Pedoman Membuat Website eCommerce | Toko Online - BLOG MUST TEGUH

Pedoman Membuat Website eCommerce | Toko Online

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:41 PM
2 comments
Membuat website eCommerce atau belanja online tak seperti saat Anda membangun website pada umumnya. Ada dua target sekaligus yang harus Anda bidik, yaitu pengunjung sebagai pembaca dan pengunjung sebagai pembeli.

Perlu diingat, karakter konsumen atau calon pembeli di internet dengan dunia nyata sangatlah berbeda.

Dalam bisnis online, pembeli cukup bermain mata dan menggerakkan tangan atau jari untuk memilih barang yang ingin mereka beli.

Itulah sebabnya kemahiran pemilik toko dalam menata barang-barang yang mereka jual akan mempengaruhi ‘impuls’ konsumtif dari pengunjung.

Untuk itu, ada 4 hal penting terkait bisnis eCommerce yang patut Anda perhatikan, antara lain:
  1. Tahap Membuat Website eCommerce
  2. Platform Website eCommerce
  3. Template untuk Website eCommerce
  4. Software Pendukung

Mari kita urai semuanya satu persatu.

Pedoman Membuat Website eCommerce | Toko Online

Tahap Membuat Website Ecommerce


Banyak website eCommerce yang susah beradaptasi dengan persaingan karena pondasi nya yang rapuh. Pondasi ini biasanya terlewatkan saat awal mula membuat website toko online.

Untuk itu, berikut tahapan dalam membuat website belanja online yang tak boleh Anda abaikan.

1. Pengembangan produk


Hal pertama yang situs e-commerce harus lakukan adalah mencari tahu apa yang akan dijual dan bagaimana sistem penjualan nya.

Tentukan apa yang Anda jual

Untuk menghasilkan uang, Anda harus memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Bisa berupa produk fisik atau bisa juga produk yang dapat dikirim melalui internet (produk digital).

Menentukan metode pengiriman

Jika Anda menjual sesuatu yang dapat dikirim melalui internet, berikan banyak kemudahan untuk produk yang ditawarkan.

Jika Anda menjual produk fisik, Anda perlu mengatur sistem nya agar cepat sampai ke pembeli. Ini bisa berarti Anda harus memiliki persediaan fisik di tangan (ready stock) atau Anda hanya berperan menangani pengiriman produk atau bisa juga sebagai makelar online.

Banyak situs belanja online menjual produk untuk pihak ketiga yang menangani semua penyimpanan dan pengiriman produk.

Memeriksa hukum lokal

Bagaimana sistem regulasi yang berlaku di tempat Anda atau apakah ada batasan tertentu pada sistem perdagangan di wilayah Anda. Masalah ini perlu Anda kaji, sebelum mulai membangun website eCommerce agar nantinya tidak muncul masalah hukum terkait barang yang kita jual.

2. Pengembangan Situs Web


Setelah suatu produk diputuskan, sudah saatnya website perlu dibuat. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara.

Mendesain website sendiri

Untuk membuat sebuah situs web e-commerce, tersedia banyak template gratis atau juga yang berbayar (premium). Meski kualitasnya berbeda, tetapi keduanya banyak dipakai oleh banyak situs di internet.

Dengan template premium, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah. Selanjutnya cukup fokus pada strategi untuk menarik lalu lintas yang diperlukan website Anda agar toko ramai dan banyak di kunjungi.

Menyewa jasa desain web profesional

Ini merupakan cara terbaik yang dapat membantu Anda membuat sebuah website belanja online yang unik serta berfungsi dengan baik dan aman dioperasikan. Para profesional akan mampu menggabungkan semua alat yang diperlukan untuk menciptakan situs web yang sukses.

Pengujian Website

Menguji website dalam skala kecil menurut saya merupakan ide yang cukup efisien. Ini untuk membuktikan bahwa biaya yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia seandainya website benar-benar bekerja.

Disamping itu, cara ini juga untuk memeriksa dan memastikan situs web Anda berfungsi dan siap menerima konsumen online Anda.

3. Pemasaran


Anda tidak akan mendapat pelanggan jika tidak ada yang menyadari atau minimal tahu bahwa situs belanja online Anda telah eksis. Kunci untuk mengatasi itu adalah marketing (pemasaran).

Pemasaran melibatkan banyak hal. Terutama adalah penggunaan teknik SEO dan metode lain yang dapat membantu menghasilkan lalu lintas ke situs web.

Secara logika, semakin banyak lalu lintas yang mengarah ke website Anda, pintu masuk peluang bisnis Anda akan terbuka, meski ini sangat sulit untuk direalisasikan dengan tempo singkat.

Sebagian besar perusahaan elit merancang website tidak hanya untuk menghasilkan trafik semata, mereka juga akan menarik orang ke situs web yang nantinya dapat di konversi menjadi penjualan.

Website yang didesain sendiri, marketing nya pun akan berjalan secara individu. Berbeda jika agen desain website profesional dilibatkan, pemasaran website akan menjadi satu paket dari planning proyek website secara keseluruhan.

Keuntungan lain nya adalah agen desain web terkemuka akan tahu bagaimana memasarkan produk perusahaan ke target wilayah yang lebih baik di seluruh pelosok dunia.

4. Mengevaluasi bisnis


Bisnis eCommerce yang cerdas akan selalu mengevaluasi apa yang mereka lakukan dan poin mana saja yang tidak bekerja pada situs web mereka. Hal ini penting untuk menciptakan personal branding (identitas perusahaan) di suatu wilayah dan menjaganya agar dapat bertahan lama.

Sebuah situs belanja online yang baik harus memiliki tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang. Orang menciptakan website eCommerce harus selalu bekerja untuk memastikan bahwa tujuan bisnisnya tidak hanya terpenuhi, tapi harus melebihi target.

Menentukan Platform Website eCommerce


Seperti di kutip dari wikipedia, platform adalah kombinasi antara arsitektur perangkat keras dengan kerangka kerja perangkat lunak (aplikasi).

Situs penyedia platform menyediakan pengembang perangkat lunak dengan serangkaian kode logika yang akan berjalan secara konsisten sepanjang platform ini berjalan di atas platform lainnya.

Kesalahan pemain bisnis online pemula adalah menerapkan platform yang salah untuk website toko mereka.

Umumnya, platform dari Blogger atau WordPress mereka pakai sebagai sarana untuk berjualan online.

Meski pada WordPress terdapat plugin yang bisa dikembangkan untuk bisnis eCommerce, namun saya anggap kurang memiliki daya saing.

Perlu diingat, agar toko eCommerce Anda bisa bersaing dengan toko lain dan bisa meningkatkan nilai penjualan Anda, gunakan platform khusus untuk website eCommerce.

Berikut 5 platform eCommerce yang saya rekomendasikan untuk Anda :

1. Magento

Ini platform eCommerce open source yang sangat stabil dan dapat diandalkan. Fitur dan ekstensi  di dalamnya sangat fleksibel dan kuat serta mudah disesuaikan. Memiliki komunitas yang paling luas hampir di seluruh dunia. Tersedia dalam versi gratis dan premium.

2. Shopify

Platform ini sangat ideal untuk usaha kecil. Meski memiliki antarmuka yang sederhana, namun Shopify diakui memiliki sistem keamanan yang cukup canggih ditambah jumlah ekstensi paling banyak pada software shopping cart-nya.

3. Volusion

Platform ini dapat membantu menarik banyak konsumen ke toko online Anda, karena dilengkapi fitur marketing, media sosial, serta SEO. Kemudahan dalam mengirim email, memposting, dan hal-hal yang berkaitan dengan konsumen dapat di lakukan langsung di area admin.

4. Bigcommerce

Bigcommerce adalah salah satu platform yang paling banyak dipakai oleh perusahaan yang tersebar di hampir 150 negara. Tersedia banyak pilihan template yang sederhana namun elegan untuk toko Anda. Seperti platform lainnya, Bigcommerce juga telah mengoptimalkan SEO untuk mendorong peringkat di search engine.

5. FilloShop (platform lokal)

Saya rekomendasikan juga platform lokal yang tak kalah bagusnya yaitu FilloShop. Ini bukan platform open source. Dari platform ini, Anda akan mendapat kursus singkat tentang eCommerce.

Platform ini telah dipakai oleh banyak kalangan bisnis dengan kredibilitas yang tinggi. Dengan upgrade software secara berkala ditambah optimisasi strategi penjualan.

Dengan platform ini, Anda tak perlu skil pemrograman yang berbelit-belit karena semua mudah dioperasikan secara manual dan canggih.

Namun sebelumnya perlu Anda pertimbangkan dulu hal berikut ini sebelum Anda memilih platform eCommerce, antara lain :
  • Perhitungkan beberapa hal seperti, menginstal software sendiri atau menyewa jasa pihak lain; berapa lama proses pembuatan nya; apakah sudah berfungsi dengan baik dan benar; apakah kompatibel dengan software lain?
  • Masalah desain (tema). Apakah ingin menggunakan jasa desainer web atau menggunakan desain yang disediakan oleh platform toko online? Bagaimana loading pagenya?
  • Bagaimana sistem upgrade yang berlaku pada platform toko online yang akan Anda pilih? Bagaimana untuk hostingnya?
  • Bagaimana biaya bulanan yang akan Anda bayar?
  • Bagaimana bantuan dan dukungan platform toko online Anda, Apakah berperan dalam pemasaran produk?
  • Bagaimana privasi dan sistem keamanan nya?

Memilih Template Website eCommerce


Ibarat sebuah buku, template adalah cover atau sampul depan yang dilihat langsung oleh pengunjung. Jadi, menarik tidaknya toko online Anda, tergantung dari sampul yang Anda pakai. Dan tak kalah pentingnya yaitu fitur-fitur pelengkap pada website toko online Anda.

Maka dari itu, ada sebagian yang menyewa jasa desain web, mendekorasi sendiri, atau juga menerapkan template bawaan dari platform nya. Banyak tersedia template yang free (gratis) atau yang premium.

Saya ada sedikit tips untuk Anda dalam memilih template yang cocok untuk website belanja online.
  1. Pastikan desain responsif
  2. Didukung teknologi terbaru
  3. Terdapat tool live theme editor
  4. Memiliki interface yang sempurna
  5. Kompatibel dengan semua browser
  6. Optimalisasi SEO
  7. Mendukung berbagai modul ekstensi
  8. Terhubung dengan jaringan media sosial
  9. Halaman tatap-muka yang user friendly
  10. Didukung oleh multi bahasa

Software Pendukung Website eCommerce


Percuma Anda memilih platform terbaik dan desain template yang bagus namun tanpa di sertai aplikasi yang bisa mengoptimalkan kinerja toko online Anda.

Berikut ini perangkat lunak yang bisa menambah kepercayaan konsumen pada toko online Anda,
  1. Inventory Management (manajemen persediaan). Aplikasi ini untuk membantu konsumen mengetahui langsung stok persediaan barang yang ada. Website eCommerce yang handal, akan merecover setiap perubahan persediaan barang secara sistematis agar orderan konsumen cepat ter-handle.
  2. Produk fisik dan digital. Selain menawarkan penjualan produk fisik, tak ada salahnya Anda menjual produk digital yang cepat proses unduhan nya atau langsung terkirim ke alamat elektronik pemesan.
  3. SEO Friendly Commerce. Agar website Anda bisa bersaing di search engine, software SEO sudah sewajarnya terpasang di toko online Anda. Semakin mudah muncul di halaman pageone, website eCommerce akan lebih cepat dikenal.
  4. Multi Channel Marketing. Pemasaran adalah ujung tombak sebuah website toko online. Banyaknya channel marketing akan mendorong tingkat penjualan.
  5. Payment Gateway. Website Anda harus mampu melindungi rincian informasi yang sensitif terkait data kartu kredit konsumen. Anda wajib membekali situs Anda dengan aplikasi yang bisa memberi rasa aman kepada konsumen terkait data privasi mereka.
  6. SMS dan Email Notifikasi. Fitur ini wajib ada karena inilah pintu masuk costumer menuju toko online Anda. Dari sini konsumen bisa melakukan registrasi, konfirmasi pembayaran, keluhan produk, dan berbagai hal yang bersifat transaksional atau sekedar tanya jawab seputar produk.

Itulah panduan sederhana yang bisa Anda jadikan pedoman jika ingin membuat website eCommerce.


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

2 komentar:

  1. lengkap banget mas. satu lagi tambahan dari saya opencart mas teguh. cuman saya belum pernah pake dan ga tahu cara pakenya he. yang aga susah mengoptimasi website toko online nya mas belum terlalu paham. kalau boleh request artikel tentang mengoptimasi toko online dong mas teguh.

    BalasHapus
  2. insya Alloh nanti saya tulis artikel pesanan Mas Fajar,..

    kebetulan akhir2 ini saya lagi seneng nulis seputar bisnis ecommerce..di tunggu aja ya...salam sukses

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam