11 Metode agar Blog Baru Cepat Ter-Indeks Google | Bab Dua

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:51 PM
3 comments
Ini adalah kelanjutan dari bab satu tentang 11 metode agar blog cepat terindeks oleh Google. Silahkan di simak kembali.

5. Membuat dan Mengirim Peta Situs

Anda pasti pernah mendengar kata sitemap - tapi mungkin saja Anda tidak pernah tahu persis apa artinya.

Sitemap pada dasarnya adalah daftar (dalam format XML) dari semua halaman di sebuah situs. Fungsi utamanya adalah untuk membiarkan mesin pencari tahu setiap perubahan - baik halaman baru, atau perubahan pada halaman tertentu - serta seberapa sering mesin pencari harus memeriksa perubahan tersebut.

Apakah peta situs mempengaruhi peringkat pencarian ? Secara langsung mungkin tidak signifikan. Tapi kehadirannya akan membantu situs Anda diindeks lebih cepat.

Menurut blog webmaster Google, peta situs membantu konten Anda terindeks lebih cepat, sehingga bisa mengangkat posisinya di SERPs.

Hal ini sesuai dengan pernyaan Google sendiri, "Mengirimkan Sitemap akan membantu dan memastikan Google tahu tentang URL situs Anda."

Lalu apakah jaminan situs Anda akan segera diindeks? Tidak, tetapi minimal itu sebagai alat yang efektif untuk membantu proses indeksasi situs Anda.

Jika Anda menggunakan WordPress, ada cara yang lebih mudah untuk membuat sitemap. Cukup instal dan gunakan plugin Google XML Sitemaps.

Pengaturan nya memungkinkan Anda untuk menginstruksikan plugin pada seberapa sering sitemap harus dibuat, diperbarui, dan dilaporkan ke mesin pencari. Ini sifatnya otomatis, sehingga setiap kali Anda mempublikasikan sebuah artikel baru, maka sitemap akan diperbarui dan dilaporkan secara otomatis.

Alat sitemap lain yang dapat Anda gunakan yaitu XML Sitemaps Generator, sebuah alat yang bisa bekerja untuk semua jenis website. Dan juga Google Webmaster Tools (kini Search Console) yang memungkinkan Anda melakukan pendekatan dengan kontrol penuh.

Untuk menggunakan Search Console, cukup masuk ke akun Google Anda, lalu tambahkan URL situs baru Anda ke Search Console dengan mengklik "Tambahkan Properti" (tombol di sebelah kanan).

Kemudian di kotak popup, masukkan URL situs baru Anda dan klik tombol "lanjutkan".

Setelah situs Anda ditambahkan ke dasbord Search Console, cukup klik URL untuk pergi ke dashboard untuk situs tersebut. Di sebelah kiri, di bawah "Crawl," klik "Sitemaps" kemudian di kanan atas sudut klik "Add / Test Sitemap".

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan Bing Webmaster Tools untuk melakukan hal yang sama untuk mesin pencari Bing.

metode percepatan indeksasi google

6. Install Google Analytics

Memasang Google Analytics dapat memberikan sedikit sentuhan kepada Google, yang membiarkan mesin pencari tahu bahwa situs Anda memang ada. Pada gilirannya, itu dapat membantu proses crawling dan indexing.

Dengan Google Analytics Anda dapat beralih ke taktik yang lebih canggih, seperti menetapkan tujuan dan pelacakan konversi.


7. Submit URL Website ke Search Engine

Pendekatan langsung berikutnya yaitu mengirimkan URL situs Anda ke mesin pencari.

Untuk mengirimkan URL situs Anda ke Google, cukup log in ke akun Google Anda dan arahkan ke Submit URL di Search Console. Masukkan URL Anda, klik kotak bertuliskan "I’m not robot", kemudian klik tombol "Submit".

Untuk mengirimkan situs Anda ke Bing, caranya hampir sama, cukup submit URL situs Anda menggunakan link ini http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url, yang sekaligus juga akan terintegrasi ke Yahoo.


8. Buat atau Perbarui Profil di Media Sosial

Apakah Anda memiliki profil media sosial untuk situs baru atau blog Anda? Jika tidak, saatnya buat akun di sana.

Mengapa? Karena mesin pencari memperhatikan sinyal sosial. Sinyal tersebut dapat berpotensi mendorong mesin pencari untuk menjelajah dan mengindeks situs baru Anda.

Terlebih lagi, sinyal sosial akan membantu mendongkrak peringkat halaman Anda dalam hasil pencarian.

Sudah jelas sekarang bahwa rencana pemasaran media sosial yang solid bisa membantu SEO. Pada profil sosial media Anda, tambahkan link yang mengarah ke situs atau blog Anda.

Profil Twitter, fanspage di Facebook, profil LinkedIn, profil Pinterest, channel di YouTube , dan terutama profil di Google+ - semua adalah tempat-tempat yang ideal untuk menambahkan link yang merujuk ke situs web Anda.

Untuk alasan apapun, jika Anda tidak ingin membuat profil baru di situs sosial media, alternatif nya Anda dapat menambahkan link situs baru Anda pada profil yang sudah ada.


9. ‘Share’ Link Website Baru Anda

Cara sederhana lainnya untuk mendapatkan link ke situs atau blog baru yaitu melalui update status pada akun sosial media Anda.

Tentu saja, link ini nofollow. Tapi setidaknya kita tahu, Google dan Bing masih akan menghitung pelacakan sinyal sosial untuk keperluan pengindeksan.

Jika Anda di Pinterest, pilih gambar yang baik dan berkualitas tinggi atau screenshot dari situs baru Anda. Optimalkan dengan menambahkan URL dan deskripsi (gunakan kata kunci yang tepat) lalu ‘pin’ ke salah sebuah ‘board’ yang sudah ada atau yang baru Anda buat untuk situs Anda.

Jika Anda berada di YouTube, Anda harus kreatif! Merekam screencast video yang memperkenalkan secara singkat dan menyoroti fitur dan manfaat pada situs Anda. Kemudian tambahkan URL dalam deskripsi video.

Baca ini : Situs Terbaik Tempat Berbagi Postingan Blog


10. Set Up RSS Feed Anda

Apa itu RSS Feed? Dan bagaimana dampaknya ke pengindeksan dan perayapan?

Banyak yang berpikir RSS tidak efektif. Menurut saya tidak, meskipun jumlah penggunanya terus menurun setelah ‘matinya’ Google Reader pada tahun 2013.

RSS Feed selain membantu meningkatkan pembaca dan tingkat konversi, juga dapat membantu halaman Anda pada proses indeksasi.

RSS (Really Simple Syndication atau Rich Site Summary) baik untuk pengguna dan pemilik situs.

Untuk pengguna, RSS feed memberikan cara yang lebih mudah untuk mengkonsumsi sejumlah besar konten dalam waktu yang lebih singkat.

Pemilik situs mendapatkan publikasi instan dan distribusi konten, ditambah cara baru bagi pembaca untuk "berlangganan" konten yang sudah dipublikasikan.

Menyiapkan RSS feed dengan Feedburner (alat manajemen RSS dari Google) membantu memberitahu Google bahwa Anda memiliki situs baru atau blog yang siap untuk dijelajahi dan diindeks.

RSS juga akan membiarkan Google tahu setiap kali Anda mempublikasikan posting baru atau halaman baru yang perlu untuk diindeks.


11. Submit ke Blog Direktori

Mengirimkan URL baru Anda ke blog direktori dapat membantu situs Anda "mudah ditemukan" oleh pengguna baru yang potensial.

Tetapi juga dapat membantu pengindeksan lebih cepat - jika Anda menerapkan nya dengan cara yang benar.

Blog direktori gratis banyak berserakan di berbagai lanskap digital. Ada ratusan bahkan ribuan. Sayangnya, terlalu banyak dari mereka yang sedikit memberi nilai untuk pembaca blog.

Pada tahun 2012, Google menyapu bersih situs direktori berkualitas sangat buruk dari indeks mereka.

Moz menganalisis, ada 2.678 direktori yang bermasalah. Akhirnya disimpulkan bahwa “dari 2.678 direktori, hanya 94 yang dilarang. Namun, ada 417 direktori tambahan yang mencoba menghindari larangan, tetapi mereka akhirnya tetap dihukum. "

Jadi apa kesimpulannya? Jika Anda akan mengirimkan blog baru ke situs direktori, pastikan Anda mengirimkan ke direktori berperingkat baik dan kredibel.

Pastikan daftar yang Anda gunakan saat ini berasal dari daftar direktori terbaik yang disusun dari situs otoritas. Misalnya dari Harsh Agrawal, TopRank, Technorati, Alltop (untuk niche industri). Ini untuk membantu Anda menyeleksi mana yang baik dan mana yang buruk.

Mengirimkan ke situs berkualitas tinggi dengan penilaian obyektif dari Otoritas Domain tidak hanya dapat menarik audiens baru, tetapi juga menghasilkan inbound link yang dapat 'menyenggol' mesin pencari untuk menjelajah dan mengindeks situs Anda.


Kesimpulan


Kini Anda telah memiliki 11 metode agar website atau blog baru cepat terindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Bagaimanapun, ini bukanlah daftar yang lengkap, masih ada teknik lain yang bisa Anda terapkan - misalnya, bookmark melalui situs sosialbookmark seperti Delicious, Scoop.it, dan StumbleUpon.

Algoritma mesin pencari berevolusi dengan cepat. Jadi, penting bagi Anda untuk selalu tahu perkembangan yang sedang terjadi. Sangat disarankan untuk mengevaluasi teknik yang Anda pakai melalui observasi independen Anda sendiri.

Taktik apa yang telah Anda coba saat ini dan bagaimana hasilnya? Tuliskan pada komentar di bawah.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

3 komentar:

  1. Betul banget mas, tapi kalo saya sering submit pake webmaster tuh, soale dengan webmaster blog ane cepat terindeks dan naik. Jadi ya cukup dengan itu saja saya submitnya.hehe

    BalasHapus
  2. Harus sering-sering mampir di sini nih.
    Banyak banget ilmu yang bisa dipetik.

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam