Tips Menata Desain Web Agar Lebih Oke

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:19 AM
4 comments
Penataan desain blog yang sembarangan, bisa membuat pengunjung tidak nyaman. Ujung-ujung nya mereka akan pergi tanpa kesan dan komentar. Mulai sekarang, tingkatkan performa desain Anda.

Teknologi terbaru, kualitas konten, posting yang ter-update, dan kredibilitas blog adalah elemen kunci dari sebuah website yang bermutu.

Namun, ada satu yang membuatnya bisa menonjol dibandingkan yang lain yaitu desain web yang ramah pengunjung.

Mengapa Desain Website begitu Penting?


Sebuah desain website atau blog adalah wakil Anda di hadapan pembaca. Karenanya pilih tema yang fleksibel, natural, dan responsif yang dapat diandalkan untuk membuat blog Anda lebih berbeda.

Sejumlah blogger kadang tidak memberikan perhatian khusus untuk desain website mereka.

Tips Menata  Desain Web Agar Lebih Oke

Berikut adalah tiga alasan mengapa sebagai pengelola blog Anda harus peduli pada desain website.

1. Kesan Pertama itu Penting


Pengunjung bisa datang dari berbagai sumber. Bisa dari mesin pencari atau pun melalui situs rujukan.

Konten menjadi alat terbaik untuk mengarah ke konversi (tujuan bisnis), selama di tunjang oleh desain yang ramah. Secara psikologi, tampilan desain blog atau website bisa memicu reaksi bawah sadar pembaca. Bahkan sebelum mereka membaca isi konten Anda.

Dengan melihat sekilas tampilan desain web Anda, pengunjung langsung di hadapkan dua opsi, yaitu stay or leave (tetap di tempat atau memilih pergi).

Tampilan web secara tak langsung bertindak sebagai alat komunikasi dan pemasaran untuk mempromosikan komoditi pada blog Anda.  Maka, pastikan bahwa pengunjung terkesan dan segera melihat info penting pada halaman blog, sampai mereka selesai membaca.

2. Blog Ramah, Pengunjung Betah


Setelah pengunjung terkesan dan suka dengan apa yang mereka lihat, saatnya konten Anda berbicara.

Setiap website pasti butuh lalu lintas yang tinggi. Fakta nya, trafik sangat dipengaruhi oleh pengalaman pengguna. Oleh karenanya, peran desain web perlu Anda mainkan.

Warna, navigasi dan tata letak harus Anda tampilkan secara apik dan profesional. Metode sederhana ini bisa ‘merampas’ kunjungan yang berpotensi menjadi konversi.

Desain sebuah web harus bisa menawarkan konsistensi dalam gaya (tombol serta huruf) dan tata letak untuk memastikan pengunjung mudah me-navigasi website. Jangan membuat pengunjung bingung dan ragu saat masuk ke halaman blog kita.

Utamakan kepuasan pengguna agar mereka lebih aktif dan produktif menjelajah isi blog atau website Anda. Website yang ramah pengunjung akan menuai reaksi positif dari pembaca nya.

3. Menawarkan kontrol yang lebih besar


Penataan desain blog yang baik  dapat mengontrol dan mengarahkan pengalaman pengguna ke halaman yang berbeda di situs Anda.

Lakukan ini dengan ajakan yang lembut untuk mengunjungi halaman web Anda yang lain. Atau juga melalui saran untuk bertindak dimana pengunjung sulit untuk menolak.

Untuk meningkatkan konversi, Anda bisa mengatur komposisi warna dari bagian-bagian konten yang ingin Anda tonjolkan untuk menarik perhatian pengunjung.

Desain blog tidak harus indah. Yang terpenting kita bisa berkomunikasi dengan pengguna melalui semua elemen penting pada blog atau website Anda.

Tips Meningkatkan Desain Web


Bagaimana cara kita agar lebih menonjol dari pesaing kita? Mari ikuti beberapa tips yang berharga untuk meningkatkan desain web Anda.

1. Pilihan Warna yang Tepat


Banyak orang tidak sadar akan pentingnya warna. Setiap pria dan wanita punya identitas warna yang berbeda. Dalam mendesain blog Anda  harus terampil dalam mengkombinasikan perbedaan identitas warna tersebut untuk menciptakan desain web yang dinamis.

Anda juga harus ingat konotasi yang diwakili dari setiap jenis  warna. Warna gelap untuk memberi nuansa mewah, sedangkan warna-warna cerah lebih merujuk ke ajakan untuk bertindak.

2. Navigasi yang Sederhana


Pernahkah menjadi korban dari navigasi situs yang berbelit-belit. Apa reaksi Anda selanjutnya? Bingung, ragu, lalu pergi.

Apa gunanya konten mantap tapi tidak ada yang klik. Widget boleh kita poles biar lebih menawan. Namun untuk tab-tab penting dan vital, tempatkan pada posisi yang jelas dan terpisah.

Semakin banyaknya pengguna ponsel pintar, menuntut pemilik blog untuk mendesain web yang mobile friendly.

3. Jaga Relevansi Konten dengan Sidebar


Prioritaskan tujuan untuk pembaca. Jangan pasang widget yang tidak ada relevansinya untuk pengguna. Jika tak ingin pembaca pergi, tempatkan widget yang bisa menghubungkan pengunjung dengan konten Anda.

Ini patut dicoba. Jika tujuan Anda adalah untuk menjaga pengguna agar selalu fokus pada konten, Anda harus membebaskan sidebar dari pernik-pernik yang bisa mengganggu pengunjung.

4. Menu Pop Up Media Sosial, itu Nggak Perlu


Sekarang memang abad media sosial. Akan tetapi, memasang menu pop up yang muncul saat log on ke halaman web, bagi saya itu sangat tidak ramah untuk pengunjung.

Apakah itu bagian penting dari sebuah konten? Tentu tidak!

Jika Anda ingin melampirkan widget media sosial, tempatkan di bagian di footer. Itu lebih bijaksana di mata pembaca.

5. Berburu Gambar yang sesuai


Pernah mendengar ungkapan “gambar mampu berbicara seribu kata”? Gambar yang tepat akan memperkuat konten. Melalui media visual, pembaca akan bisa menangkap pesan dari materi.

Buatlah gambar yang tepat agar konten Anda bisa lebih mudah di mengerti dan relevan.

Semoga tips menata desain blog ini bisa bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

4 komentar:

  1. jaga relevansi konten itu yang saya sangat kesulitan gan,,jadi blog saya seperti gado-gado saja nich...tp terima kasih dan kasih info ini,saya akan coba fokus pada konten yang relevan dan fokus

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo konten gado-gado emang rada repot, tapi nggak masalah selama pembaca nya enjoy dan suka, salam blogger mbah

      Hapus
  2. Blog saya masih baru gan.
    Saya juga masih rabun sama blogger.
    Artikel agan sangat membantu saya.
    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan belajar tentang blogging dari blog ini, atau dari teman2 blogger yang lain..

      semakin sering membaca, kita semakin tahu..

      trima kasih atas apresiasi nya ..happy blogging

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam