15 Situs Terbaik Tempat Berbagi Postingan Blog

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:38 AM
9 comments
Ada semacam anggapan “sering-sering update konten agar pengunjung meningkat”, tapi benarkah demikian?

Apakah melalui rutinitas produksi konten lalu visitor akan datang dengan sendirinya? Hmm, saya rasa tidak.

Hanya menulis dan menerbitkan posting blog saja, itu tidaklah cukup. Setelah menekan tombol “Publikasikan”, tugas Anda baru saja dimulai. Saatnya Anda mulai berpromosi.

Bagi kebanyakan blogger, berbagi konten di Facebook dan Twitter adalah langkah pertama yang sering dilakukan. Tapi setelah itu, banyak dari mereka yang kebingungan.

Jika hanya menampilkan posting blog di situs tersebut, berarti Anda telah kehilangan ribuan pembaca potensial yang bisa datang dari berbagai platform lainnya.

Postingan saya kali akan membantu Anda menemukan tempat yang cocok untuk mempromosikan konten Anda. Berikut 15 situs terbaik untuk berbagi posting blog Anda.

Situs Terbaik Tempat Berbagi Postingan

SlideShare

Di SlideShare, Anda harus mengubah posting blog ke dalam bentuk slide-presentasi menggunakan PowerPoint atau perangkat lunak lainnya, lalu membagikan nya ke SlideShare.

Kelebihan berbagi posting di situs ini adalah kualitas konten yang disajikan dalam format ini sangat menonjol dengan persaingan yang rendah dibandingkan pada situs lain.

Visual.ly

Visual.ly tidak hanya didedikasikan untuk membantu perusahaan menciptakan infografis dan jenis konten visual, namun juga sebuah komunitas untuk berbagi file.

Dengan memformat konten blog Anda ke infographics atau dalam bentuk potongan konten visual lain dan membaginya di situs ini, secara dramatis akan meningkatkan eksposur blog Anda.

Grup LinkedIn

Grup di LinkedIn menawarkan eksposur yang ditargetkan di luar daftar dimana Anda biasa terkoneksi. Pastikan group di situs tersebut menyambut hangat konten yang Anda bagikan, dan pastikan isinya relevan dengan topik pembahasan group.

Anda akan dianggap sebagai spammer di situs tersebut jika tidak melakukan apapun atau memanfaatkan group hanya untuk kepentingan brand Anda.

Pinterest

Semakin dikenalnya Pinterest, membuat situs ini sebagai tempat yang pas untuk membangun lalu lintas (trafik). Dengan posting yang menarik, gambar yang relevan dengan link yang menuju ke postingan Anda, gambar yang Anda bagikan dapat membantu mengarahkan pembaca menuju website Anda.

Instagram

Instagram adalah situs tempat berbagi visual (gambar, video) yang mirip dengan Pinterest. Dengan menggunakan strategi yang sama, melalui situs ini Anda bisa mempromosikan konten. Nantinya, konten yang Anda bagikan juga bisa di share ke Twitter dan Facebook melalui Instagram.

Instagram memiliki jangkauan demografi yang kuat dengan segmen pengguna didominasi oleh kaum remaja dan juga dewasa. Hal ini membuatnya menjadi pilihan 'share' konten yang sangat menarik untuk brand Anda.

Triberr

Jika Anda memerlukan lalu lintas yang cepat maka tidak diragukan lagi, triberr.com lah solusinya.

Ini adalah platform jaringan sosial media tempat bergabung nya komunitas yang dapat membantu Anda membangun hubungan dengan blogger lain dan mendapatkan lalu lintas dengan membagikan konten orang lain.

StumbleUpon

StumbleUpon.com adalah jaringan sosial yang memungkinkan pengguna untuk browsing halaman web secara acak dengan mengklik tombol "Stumble".

Tambahkan konten Anda ke jaringan tersebut. Peringkat postingan Anda nantinya ditentukan oleh jumlah ‘like’ dari pengguna lain. Semakin banyak jumlah ‘like’, akan memudahkan postingan blog muncul dalam rotasi pencarian acak mereka.

Ini cara mudah untuk mendorong kredibilitas dan meningkatkan pembaca.

Komunitas Google+

Google+ adalah alat jaringan sosial lain nya yang dapat digunakan untuk memperluas jangkauan blog Anda.

Dengan men-share postingan  ke komunitas di Google+, Anda dapat meningkatkan lalu lintas web dari cuplikan konten yang ditampilkan di depan pembaca yang tertarget.

Meskipun begitu, Anda harus hati-hati.  Jangan promosi konten secara bertubi-tubi. Ingat, promosi dan spam itu beda tipis. Posting lah konten yang unik dan pastikan bahwa setiap postingan yang Anda ‘share’, benar-benar menawarkan nilai lebih untuk follower Anda.

BizSugar

Jika promosi blog sudah Anda lakukan dengan berbagai cara namun hasilnya masih di bawah rata-rata, share postingan Anda di BizSugar.com.

Situs ini dirancang untuk membantu blogger berbagi berita, serta bermacam tips bisnis yang menjadikannya tempat yang bagus untuk menemukan pembaca baru jika ini adalah target audiens Anda.

Mailing List

Dengan membagikan konten secara gratis, akan menjadi daya tarik yang berharga yang tersedia melalui pertukaran alamat email dengan ‘subcriber’ Anda.

Sangat mudah untuk membangun sebuah daftar pelanggan yang tertarik pada konten dan industri Anda.
Bila Anda memiliki konten baru pada blog, bagikan melalui daftar email pelanggan dari konten Anda.

Jika Anda sering posting, atur pengiriman update secara mingguan atau dua mingguan untuk menghindari muatan pesan yang berlebihan pada email mereka.

Scoop.it

Scoop.it adalah salah satu web tempat pengguna mencari info baru dan konten yang menarik. Ini bisa Anda jadikan tempat destinasi yang bagus untuk mempublikasikan posting blog Anda.

Meskipun ini adalah layanan "premium" namun Anda dapat mulai dengan memilih program yang ‘free’ dengan account yang terbatas hanya pada satu topik.

Untuk $ 11 / bulan, Anda dapat meng-upgrade lima topik sekaligus, sedangkan untuk akun bisnis dengan 15 topik dibandrol $ 67 / bulan.

Situs Social Bookmark berbasis Niche

Anda dapat memposting ke berbagai situs bookmark sosial tergantung pada fokus bidang ilmu tertentu (niche).

Inbound.org, sangat bagus untuk SEO, SMO, blogging, dan internet marketing. ManageWP.org adalah tempat yang baik untuk mengirim artikel terkait WordPress, sementara DesignFloat sangat cocok untuk web designer, dan DZone lebih cocok untuk pengembang.

Involved Blog

InvolvedBlog adalah situs yang memungkinkan Anda mempublikasikan posting blog pada berbagai macam topik untuk dibaca orang lain.

Topiknya bisa macam-macam, mulai dari keuangan, animasi, kecantikan, kosmetik dan lain-lain. Jadi tidak peduli apa niche Anda, di situs ini Anda dapat menemukan pembaca baru yang potensial.

Jaringan Sosial berbasis Industri

Terlepas dari situs social bookmarking berbasis niche, beberapa industri memiliki jaringan sosial mereka sendiri yang lebih spesifik di mana mereka dapat berbagi informasi, saling membantu, dan menawarkan advise.

Salah satu contohnya adalah Trulia yang merupakan jaringan yang dibuat khusus untuk Realtors. Jika industri Anda memiliki jaringan yang sama, pastikan berbagi info pekerjaan Anda di sana.

Reddit

Jika Anda memiliki niche tertentu, ada kemungkinan Anda bisa bergabung di sub-forum Reddit.

Redditors (pengguna situs reddit) bisa sangat intens, jadi pastikan konten yang Anda bagikan benar-benar tertarget, berkualitas tinggi dan bebas dari unsur marketing (promosi).

Reddit diakui sebagai situs jaringan sosial dengan jumlah lalu lintas terbesar saat ini. Jika Anda bisa mendapatkan kredibilitas dari situs tersebut, ini bisa menjadi sumber pembaca yang melimpah untuk blog Anda.

Kesimpulan


Mencari tempat untuk berbagi posting blog tidaklah sulit. Internet adalah ruang maya yang sangat luas dengan jumlah peluang tak terhingga.

Pastikan bahwa konten Anda relevan dengan komunitas tertentu sesuai dengan yang Anda targetkan dan memenuhi pedoman mutu yang ketat sebelum Anda bagikan.

Anda akan menemukan bahwa ada ribuan pembaca potensial menanti di luar sana yang haus informasi. Namun Anda tidak akan menjumpai mereka, jika tetap berpegang hanya pada Facebook dan Twitter.

Promosikan konten Anda saat ini juga. Jual ide Anda kepada dunia.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

9 komentar:

  1. Pertamax....

    Kalau boleh tahu, mas teguh pakai yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pinterest, slideshare, stumbleupon, linkedin, google+, tribber dan sosial bookmark..itu yang biasa saya pake untuk blog2 yg berbeda-beda

      Hapus
  2. Balasan
    1. saat ini memang Google+ dianggap tempat favorit blogger untk berbagi postingan...termasuk saya

      thanks gan..

      Hapus
  3. gimna cara nya posting di triberr??msih blm paham...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Triberr tempat kita share link artikel mba...

      kalo udh jadi member, pertama login dulu,..di homepage pilih Tribes,.klik 'article'..lalu copy salah satu artikel dari blog anda yang mau di promosikan pada kotak yg ada tulisan 'write something'..(artikel harus dlm bhs inggris)...

      di kotak 'write something' masukkan link artikel Anda..

      selanjutnya, pindah ke 'Stream'..klik kotak hijau bertuliskan "add to queue'..

      selanjutnya tinggal kita tunggu respon member lainnya...

      agar lebih jhos,..invite orang2 yg udh share dan punya banyak follower,..cari di life conversation (Queue)

      semoga bermanfaat,..thanks mba Sofia..

      Hapus
  4. Ada banyak juga,yg gua tau cuma Reddit sama Google + doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu artinya, sampean mainya kurang jauh mas ricky..
      kalo punya blog, harus rela kelayapan kmana-mana, biar byk ilmu dan koneksi yg bisa dipungut,..asal jgn sampe lupa pulang lho ya...he he he

      matur nuwon atas kunjungannya mas...salam

      Hapus
  5. Memang mantep artikel yang dibuat

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam