Mengapa Aplikasi eCommerce Butuh Google Analytic? - BLOG MUST TEGUH

Mengapa Aplikasi eCommerce Butuh Google Analytic?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 4:34 PM
5 comments
Menjalankan sebuah aplikasi eCommerce tidak semudah yang Anda kira. Menurut laporan bisnis dari E-Commerce Development Company, dikatakan bahwa menjalankan sebuah aplikasi e-commerce membutuhkan orang-orang yang lebih terampil dibandingkan pemilik toko online itu sendiri.

Menganalisis kinerja aplikasi, model pengembangan bisnis dan kinerja penjualan adalah beberapa fitur kunci yang sangat banyak di gunakan untuk platform e-commerce. Karena penjual tidak langsung bersentuhan dengan pembeli, mereka tidak bisa menilai perilaku dan psikologi pembeli.

Dalam kondisi seperti itu, ada kebutuhan yang mendesak dari analisis berdasarkan algoritma yang dapat membantu dalam menentukan berbagai perilaku konsumen dan juga untuk mengukur dan menilai kinerja perusahaan di semua segmen.

Google Analytics – Senjata Aplikasi eCommerce


Google Analytics adalah alat analisis yang disediakan secara gratis oleh Google. Alat ini memungkinkan Anda untuk menelusuri berbagai statistik dari aplikasi Anda agar dapat menarik sebuah kesimpulan berdasarkan data yang Anda dapatkan.

Fitur yang tersedia antara lain data jumlah pengguna, penyebaran geografis, waktu penggunaan serta probabilitas interaksi pengguna dengan aplikasi Anda.

Google Analytics adalah alat yang ampuh. Semua pemilik bisnis eCommerce wajib dan harus menggunakannya.

Mengapa Aplikasi eCommerce Butuh Google Analytic?

Dengan begitu banyaknya pilihan, Google Analytics adalah “one stop solution” untuk banyak kebutuhan bagi aplikasi Anda. Dengan teknik pelacakan ’real time’, dan terintegrasi sebagai produk lain dari Google, memungkinkan pengguna untuk melacak kinerja aplikasi dan menambah ‘goal’ dan pos pemeriksaan untuk mengukur popularitas dan tingkat konversi dari aplikasi Anda.

Menurut laporan dari beberapa pengembang aplikasi, layanan Google Analytics adalah alat yang paling disukai karena bebas dan gratis. Laporan yang dihasilkan oleh layanan ini cukup komprehensif dan dapat dengan mudah digunakan untuk merumuskan pemasaran dan perencanaan strategis untuk perusahaan e-commerce.

Fitur Google Analytic untuk Aplikasi eCommerce


Berikut ini beberapa fitur utama dari Google Analytics yang penting untuk aplikasi website e-commerce, antara lain:

Bebas Biaya

Google Analytics adalah alat gratisan yang dapat diintegrasikan dengan aplikasi atau situs web. Karena gratis, alat analisis ini menjadi yang paling penting di pasar digital.

Selain itu, dikarenakan ini produk asli dari Google maka membuatnya lebih dipercaya publik. Sebagian besar orang lebih suka menggunakan Google Analytics untuk kebutuhan pemantauan data analisis mereka.

Alat Monitor Konversi

Google Analytics memungkinkan Anda untuk membuat tujuan dan melacak apakah konversi yang Anda targetkan sudah terpenuhi atau tidak. Menurut E-Commerce Development Company, menentukan ‘goal’ adalah cara yang bagus untuk menilai tingkat konversi Anda.

Tujuan (goal) bisa apa saja mulai dari pembelian, ajakan untuk bertindak, atau juga menjadikan pembeli sebagai pelanggan. Google akan menampilkan lokasi dari mana datangnya trafik dan juga kata kunci yang bekerja untuk Anda.

Kecepatan situs

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memonitor kecepatan loading halaman Anda dan melihat apakah sudah dioptimalkan atau tidak. Fitur ini dapat membantu dalam mengidentifikasi halaman mana yang mengambil waktu loading paling lama dan memodifikasi nya sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.

Track Program (Acara)

Fitur ini memungkinkan Anda untuk memantau peristiwa yang telah Anda buat dan telah Anda rencanakan. Contoh,  berapa banyak download yang Anda peroleh, berapa banyak orang yang mengklik iklan Anda, iklan mana yang mendapatkan lebih banyak klik untuk Anda, dan sebagainya.

Laporan Real Time

Menggunakan pelacakan alamat IP dan alat Google lainnya, suite Analytics memberikan laporan real time tentang pengguna di situs Anda dan apa yang mereka lakukan di sana.

Hal ini memungkinkan Anda mengetahui lokasi lalu lintas dan dari sumber mana mereka masuk ke situs Anda.

Sejak Google Analytics dirilis dan telah memberi begitu banyak kontribusi untuk para pemilik website, kini para perusahaan pengembang aplikasi ponsel merekomendasikan suite Analytics sebagai aplikasi pelengkap untuk kinerja yang lebih baik.

Mereka juga menggunakan Google Analytics untuk menguji kinerja mereka sendiri dan melihat bagaimana proyek-proyek mereka ‘faring’ di pasar digital.

Anda pelaku bisnis eCommerce? Sudahkah Google Analytics akrab dengan kinerja Anda? Jika belum, mulailah dari sekarang.


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

5 komentar:

  1. google analytic mmg sgt membantu. tapi kenapa yag 2 hari yg lalu tracking visitor dri google analytic sya malah jatuh berikisar di angka 10-30an saja, smentara di alexa padahal naik sampe ratusan,,,juga pv di dashboard tembus ribuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk melihat statistik bisnis atau pun pengunjung,.Google Analytic lah yg paling akurat

      Hapus
  2. Hallo Must Teguh...
    Memang paling enak pakai Google Analytics, tanpa perlu di refresh... selama komputer terus ON, maka bisa melihat lalulintas real-time...
    Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap, akurat, mudah di terapkan, gratis,..hayo apalagi kelebihan Google Analytics kang Dedy?

      Hapus
    2. Tanpa Ads Must Teguh, jadi dijamin loading sangat ringan... dan tidak terlalu memberatkan qouta... agak berbeda dengan H*TATS... hehe :D

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam