Setiap inbound link dianggap sesuatu layaknya sebuah "penilaian" ke arah situs Anda, semakin tinggi nilainya maka akan memperkuat peringkat sebuah website.

Sebelum Penguin menggeser fokus link dari kuantitas ke kualitas, inbound link setidaknya masih bisa diandalkan. Saat ini, banyaknya link berkualitas rendah justru akan membahayakan peringkat website Anda, itu sebabnya kualitas link perlu Anda seleksi.

Dengan jaringan blog pribadi, pemilik situs membangun jaringan blog (dummy blog) yang semua link nya mengarah ke situs utama.

Namun masalah dari metode ini adalah peringkat dari blog pada jaringan tersebut. Untuk lolos dengan teknik private network, tiap blog setidaknya harus menghasilkan 10 posting ‘top-notch’ yang mengandung nilai riil.

Hal ini sendiri bisa sangat memakan waktu, apalagi menyiapkan jaringan itu sendiri. Setiap blog harus terdaftar di whois dengan data yang bukan fiktif  beserta nama account yang berbeda untuk menghindari masalah pada IP. Selain itu butuh program tertentu yang harus digunakan untuk menutupi trek Anda.

Metode ini tentu saja masih bekerja, dibutuhkan banyak waktu dan usaha yang harus dikerahkan daripada hanya membangun SEO dengan cara yang lebih mudah namun tanpa hasil nyata.

SEO Negatif

SEO negatif adalah metode yang tidak berusaha untuk meningkatkan peringkat situs sendiri, tapi untuk meruntuhkan persaingan dengan menyerang situs kompetitor.

SEO negatif dicapai melalui pembelian link spam yang melimpah (hingga ribuan) dan mengarahkan semuanya ke pesaing Anda. Cara ini terbukti bisa mengalihkan perhatian Google terhadap musuh Anda dan akhirnya akan menghukum mereka. Hasilnya bisa benar-benar menghancurkan.

Saya akui strategi ini masih tokcer, meski praktek ini memang sedikit kelewatan. Makanya sebelum take action, ada baiknya geser perspektif Anda tentang arti sebuah kompetisi.

Alih-alih melihat situs lain sebagai saingan, mengapa tidak mencoba untuk merubahnya sebagai hubungan kerja? Cobalah untuk mendapatkan link dari situs-situs tersebut, menjadi posting tamu, dan sebagainya.

Selain itu, seperti pada private network, akan terlihat bahwa waktu Anda bisa jauh lebih efektif berfokus pada bagaimana dampak positif situs Anda sendiri, bukan malah mencoba untuk menurunkan peringkat blog orang lain.

Penutup


Intinya di sini adalah bahwa kampanye SEO black hat masih ’work’. Tapi untuk berapa lama? Itu tergantung pada seberapa baik Anda menjalankannya tanpa meninggalkan jejak breadcrums apapun.

Banyak cara-cara yang bisa menipu Google. Tapi akan lebih baik jika Anda bermain sesuai ‘aturan’ dengan teknik asli yang dapat diandalkan untuk meningkatkan peringkat situs Anda.

Apa pendapat anda tentang black hat SEO? Apakah Anda berpikir metode ini layak untuk dicoba, atau lebih baik patuh dengan aturan? Keputusan final ada di tangan Anda.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

14 komentar:

  1. wah jadi pengin nyoba, makasih banyak informasinya gan.. keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo kalo mau dicoba,..tapi resiko tanggung sendiri lho ya..xixixi

      Hapus
    2. hihi, jangan dicoba dirumah mas gan

      Hapus
  2. wow, mantap gan tipsnya. tapi ga pengin nyoba

    BalasHapus
  3. wah jadi takut ane kena teknik yang terakhir apalagi blog ane yang pedomane,ga masih baru. make domain gratisan lagi. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di akhir artikel saya tulis "keputusan final ada di tangan Anda"...

      jadi baik buruknya bukan tanggung jawab penulis, h he he,..

      think twice mas Yosua, thanks ya...

      Hapus
  4. Setuju banget dengan pendapat admin tentang SEO Negatif diatas.
    Cobalah merubah mainset terhadap persaingan sesama blogger ^_^

    Mantap min.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi saya,..dalam dunia blogging ngga perlu ada persaingan,..

      kerja sama antar blogger malah lebih berguna buat kemajuan blog kita sendiri, contoh paling mudahnya ya lewat blogwalking..

      mari kita bangun mindset yang positif,..thanks mas Rahmad udh ikut berkontribusi,..salam blogger

      Hapus
  5. Penjelasan simple tapi memuaskan, tengkiyu mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...

      thanks juga atas kunjungannya, mas abenx...salam

      Hapus
  6. pakai cara yang aman saja deh, yang aman saja bisa masuk halaman 1 google kenapa harus pake black hat seo? :)

    makasih infonya mungkin sebagian orang mau nyoba deh yakin

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemikiran yang praktis,.saya setuju,..ibaratnya, kalo ada yg gratis, kenapa harus beli? begitu bukan mas Hendri?...
      yo wes lah,..mending pilih yg aman2 aja mas, biar ngeblognya juga lancar dan income yg masuk juga jadi halal,.

      thanks mas Hendri, salam

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam