Tips Membuat Halaman 'About Us' agar Pengunjung Tertarik - BLOG MUST TEGUH

Tips Membuat Halaman 'About Us' agar Pengunjung Tertarik

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:34 PM
4 comments
Membuat halaman ‘About Us adalah bagian penting untuk sebuah situs web. Halaman ini sebenarnya yang paling sering dikunjungi “pengunjung potensial”.

Siapakah pengunjung potensial itu? Mereka adalah para pemasang iklan di website, termasuk Adsense.

Coba pikirkan - jika ingin mencari tahu tentang sebuah perusahaan, organisasi atau individu, pasti halaman about adalah yang pertama mereka cari.

Salah satu cara memancing kesan pertama dari pembaca potensial adalah melalui halaman ini. Untuk itu, personalisasi kan halaman about se-kreatif mungkin.

Saya banyak menemukan di beberapa blog, penerapan halaman about yang asal-asalan dan isinya hanya basa basi. Bahkan sebagian ada yang memanfaatkan situs tertentu atau mengalihkan halaman about ke profil akun media sosial mereka.

Buatlah halaman about dari karya kreatif tulisan Anda sendiri. Berikan data sedetail mungkin agar pembaca dan para pemasang iklan lebih mengenal Anda.

Tips Membuat Halaman About Us


Para pelaku iklan lebih memilih blog yang transparan dalam menampilkan profil nya pada halaman about. Berikut saya berikan beberapa tips untuk membuat halaman about yang boleh Anda jadikan pedoman. Lets go.

Tips Membuat Halaman About Us

1. Jadilah Unik

Unik itu berbeda dari yang lain sehingga lebih mudah diingat. Tulislah halaman about dengan materi yang orang akan selalu ingat dengan profil Anda. Bisa lewat kalimat yang lucu, menghibur, komunikatif, atau apa pun yang membuatnya mudah diingat.

Tunjukkan poin penting dari motivasi Anda membuat blog. Tuangkan kreatifitas dan totalitas kita. Gunakan gaya bahasa yang selaras dengan materi blog.

Ingat, pengunjung suka dengan pemilik blog yang serius tapi santai. Suguhkan sedikit humor dan keunikan yang bisa membuka sisi lain dari profil Anda agar lebih bercita rasa.

2. Personalisasi Halaman

Hal yang kedua adalah buat personalisasi halaman about dengan baik dan efektif sesuai dengan karateristik blog atau bisnis Anda.

Ini harus berisi informasi yang bisa menghubungkan  pengguna dan konsumen. Personalisasi juga bisa membantu menunjukkan sisi humanis dan personal branding, namun tergantung pada seberapa banyak informasi yang Anda bagikan.

Personalisasi halaman about tidak harus berisi informasi pribadi. Bisa berisi perjalanan ngeblog, gambaran materi dalam blog, atau mengungkapkan potongan menarik lainnya yang bersifat edukatif untuk pembaca setia Anda.

3. Beritahu Kisah Anda

Jika punya blog yang menarik dan unik, buat spesifikasinya melalui halaman about. Ceritakan secara kronologis garis besar dari isi blog Anda tersebut dengan bahasa yang menyenangkan.

Tulis dengan alur cerita yang mengalir dan gampang di ikuti. Hal ini sangat efektif untuk menyampaikan pesan khusus yang ingin disampaikan kepada pembaca Anda.

Meski bersifat faktual, membuat halaman about jangan terlalu panjang. Anda tentu tidak ingin membebani pembaca dengan informasi yang terlalu padat.

Potonglah beberapa paragraf yang panjang menjadi paragraf baru agar lebih enak di baca. Sisipkan gambar yang relevan dan menarik agar halaman about lebih berwarna. Pilih skema warna yang sesuai.

4. Buat Timeline

Cara lain untuk menampilkan semua tentang blog Anda agar tidak bertele-tele adalah melalui timeline interaktif.

Ini cara terbaik dan mudah dalam menyoroti perkembangan blog secara signifikan.

Timeline yang di rancang  interaktif memungkinkan pengguna untuk membaca dan selanjutnya mengklik tag yang mereka anggap menarik. Efek positifnya tentu akan menarik pembaca untuk betah berlama-lama di situs Anda.

5. Informasikan dengan Ringkas dan jelas

Perlu diingat, selain unsur unik dan menarik,  poin utama halaman about adalah untuk menjelaskan siapa Anda.

Susun secara ringkas dan sederhana, sehingga mudah bagi pembaca untuk memahami maksud dan tujuan blog Anda.

Ada cara lain untuk membantu meyakinkan calon klien yaitu melalui beberapa testimonial. Respon positif dari klien Anda sebelumnya bisa di pakai sebagai umpan. Berikan quote yang jelas untuk menetapkan nama dan otoritas mereka.

Testimonial akan membuat bisnis terlihat lebih profesional dan sukses. Pilih testimoni yang bisa memperkuat basis Anda di mata klien.

6. Tim Dibalik Website Anda

Jika Anda memiliki tim kecil, cara yang efektif untuk menarik perhatian klien adalah dengan menonjolkan tim tersebut. Mereka dapat melihat siapa saja orang yang bekerja di belakang bisnis Anda.

Tak perlu menyertakan informasi yang detail dari tiap-tiap anggota tim. Namun, jika ada anggota tim yang menulis paragraf pendek tentang data diri mereka sendiri, itu lebih dari cukup.

Memasang foto tiap anggota tim akan mencerminkan nuansa kekeluargaan pada website atau bisnis Anda.

Dari uraian di atas, saya harap Anda mulai memperhatikan bagaimana membuat halaman ‘about us’ yang baik dan benar.

Periksa halaman about Anda sendiri. Jika tulisan ini menginspirasi, tak ada salahnya membuat perubahan kecil agar website atau blog Anda lebih menonjol.

Tidak semua halaman about pada blog atau situs punya materi yang sama. Tidak ada aturan yang mengikat.

Namun ingat, jangan pernah mengabaikan halaman about.

Oleh karena itu, tanyakan pada diri sendiri. “Apakah halaman ‘About Us’ saya sudah unik dan relatable?”

Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

4 komentar:

  1. bisa d pahami walaupun panjang penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar lebih mudeng mas, makanya rada panjang

      ok mas Geri,.sekali thanks atas kunjungannya..



      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam