Cara Optimasi SEO Blog Lewat Analisa Data Metrik - BLOG MUST TEGUH

Cara Optimasi SEO Blog Lewat Analisa Data Metrik

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:38 AM
8 comments
Keberhasilan optimasi SEO sangat dipengaruhi oleh pengukuran data metrik. Tanpa metrik yang tepat, pemilik website tidak akan pernah tahu bagaimana kinerja situsnya, apalagi cara untuk memperbaikinya.

Semakin pesatnya teknologi menjadikan sebuah data makin mudah untuk diakses. Akibatnya, banyak muncul sumber informasi yang harus kita pilah-pilah yang ujung-ujungnya malah tidak karuan.

Beberapa ahli SEO (maaf, saya tidak termasuk) melacak segudang titik data yang berbeda (seperti peringkat, link, referal, dsb) untuk menganalisa secara jelas kinerja dari website nya.

Semua di lakukan secara bersamaan untuk memetakan tahap berikutnya dari strategi peringkat klien.

Namun kini Anda tak perlu lagi  menyewa jasa SEO. Kita dan mereka (para ahli SEO) memiliki akses ke data yang sama dan kita dapat melakukan optimasi SEO sendiri, hanya butuh sedikit skill dan analisis.

optimasi seo analisa data metrik

4 Data Metrik untuk Optimasi SEO


Menurut kamus bisnis, arti istilah data metrik adalah data yang dapat dianalisis secara statistik seperti dari interval atau skala rasio.

Setiap website memiliki berbagai data metrik yang unik. Ada yang beberapa diantaranya bersifat universal. Semuanya penting untuk ditelusuri dan perlu untuk dianalisis.

Berikut adalah data yang paling penting untuk dipelajari guna memperoleh peningkatan peringkat SEO Anda.

1. Share dari Kunjungan Referal

Kunjungan referal menunjukkan bagaimana pengunjung akhirnya menemukan situs Anda. Dalam upaya mendapatkan pengaruh atas akuisisi trafik, sangat penting untuk melacak dari mana sumber ini berasal.

Setiap bulan nya, data dari sumber di bawah ini memiliki kontribusi untuk situs Anda, antara lain :
  • Direct Traffict (Lalu Lintas langsung) : ini mengacu pada lalu lintas yang diterima dari bookmark, mengetik URL secara langsung, link e-mail tanpa kode pelacakan, dll
  • Search Traffic (Lalu Lintas pencarian) : ini berasal dari permintaan pencarian yang dilakukan di mesin pencari yang pada akhirnya mengarahkan seseorang ke situs Anda.
  • Referral Traffic (Lalu Lintas Referral) : ini berasal dari kampanye link branding, materi promosi, e-mail yang dapat dilacak, atau link di seluruh web.

Memiliki informasi ini dapat membantu dalam mengidentifikasi kelemahan dan memberikan dasar untuk perbandingan dari waktu ke waktu.

Gunakan data ini untuk melacak upaya pemasaran konten Anda dan memperbaiki rencana akuisisi untuk meningkatkan manfaat SEO.

2. Referral Mesin Pencari

Di Amerika Serikat, tiga mesin pencari utama (Google, Bing, dan Yahoo) menarik 95 persen dari seluruh lalu lintas pencarian. Di negara lain nya, lebih dari 80% dari lalu lintas pencarian berasal dari ketatnya persaingan di Google.

Mengukur lalu lintas situs dari ketiga mesin pencari tersebut adalah cara yang efektif karena beberapa alasan antara lain :

  • Untuk membandingkan volume kontribusi dari setiap mesin pencari dalam korelasi dengan pangsa pasar.
  • Memberikan pengetahuan penting jika situs Anda suatu saat mengalami penurunan trafik karena ini adalah informasi fundamental untuk mendiagnosis masalah.

Jika semua mesin pencari menjatuhkan vonis yang sama, Anda mungkin mengalami masalah aksesibilitas.

Jika penurunan trafik hanya terjadi pada pencarian di Google, Anda kemungkinan terkena penalti Panda dan Penguin. Silahkan telusuri lebih dalam untuk melihat di mana pelanggaran itu terjadi.

Upaya optimasi teknik SEO tertentu memiliki dampak yang lebih besar daripada yang lain. Di Google, menjaring link anchor text dari berbagai domain (outbound link) akan memiliki pengaruh yang buruk terhadap situs Anda.

Mengidentifikasi taktik terbaik yang bekerja pada mesin pencari akan membantu untuk memfokuskan upaya Anda terhadap SEO.

3. Referal dari Frase Kata

Kata kunci selalu menjadi faktor penting untuk SEO. Tapi frase kata lebih penting dibandingkan kata kunci.

Frase kata bisa dipakai untuk melacak, mengukur kinerja, mengidentifikasi istilah dalam volume pencarian yang signifikan, dan menganalisis tren baru.

Selama hampir 15 tahun terakhir, pencarian lalu lintas di seluruh dunia telah meningkat secara konsisten sehingga sangat sulit untuk melihat penurunan dalam jumlah referral.

Periksa kata kunci Anda untuk menentukan apakah telah terjadi penurunan baru-baru ini, atau apakah ada masalah dengan kata kunci musiman (kata kunci yang paling populer selama waktu tertentu dalam setahun).

Gunakan strategi kata kunci yang dinamis dan fleksibel yaitu keyword yang menuntun pengguna ke situs Anda sesuai dengan apa yang telah Anda prediksi. Namun situasi sering berubah dari waktu ke waktu, di sinilah perlunya improvisasi lewat update konten secara rutin dan terjadwal.

Banyak situs melakukan kesalahan dengan menempelkan kata kunci yang sifatnya ‘kuno’ atau terlalu baku, jadi jangan biarkan ini terjadi pada Anda.

4. Data Konversi pada Kueri Penelusuran

Konversi adalah tujuan akhir dari setiap bisnis, karena itulah poin dari permainan SEO.

Data metrik mengacu dari berapa banyak konversi dilakukan. Perangkat analisis Anda akan memberitahu halaman mana yang ‘mendaratkan’ pengunjung ke situs Anda setelah mereka melakukan permintaan pencarian.

Ini memungkinkan Anda pada upaya pengoptimalan halaman tersebut untuk pengalaman pengguna dan membimbing pengunjung melalui corong konversi.

Kesimpulan


Empat data di atas sangat berharga untuk memaksimalkan SEO Anda. Membangun kata kunci yang konsisten akan menggiring pengunjung untuk datang ke situs Anda.

Ini bisa meringankan kerja kita agar lebih fokus pada peringkat sebuah kata kunci untuk memperbesar hasil konversi. Jadikan hal ini sebagai observasi awal pada kata kunci frase rujukan.

Data metrik adalah kunci untuk mengoptimasi upaya SEO Anda. Jika Anda tidak melacak informasi penting ini, Anda tidak akan memiliki cara lain untuk mengetahui mana yang benar-benar bekerja di situs Anda.

Buat jadwal pelacakan dan tarik sebuah kesimpulan dari setiap perubahan data metrik dari waktu ke waktu. Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik di atmosfir keberhasilan optimasi SEO.

Poin mana yang Anda lacak sebagai data paling berharga untuk website Anda?


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

8 komentar:

  1. Bagus mass... sangat membantu... jangan lpa kunjungan balik ya mass...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunjungan balik kemana ya mbak? rumah atau blog? he he

      thanks deh,..

      Hapus
  2. Pusing bacanya kang belum kelasnya soalnya hiks hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. pusing minum obat dong mas..he he

      matur suwon

      Hapus
  3. search traffic mantep ya mas dampakny...kalo direct kayanya btuh teknik branding...

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang trafik dari SE dampaknya adalah blog cepat di kenal (populer),.apalagi kalo artikel kita banyak yg mejeng di sana..

      setelah blog populer,.orang nggak perlu lagi nyari di SE, biasanya langsung ketik nama atau url blog,..

      itulah pentingnya nama domain yang mudah diinget,

      semoga bermanfaat buat mas Fajar,.thanks ya

      Hapus
  4. masih perlu banyak belajar lagi nih soal SEO, makasih mas infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. SEO itu dalam dan luas kalo mau dipelajari,.tapi mudah kok untuk dipahami..tentunya semua butuh waktu, saya pun masih tergolong ingusan kalo bicara soal SEO,..

      disini kita bisa belajar bersama-sama,.thanks mas bhoflo for visit,..salam blogger

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam