Agar Website Baru Cepat Terindexs dan Punya Peringkat di Google - BLOG MUST TEGUH

Agar Website Baru Cepat Terindexs dan Punya Peringkat di Google

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:25 PM
6 comments
Saat membuat website baru, harapan blogger tentu ingin web tersebut cepat terindex oleh Google. Bukan begitu?

Submit ke webmaster, pasang sitemap pada web adalah sebagian aksi yang di lakukan agar website baru cepat terindex oleh mesin pencari.

"Apakah cara tersebut salah?" Bukan salah, hanya kurang tepat dan tidak akan optimal.

Submit ke webmaster atau cara-cara lainnya yang bertujuan untuk percepatan indeksasi mesin pencari, biasanya di akhiri dengan aksi “menunggu hasil index”.

Apakah cukup hanya dengan itu? Tidak. Anda juga butuh yang namanya “peringkat”.

"Website saya kan masih baru, apakah mungkin peringkat bagus di Google bisa saya peroleh?" Jawaban nya, tentu bisa. Simak uraian saya selengkapnya di bawah ini.

Website Baru Butuh Index dan Peringkat


Coba bayangkan jika Anda seorang pengusaha dengan produk baru yang bersaing. Lalu Anda berniat meluncurkan situs web untuk menjual produk Anda tersebut agar cepat di kenal.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat website dan menjalankan nya dengan target peringkat Google dalam genggaman.

Bagaimana caranya?

Apakah mungkin untuk membuat website baru dengan peringkat di halaman pertama Google hanya dalam hitungan minggu?

Kebanyakan jasa SEO profesional sering meng-klaim bahwa mereka mampu mengantarkan peringkat sebuah website pada “posisi pertama”. Anda boleh menyangkalnya.

Saat ini, permainan SEO jauh berbeda. Pendekatan baru untuk SEO terfokus pada pengguna (konten-driven).

Meski prosesnya berbeda, untuk mendapatkan peringkat website dengan cepat bukanlah sesuatu yang mustahil. Berikut beberapa metode yang bisa Anda mainkan.

Cara Cepat Terindexs dan Punya Peringkat di Google

1. Target Tepat Sasaran

Untuk membidik peringkat website, target adalah nomor satu. Target sangat berkaitan dengan kata kunci. Inilah jembatan Anda untuk bisa sampai di peringkat Google.

Saya sarankan, pilih beberapa longtail keyword organik yang berisi lebih dari 4 kata kunci. Untuk saat ini, longtail keyword memberikan tingkat terbaik dari fokus dan konsentrasi untuk SEO situs Anda.

Menurut penelitian Moz, permintaan kata kunci panjang mencapai lebih dari 80% dari semua lalu lintas organik di Internet.

Mengapa harus kata kunci panjang? Karena kata kunci longtail memiliki lebih banyak tayangan, lebih banyak klik, dan lebih banyak konversi.

Bukankah itu yang Anda inginkan? Lebih banyak tayangan, klik, dan konversi?

Jika demikian, memilih istilah longtail adalah keputusan terbaik.

Jadi, jika Anda ingin peringkat di Google, pertama tentukan apa kata kunci yang Anda targetkan, kemudian kita beralih ke metode taktis berikutnya.

2. Pastikan Anda terbiasa dengan SEO

SEO paling dasar dimulai dengan CMS (content management system) yang baik dari sebuah website.

Meski saya penganut blogger, namun saya sarankan saat mulai membangun website gunakan WordPress.Untuk alasan yang masuk akal, WordPress adalah dunia CMS yang paling populer.

Intuitif, kuat, fleksibel, dan menyediakan platform yang besar untuk SEO, semua tersedia di WordPress.

Ini bukan berarti situs Anda akan dioptimalkan dengan sendirinya oleh WordPress. Anda harus jeli memilih template (tema) yang tepat karena tema adalah sarana mesin pencari untuk menemukan website Anda.

Tips untuk memilih tema:
  1. Gunakan tema yang memiliki dukungan yang baik (berbayar). Ada tema yang gratis, tetapi mungkin tidak memiliki tingkat dukungan yang Anda butuhkan.
  2. Pilih tema yang ringan dan cepat. Kecepatan situs adalah faktor SEO terpenting, makanya pilih tema yang tidak memiliki kode yang overload.
  3. Pilih tema yang ramah mobile. Sebuah situs mobile dan responsif sekarang menjadi persyaratan untuk optimasi pencarian. Menurut algoritma Google versi mobile, situs yang tidak ramah mobile (mobile friendly) tidak akan muncul dalam hasil pencarian mobile.

Setelah Anda punya tema yang tepat, saya sarankan Anda menginstal plugin SEO. Plugin SEO seperti Yoast tidak melakukan SEO untuk Anda. Plugin ini hanya memudahkan Anda untuk melakukan SEO.

Yoast adalah pilihan terbaik untuk plugin SEO, karena menyediakan fungsionalitas penuh untuk sebagian besar elemen SEO yang kritis (terlepas dari SSL dan caching, yang ditangani oleh plugin lainnya).

Saya anggap tiga fitur di atas (CMS yang tepat (WordPress), tema yang tepat (pilihan Anda), dan plugin yang tepat (Yoast)) menjadi dasar untuk mengoptimalkan situs pada mesin pencari. Anda tidak harus mengambil rekomendasi yang saya tawarkan mengenai CMS atau plugin.

Ada cara lain yang bisa ditempuh untuk mendapat peringkat di halaman pertama Google, jika Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini,

Jangan biarkan website terindeks sampai benar-benar siap

Untuk melakukan hal ini, atur robots.txt untuk memberitahu mesin pencari agar tidak menjelajah situs Anda sementara waktu. Anda juga dapat menambahkan noindex dan tag nofollow pada header.

Di WordPress, cara ini dapat ditempuh dengan menyesuaikan pengaturan privasi situs.

Saat Anda ingin website mulai dioperasikan, Anda harus menghapus tag ini dan biarkan indeksasi dimulai.

Buat konten sebanyak mungkin

Di sinilah kekuatan SEO yang sesungguhnya yaitu membuat konten.

Cara yang paling ampuh untuk mendorong situs Anda ke peringkat SERPs adalah dengan mengembangkan banyak konten sebelum Anda membiarkan situs Anda terindeks.

Saya sarankan membuat konten panjang (pilar content).  Meski definisi yang tepat dari kata "panjang" masih diperdebatkan namun kebanyakan orang setuju bahwa konten bentuk panjang adalah sebuah artikel atau halaman yang terdiri dari 2.000 kata atau lebih.

Konten panjang memiliki dampak yang luar biasa pada hasil pencarian.

SerpIQ menemukan konten yang panjang berkorelasi dengan hasil pencarian yang lebih tinggi. Dengan kata lain, semakin banyak konten panjang pada halaman, semakin tinggi peringkat nya di mesin pencari.

Ketika Moz mengukur jumlah kata dan mencari peringkat, mereka menemukan kecenderungan yang sama. Konten panjang menerima indeksasi lebih baik, peringkat yang lebih tinggi, dan lebih banyak backlink.

Itu semua adalah bahan utama untuk sebuah website yang sukses.

Jadi, untuk membantu website Anda menggaet peringkat dengan cepat, ini yang harus Anda lakukan:
  1. Buat setidaknya 25 halaman LongForm (konten panjang).
  2. Fokus membuat setiap halaman berkualitas tinggi dan relevan untuk audiens target Anda.
  3. Gunakan kata kunci atau varian semantik pada judul halaman.
  4. Membuat halaman dengan 2.000 kata atau lebih.

Saat website mulai dipublikasikan, hal itu akan membuat percikan besar pada indeksasi, dan akan melambungkan website Anda di SERPs. Meskipun banyak para ahli SEO tahu bahwa konten LongForm memang bekerja namun terkadang sulit untuk benar-benar mewujudkan hal itu.

Rutinitas update konten

Berdasarkan penelitian Moz, kesegaran konten pada website akan mempengaruhi peringkat nya.

Salah satu yang mendukung sebuah website baru adalah adanya konten segar di dalamnya. Ini sesuai dengan algoritma Google saat ini dimana website baru (dengan update konten yang rutin) akan menggeser posisi situs yang lebih otoritatif yang lebih jarang mempublikasikan konten.

Raih peringkat website tak kurang dari 4 minggu

Salah satu alasan website rutin diperbarui yaitu untuk bertarung melawan situs-situs hebat yang punya ratusan ribu backlink, otoritas halaman, dan peringkat yang lebih baik.

Meskipun Anda anak baru di dunia blogging, mendapat peringkat yang lebih tinggi melalui cara update reguler secara intensif wajib Anda lakukan. Cara ini tergolong mudah.

Jangan berhenti hanya pada titik ini. Jika Anda berharap untuk mempertahankan posisi Anda teruslah ciptakan konten yang luar biasa.

3. Promosikan Konten Anda

Akhirnya, kita butuh orang untuk membaca konten Anda.

Website tidak akan diakui oleh mesin pencari sampai mendapat pengakuan dari pengguna. Mengapa ini terjadi? Ini ada hubungannya dengan dampak metrik pengguna pada peringkat pencarian.

Peringkat Google didasarkan pada lebih dari 200 faktor. Salah satu faktor tersebut adalah “berapa banyak orang mengklik situs di SERPs.” Data ini bisa ditemukan pada alat webmaster Google.

Moz menganggap klik pengguna menjadi salah satu dari 10 kategori algoritma Google. Semakin banyak orang yang mencari dan mengklik situs Anda, peringkat website akan lebih baik.

Masalah ini seperti sebuah lingkaran. Untuk mendapatkan peringkat tinggi kita butuh banyak pencarian dan pengunjung. Sebaliknya, pencarian dan pengunjung bisa diperoleh dengan peringkat website yang mapan.

Mana yang harus Anda dahulukan dan bagaimana melompati siklus ini? Jawaban nya terletak pada promosi.

Jangan hanya mempublikasikan konten dan berharap sebuah keajaiban akan terjadi. Semua tergantung cara Anda berpromosi.

Tujuan dari promosi adalah untuk mendapatkan “mata” pada konten Anda. Orang perlu melihat, membaca, klik, berbagi, berinteraksi dengan konten, saling berkomentar, email, dll.

Berikut promosi yang dapat Anda lakukan:
  • Newsletter email
  • Berbagi dengan influencer dan meminta mereka untuk berbagi pada jaringan sosial mereka
  • Posting di Facebook
  • Posting di Twitter
  • Posting di Google+
  • Posting di LinkedIn
  • Posting gambar pada Pinterest
  • Posting di forum industri
  • Posting di komentar
  • Mempromosikan lewat PPC
  • Sindikasi

Perhatikan, faktor algoritmik dianalisis dengan Moz. Langsung di bawah kategori "penggunaan user" dan "Metrik Tingkat Laman Sosial."

Metrik tingkat laman sosial seperti berbagi di Twitter dan Facebook  akan dilacak sebagai sinyal yang beredar di sekitar halaman website Anda. Semakin baik sinyal tersebut semakin meningkatkan peringkat Anda.

Dengan mempromosikan konten secara intensif dan tepat sasaran, akan berdampak pada algoritmik secara signifikan.

Kesimpulan


Mencapai peringkat di Google tidaklah rumit. Fakta nya adalah, tidak banyak orang yang mau kerja keras untuk membuat konten berkualitas tinggi.

Mulailah dengan dasar yang tepat, “jual” konten terbaik Anda pada khalayak internet.

Apakah Anda punya website baru dengan metode indeksasi yang berbeda? Jika iya, silahkan berbagi dengan saya lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

6 komentar:

  1. saya bakal rajin update artikel mas hhe. meski kdang sya mrasa gagal karena tidak ada motivasi penghasilan dri ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam ngeblog, kita pake prinsip pedagang...

      perbanyak produk yg bisa di jual,..promosikan ke orang2..pengunjung pasti bakal berdatangan..laba dalam genggaman...

      klo motivasi awal kita hanya laba,..tanpa ada produk yg memadai untuk di jual,...pengunjung mau beli apa?..dari mana laba bisa didapat?

      itu ilustrasinya...semoga bisa di pahami...semangat trus mas Fajar

      Hapus
  2. Hallo Mas Teguh,

    Akhirnya saya terdampar disini...
    Hal inilah yang dari dulu mengusik pikiran saya...
    Sehingga akhirnya saya menyempatkan diri untuk membaca artikel di atas...
    Sekali lagi terima kasih atas share artikelnya...
    Untuk semenara ijin bookmarks dulu, mau saya pelajari lebih dalam lagi...

    Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pake istilah terdampar, nanti malah takut nggak bisa pulang..

      klo mau di bookmark dulu,.ya monggo kerso (kumaha akang)..he he he

      thanks kang dedy,..moga tambah jaya blognya..

      Hapus
  3. harus banyakin produk yang harus dijual,,info bagus buat newbie kayak saya ni min :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas ivan,..ngeblog itu mirip berdagang
      kita harus punya komoditi yang lengkap dan bersaing ntuk di jual.

      selanjutnya, tergantung pembaca yg menilainya
      thanks ya,..salam blogger

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam