Google RankBrain | Algoritma Terbaru Mesin Pencari

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 5:26 PM
3 comments
Perubahan besar sedang terjadi. Ini yang sering digadang-gadang sebagai algoritma terbaik Google. Anda wajib tahu tentang Google RankBrain.

RankBrain adalah buatan intelijen (AI) yaitu sebuah sistem learning-machine yang menangani dan mengolah sebagian besar permintaan pencarian yang masuk ke Google. Sistem ini telah siap mengubah pencarian untuk jangka panjang.

Hingga saat ini, permintaan pencarian Google telah disortir, diproses dan ditangani dengan algoritma seperti Hummingbird (sistem pencarian Google). Untuk sementara, RankBrain tidak sepenuhnya ditetapkan untuk menggantikan Hummingbird.

Sistem ini menyajikan serangkaian perubahan penting dalam hal bagaimana orang mencari informasi dan mencocokkan nya dengan sumber yang relevan.

Algoritma Terbaru Mesin Pencari

Apa itu RankBrain?


Seperti yang telah disebutkan di atas, RankBrain adalah sistem AI yang mampu belajar dari pola pencarian dan menyesuaikan diri untuk memberikan hasil yang lebih baik di masa depan.

Sistem ini diperkenalkan pada awal 2015 untuk menangani 15 persen dari permintaan pencarian yang benar-benar asing pada sistem Google.

Sepertinya 15 persen mungkin angka yang kecil, tapi penting untuk dicatat bahwa Google memproses data pencarian di atas angka tiga milyar setiap harinya.

Jika di hitung secara persentase, 15 persen dari angka tersebut berarti sekitar 450 juta permintaan pencarian setiap hari tidak dikenali oleh Google, sehingga alur prosesnya tidak memadai secara kontekstual.

Harapan Google adalah bahwa sistem cerdas RankBrain akan dapat memproses dengan lebih baik dan kompleks. Terlebih untuk penelusuran longtail keyword, dimana sistem Google ini akan menafsirkan dan menawarkan hasil yang maksimal untuk hasil pencarian.

Sejak proses RankBrain mulai dijalankan, kemungkinan sistem baru ini akan dapat menemukan pola dalam pencarian kompleks meski masih terputus-putus akibat pengaruh perbedaan koneksi.

Selain itu, RankBrain di proyeksi kan dapat mengaitkan kelompok pencarian dengan pengaturan hasil yang terpercaya untuk dinikmati oleh pengguna.

Dari tangan para insinyur Google, jelas bahwa RankBrain menjadi harapan terbesar yang akan menciptakan pengalaman pencarian yang lebih intuitif.

‘Intersection’ antara RankBrain dan Google Sinyal


Coba ketik kalimat “Bagaimana Google ..” pada mesin pencari. Yang lucu dan aneh adalah halaman yang disarankan di dominasi oleh “Bagaimana Google bekerja,..” ini terjadi karena tidak adanya data yang memadai.

Sepanjang sejarah Google, cara penentuan peringkat halaman web pada indeks pencarian masih menjadi teka-teki. Ini menjadi misteri akibat penentuan peringkat yang masih mengandalkan ratusan faktor yang masih samar-samar definisi nya.

Definisi tersebut dikategorikan sebagai ‘sinyal’. Sinyal-sinyal ini termasuk di dalamnya adalah segala jenis keyword dari sebuah halaman web di mata sebuah mesin pencari.

Sampai saat ini, sinyal-sinyal ini telah dimasukkan ke dalam sistem yang disebut PageRank. Setelah diproses, setiap halaman menerima skor PageRank yang dipakai sebagai salah satu sinyal untuk menentukan posisi pengindeksan.

Dari sana, sinyal web yang kompleks diberi asupan melalui algoritma Hummingbird untuk membuat keputusan akhir tentang halaman yang ditampilkan pada Google untuk sebuah halaman web.

Bagaimanapun, sejak diperkenalkan nya RankBrain, sistem sinyal tetap dipertahankan meski menjadi sedikit lebih rumit. Sebelum RankBrain, Google sering diklaim memiliki lebih dari 200 sinyal peringkat utama yang terpecah menjadi 10.000 sub-sinyal.

Google kini mengatakan bahwa RankBrain adalah sinyal peringkat paling penting yang menjadi andalan ketiga mesin pencari raksasa saat ini.

Meskipun Google tidak mengungkapkan secara lebih detail faktor pertama dan kedua dari peringkat yang mereka andalkan, namun fakta nya bahwa RankBrain duduk nyaman di posisi ketiga yang menunjukkan bahwa ini adalah kemajuan terbesar dan krusial bagi mereka.

RankBrain Menyempurnakan Mesin Pencari


Sebelum adanya  RankBrain, permintaan pencarian Google semua ditangani oleh beberapa insinyur Google dan pakar SEO. Ini menjadi tugas berat yang harus dipikul oleh mereka.

Sistem sebelumnya memiliki keterbatasan dalam koneksi database dan daftar pekerjaan yang panjang. Meskipun Google telah berpengalaman dalam proses ini, hal tersebut masih dirasa sulit apalagi untuk memproses lebih dari tiga miliar pencarian setiap harinya.

Dengan pemikiran ini, RankBrain hadir untuk memanfaatkan keahlian Google tentang query yang kompleks.

Skill ini yang mengubah pencarian sehari-hari menjadi sesuatu yang baru dan menarik melalui pembelajaran yang konsisten dan mengatur SERP menjadi lebih ramping. Tujuannya tentu untuk menawarkan pengguna dalam mengakses informasi penting tanpa mengharuskan mereka untuk mengklik ke situs yang dituju.

Ini adalah salah satu aspek yang paling menarik dari perkembangan RankBrain. Sekarang pengguna dapat mencari informasi yang akan disesuaikan dengan halaman yang relevan tanpa perlu  memasok istilah pencarian yang lebih spesifik.

Ini contoh kecil dari sistem RankBrain.

Saat Anda mencari informasi “Kapan istri George Bush lahir?” selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan rincian kehidupan dan sejarah Ibu Negara Laura Bush tanpa perlu atau pernah memasukkan namanya.

Demikian info yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

3 komentar:

  1. saya tertarik dengan semua perubahan dan ketentuan google dalam menampilkan hasil dan setelah membaca artikel anda syukur alhamdulillah sedikit banyak saya bisa mengerti perubahan seperti apa yang sedang terjadi dengan mesin pencari favorit saya itu. terima kasih. perangsangampuh.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya rasa, saat ini Google masih menjadi mesin pencari favorit jutaan manusia di dunia..

      thanks gan for your visit...sukses buat per4ngs4ngnya...

      Hapus
  2. tulisan anda menarik dgn tata bahasa yg sngt baik. terimkasih sdh brbagi :)
    kalau blh tau algoritma google th 2016 ini apa ya?

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam