5 Alasan Perlunya Optimalisasi Pencarian Mobile - BLOG MUST TEGUH

5 Alasan Perlunya Optimalisasi Pencarian Mobile

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 5:12 PM
6 comments
Saat ini revolusi smartphone mengharuskan para pelaku bisnis online untuk fokus pada optimalisasi situs website mereka untuk pencarian mobile. Dalam hal ini, desain yang responsif akan menolong mereka dalam mencapai poin maksimal.

Selain itu, setelah Google merilis fitur 'mobile friendly’ sebagai bagian dari algoritma pencarian, tidak ada alasan bagi pemilik bisnis dalam mengabaikan kebutuhan untuk memiliki desain website versi mobile untuk bisnisnya.

Alasan Perlunya Optimalisasi Search Mobile


Berikut ini adalah beberapa alasan yang menunjukkan pentingnya mengoptimalkan sebuah website untuk pencarian mobile.

Optimalisasi Pencarian Mobile

1. Lalu lintas mobile menyalip desktop

Fenomena ponsel pintar mampu mengubah perilaku masyarakat dunia. Saat ini, untuk melakukan pencarian website, sebagian besar penduduk dunia memanfaatkan fitur canggih pada ponsel mereka.

Hasil studi menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, mesin pencari Google dan retailer online Amazon menerima hampir 50% lalu lintas dari ponsel dan angka ini terus menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Volume browser lewat desktop mengalami penurunan cukup drastis. Hasil penelusuran didominasi oleh pencarian untuk belanja di toko ritel online.

Salah satu studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa situs ritel menerima sekitar 52% dari lalu lintas smartphone, sementara 36% penjualan mereka diakses melalui perangkat mobile.

2. Mengoptimalkan Konversi Ponsel

Pemakai ponsel umumnya enggan berlama-lama pada website yang berat proses loading nya. Oleh karena itu, selain dilengkapi fitur mobile friendly, perlu untuk memastikan bahwa struktur halaman website telah fleksibel dalam penempatan link, halaman kontak yang mudah di akses dan tombol yang jelas.

Sebagian besar pembeli dari kalangan pemakai ponsel memiliki impuls yang kuat terhadap iklan sebuah produk. Untuk menekan dorongan ini, sangat penting memberikan kemudahan akses bagi pengguna ponsel agar target penjualan makin meningkat.

3. Mendekatkan website ke pengguna mobile

Kini belanja tak perlu lagi datang langsung ke toko. Semua bisa dilakukan melalui smartphone, tablet, laptop, maupun  desktop.

Saat sedang sibuk, orang akan menyeleksi dan menyimpan alamat situs di perangkat telepon genggam mereka sambil tetap menyelesaikan tugas pada desktop atau perangkat lain.

Dengan memberikan pengalaman pengguna melalui versi mobile, website akan memperoleh pengunjung setia yang akan mengunjungi lagi situs website Anda pada desktop mereka di waktu yang berbeda.

4. Peningkatan Konversi

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 57% dari pengguna ponsel tidak akan tertarik pada situs yang memakan waktu lebih dari 3 detik untuk memuat satu halaman web. Dan 30%  sisanya akan mengabaikan penawaran  penjualan dari website yang tidak dilengkapi versi ramah ponsel yang optimal.

Orang bisa saja melakukan transaksi online lewat website di ponsel sambil menonton  TV atau aktivitas santai lainnya. Jika website memberikan pengalaman mobile yang ramah maka peningkatan konversi bisa Anda dapatkan.

5. Memaksimalkan potensi usaha pemasaran

Pemilik bisnis harus membujuk pelanggan yang potensial melalui website-nya. Dalam konteks ini, kandungan desktop yang sangat menarik saja tidak akan cukup jika ia ingin memperluas jangkauan konsumen nya.

Peluang ini diendus oleh para penyedia jasa pembuat website. Desain website mereka rancang untuk mengoptimalkan situs bagi pengguna ponsel agar bisa menjaring lalu lintas pengunjung yang lebih besar melalui desktop serta smartphone.

Pemilik bisnis tentu akan menjatuhkan pilihan pada website dengan desain yang ramah mobile dengan tujuan untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya.


Itulah 5 alasan perlunya mengoptimalisasi pencarian mobile pada blog atau website kita.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

6 komentar:

  1. Ouh jadi begitu, berarti website saat ini harus benar-benar mobile friendly yah mas. Trima kasih infonya

    BalasHapus
  2. mobile friendly itu wajib,..lalu lintas pencarian versi desktop kini di salip sama versi mobile.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya mas, berrti semua blog harus mobile friendly, kalo mau bersaing di SERP yah.

      Hapus
  3. Mau tanya kan pada template blog atau pada robot txt ada setting untuk memblok index pencarian mobile seperti ?m=1 dan ?m=0. Nah, apakah harus dihapus setting tersebut biar lebih SEO friendly atau dibiarkan saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembalikan aja ke settingan robot text default dari google..

      ati-ati mas, ngutak-atik robot text kalo ada kesalahan, resikonya blog malah tak terindeks google,.. kecuali kita paham betul paramater nya

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam