Teknologi AMP Bikin Loading Mobile Makin Kenceng | Are You Ready?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:13 PM
8 comments
Pada bulan Oktober 2015 lalu, Google telah mengumumkan sebuah platform open-source untuk pengiriman konten dari halaman web pada perangkat mobile dengan loading yang singkat.

Ide ini berawal dari keluhan para penayang iklan dalam menyeimbangkan dua hal yang krusial yaitu penghasilan konten iklan yang harus di sertai loading halaman web yang cepat.

Google pun merespon permasalahan tersebut seperti yang dikutip dari pernyataan mereka.

"Kami ingin laman web dengan konten yang kaya seperti video, animasi dan grafis untuk berkolaborasi melalui iklan yang cerdas, dengan waktu loading yang singkat. Kami juga ingin semua itu bekerja di beberapa platform dan perangkat dengan kode yang sama sehingga konten dapat tampil dengan cepat tidak peduli apa jenis ponsel, tablet atau perangkat mobile yang Anda gunakan."

Melalui jajak pendapat antara pihak penerbit, perusahaan teknologi dan tentunya Google sendiri, dicetuskan suatu solusi bertajuk Accelerated Mobile Page (AMP).

Menurut Google News, saat ini lebih dari 30 publisher kelas dunia telah ikut mendukung proyek tersebut.

Sebuah ‘kerangka terbuka’ baru yang disebut AMP HTML telah dibangun dengan menggunakan teknologi web yang ada, dengan situs-situs besar yang telah mulai ikut ambil bagian seperti :
  • Twitter
  • Pinterest
  • WordPress.com
  • Chartbeat
  • Parse.ly
  • Adobe Analytics
  • dan LinkedIn

Dalam beberapa bulan mendatang Google berjanji akan menambah lebih banyak mitra perusahaan teknologi, serta fitur yang lebih terfokus pada konten, distribusi, dan iklan.

teknologi acceleration mobile page AMP

Untuk live demo dari Accelerated Mobile Pages, berikut pengumuman resmi Google terkait hal itu.

Pada bulan Oktober, kami mengumumkan peluncuran proyek ‘Akselerasi Halaman Ponsel’, sebuah inisiatif open source yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja web mobile secara dramatis. Kita tahu bahwa kecepatan web sangat penting.  Penelitian menunjukkan bahwa 40% orang meninggalkan sebuah website yang memakan waktu lebih dari 3 detik saat load halaman.

Pada intinya kami sangat paham pentingnya kecepatan web bagi pengguna. Dengan Google Search, kami selalu fokuskan untuk memberi hasil pencarian yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan mereka secepat mungkin.

Selama beberapa bulan terakhir kami telah menjalankan percobaan publik di g.co/ampdemo untuk menunjukkan bagaimana halaman AMP bekerja di hasil pencarian Google pada perangkat mobile. Selama percobaan itu, kami telah melihat hasil yang luar biasa dengan keterlibatan dari kalangan publisher dan kami pun sangat senang mengumumkan bahwa pada akhir Februari, halaman AMP akan hadir untuk memberi solusi secepat mungkin.

Karena ini adalah web terbuka, untuk memulainya Anda perlu membuat halaman AMP pertama Anda.

Konten yang Anda publikasikan ke situs Anda hari ini, akan memenuhi syarat untuk muncul dalam demo di pencarian Google dengan segera. Google menghimbau kepada publisher untuk mempersiapkan diri menghadapi proyek terbaru mereka.

Mekanisme proyek AMP bekerja untuk memberi pengalaman terbaik bagi semua orang pengguna web mobile. Ini merupakan tantangan baru bagi pemilik website untuk turut andil dalam ‘great industry’ dalam membentuk skema baru - bagaimana konten dikonsumsi secara online.

Google Merilis Proyek AMP – Siapkah Anda?


Secara resmi, proyek ini memang akan diluncurkan pada akhir Februari 2016.

Awalnya, teknologi ini telah diuji melalui beberapa publisher pilihan Google. Namun setelah akhir Februari nanti, Anda sebagai publisher Adsense akan dapat mengambil keuntungan dari teknologi baru ini.

Menurut John Mueller (analis webmaster Google), “teknologi ini akan menjadi teknologi website terbaru dan ‘terpanas’ tahun depan."

Mueller juga menambahkan bahwa jika Anda seorang pengembang web, Anda pasti akan bertanya tentang hal itu. Apakah Anda seorang SEO, pengembang, atau hanya pemilik website – saran yang terbaik, mulailah berkenalan dengan teknologi baru ini sekarang dan mengimplementasikannya pada website Anda.

Saya pribadi berasumsi, teknologi ini akan membawa pengaruh yang kuat bagi para desainer web, terutama mereka yang akrab dengan dunia html template.

Pelan tapi pasti, mereka mau tak mau harus menyesuaikan perubahan akibat penambahan kode dan mark up yang harus terpasang pada template web agar kecepatan loading web versi mobile bisa maksimal dalam hasil pencarian.

Bagaimana Penerapan Teknologi AMP pada Website?


Untuk mulai membuat halaman AMP pertama Anda,  ikuti petunjuk dan kode yang disediakan oleh Google pada halaman web ini.

https://www.ampproject.org/docs/get_started/create_page.html

Melalui link halaman di atas, Google menuntun Anda melalui langkah-langkah sederhana untuk menciptakan halaman AMP. Secara garis besar, teknik nya meliputi penambahan kode boilerplate, mark up gambar, dan kemudian styling halaman menggunakan CSS.

Saat semua kode dan markup sudah terpasang pada template, selanjutnya proses validasi menggunakan alat yang telah  disediakan oleh Google.

Setelah kode ter-validasi, Anda dapat mulai mempublikasikan halaman AMP pertama Anda. Mudah bukan?

Dan jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang proyek Google ini, silahkan buka halaman ini.

https://www.ampproject.org/docs/get_started/about-amp.html


Itulah sedikit informasi tentang proyek baru AMP dari Google yang bakal dirilis dalam waktu dekat. Kita berharap teknologi ini bisa membawa kemajuan buat blog kita dan menambah pendapatan bagi publisher Adsense tentunya.

Update :
Sebagai patokan blog Anda sudah siap dengan teknologi ini, silahkan kunjungi halaman Search Console Anda, pada menu "Tampilan Penelusuran" sudah terdapat fitur baru yaitu "Laman Seluler yang Dipercepat". 

Sudah siapkah blog Anda dengan teknologi Accelerated Mobil Page (AMP)?


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

8 komentar:

  1. Saya kira ada caranya disini mas, saya baca dari penjelasan di google kok saya malah pusing yaaa.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sendiri waktu nyoba juga masih banyak yg error di inspect elementnya,..mungkin ini karena rata2 para pembuat template khusus blog indo (premium atau free) masih belum menerapkan fitur AMP,

      tapi saya yakin lama2 banyak template yg gratis atau pun berbayar yg akan di lengkapi fitur ini,.kita tunggu aja mas bareng he he he (soalnya saya ngubek di google juga belum ketemu)..

      thanks mas for your visit..salam blogger

      Hapus
  2. Owalahh... sama sama pusing kita mas.. hehehe..

    BalasHapus
  3. pusing juga ya...pantes serp makin tueun rupanya algoritma baru....yg masih blm bs diterapkan pd blogger.... klo ada cara kabar2 mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai sekarang saya juga belum ketemu caranya mas,..he he he...nanti klo ada tutornya, langsung saya bikin artikelnya, khusus buat sampean deh...

      thanks

      Hapus
  4. di blognya kas ismet dan blog kompiajaib punya mas adi..ada caranya

    BalasHapus
  5. update per maret 2017 apa saat ini sudah ada panduannya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan udh ada tutorialnya mas, cuma saat ini belum work buat semua template

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam