Cara Jadi Pemenang di Pertarungan SEO

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:38 PM
Leave a Comment
Dalam bisnis online, SEO adalah salah satu permainan yang harus di mainkan jika ingin menarik banyak konsumen.

Pemilik website yang mahir dalam teknik SEO memiliki peluang untuk potensi lalu lintas tak terbatas dan konversi organik pada situs mereka.

Seperti kita tahu, situs dengan kunjungan dari hasil pencarian organik (mesin pencari) memiliki kualitas lalu lintas yang paling kuat. Penghargaan tertinggi untuk posisi website Anda di SERPs sangat dipengaruhi oleh berapa banyak pengguna yang mengunjungi website Anda.

Untuk menarik lalu lintas organik di niche Anda, tunjukkan pada Google bahwa website Anda lebih relevan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dari situs lain dengan kata kunci pencarian yang di targetkan.

Ingin tahu beberapa rahasia untuk menang di kompetisi ini? Terus ikuti artikel ini, kekuatan Anda akan bertambah.

Cara Jadi Pemenang di Pertarungan SEO

Relevansi adalah "Paramount"


Istilah 'paramount' artinya tertinggi atau yang terpenting. Jadi, keberhasilan Anda dimulai dengan memastikan bahwa relevansi konten telah dimaksimalkan untuk setiap pencarian tertentu yang berkaitan dengan niche Anda.

Anda perlu memasukkan istilah dan frase yang relevan di seluruh isi website Anda. Agar lebih efektif, tempatkan indikator tersebut dalam meta tag, judul tag serta URL.

Akan tetapi, memasukkan kata kunci spesifik yang berhubungan dengan niche Anda rasanya belum cukup. Gunakan kreatifitas bahasa Anda untuk menghasilkan dan menerapkan variasi kata sebanyak mungkin.

Selain itu, saat ini penggunaan long tail keyword menjadi semakin dominan di hasil pencarian seiring makin meningkatnya popularitas perangkat mobile dan fungsi pencarian Google “voice to text”.

Dibandingkan sebelumnya, pertanyaan yang muncul umumnya jenis pertanyaan kasual, jadi pastikan untuk mengasah istilah dan frase yang berlaku pada jenis ini.

Perjuangan Anda belum berakhir, ini baru awalnya saja.

Sekarang saatnya melakukan pengintaian kecil pada kompetisi itu sendiri. Anda bisa manfaatkan tool dari SEMRush untuk memata-matai kata kunci dan frase yang ditargetkan oleh pesaing Anda.

Melalui tool di SEMRush tersebut, cukup pasang URL saingan Anda. Akan muncul daftar kata kunci kompetitor sehingga akan mudah untuk menentukan frase mana yang akan Anda pakai dan mana yang bisa diabaikan.

'Gila' nge-Blog


Penyakit 'gila' ngeblog dalam dunia blogging sangat dibutuhkan. Penyakit ini yang bisa memompa produktivitas konten. Anda tentu tahu, konten adalah tulang punggung SEO yang tidak boleh diabaikan. Terlalu banyak situs yang merilis sedikit konten untuk penggunanya - itu adalah BIG MISTAKE.

Website yang menerbitkan lebih banyak konten per bulannya akan menerima lalu lintas hampir 3,5 kali lebih banyak di bandingkan yang lebih sedikit posting bulanan nya.

Disamping itu, rutinitas update harus di barengi dengan konten yang informatif, berguna, asli dan tentunya menarik.

Menulislah sesuai dengan apa yang audiens pikirkan. Cobalah membuat artikel yang bisa mengatasi masalah utama mereka. Buat poin-poin penting yang bisa menarik perhatian mereka agar selalu terlibat aktif dengan setiap update konten yang Anda buat.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghasilkan “content augmented” adalah perhatikan konten di situs Anda. Mana yang  menerima interaksi dan pujian paling banyak. Ini adalah indikator dari obyektifitas audiens terhadap posting yang telah Anda publikasikan.

Berikutnya, saatnya untuk menyelinap ke garis musuh.  Perhatikan jenis konten dari pesaing Anda.
  • Apa konten terbaik mereka yang berhasil menarik banyak pengunjung? Ini akan memberi Anda arah definitif tentang topik yang menarik bagi khalayak internet secara keseluruhan.
  • Apakah kompetitor Anda juga memposting banyak video?
  • Apakah kolom survey selalu disertakan di seluruh blog mereka?

Pastikan untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dan manfaatkan data baru yang ditemukan untuk keuntungan Anda.


UX sebagai Prioritas Utama


SEO selalu mengalami evolusi, pengalaman pengguna yang fenomenal menjadi keharusan. Itu sebabnya, UX harus di utamakan.

Apa itu UX? Istilah ini tak lepas dari pasangan kata lain nya yaitu UI. Dalam dunia grafis, UX dan UI selalu berkaitan.

UI (user interface) lebih fokus pada tampilan sebuah produk secara kasat mata, sedangkan UX (user experience) lebih pada pengalaman yang di rasakan dari produk tersebut.

Berkaca dari istilah tersebut, desain website Anda perlu sentuhan keindahan yang bisa mewakili kepribadian Anda, mudah dinavigasi untuk menempatkan UX sebagai prioritas utama melalui konten yang luar biasa.

Google memantau UX melalui berbagai metrik termasuk bounc rate, sinyal sosial media, backlink, dan banyak lagi.

Fokuskan perhatian Anda pada backlink - ini merupakan faktor utama untuk SEO dan Google sangat selektif untuk memantau masalah backlink melalui algoritma Penguin.

Lindungi website Anda dari link spam. Jika ragu terhadap sebuah link yang mencurigakan, hapus saja. Ini penting, bangun link otoritas yang bisa mengarahkan trafik ke website Anda.

Sekali lagi, lihat apa yang dilakukan pesaing  Anda untuk melihat bagaimana website Anda bisa mengalahkan mereka di permainan mereka sendiri.

Dengan memanfaatkan alat seperti Open Site Explorer atau Ahrefs Anda dapat mengetikkan URL pesaing untuk melihat daftar backlink mereka. Dari situ Anda dapat membangun pola oposisi untuk mendapatkan link tertentu.

Selain itu, karena situs tersebut terhubung ke salah satu pesaing Anda, silahkan Anda mencoba untuk menghubungi blogger pemilik situs tersebut  melalui media sosial mereka atau lewat info kontak dengan tujuan untuk menciptakan aliansi sendiri.

Ketika backlink yang etis diciptakan melalui konten berkualitas tinggi dan outbound link (link keluar), Google akan mulai melirik web Anda. Hasil akhirnya, otoritas website Anda pada kompetisi ini akan sampai di genggaman Anda.

Namun perlu diingat, untuk menggulingkan siapa pun yang memerintah di kasta tertinggi – semua butuh waktu. Dengan mengikuti panduan ini secara terus-menerus, Anda akan mendapat klaim untuk menjadi raja (atau ratu) di halaman mesin pencari.

Apakah blog Anda sudah menerapkan beberapa saran seperti yang saya sebut di atas? Jika demikian, apakah efeknya mempengaruhi peringkat Anda dalam mesin pencari? Silahkan tuliskan komentar Anda.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam