Hentikan Spam Sekarang Juga

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:25 PM
6 comments
Aksi spam kian merajalela di internet. Para pelaku spam bekerja secara taktis dan terorganisir. Mereka gencar melakukan spam dengan membanjiri sebagian besar halaman website lewat formulir online, komentar, serta dialog pada halaman kontak.

Memang merepotkan dan menyebalkan. Perlu tenaga manual untuk menghapus hasil kerja mereka dari halaman blog kita. Namun tak perlu kuatir, ada 2 cara untuk menghentikan aksi spam tersebut yaitu secara otomatis atau juga konvensional melalui trik khusus.

hentikan spam

Software Spam dan Anti Spam


Kita sering mendapat email yang membosankan dan tidak produktif. Dan yang lebih buruk lagi, bisa merusak program. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus segera tahu tentang software anti spam.

Pemahaman Spam

Spam di dunia digital adalah email yang tidak diinginkan yang dikirim ke klien. Tujuannya untuk promosi suatu produk atau jasa. Banyak pengiklan menggunakan spam untuk memberi gambaran kepada klien tentang produk yang ditawarkan.

Mereka ingin target audiens yang besar sehingga akan meningkatkan peluang penjualan. Meski tidak salah, namun ini mengganggu ke email pengguna.

Spam hadir di seluruh website. Bisa Anda lihat beberapa diantaranya pada pesan instan atau game online.

Beberapa pengguna di chat room sering mengirim pesan yang tidak terkait dengan forum atau permainan. Pengguna ponsel juga tak luput dari pesan spam.

Aksi spam kini dianggap sudah umum pada situs video share semacam Youtube. Pernahkah menjumpai pesan yang diposting untuk mengklik pada link tertentu untuk menonton sesuatu? Setelah Anda melakukannya, Anda mungkin melihat sebuah situs yang tidak ada hubungannya dengan video yang Anda inginkan.

Pesan spam sebagian besar tidak berbahaya. Tidak ada niat lain selain untuk mendapatkan perhatian pembaca. Namun seiring waktu, banyak email yang tidak diinginkan yang menyamar sebagai spam akan berevolusi menjadi ‘berbahaya’.

Kenapa bisa berbahaya?

Ada pengguna yang awam dengan email yang menganjurkan untuk mengklik ke situs web tertentu. Setelah diklik, virus dan software berbahaya lainnya bisa masuk ke program sistem komputer dan dapat menciptakan masalah.

Beberapa virus dapat menghapus file, sementara yang lain dapat meniru dan memperlambat fungsi. Ketika ini terjadi, komputer mungkin tidak bekerja dengan benar.

Jika komputer pribadi ini terkait dengan jaringan, komputer lain mungkin juga akan terinfeksi virus yang sama.

Peran Software Anti Spam

Software anti spam bekerja dengan komputer melalui akses pada sistem kerja akun email. Perangkat ini berfungsi sebagai scanner untuk surat masuk yang dikirim dari akun tertentu. Software ini akan mendeteksi setiap email masuk yang berpotensi sebagai spam.

Iklan yang masuk lewat email akan diblokir. Tak perduli seberapa penting iklan tersebut. Perangkat lunak ini juga dapat bekerja sebagai ‘spam blocker’ untuk membersihkan virus dan program lainnya.

Dengan ini, perangkat lunak menghindari sebelum terjadinya masalah. Tentu ini akan menghemat waktu, karena pengguna tidak perlu menebak untuk membuka email atau tidak.

Trik Menghentikan Aksi Spam


Pada artikel ini, saya akan mencoba untuk memandu Anda ke beberapa trik manual yang mudah. Demi menghemat tempat dan waktu, untuk penerapan pada blog, silahkan cari tutorial nya di Google.

Captcha (pertanyaan anti spam)

Ini adalah cara yang paling sederhana. Captcha adalah semacam uji tantangan dalam bentuk huruf, angka atau pun gambar yang hanya bisa diisi oleh manusia. Jadi, komputer tidak bisa otomatis melakukan pengisian pada tantangan ini.

Metode nya pun sederhana, cukup buat sebuah pertanyaan yang sangat mudah untuk dijawab oleh orang.

Misalnya, “dari mana arah matahari terbit?” Pertanyaan itu mungkin semua manusia bisa menjawabnya, namun tidak untuk robot. Karena robot tidak memiliki pengetahuan kognitif.

Modul pertanyaan harus ditempatkan dalam elemen label yang dikaitkan dengan input jawaban. Jadi, jawaban yang salah dapat menghentikan spam tanpa perlu script atau coding yang rumit.

Menu ‘Option Matching (mencocokkan pilihan)

Trik ini juga bisa Anda pakai untuk mencegah robot spam. Modelnya berbentuk formulir berisi pilihan menu drop-down yang jumlah bidangnya bisa kita tentukan sendiri. Sebagai contoh, “nama-nama negara di Asia”.

Robot spam tidak akan menyadari fakta bahwa kode ‘$ posted_var’ harus memiliki nilai yang di tunjuk sebelumnya.

Dalam kasus di atas, bidang ‘negara’ harus berisi nama negara yang valid bukan sesuatu yang di terka.

Kebanyakan robot akan menempatkan nilai ‘1’ hanya untuk jawaban ke dalam masing-masing bidang. Ketidakcocokan ini yang bisa mencegah masuknya komentar spam.

Perangkap Spam 'honeypot'

Sebenarnya ini cara yang sedikit unik untuk menghentikan aksi spam melalui kebodohan robot yang justru akan menguntungkan kita.

Dalam ilmu komputer, honeypot adalah perangkap yang difungsikan untuk mendeteksi, menangkal dan melawan setiap usaha penggunaan informasi secara ilegal.

Meski legal, penggunaan honeypot banyak memicu kontroversi dari berbagai kalangan pelaku IT. Dalam banyak kasus, honeypot dianggap etis karena memberikan keuntungan yang jelas.

Cara kerjanya adalah bahwa script hanya akan memungkinkan komentar ketika bidang ini dibiarkan kosong.

Jadi, komentar manusia akan diizinkan tapi robot secara otomatis akan mendapatkan pesan error.

Mengatur panjang karakter input

Trik ini dapat Anda pakai dengan membatasi panjang karakter input untuk setiap bidang isian tertentu. Saya pikir, batas 20 karakter cukup untuk sebuah isian bidang nama.

Biasanya robot akan mencoba untuk mengisi data sebanyak yang mereka bisa input ke dalam bidang apapun. Dengan pembatasan karakter, hanya hasil nihil yang akan robot dapat dari posting Anda.

Tentu saja ada metode lain yang dapat digunakan dan setiap programmer memiliki preferensi sendiri. Ini hanya beberapa metode efektif, yang digunakan oleh programmer di seluruh dunia saat ini.


Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

6 komentar:

  1. setuju gan,spam emang meninggalkan luka yang berbahaya dalam dunia internet,terlebih untuk dunia blogging,spam dapat membunuh...mari kita hentikan spam mulai dari sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. musuh abadi blogger itu ada 2, dan susah untuk di lumpuhkan..apa itu? SPAM DAN PLAGIAT..setuju mbah?

      Hapus
  2. Benar sekali mas, spam musuh blogger.. Dan trik di atas untuk menghentinkan spam juga sangat bermanfaat. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma untuk tutorialnya,..googling sendiri aja he he he

      Hapus
  3. setuju mas, spam ngganggu pandangan.

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam