Optimalkan Blog di Era Pencarian Long Tail Keyword - BLOG MUST TEGUH

Optimalkan Blog di Era Pencarian Long Tail Keyword

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:26 PM
4 comments
Banyak cerita sudah dilalui Google sejak diluncurkan pertama kali pada 17 tahun silam. Saat itu permintaan pencarian pada search engine masih terbilang sedikit dengan sistem algoritma yang sederhana.

Untuk mendapat perhatian dari hasil mesin pencari alias “pageone”, masih tergolong mudah meski dengan teknik dan alat SEO yang paling dasar.

Namun kini semua telah berubah. Saat ini, orang lebih suka berlama-lama di depan halaman mesin pencari untuk menemukan jawaban yang paling tepat untuk setiap informasi yang mereka cari.

Penelusuran dengan long tail keyword telah mengubah cara orang dalam menggunakan internet untuk tujuan bisnis dan komunikasi.

Tak dipungkiri, dulu short keyword menjadi juara dalam pencarian dengan volume yang tinggi. Kini, posisi tersebut lambat laun mulai tersaingi dengan makin berkembangnya perilaku orang saat berhadapan dengan mesin pencari.

Sebagai blogger, Anda wajib beradaptasi dengan perubahan ini. Sudah saatnya target keyword bergeser ke long tail.

Optimalkan Blog di Era Pencarian Long Tail Keyword

Pencarian Semantik vs Fundamental


Saat Google merilis mesin pencari dengan hasil yang terbilang sempurna (versi ketika itu), metode yang diterapkan masih bersifat basic atau fundamen.

Sesuai metodenya, mesin pencari mengelompokkan kata kunci ke dalam komponen individu dan mencari web untuk hasil yang sesuai. Website dengan jumlah maksimum akan berduel untuk ditampilkan dibagian atas hasil pencarian (pageone).

Kini, Google menerapkan prosedur pencarian semantik, dimana mesin spider mencoba untuk menganalisis motivasi atau maksud di balik query (penelusuran) untuk menampilkan informasi yang relevan.

Dikarenakan kata kunci yang lebih pendek kurang efektif dalam mendapatkan hasil yang diinginkan, semakin banyak orang yang memilih untuk mengetik kembali dalam permintaan pencarian dengan variasi keyword yang lebih panjang.

Ketersediaan Informasi


Saat pertama kali terjadinya revolusi internet, web memiliki jumlah sumber informasi yang terbatas. Seiring waktu berlalu, volume informasi meningkat dengan pesat.

Perangkat lunak SEO menjadi sesuatu yang mustahil untuk mendapatkan hasil dari informasi yang akurat sebagai istilah pencarian generik (organik). Secara bertahap, hal ini memaksa pengguna untuk mengetik permintaan baru pada hasil pencarian.

Perangkat Mobile dan Searches Voice


Sebagian besar lalu lintas mobile dialihkan melalui jaringan selular di seluruh dunia.

Search voice merupakan salah satu bentuk perpanjangan mesin pencari yang lebih praktis dan simpel sebagai salah satu fitur baru yang ditawarkan oleh Google.

Lewat ponsel, orang tak perlu lagi mengetik. Sebagian besar pengguna lebih memilih untuk menggunakan pencarian suara (search voice) Google untuk mencari sesuatu di internet.

Input suara telah secara otomatis menyebabkan pemanjangan kata kunci, bersama dengan masuknya dialek lokal.

Optimalkan Website Di Era Pencarian Long Tail Keyword


Anda tentu butuh jawaban atas pertanyaan,

bagaimana mengoptimalkan website di era long tail keyword ini?

Saya punya dua solusi yang mungkin bisa Anda pertimbangkan.
  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan masukan lalu lintas ke web Anda adalah menghentikan isian judul dan deskripsi dengan berbagai kata kunci yang relevan atau pun yang tidak relevan.
    Pencocokan kata kunci tidak lagi menjadi bagian dari algoritma Google untuk mendapatkan hasil terbaik di mesin pencari. Sebaliknya, hal itu dapat menyebabkan penalti, jika halaman web Anda berisi judul dengan kata kunci yang tidak perlu, meski Anda menggunakan alat SEO terbaik sekalipun.
  2. Kedua, karena semakin banyaknya informasi yang menyumbat internet, Anda perlu menciptakan basis pengunjung unik sesuai niche website Anda. Lupakan trend dari kebanyakan blogger yang gemar membuat konten gado-gado.
    Jika Anda serius tentang pemasaran untuk konten Anda, cobalah untuk menampilkan konten yang spesifik yang berisi informasi rinci tentang topik niche, sehingga Google dapat memahami tujuan dan posisi website Anda.

Perlu diingat bahwa SEO bukanlah konsep stagnan. Teknik SEO selalu berkembang dari hari ke hari untuk berevolusi guna menyediakan pengguna dengan hasil yang lebih baik.

Sebagai pemasar yang serius, Anda perlu memahami dan membentuk strategi bisnis Anda sesuai perubahan ini untuk memastikan Anda mendapatkan hits maksimum.

Meski alat SEO terbaik telah Anda terapkan dan memimpin pada hasil pencarian secara signifikan, namun jika gagal memahami tren pasar, Anda tidak akan mendapatkan hasil apapun. Pahami itu.


Semoga info ini bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

4 komentar:

  1. long tail keyword memang menjadi penting karena persaingan yang begitu tinggi di short tail. Ke depan juga Google mungkin akan lebih pintar menaikkan relevansi dan memilih artikel brkualitas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo long tail keyword makin tinggi persaingan nya,..mungkin nggak ya bergeser lagi ke long long long tail keyword,..ha ha ha..
      thanks mas fajar

      Hapus
  2. secara pengalaman pribadi sya klo browsing juga seperti itu, jos artikelnya dapat tambahan ide baru buat market sy

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan bereksperimen dengan target longtail,..moga terus sukses blognya mas Supri..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam