Gifographics | Media Visual Pasangan Konten Blog

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:59 AM
2 comments
Gifographics, tahukah Anda tentang istilah ini? Baiklah kalau belum tahu, mari kita jabar kan bersama, tren yang masih hangat ini.

Istilah gifographics masih ada hubungan nya dengan dunia web. Kehadiran tren gifographics membawa angin segar buat para pemilik website. Untuk itu, sebagai blogger Anda wajib tahu tentang ini.

Gifographics hampir mirip infografis. Ini adalah bentuk konten yang menggabungkan gambar dengan teks agar informasi yang di sampaikan terasa lebih istimewa.

Bagaimanapun, gifographics merupakan platform visual yang sangat berharga dengan kelebihan paling utama yaitu ‘gambar yang bergerak’.

Gifographic adalah bentuk menarik dari konten yang pastinya akan jauh lebih populer di tahun mendatang.

Apa itu Gifographics?


Istilah "gifographic" mulai diperkenalkan kembali oleh Neil Patel pada tahun 2014. Meski tahun-tahun sebelumnya (tahun 2012), media visual ini sudah dikenal. Gifographics menggabungkan kata GIF, yang merupakan singkatan dari "Graphics Interchange Format" dan "Grafis" yang mengacu pada konten visual.

Sederhananya, gifographics hanya infografis yang menggabungkan elemen tekstual dengan konten visual animasi untuk membentuk pengalaman yang lebih interaktif dan lebih menarik bagi pengguna.

Jika Anda kebetulan sedang jalan-jalan di sebuah website atau blog, lalu pada bagian artikel terdapat gambar bergerak, kemungkinan itu adalah gifographics.

Gifographics | Media Visual Pasangan Konten Blog

Mengapa Gifographics Penting?


Saat ini, rata-rata pengguna internet sudah kenyang oleh ribuan keping konten setiap harinya. Mereka lelah dan capek jika terus menerus dijejali dengan artikel yang di dominasi oleh huruf dan kalimat, tanpa ada hiburan mata dalam bentuk gambar.

Para ahli marketing menyebut situasi ini sebagai “lautan konten”.

Hal ini menyebabkan konten yang berkualitas pun hanya akan di baca sepintas lalu tanpa ada kesan yang berarti. Akibatnya, banyak pemilik website putus asa dan mulai enggan memproduksi konten yang bermanfaat secara kontinyu.

Sebagai blogger aktif, tentu kita harus memproduksi konten artikel setiap harinya. Agar lebih menonjol dan menjadi paling berbeda, pastikan Anda menciptakan konten unik dan original, tak terduga dan pastinya lebih bernilai dan berharga.

Lalu caranya? Ikuti kelanjutan nya di bawah ini.

Masukkan Gifographics pada Konten Anda


Gifographics menggabungkan beberapa tren terhangat dalam pemasaran konten saat ini yaitu visual, konten interaktif, dan display mobile friendly. Semuanya digabungkan ke dalam satu format yang solid, sangat ideal untuk meraih perhatian pembaca serta cocok untuk dipromosikan di media sosial.

Hakekatnya, manusia adalah makhluk yang sangat visual. Kekuatan daya rekam otak manusia, 80 persen untuk “apa yang dilakukan” dan 20 persen sisanya untuk “apa yang dibaca”.

Selain itu pada proses otak, informasi visual 60.000 kali lebih cepat ditangkap oleh otak dibandingkan informasi tekstual.

Inilah sinyal bahwa gifographics adalah media yang sempurna untuk memberikan informasi yang cepat dan berharga kepada audiens Anda.

Karena begitu berharga, gifographics dipercaya membawa pengaruh besar untuk SEO dalam meningkatkan trafik bagi para pemain marketing.

Sebagai contoh, konten dengan komponen visual atraktif mampu menghasilkan 94 persen lebih view. Dan pemasar yang mengoptimalkan artikel mereka dengan gambar, menghasilkan 37 persen lebih keterlibatan pengguna dibandingkan mereka yang tidak.

Selain itu, 40 persen dari pengguna online lebih memilih konten visual untuk konten berbasis teks. Statistik ini cukup memberi bukti yang meyakinkan bahwa gifographics adalah konten masa depan yang menjanjikan.

Manfaat Gifographics untuk Konten Anda


Berpengaruh besar untuk SEO

Gifographics secara luas dianggap sebagai salah satu jenis konten yang paling efektif untuk pemasar yang ingin meningkatkan SEO mereka. Hal ini karena gifographics populer di kalangan konsumen dan memiliki potensi untuk membantu perusahaan membangun otoritas dan memberikan nilai kepada pembaca.

Memiliki daya tarik

Ingin pembaca Anda lebih tertarik? Gunakan gifographic. Gifographics membuat informasi dapat diakses oleh konsumen dan secara instan dapat memenuhi kepuasan pembaca hingga detik ini.

Berpotensi viral

Menurut Buffer, posting blog yang menampilkan grafis animasi mendapatkan lebih banyak viral ke media sosial. Dengan menggunakan gifographic di konten Anda, akan menghasilkan lebih banyak andil dari pembaca dan membantu menyebarkan konten artikel blog jauh di luar jangkauan Anda.

Familiar dengan seluler

Kini ponsel adalah segalanya. Jika Anda tidak mengoptimalkan konten untuk mobile, saya jamin situs web Anda akan tenggelam.

Kabar baiknya, kini gifographics ramah untuk ponsel.  Media ini sangat ideal untuk berbagi, scanning, dan bergulir. Ini akan membantu meningkatkan pageview Anda dan mendorong lebih banyak konversi.

Menambah poin untuk konten Anda

Kebanyakan pemasar menggunakan antara 12-14 berbagai jenis konten dalam strategi konten mereka. Gifographic adalah elemen tambahan yang fantastis.

Dengan menggabungkan nilai konten visual dan tekstual, gifographics memiliki jangkauan lebih jauh dibandingkan jenis lain dari konten Anda yang akan mendominasi web secara keseluruhan.

Kesimpulan


Gifographics memang anak baru dalam dunia web dan blogging. Sementara infographics, posting blog dan konten video adalah elemen penting yang lebih dulu sering kita dengar.

Namun dengan menggabungkan semua keunggulan konten video ditambah nilai informasi dari konten tekstual, fakta nya, gifographics benar-benar menjelma menjadi suatu bentuk super-konten dalam dunia pemasaran.

Segar, baru, dan menarik adalah bentuk menjanjikan dari konten gifographics yang dapat menginformasikan pada pembaca serta memberikan nilai kegembiraan yang tak tertandingi.

Meski masih relatif baru, namun saya yakin media ini akan berkembang dalam waktu singkat. Perhatikan penerapan gifographics di jaringan media sosial serta pada format iklan di postingan blog. Itu adalah sebagian contoh gifographics yang paling nyata.

Untuk mendapatkan kurva statistik yang signifikan, pertimbangkan media yang satu ini mulai dari sekarang. Ubah posisi ‘raja’ pada konten pemasaran Anda, karena gifographics cenderung hadir untuk mengubah ‘permainan’ di masa mendatang.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

2 komentar:

  1. gambar ekstensi gif. ya mas. seperti gambar animasi ya. iyah, ke depannya mungkin akan berkembang kesitu. Intinya semua mengupayakan memanjakan auidens, pengunjung itu maunya kan dielus-elus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas fajar,..saya sedang mempelajari cara membuat gifographics..sebagai pelengkap artikel ini..

      kalo udah mahir,..saya buat tutorialnya..di tunggu aja ya...

      waduh, saya banyak hutang artikel nih sama mas Fajar he he

      thanks ya

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam