7 Teknik Optimasi SEO Khusus Blogger Newbie | Kursus Kilat SEO - BLOG MUST TEGUH

7 Teknik Optimasi SEO Khusus Blogger Newbie | Kursus Kilat SEO

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:19 AM
12 comments
Teknik optimasi SEO memang pekerjaan yang sulit. Apalagi buat blogger lugu yang baru kenal dunia blogging. Bagi mereka hal itu justru menambah beban pikiran, di tambah istilah-istilah SEO yang rumit untuk mereka pahami.

Padahal jika mau ditelusuri, disitulah harapan terbesar kemajuan blog dipertaruhkan, seperti peningkatan lalu lintas pengunjung, peringkat SERP’s dan membuat blog lebih mudah dimonetisasi.

Memang mustahil jika harus menguasai teknik optimasi SEO hanya dalam semalam. Masalah utamanya karena SEO dipengaruhi oleh banyak faktor.

Bagi blogger newbie (termasuk saya), pasti sangat ingin setiap artikelnya muncul dengan mudah di halaman pertama Google. Akibatnya, banyak dari mereka berusaha mati-matian mempelajari SEO dari batang hingga ke akarnya.

Namun saran saya, jika Anda masih pemula jangan dulu memaksakan diri menggali SEO terlalu dalam karena level kita belum mampu untuk sampai ke sana. Saya jamin malah bisa bikin stres. Jalani saja prosesnya secara natural.

Oleh karena itu, ikuti penjelasan saya di bawah ini.

optimasi seo khusus blogger newbie

Ambil dulu “Low Hanging Fruits” SEO


Low hanging fruits artinya buah yang tergantung paling rendah. Saking rendahnya bahkan tak perlu alat atau upaya yang berlebihan untuk memetiknya.

Jika diterjemahkan dalam optimasi SEO, low hanging fruits merupakan sebuah analogi yang memberitahu Anda agar mengambil jalan keluar yang lebih mudah untuk SEO tanpa teknik yang rumit dan berlebihan. Toh, hasil yang di peroleh tetap sama.

Jadi, jika Anda merasa seorang blogger newbie, ambil teknik optimasi SEO dari yang paling mudah dulu.

Anda butuh bantuan? Silahkan ikuti penjelasan selanjutnya pada sub judul di bawah ini.

Teknik Optimasi SEO Khusus Blogger Newbie


Kenapa saya khususkan untuk blogger newbie? Jika Anda blogger senior, mungkin sudah tidak asing dengan teknik ini. Namun tak ada salahnya Anda ikut menyimak untuk mengkoreksi.

Yuk kita simak bareng-bareng.

1. Optimalkan Tag Judul Anda

Tag judul adalah unsur SEO paling penting pada halaman website. Moz menjelaskan, "elemen ini sangat penting untuk pengalaman pengguna dan optimasi mesin pencari."

Tag judul terletak di bagian header, penampakannya seperti ini:
<head>
<title> Contoh Judul </ title>
</ head>

Masalahnya, banyak para pengembang atau desainer web menaruh banyak teks pada tag judul tanpa mempertimbangkan konsekuensi SEO nya. Agar lebih SEO, Anda perlu memperbaiki hal ini.

Berikut adalah aturan untuk mengoptimalkan tag judul:

Membuat panjang judul antara 50-60 karakter

Anda harus cermat, jika tag judul terlalu panjang, tampilan di SERP’s akan terpotong. Jika terlalu pendek, potensi SEO pada tag judul akan melemah.

Untuk memastikan tag judul Anda adalah panjang dan sesuai, gunakan tool dari Moz untuk mengeceknya. Dari situ nanti akan ditampilkan contoh bagaimana tag judul Anda akan muncul di halaman mesin pencari.

Gunakan Longtail Keyword pada Judul

Agar lebih optimal, tag judul harus berisi kata kunci. Fokuskan pada satu longtail keyword untuk per halaman.

Sebuah kata kunci Longtail biasanya berisi beberapa frase kata deskriptif. Namun ingat, jangan berlebihan memuat kata kunci, oleh Google ini dianggap sebagai sinyal spam.

Jika algoritma Google mencurigai kata kunci yang overload, mereka bisa mendevaluasi blog Anda di SERP’s.

Tempatkan target Longtail Keyword menjelang awal judul

Saya sangat sarankan menempatkan tag judul di depan judul. Apa alasannya?

Pertama, mesin pencari akan mengidentifikasi sebagai salah satu kata kunci yang paling penting pada halaman Anda.

Kedua, pengguna akan melihat kata kunci pada SERPs. Ketika mereka mengidentifikasi tag halaman yang relevan berdasarkan kata kunci dalam judul, mereka lebih cenderung untuk klik artikel Anda.

Tempatkan nama blog di akhir tag judul, terpisah oleh tanda vertikal ( | )

Ini sifatnya hanya opsional. Jika Anda suka, Anda dapat menempatkan nama blog Anda pada tag judul. Ingat, bagaimanapun, pada kasus ini nama blog Anda tidak begitu penting untuk SEO.

Banyak yang berpendapat cara ini percuma, toh bakal terpotong di SERP’s. Kecuali Anda merubah nama blog, langkah ini mungkin bisa ada pengaruhnya pada navigasi pencarian.

Atur permalink pada URL judul

Jika permalink URL tidak dioptimalkan, itu sebuah kerugian besar. Tampilan url halaman web Anda pada address bar tidak akan lengkap atau terpotong. Efeknya bisa berpengaruh pada SEO.

Untuk teknik mengatur permalink pada URL judul, sudah sempat saya publikasikan beberapa waktu yang lalu.


2. Optimasi Tag H1

Tag H1 adalah bagian kode HTML yang mengidentifikasi judul utama dalam konten Anda.

H1s adalah salah satu elemen SEO yang paling umum. Tag ini sudah digunakan selama bertahun-tahun, dan para praktisi SEO tentu sudah tahu fungsi dan pengaruhnya.

Namun, saya terkejut melihat betapa banyak situs kekurangan fitur inti ini. Jika halaman tidak mengandung H1, berarti blog Anda tidak dioptimalkan sepenuhnya.

Berikut adalah beberapa masalah umum yang sering saya temui terkait tag H1.
  • H1 berlebihan. Jika halaman web memiliki lebih dari satu tag H1, bisa menipis kan kekuatan SEO. Setiap halaman harus memiliki H1 tunggal.
  • H1s singkat. Kadang-kadang, H1 terdiri dari satu kata. Jika H1 hanya satu kata, itu tidak sepenuhnya memanfaatkan potensi SEO.
  • H1 Ganda. Google tidak menyukai duplikasi konten yaitu, bagian dari teks yang sama dari satu halaman ke halaman lain.
  • H1 Terlalu panjang. Meskipun H1 pendek kurang bagus, begitu pun jika terlalu panjang. Pastikan bahwa H1 Anda tidak melebihi 70 karakter.

Salah satu alat terbaik untuk menganalisis sebuah tag H1 adalah ScreamFrog. Dengan alat ini, Anda bisa mengidentifikasi hal-hal berikut:
  1. Halaman yang tidak memiliki H1.
  2. Halaman mana yang memiliki duplikat H1.
  3. Halaman yang memiliki tag H1 melebihi 70 karakter.
  4. Yang memiliki tag H1 lebih dari satu.
  5. Alat ini juga memungkinkan Anda untuk memeriksa setiap H1 secara rinci.

Menyesuaikan H1 pada blog adalah tugas yang relatif mudah. Setelah Anda tahu letak kesalahannya, dan bagaimana memperbaikinya, maka Anda akan merasakan efek langsung nya dalam meningkatkan kekuatan SEO sebuah blog.

3. Tambahkan Lebih Banyak Konten (artikel)

Google mencintai blog dengan banyak konten di dalamnya. Semakin banyak konten yang Anda miliki di website Anda, semakin baik peringkat halaman Anda.

Dalam salah satu studi serpIQ, ditemukan korelasi yang kuat antara banyaknya konten dengan halaman peringkat atas.

Menambahkan konten memang memakan waktu, namun hal ini langsung akan meningkatkan peringkat Anda. Saat ini para pencari web mengharapkan informasi yang “WOW”, konten berkualitas tinggi, dan lebih banyak ilmu untuk diserap.

4. Tambahkan Alt Tags pada Gambar

Alt tag gambar adalah teks meta untuk memudahkan robot perayap membaca maksud dari gambar yang terpasang pada blog.

Kadang-kadang, CMS secara otomatis akan memberikan alt tag pada gambar, tapi biasanya kurang dioptimalkan. Nama file gambar seperti "IMG-DSC1908183" bukan alt tag yang ramah untuk robot Google.

Ada baiknya saat membuat atau mengedit gambar yang akan dipasang pada postingan, berilah nama file sesuai dengan judul artikel Anda. Contoh : teknik-optimasi-seo-blogger-newbie.jpg

Bagaimanapun, mengoptimasi judul gambar lebih mudah dibandingkan judul artikel. Ini karena optimasi alt tag jauh lebih mudah dan sederhana.

Caranya:
Pada entri baru, saat gambar selesai diupload, cukup arahkan mouse pada gambar lalu klik. Pilih “properties”, setelah itu isi masing-masing kolom alt dan tag sesuai judul artikel Anda.

Sekali lagi, gunakan ScreamFrog untuk mengidentifikasi bagaimana alt tag pada blog Anda terlihat.

5. Tambahkan Internal Link yang Mudah dirayapi

Setiap blog harus crawlable (mudah ditemukan robot). Apakah ini berarti bahwa mesin pencari mudah mengakses blog Anda, mengunjungi setiap halaman, dan meng-indeks semua konten?

Apa cara terbaik untuk meningkatkan crawlability? Ada berbagai cara struktural untuk meningkatkan crawlability:
  • Navigasi situs intuitif
  • XML sitemap
  • HTML sitemap

Ini adalah cara terbaik yang harus Anda terapkan. Ada salah satu cara terbaik lainnya untuk meningkatkan crawlability, yaitu dengan membangun internal link.

Link internal adalah tautan dari satu halaman web dari halaman yang lain pada blog Anda untuk membantu memandu pengunjung.

Tidak perlu teknik khusus untuk menghubungkan link internal. Yang harus Anda lakukan adalah membuat link anchor teks dari halaman A ke halaman B.

Meskipun tidak ada aturan mengikat tentang internal linking, ada beberapa hal yang perlu diingat:
  1. Jangan mengoptimasi teks jangkar (anchor teks)
  2. Jangan link ke homepage
  3. Jangan link ke halaman ‘about’.
  4. Link ke halaman yang relevan dan kaya konten
  5. Tambahkan 2-4 link internal di setiap halaman.


6. Meningkatkan Konten yang Readable

Kini, SEO lebih mengacu pada fungsi (kegunaan) daripada tentang tips dan trik.

Untuk alasan ini, Anda harus membuat konten Anda mudah dilihat, dibaca, dan dicerna. Bagaimana Anda melakukan ini? Ini tidak sulit.
  • Gunakan judul
  • Gunakan bullet and numbered
  • Gunakan daftar
  • Gunakan paragraf

Jangan meng-copy-paste draft artikel dari MsWord. Banyak script yang tak diinginkan akan ikut menempel pada artikel Anda. Script ini nantinya bisa menghambat kerja robot yang akan merayapi halaman Anda.

Disarankan agar meng-copy paste draft artikel dari Notepad. Dijamin artikel Anda akan bersih dari script yang mengganggu proses crawling dan indexing.

Namun alangkah baiknya menulis artikel langsung pada entri baru di blogger pada menu compose. Manfaatkan semua fitur pada ikon di entri baru pada dasbor. Gunakan pada saat yang tepat dan sesuai kebutuhan.

7. Optimalkan Meta Deskripsi

Deskripsi meta adalah deskripsi singkat dari isi pada halaman konten. Terletak di metadata situs, dan hanya akan terlihat di SERPs.

Meta deskripsi tidak berdampak langsung pada peringkat pencarian, tapi hasilnya sangat nyata. Lalu apakah meta deskripsi masih diperlukan?

Tentu masih sangat dibutuhkan, berikut ini alasannya.

Meta deskripsil lah yang akan terlihat di SERPs. Jadi, berpengaruh atau tidak tergantung seberapa cepat pengguna mengklik halaman Anda.

Tidak hanya unsur-unsur teknis optimasi SEO yang membuat blog menjadi penting. Ada hal penting lainnya, yaitu apa yang pengguna lakukan saat mereka melihat blog Anda di mesin pencari (SERP’s).
  • Apakah mereka mengklik judul entri Anda di SERP ?
  • Apakah mereka berlama-lama di halaman Anda ?
  • Bagaimana dampak metrik pengguna ini untuk SEO ?

Menciptakan meta deskripsi yang ditulis dengan menarik, akurat dan menarik merupakan cara untuk mempengaruhi peringkat di SERP’s.

Untuk mendapatkan hasil di halaman pencarian, upaya ini bisa Anda coba. Cukup revisi meta deskripsi Anda dengan kata yang panjang dan terukur, serta relevan dengan konten agar menarik di mata pengguna/pengunjung.

Kesimpulan


Optimasi SEO secara penuh adalah suatu usaha yang kompleks. Tapi teknik ini lebih sederhana, mudah, cepat, dan kuat.

Ini adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengoptimalkan blog Anda agar bekerja maksimum. Dalam beberapa minggu, keberhasilan SEO akan Anda dapatkan pada peringkat blog, peningkatan lalu lintas, dan kemajuan kunjungan organik Anda.

Apa cara tercepat dan termudah pada optimasi SEO Anda? Tulis di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

12 komentar:

  1. Makasih sdh berbagi, mas teguh!
    saya sudah coba cara ini.
    hasilnya manteb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok sama-sama mas syafri,..moga blognya makin mantab tab tab..

      happy blogging and keep spirit!

      Hapus
  2. Masih bingung nerapinnya kalao pakai blogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ini untuk semua jenis platform,..ngak harus domain TLd ataupun platform WP,..

      selama dioptimasi dg benar, saya yakin setiap blog punya kesempatan yg sama untuk bersaing di SERP's

      ok gan? semangat terus

      Hapus
  3. Saya baru berkunjung nih mas, dan baca2... Btw, kenapa yah setelah saya mengganti header dengan gambar, tag H1 nya bukan not found tetapi hilang bila dilihat menggunakan MOZ bar. Mohon solusinya kan biar tag H1 menempel di image header yg saya pasang. Terima kasih apabila mas teguh mau merespon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya itu karena template sampean tidak support jika dipasang gambar header...
      cara ngakalinnya gampang kok mas, coba mas cari dibagian body pada tag div header inner..seperti ini ( tanda < dan > saya ganti dg tulisan latin, biar ngga ke block browser..)
      tanda kurung buka div id='header-inner' tanda kurung tutup
      tanda kurung buka a expr:href='data:blog.homepageUrl' style='display: block'tanda kurung tutup
      tanda kurung buka img expr:alt='data:title' expr:height='data:height' expr:id='data:widget.instanceId + "_headerimg"' expr:src='data:sourceUrl' expr:width='data:width' style='display: block'/tanda kurung tutup
      tanda kurung buka /a tanda kurung tutup
      kalo sudah ketemu, apit kode -- tanda kurung buka img expr dst.....style='display: block'/tanda kurung tutup... dengan ...

      setelah itu simpan template,...cek lagi di Moz bar atau chkme dot com

      moga berhasil,..salam

      nb : maaf kode scriptnya ngga bisa ditayangkan, karena ke block oleh browser

      Hapus
    2. itu maksudnya di apit oleh kode tanda kurung buka H1 tanda kurung tutup dan tanda kurung buka /H1 tanda kurung tutup

      Hapus
  4. Jadi ngasih tag <h1> nya didepan >img expr:alt... </h1> gini mas?

    BalasHapus
  5. Matur suwun terima kasih ya mas teguh, panduannya top ajib sedap sekali... 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami2 mas..moga H1 nya udh bisa nongol biar blognya makin SEO,

      salam sukses selalu

      Hapus
  6. Amin.. udh nongol mas. Tp di chkme masih 87℅ hehe. Bantu upgrade SEO dong mas please... 😁 Ngarep. Abisnya pusingggg

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam