11 Metode agar Blog Baru Cepat Ter-Indeks Google | Bab Satu

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:51 PM
10 comments
Semua blogger pasti menginginkan lebih banyak lalu lintas pencarian organik yang masuk ke blog mereka.

Ya benar, trafik organik sangatlah penting. Menurut Conductor.com, rata-rata lalu lintas internet per hari, lebih dari setengahnya (bahkan hingga 64%) adalah trafik organik.

Semua itu jadi sebuah tanda tanya besar jika blog atau website Anda sama sekali tidak muncul dalam hasil pencarian.

“bagaimana website atau blog baru bisa diindeks oleh Google, Bing atau mesin pencari lainnya?”

Akan ada dua pilihan.

  • Anda hanya duduk dan menunggu hal itu terjadi secara alami.
  • Atau Anda mulai mengerahkan lebih banyak waktu dan energi untuk meningkatkan tingkat konversi, sinyal sosial media, dan tentu saja, menulis dan mempromosikan konten yang luar biasa dan berdaya guna.

Semua tergantung pilihan Anda. Kalau saya pribadi lebih memilih blog terindeks oleh Google secepat mungkin sehingga nantinya saya punya cukup banyak waktu untuk membangun audiens.

Jika Anda menginginkan hal yang sama, ikuti terus 11 metode sederhana yang dapat Anda lakukan agar blog baru secepat mungkin dindeks oleh Google.


1. Pahami Cara Kerja Search Engine

Perayapan (crawling)

Mesin pencari seperti Google mengandalkan robot pintar yang bernama ‘spider’ untuk menjelajahi web melalui potongan-potongan kecil pada kode komputer untuk dikirim ke mesin pencari.

Kerja si laba-laba ini adalah mencari dan mengumpulkan segala sesuatu yang baru pada website seperti, halaman baru, perubahan update pada halaman yang sudah ada, atau pun blog yang baru dibuat.

Kini, robot mesin pencari lebih canggih dan smart. ‘Spider’ akan mencari tahu tentang situs atau halaman baru yang mereka rayapi. Anda bisa memaksa si laba-laba untuk meng-indeks halaman Anda supaya bisa muncul di halaman pencarian tanpa perlu menanam kata kunci dalam tubuh halaman itu sendiri.

Saat ini, kata kunci yang berlebihan resiko nya adalah penalti dari Google. Sedangkan kata kunci pada meta tag yang sama sekali bukan bagian dari algoritma akan membuat situs Anda di tendang dari halaman indeks.

Google kini jauh lebih peduli pada pengalaman pengguna, serta apa motivasi pencarian mereka yaitu: apakah pengguna ingin membeli sesuatu (niat komersial) atau mempelajari sesuatu (niat informasi)?

Namun jangan salah paham dulu - kata kunci tetap faktor terpenting. Menurut Brian Dean (backlinko.com), faktor-faktor lain yang juga penting antara lain kualitas inbound link, sinyal sosial media (meskipun tidak langsung), dan kode yang valid pada semua halaman Anda.

11 Metode agar Blog Baru Cepat Ter-Indeks Google | Bab Satu

Pengindeks-an (indexing)

Pengindeksan adalah bagian dari skema kerja robot spider dalam mengumpulkan dan memproses semua data situs selama proses crawl web. Setiap perubahan data dicatat lalu ditambahkan ke database indeks pencarian Google.

Jadi, si laba-laba Google ini akan mengolah seluruh isi halaman termasuk di dalamnya menganalisis alt + tag dari judul gambar untuk ditempatkan pada istilah pencarian.

Itu lah pengindeksan. Ketika seorang pengguna mencari informasi yang berkaitan dengan kata kunci yang sama, algoritma Google segera bekerja dan memutuskan mana halaman terbaik di antara semua halaman lain yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Lalu bagaimana robot search engine menemukan konten baru pada halaman situs dan menempatkannya di pageone?

Setelah sebuah halaman diindeks melalui sesi perayapan sebelumnya, selanjutnya robot akan menempatkan nya dalam data sitemap.

Pada akhirnya, robot spider akan menemukan dan memakai link pada halaman yang dirayapi dan menambahkan nya ke halaman terkait untuk daftar halaman yang akan dijelajahi.

Itulah versi singkat dan agak sederhana tentang bagaimana Google menemukan, menganalisa, dan meng-indeks situs-situs baru seperti milik Anda.

Banyak mesin pencari lainnya dengan proses yang hampir sama, meskipun masing-masing memiliki algoritma sendiri dengan spesifikasi yang berbeda.

Jika Anda baru saja menerbitkan sebuah situs baru di web, pastikan Google telah menemukan halaman situs Anda.

Cara termudah untuk memastikan hal ini adalah dengan mengetik site:http://namadomainAnda.com pada kotak pencarian.

2. Tambahkan Blog

Mengapa Anda perlu sebuah blog?

Ini sederhana, blog adalah mesin SEO. Konten blog akan dijelajahi dan diindeks lebih cepat daripada halaman statis. Bahkan, blog dalam sebuah situs akan mendapatkan rata-rata 434% lebih halaman yang diindeks.

Blog juga membawa lebih banyak lalu lintas. Menurut Hubspot, bisnis dengan blog yang stabil menghasilkan 55% lebih banyak pengunjung ke situs mereka daripada yang tidak memakai blog.

Dan blogging bekerja untuk setiap jenis bisnis, industri, atau niche. Untuk berbagai model bisnis (termasuk B2C (business to customers) dan situs e-commerce), 61% dari pembeli online melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi dari blogger.

Jadi tak perlu takut ngeblog, Anda hanya butuh usaha yang konsisten. Cukup menulis artikel berkualitas tinggi dan posting blog secara teratur.

Namun jika Anda memiliki situs e-commerce, blogging bukanlah sesuatu yang sulit.

Sebagai contoh, ketika Anda membuat dan mempublikasikan halaman untuk produk baru. Tambahkan beberapa gambar berkualitas dari produk yang Anda jual, dan buat link ke halaman produk. Hal ini agar halaman produk dapat dijelajahi dan diindeks lebih cepat oleh mesin pencari.

3. Gunakan Robots.txt

Anda mungkin telah mengenal "robots.txt" di file domain Anda dan bertanya-tanya “apa itu, apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?”.

"Apa itu robot.text ?" Jawaban nya sangat sederhana. Ini hanya file teks biasa yang harus berada di root direktori dari domain Anda. Jika Anda menggunakan WordPress, bisa Anda jumpai pada direktori root pada saat instalasi WordPress.

"Apa fungsi dan cara kerjanya ?" Nah, ini jawabannya sedikit lebih kompleks. Pada dasarnya, robots.txt adalah file penunjuk arah untuk robot mesin pencari yang menginstruksikan halaman mana yang boleh dirayapi dan diindeks - dan halaman mana yang harus di jauhi.

Ketika laba-laba pencari menemukan file ini di domain baru, mereka membaca petunjuk di dalamnya sebelum melakukan apapun. Jika mereka tidak menemukan file robots.txt, bots pencarian berasumsi bahwa Anda ingin setiap halaman untuk dijelajahi dan diindeks.

Anda mungkin bertanya-tanya "Kenapa saya ingin mesin pencari untuk tidak indeks halaman di situs saya?" Itu pertanyaan yang pintar!

Singkatnya, itu karena tidak setiap halaman yang ada di situs Anda harus dihitung sebagai halaman terpisah untuk tujuan hasil pencarian.

Misalnya, Anda punya dua halaman dengan konten yang sama, akibat adanya pembagian fitur visual pada desain Anda (biasanya versi mobile dan desktop). Untuk menghindari duplikat konten, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan file robots.txt Anda untuk menginstruksikan mesin pencari agar mengabaikan salah satu dari mereka.

Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa apakah situs baru Anda memiliki file robots.txt. Jika tidak ada, gunakan editor teks biasa seperti Notepad untuk membuatnya.

Catatan penting :
Gunakan editor teks biasa (notepad). Jangan pakai Word atau WordPad yang dapat menyusupkan kode-kode tak terlihat dalam dokumen Anda dan berpotensi mengacaukan segalanya.

Komposisi sederhana sebuah format file robots.txt biasanya seperti ini.
  • Baris pertama berisi nama agen pengguna (nama agen yang dicari oleh bots - misalnya, Googlebot atau BingBot). Anda juga dapat menggunakan tanda bintang (*) sebagai pengidentifikasi wildcard untuk semua bots.
  • Berikutnya string Allow atau disAllow, sebuah perintah untuk mesin pencari yang mengatakan secara khusus bagian mana dari domain Anda yang akan dijelajahi, diindeks dan mana yang harus diabaikan.

Untuk blogger WordPress, optimasi file robots.txt dilakukan dengan menggunakan plugin terpercaya seperti Plugin SEO Yoast.

Pertanyaan nya, "apakah file robot.text mempengaruhi pengindeksan untuk website Anda?"

Harsh Agrawal dari ShoutDreams Media mengatakan :

“Robot Google mampu mengindeks situs dalam waktu 24 jam menggunakan strategi kombinasi, termasuk robots.txt dan teknik SEO onpage. Sangat penting untuk berhati-hati ketika merevisi file robots.txt Anda, karena kesalahan bisa saja terjadi jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan.”

“File yang dikonfigurasi dengan tidak benar dapat menyembunyikan seluruh situs Anda dari mesin pencari. Anda dapat menggunakan alat robots.txt Google untuk memastikan file Anda dikodekan dengan benar.”

4. Buat Strategi Konten

Menurut laporan Hubspot, para pemasar konten beranggapan  bahwa bila blogging dilakukan dengan serius bisa menghasilkan 13x ROI (rate of investment) yang positif.

Untuk itu, lakukan yang terbaik untuk mempublikasikan konten yang berharga, menarik dan berguna, lalu lakukan apapun untuk memastikan bahwa pembaca potensial Anda melihat dan membacanya.

Menciptakan strategi konten tidak harus rumit. Cukup ikuti kerangka di bawah ini:

Apa tujuan Anda?
Tentukan tujuan SMART dan bagaimana Anda akan mengukur kemajuan Anda (metrik).

Siapa target audiens Anda?
Mengetahui profil pelanggan atau personas sangat penting untuk memahami audiens dan mengetahui apa yang mereka inginkan / butuhkan.

Apa jenis konten yang akan Anda hasilkan?
Pastikan jenis konten yang dihasilkan benar-benar sangat ingin dibaca oleh target audiens Anda.

Di mana konten akan dipublikasikan?
Tentu saja, konten Anda adalah tuan rumah pada situs baru Anda, tetapi mungkin saja Anda ingin menjangkau situs lain atau memanfaatkan platform seperti YouTube, LinkedIn, dan Slideshare.

Seberapa sering Anda akan mempublikasikan konten Anda?
Lebih baik mempublikasikan  artikel berkualitas tinggi secara konsisten 1 kali dalam seminggu sesuai jadwal, daripada mempublikasikan artikel setiap hari selama seminggu tanpa ada hasil dalam satu bulan.

Sistem apa yang Anda adopsi untuk mempublikasikan konten Anda?
Sistem hanyalah rutinitas yang dilakukan berulang-ulang terhadap sebuah tugas yang kompleks. Ini akan membantu Anda menghemat waktu dan proses menulis konten jadi lebih cepat, sehingga jadwal tetap on the track.

Sesuai pengalaman pribadi saya. Membuat strategi konten bisa dilakukan melalui draft artikel dengan penjadwalan pada publikasi nya. Tujuannya agar saat website baru tercipta, halaman baru pada situs akan diindeks lebih cepat melalui konten baru yang terupdate secara rutin dan terjadwal.

Setelah membuat rencana strategi konten dalam bentuk draft artikel, selanjutnya akan memudahkan Anda dalam mempublikasikan konten yang berkualitas sesuai jadwal yang konsisten. Strategi ini akan membantu mempercepat pengindeksan pada halaman baru situs Anda.

Berhubung artikel ini terlalu panjang, jadi untuk menghemat tempat, silahkan buka kelanjutannya di BAB DUA. Terima kasih.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

10 komentar:

  1. mas,, blog saya kok tidak ada di penelusuran google ya,, padahal sudah saya gunakan banyak cara termasuk cara di atas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode verifikasi google nya udh di pasang pd blog?

      Hapus
  2. saya masih blum memaksimalkan robot txt karna memng blum trlalu paham. mudah2an tidak ada yg duplikat konten biar indeksny meningkat terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal kalo tahu caranya, atau minimal ngerti polanya,..robot,text bisa bermanfaat buat SEO khususnya dalam hal trafik

      silahkan mas Fajar pelajari,..pasti bakal kerasa manfaatnya buat blog

      Hapus
  3. Dalam struktur data di GWT ada grafik menurun dengan kode garis biru menurun tajam, artinya apa ya mas?

    strruktur data>blogposting>schema.org

    nah dari yang tadinya ada grafik stabil tiba2 sekarang jadi datar paling bawah, mungkin mas bisa jelaskan maksudnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perubahan grafik dari garis biru, biasanya di pengaruhi :
      1. perubahan template
      2. update konten
      smakin bertambahnya jumlah artikel,.harusnya grafik garis biru sedikit stabil ke arah naik...

      Hapus
  4. Memang sepekan kemarin ini 2 point yg mas jelaskan baru saya lakukan di blog saya, terus perbaikan apa yg harus saya lakukan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari search console,.pilih "sumber daya lainnya"..lalu pilih "alat pengujian data terstruktur"..dari situ masukkan url blognya

      lihat data error apa yg ditunjukkan , terus perbaiki lewat html..
      cari di google solusi buat error2 tsb,..terlalu panjang klo di jelaskan di sini,.

      semoga itu bisa membantu,.

      Hapus
  5. Saya setuju dengan artikel ini, tapi tidak ditambahkan pasang kode verifikasi dari berbagai search engine, padahal itu penting juga.
    Robot.txt memang penting, tapi mengutak-atik tanpa pengetahuan yg benar salah-salah malah bikin robot ga mengindex.
    1 Hal yang tidak ada di sini adalah ping, menurut pengalaman saya justru dengan ping itu cara tercepat untuk diindex search engine, khsusnya google punya cara ping tersendiri dan sangat mudah digunakan.
    Trims. BizriL blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. kode verifikasi untuk berbagai search engine, mungkin saya tulis lain waktu mas,..soalnya topik artikel ini khusus buat search engine Google,..

      soal ping,..menurut saya satu bulan satu kali sudah cukup,..kalo setiap update artikel harus selalu di ping,.malah kurang bagus buat SEO,..selama artikel baru di "fetch as google" maka proses indeksasi akan lebih cepat, cuma butuh waktu nggak lebih dari satu menit..

      sekali lagi thanks mas Indra buat opininya,..moga bisa jadi tambahan wawasan buat pembaca blog ini,..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam