Prediksi SEO tahun 2016 Langsung dari Ahlinya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 5:30 PM
8 comments
Tak terasa tahun 2015 bakal kita lewati. Kaum blogger (termasuk saya) yang sehari-hari sibuk mengurus blog, tentu akan bertanya “bagaimana dinamika SEO untuk 12 bulan ke depan (tahun 2016) ?

Seperti kita tahu, SEO dianggap sebagai strategi pemasaran dengan lanskap yang terus berubah. Terlebih lagi, SEO sering merupakan subjek yang luar biasa yang penuh jargon dan misnomers.

Jadi, masalah pendekatan SEO pada tahun 2016 adalah masalah besar bagi banyak pemilik usaha dan pengelola website.

Bahkan isu yang kini sedang hangat dibicarakan, “apa kita benar-benar perlu bekerja dengan SEO dalam 12 bulan ke depan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, saya telah mengutip beberapa tanggapan dan prediksi dari beberapa ahli SEO paling berbakat dan berkompeten untuk membantu Anda.

Bagaimana prediksi untuk SEO pada tahun 2016?


1. Brian Dean (backlinko.com)

prediki seo 2017

SEO tahun 2016 akan menjadi kasus yang sama.

Sejak bergulir Penguin pada tahun 2012, Google menjadi sedikit lebih tenang. Mengapa demikian? Grafik link spam kian menurun dan hasilnya lebih baik dari sebelumnya.

Jadi pada titik ini, Google membuat algoritma sedikit lebih baik. Saya tidak melihat perubahan besar dari Google dalam waktu dekat, karena memang tidak ada alasan bagi mereka untuk melakukannya.
SEO pada 2016 akan tetap menjadikan konten, kata kunci dan backlink sebagai prioritas utama.

2. Neil Patel (neilpatel.com)

prediksi seo 2017

SEO pada 2016, menjadi kasus dengan pendekatan yang sama seperti 2015 ... berfokus pada pengalaman pengguna yang benar-benar baik.

Situs dengan pengalaman pengguna yang luar biasa cenderung berperingkat lebih baik dalam jangka panjang.

Jika pengguna menemukan apa yang mereka cari di situs Anda dan mereka tidak menyimpan atau menekan tombol kembali ke SERPs, peringkat Anda akan terseok-seok dari waktu ke waktu.

3. Brian Honigman (Honigman Media)

prediksi seo 2017

SEO hanya akan lebih penting di tahun 2016, tetapi akan terus terlihat kurang dan kurang layaknya SEO 'tradisional'.

Google terus menerapkan learning machine, sinyal sosial dan pengukuran yang lebih canggih dalam mengukur kualitas. Kemenangan terbesar SEO akan datang dari akurasi dalam mengidentifikasi dan mengisi kebutuhan konsumen dengan konten berkualitas tinggi.

Google menjelaskan bahwa inovasi algoritmik mereka telah ditargetkan untuk membantu konsumen menemukan apa yang mereka cari.

Oleh karena itu, SEO cerdas akan menyelaraskan upaya mereka dengan mesin pencari dan berusaha untuk memahami kebutuhan pelanggan mereka pada tahap pengambilan keputusan konsumen.

4. Marie Haynes (mariehaynes.com)

prediksi seo 2017

Saya yakin bahwa Google akan menyempurnakan algoritma Panda, kemungkinan besar melalui learning machine, untuk mendapatkan yang lebih baik guna mempromosikan situs yang benar-benar multifungsi.

Di masa lalu, sebuah situs yang “biasa-biasa saja” masih bisa masuk ke peringkat yang baik meski dengan cara memanipulasi Google.

Namun, pada tahun 2016 dan seterusnya, situs yang terbaik adalah orang-orang yang benar-benar menghadirkan situs untuk kepuasan pengguna.

Saya percaya bahwa hal-hal seperti kualitas link dan SEO akan selalu berada di tempat terbaik dan menjadi sangat penting.

Tapi, jika Anda dan semua pesaing Anda melakukan hal yang sama dalam hal optimisasi SEO, situs yang menawarkan pengalaman terbaik bagi pengguna yang akan jadi pemenang.

5. Pratik Dholakiya (pratikdholakiya.com)

prediksi seo 2017

Saya sering mengatakan bahwa 'relevansi' itu penting ketika tujuan akhir yang Anda targetkan adalah melalui SEO.

Yang aku bicarakan disini adalah segala sesuatu tentang : judul, deskripsi meta, tag header, konten website dan link.

Jika fokus Anda tentang menciptakan konten yang paling relevan, itu akan memberi dampak fenomenal untuk jangka panjang.

Pada saat yang sama, hindari optimasi frase kata kunci yang berlebihan.

Disamping itu, saya merasa bahwa update Google yang sedang berlangsung dalam algoritma mereka, akan sedikit lebih sulit untuk menentukan peringkat website yang hanya fokus pada ' link building '.

Saya masih melihat sejumlah website dari perusahaan besar melakukan ' link building ' hanya karena faktor utama dalam SEO - yang pada akhirnya itu akan merugikan mereka.

6. Lee Wilson (Vertical Leap)

prediksi seo 2017

Data internal akan menjadi sangat penting.

Data adalah “bahan bakar” SEO dan kebutuhan pemakaian data internal yang lebih efektif akan meringankan kerja spesialis SEO pada tahun 2016!

Ini berarti bahwa para ahli SEO bisa fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan keahlian manusia.

Ketika Anda fokus pada penggabungan target dari ahli SEO dengan learning machine, wajah SEO akan berubah untuk selamanya.

Unsur terbesar dari masalah ini adalah penggunaan data untuk mendorong keputusan konten.

Jika data adalah bahan bakar SEO untuk pengambilan keputusan, konten adalah apa yang menghubungkan setiap wawasan untuk ditindaklanjuti sebagai hasil akhir.

7. Mikkel deMib Svendsen (Waimea Digital)

prediksi seo 2017

SEO dimulai dengan konten dan analisis teknis yang sangat sederhana. Itu adalah satu-satunya cara mesin pencari benar-benar tampak di SEO.

Ada faktor sederhana yang mudah untuk melakukan reverse engineering dan bahkan lebih sederhana untuk memanipulasi.

Selama bertahun-tahun ini telah menjadi jauh lebih kompleks. Saat ini ada masalah teknis yang jauh lebih penting antara lain kecepatan situs, kompatibilitas mobile, dukungan data terstruktur, tag meta sosial dan duplikat konten.

Juga, dengan update Panda, mengoptimalkan konten menjadi jauh lebih rumit.

Evolusi akan terus berlanjut pada tahun 2016.

Kecepatan situs, kompatibilitas ponsel dan duplikat konten khususnya merupakan faktor yang saya percaya akan menjadi fokus terpenting pada tahun 2016.

Website dengan loading mobile yang cepat dan sempurna akan mendapat peringkat lebih baik. Website dengan masalah konten duplikat yang minimal akan terindeks lebih baik dengan hasil yang lebih mudah diprediksi.

Sebagai catatan , saya percaya bahwa kita akan melihat lebih banyak cloaking pada tahun 2016.

Mungkin ANDA tidak akan melihatnya tapi tetap akan ada - dan itu akan disaring oleh mesin pencari. Hal ini disebabkan sifat dinamis dari web yang terus berkembang.

Sebagai hasil dari masalah teknis sederhana dan makin mudahnya memanipulasi konten, mesin pencari mulai melihat link sebagai faktor kualitas yang lebih baik.

Selama beberapa tahun, link adalah sinyal yang sangat murni. Namun berbeda dengan hari ini, link kini sangat tercemar!

Pada tahun 2016 kita akan melihat lebih banyak penyaringan 'link tidak wajar' dan lebih menekankan pada link otoritatif.

Tapi itu akan menjadi perjuangan yang berat untuk mesin. Link yang harus dihitung akan terpotong sedangkan link berkualitas buruk yang tidak harus bekerja akan tetap bekerja.

Pada tahun 2016, konten dengan banyak omong kosong masih dapat lolos seperti yang telah kita lihat di masa lalu. Ini mungkin tidak selalu bekerja dengan baik, tapi saya tidak percaya hal itu akan berhenti dalam waktu dekat. Bahkan mungkin tidak akan pernah.

Ini adalah salah satu alasan saya percaya mesin pencari (terutama Google) - akan mulai lebih fokus pada 'data keterlibatan pengguna’.

Mereka mengumpulkan data ini terutama dari Chrome. Data ini jauh lebih murni dan lebih sulit untuk dimanipulasi (meskipun tidak mustahil).

8. Matt Siltala (Avalaunch Media)

prediksi seo 2017

Apa yang penting untuk SEO tahun 2016 adalah hal yang sama pentingnya untuk SEO 10 tahun sebelumnya.

Jika Anda mengisi konten dengan materi yang menjadi solusi untuk pertanyaan-pertanyaan yang diminta, atau masalah yang perlu dipecahkan, dan informasi yang sedang dicari, Anda akan berhasil.

Jika Anda melakukan ini, Anda dapat membangun komunitas dari orang-orang yang terus datang dan kembali. Jika Anda tidak pikirkan hal ini, bisnis Anda akan mati.

9. Boni Satani (Tatvic)

prediksi seo 2017

Skema markup. Sesuai survei terbaru dari Raven, hanya 20 persen dari situs sedang menggunakan skema!

Menurut Ahli Survey Moz, dampak data terstruktur di SERPs akan meningkat. Dengan melihat informasi ini, saya memahami bahwa akan lebih banyak mark up data pada webmaster mereka pada tahun 2016.

Tahun depan kita akan melihat pemasar menghasilkan lebih sedikit konten tetapi lebih berkualitas.

Kebanyakan pemasar akan memahami bahwa memproduksi konten sehari-hari tidak akan mendapatkan mereka traksi atau link yang diperlukan. Hanya konten berharga yang akan membantu mereka mendapatkan link.

Link produktif akan menjadi cara utama untuk mendapatkan link.

Pada tahun 2015 terdapat 3 jenis pemasar (marketer):
  • Mereka yang memahami konsep link produktif.
  • Mereka yang berhenti melakukan SEO.
  • Mereka yang masih mengandalkan “link building”.

Pada tahun 2016 akan muncul perubahan, pemasar pada kategori kedua dan ketiga mulai memahami bahwa mereka harus berada di bagian pertama (konsep link produktif).

Saya percaya bahwa memberikan kualitas dan mempromosikan konten akan mendatangkan hasil yang mengagumkan.

Saya pikir pada tahun 2016, webmaster akan bergeser ke arah link yang produktif!

10. Michael Stricker (SEMRush)

prediksi seo 2017

Saya berpikir bahwa pengalaman pengguna dengan peringkat, korelasi nya akan memakan anggaran dan perhatian.

Pencarian prediktif selalu menggunakan data yang lebih luas tentang afinitas pribadi, kepentingan, kebiasaan dan preferensi. Hampir seluruhnya disesuaikan dengan individu.

Wawasan pembaca akan mulai membayangi Kata kunci sebagai penargetan taktik terbaik untuk iklan berbayar.

Iklan sosial akan menjadi jauh lebih kompetitif, dan biaya pun akan naik. Lebih buruk lagi, tingkat aktivitas yang diperlukan untuk mengejar pasar akan menerobos jalur ‘bebas hambatan’.

Dalam penargetan dan wawasan kreatif, pemilik anggaran yang lebih besar tentu akan menang dibandingkan lembaga yang lebih kecil.

Pangsa pemirsa mobile akan terus mendahului pemakai desktop disusul oleh pengguna tablet. Akibatnya, biaya iklan akan meningkat untuk pengembangan desain iklan yang lebih menarik.

11. Julia McCoy (Search Engine Journal)

prediksi seo 2017

Seperti kita tahu, tahun lalu konten telah menjadi raja di SEO bahkan hingga tahun ini. Saya pikir pada tahun 2016 kebutuhan untuk konten akan tumbuh lebih dari itu. Butuh kreativitas dan variasi dalam konten.

Itu berarti, baik gaya dan intensitas penelitian, kecemerlangan, keunikan dalam konten akan sampai pada taraf permintaan yang tinggi. Dan juga, perusahaan tidak akan menempel hanya pada satu format atau satu jenis kiriman konten.

Kita juga akan melihat pertumbuhan seperti penerbitan infografis interaktif, konten audio seperti podcast dan transkripsi blog.

Memiliki viral di media sosial penting untuk sebuah brand: keterlibatan sosial akan menjadi faktor dalam peringkat Google di tahun depan.

Untuk konten SEO, saya pikir lebih banyak menggunakan long tail. Frase kata kunci alami dalam konten sangat penting untuk mempersempit pencarian agar semakin banyak apa yang pengguna ingin temukan.

Google lebih cerdas, hanya konten terbaik (searchable, unik, informatif) akan mendapat peringkat teratas SERPs.

Semoga bermanfaat.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

8 komentar:

  1. wah, berarti benar-benar dah. Saya bisa menarik kesimpulan bahwa pengalaman pengguna adalah fokus utama peringkat ke depan. Lenkgap bange must teguh,,,berapa ribu kata inih hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul,..konten untuk pembaca itulah yang terbaik

      kalo bikin nya sampe merem melek,..coba mas fajar tebak, kira2 berapa kata?

      Hapus
    2. Setuju sekali .... hm,, seharusnya yang nomer 12 menurut mas teguh, :) :)

      Hapus
    3. wah, level saya cuma sekedar penulis blog aja mas Arief,..soal SEO, serahkan aja sama yg lebih ahli..

      Hapus
  2. Istimewa...
    Makasih Mas Teguh atas ulasannya. Mungkin saya juga akan mengulas sedikit tentang prediksi SEO tahun 2016 dengan mengacu pada blog Mas Teguh. Sukses selalu Mas, Salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu semua prediksi dari para master SEO dunia, bukan saya lho mas,..wong saya cuma blogger nyubi,..

      tapi kalo mau ngrangkum buat di tulis lagi dg versi yg lebih simpel,..monggo..

      salam kenal juga mas Bekti..

      Hapus
    2. Maturnuwun atas ijinnya Mas Teguh, berharap dapat ilmu & informasi lain yang bermanfaat. Amin...

      Kalau Mas Teguh yang udah Master saja masih bilang Nyubi, terus saya yang masih bakal calon Nyubi mau bilang apa? :v

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam