Membuat Nama Domain agar Bernilai SEO

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:24 AM
5 comments
Ketika memulai membuat website atau blog baru, tak peduli niche apa yang Anda pilih, salah satu keputusan yang paling penting adalah memilih nama domain yang tepat.

Nama domain harus mudah diingat, relevan dan sederhana sehingga pelanggan potensial nantinya gampang menemukan situs Anda.

Jika domain namanya terlalu rumit atau tidak sesuai dengan niche Anda, kemungkinan trafik akan susah diperoleh.

Banyak yang menggembar-gemborkan jika nama domain memiliki manfaat besar sebagai bentuk kelemahan utama yang berkaitan dengan SEO. Namun sekali lagi, itu tergantung pada seberapa baik Anda membangunnya.

Tips Membuat Nama Domain


Agar nantinya tidak menyesal, berikut adalah beberapa elemen penting untuk menentukan nama domain agar bernilai SEO.

Membuat Nama Domain agar Bernilai SEO

Tetap Menarik dan Ringkas

Sebuah nama domain dengan ‘umpan’ di dalamnya, bisa menjadi aset berharga untuk bisnis dan pemasaran usaha Anda.

Punya bisnis online itu bagus, tetapi jika orang susah menemukan apa yang Anda tawarkan, semua jadi sia-sia. Tak peduli seberapa bagus kualitas barangnya.

Yang pertama, fokuskan pada kata kunci dengan memanfaatkan ‘brainstorming’ yang berhubungan dengan bisnis Anda. Tujuan utamanya untuk meraih peringkat di mesin pencari.

Misalnya, jika Anda berada dalam bisnis pakaian, kata kunci seperti, "pakaian", "pakaian anak", atau "lemari pakaian" semua bisa diterima.

Pastikan domain Anda unik. Hindari pemakaian nama domain bermakna jamak, salah eja, atau yang ditulis dengan tanda penghubung.

Nama domain jangan mirip dengan nama merek atau website lain. Itu bisa merugikan, karena Anda cenderung dinilai meniru.

Perlu diingat, untuk memperoleh trafik, Anda akan bersaing dengan website mapan. Untuk itu, usahakan pilih nama sesingkat mungkin yang terkait dengan niche Anda.

Dan terpenting, nama domain Anda mudah diketik orang. Jangan sampai mereka harus mengeja atau terjadi kesalahan dalam penulisan nama domain-nya.

Membuat nama domain sifatnya bebas dan kreatif, sehingga orang cenderung memilih domain dengan ejaan unik. Ini dapat menjadi solusi agar domain terdengar lebih familiar.

Ciptakan nama domain yang bisa menuntun audiens Anda. Bisa memberi gambaran solusi sebuah masalah, akan sangat layak di mata pembaca.

Buatlah Lebih Bermakna

Selain mudah diingat, nama domain juga perlu mencerminkan makna dan menciptakan sebuah harapan.

Ketika membuka halaman sebuah konten, 2 dari 10 orang hanya akan membaca judul artikel saja. Tak dipungkiri, nama domain tidak lebih dari judul website. Untuk itu, Anda perlu pendekatan seperti yang Anda lakukan untuk judul konten.

Nama domain harus bisa ‘berbicara’ kepada pengunjung dan membiarkan mereka tahu bahwa mereka telah menemukan apa yang dicari.

Sebagai contoh Amazon.com

Jika tidak melihat reputasi global-nya, orang mungkin tidak akan ada yang tahu apa itu Amazondotcom.

Bandingkan dengan contentmarketinginstitute.com

Tanpa mengunjungi situsnya pun Anda akan tahu persis apa yang akan dibahas di sana.

Jadi, pastikan bahwa pengunjung akan tahu persis apa topik Anda sebelum mereka mengklik situsnya.

Hindari Bilangan

Terkadang memilih nama domain cukup sulit hanya karena masalah ketersediaan di domain hostingnya. Untuk alasan ini, orang sering memanfaatkan nomor atau bilangan agar nama domain tersedia. Padahal ini adalah ide yang buruk.

Dalam beberapa kasus, cara ini mungkin bisa diterima seperti pada 247newyorktaxi.com atau juga online65.com.

Jika hanya untuk menghemat ruang, menggunakan nomor untuk mengganti kata-kata seperti "untuk" atau “dan” - cara tersebut tak perlu Anda pakai.

Bukan hanya norak dan usang tetapi malah membingungkan pembaca dan membuat mereka mengulangi pengetikan nama domain berulang kali.

Jika pengunjung sampai bersusah payah menemukan domain Anda, kemungkinan mereka akan pindah ke situs lain.

Unsur lainnya yang harus dihindari adalah tanda hubung. Hal ini bisa menimbulkan masalah kesalahan ejaan yang bisa berpotensi mengirimkan pengunjung ke salah satu pesaing Anda.

Selain itu, Google tidak terlalu tertarik pada situs dengan karakter ini sehingga yang terbaik adalah menghilangkannya sama sekali.

Kreativitas vs Keseragaman

Kembali ke masalah ketersediaan nama domain. Sering kali nama yang unik dan terbaik dengan ekstensi tertentu, banyak dicari orang. Akibatnya ketersediaannya pun jadi terbatas. Hal ini karena jenis alamat domain dipercaya dapat membangun kepercayaan publik.

Rasanya memang sulit menemukan nama yang tepat dan kuat pada sebuah kategori. Untuk itu, sudah saatnya lenturkan otot-otot kreatifitas Anda.

Baru-baru ini, akhiran domain baru seperti "dot me (.me)" telah tersedia dan mulai populer di kalangan pengelola website.

Bahkan brand ternama pun kini mulai meliriknya termasuk Mercedes-Benz yang baru-baru ini memakai domain.me untuk kampanye pemasaran salah satu produk mereka melalui serangkaian nama domain pintar seperti move.me yang telah mereka rilis.

Jika Anda kesulitan mendapatkan alamat .com sebagai bagian bisnis Anda, saatnya mempertimbangkan salah satu jenis alternatif tersebut.

Kesimpulan


Nama domain adalah salah satu aset paling signifikan bagi website bisnis Anda. Luangkan waktu untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang relevan, mudah diingat dan bermakna untuk mendapatkan manfaat lebih pada lalu lintas situs Anda.

Apa yang Anda anggap paling penting ketika mencari nama domain? Apakah domain mempengaruhi bisnis Anda secara positif atau negatif? 

Saya tunggu komentar Anda.


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

5 komentar:

  1. sya jga gituuh, karena awal ngeblog dulu ga tahu mau bahas niche apa...yauda pilih ekspedisiilmu,,eh ternyata sy kbykn tertarik bahas tentg bisnis & karir jadi deh domain dan topik cukup ngelantur hehe...ksalahan di masa lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua blogger pasti pernah ngalamin kayak gitu..

      dari awalnya tidak tahu, dari pengalaman yang di lalui, akhirnya jadi tahu,..

      Moga sukses terus blognya mas Fajar

      Hapus
  2. Blog Saya juga enggak singkron topik sama domain. Yah dulu niatnya mau nulis ttg blog sama teknologi, tapi enggak jadi gara2 ribet.. Hahah

    Biarlah apa adanya... Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang berlalu biarkan saja berlalu (widih puitis banget),..

      btw, blognya keren kok mas Bayu, maju terus

      Hapus
  3. Bener sekali mas, domain yang lama akan lebih mendapatkan tempat untuk posisi yang strategis di SERP, contohnya seperti yang sudah dialami oleh Majalah Siantar..

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam