7 Cara Membangun Konten yang Kuat untuk Blog

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:46 PM
4 comments
Membangun sebuah konten yang kuat untuk blog perlu di rintis sejak awal. Para internet marketing, menyadari fakta bahwa kualitas dan konten yang konsisten adalah tiket untuk sukses.

Selama Anda memiliki produk yang bisa memenuhi kebutuhan dan tuntutan pasar tertentu, Anda dapat mengandalkan konten asli, personalisasi dan membuatnya tampak lebih diinginkan di mata pembaca potensial.

Tak perlu lagi mempertanyakan pentingnya konten web profesional, mengingat 12 miliar pencarian online dilakukan setiap bulan oleh masyarakat dunia yang lapar oleh informasi yang relevan, menarik, dan akurat.

Menjadi tugas Anda untuk memuaskan rasa haus dan lapar  mereka dengan menghadirkan "konten yang kuat."

Konten dengan label ‘kuat’ adalah kaya informasi, menarik dan konsisten dengan definisi. Mari sedikit kita pahami hal ini.

Cara Membangun Konten yang Kuat untuk Blog

Google bukan Penggemar ‘konten lemah’


Sebagai individu yang terlalu peduli dengan penampilan fisik, kita kadang-kadang menggunakan istilah "kuat" sebagai eufemisme untuk "gemuk" dan kata "lemah" untuk menggambarkan sebaliknya.

Ketika Google menyebut konten Anda lemah (tidak memadai), jangan anggap itu sebagai pujian, terutama saat algoritma Phantom baru di update. Hal ini memaksa semua orang untuk memenuhi standar kualitas konten yang lebih tinggi.

Revisi algoritmik baru ini menargetkan dan memukul website yang gemar mendistribusikan dan mempromosikan konten lemah.

Tampaknya ini menjadi ancaman serius, algoritma tersebut telah membuat 22 persen dari Hubpages menghilang dari lalu lintas pencarian. Jika ingin menghindari risiko ini, sekarang waktu terbaik untuk menambah nilai konten Anda dengan menyempurnakan bentuk dan memperkaya substansi.

7 Cara Menambah ‘daging’ dan ‘tulang’ untuk Konten Anda


Tidak perlu menjadi ahli SEO untuk menyadari bahwa Google bukan penggemar posting yang padat kata kunci namun hanya berisi 100 kata.

Mesin pencari tidak mentoleransi untuk halaman pintu (doorway page) dan halaman afiliasi yang hanya menampilkan konten dengan minim kata, tak bernilai, posting berlebihan, duplikat, dan materi tulisan yang buruk.

Jika konten Anda selalu ‘gagal’ di pencarian Google, pertimbangkan pendekatan ini dengan tujuh cara untuk mencapai sebuah konten yang padat berisi dan kuat.

Topik Ringan dengan Konsep yang Jelas

Pertama-tama, pilih topik dengan ide-ide inovatif yang bisa Anda bagikan ke pembaca. Ekspresi kan kreativitas Anda lewat ‘dialog’ yang benar-benar mengesankan.

Bahkan jika perlu, daur ulang materi lama dengan menambah fakta dari perspektif yang sama sekali berbeda.

Jangan ragu untuk menunjukkan jati diri melalui konten Anda. Ini adalah strategi memenangkan perhatian pembaca.

Matt Secrist dari Search Engine Journal mengungkapkan fakta bahwa pembuatan konten yang tepat dan materi terbaik merupakan dasar yang sempurna untuk sebuah artikel populer.

Keseimbangan Ideal Bentuk dan Fungsi

Konten yang kaya akan terus mencerminkan keseimbangan sempurna antara bentuk dan substansi.

Pikirkan hal-hal di bawah ini,
  • proofreading,
  • format yang benar,
  • tata bahasa dan ejaan,
  • jumlah kata yang mewakili elemen kunci,

Jumlah kata pada posting blog dapat berkisar antara 500 sampai 2.000 kata, tergantung pada topik dan target pembaca.

Jangan lupa, gunakan poin-poin untuk mengatur ide-ide Anda dalam cara yang ideal melalui pembagian konten.

Harus diingat deskripsi harus singkat dan pendek untuk membantu pembaca memahami materi tanpa harus memindai dan mengasimilasi lebih lanjut informasi yang kurang berguna.

Last but not least.  Sebelum menekan tombol publikasi, lakukan pengeditan pada bagian-bagian konten. Ini untuk menghindari kesalahan ejaan, kesalahan tanda baca dan tata bahasa.

Memeriksa ulang alur kerja Anda

Hindari manajemen konten yang buruk. Untuk menghilangkan masalah ini, Anda perlu meng-upgrade alur kerja Anda.

Mulailah bekerja sama dengan blogger lain untuk membuat kalender editorial yang akan memandu strategi konten Anda ke arah yang benar.

Berikutnya, menghapus semua inefisiensi dan mengarahkan waktu Anda ke arah proses menciptakan konten yang lebih konsisten.

Jangan ragu untuk melakukan penyesuaian terkait dengan jadwal, komentar pembaca dan kebijakan menulis konten.

Fokus pada Kata kunci yang relevan

Satu hal yang pasti, kata kunci masih dominan di mesin pencarian. Pada titik ini, kata kunci merupakan tulang punggung.

Konten yang kuat dibuat untuk mendapatkan rasa hormat dan penghargaan dari pembaca (manusia) dan mesin pencari. Kabar baiknya adalah kata kunci dapat membantu pengunjung menemukan konten Anda.

Riset kata kunci yang tepat akan memberikan wawasan yang Anda butuhkan untuk membuat konten web yang kuat menjadi nyata.

Google Trends bisa Anda manfaatkan untuk menemukan kata kunci yang paling aktif. Berbagai tool (SEMRush, Keyword Planner Tool dan Alexa) juga bisa di pakai untuk mengidentifikasi frase pencarian yang membantu menarik lebih banyak lalu lintas ke situs Web Anda.

Menggunakan alat yang sama untuk menemukan set kata kunci dapat meningkatkan visibilitas brand personal Anda dan membangun konten yang kaya.

Membujuk Pembaca melalui Konten visual Menarik

Selain kaya informasi, konten yang kuat juga harus menarik secara visual. Belakangan ini, artikel dan posting blog hanya di isi oleh potongan teks tanpa visualisasi konten.

Pengguna internet cenderung beralih ke konten yang menarik. Konten multimedia salah satu cara yang paling efektif dalam mempromosikan sebuah merek.

Leonardo Bruni, Paolo Giacomazzi dan Chiara Francalani dalam sebuah artikelnya berjudul Peran Konten Multimedia, mengungkapkan bahwa kualitas konten yang di kemas dalam multimedia menentukan pengaruh dan virality dari informasi media sosial.

Pembaca Anda akan selalu jatuh cinta pada pandangan pertama dengan video pintar, gambar resolusi tinggi yang relevan dengan topik dan di tambah infografis untuk mengidentifikasi dan meng-asimilasi substansi artikel Anda dengan mudah.

Volume pencarian Infographic telah meningkat hingga 800 persen selama dua tahun terakhir.

Angka tersebut mengisyaratkan bahwa infografis dan alat pemasaran megah lainnya membantu Anda meng-upgrade konten dengan cara yang mudah. Membuatnya lebih enak, menyenangkan mata dan lebih user-friendly.

Perencanaan konten

Kualitas konten kadang tidak sesuai harapan pembaca. Inilah mengapa Anda harus bekerja sedikit lebih cerdas untuk tetap terorganisir dan tetap berpegang pada kalender editorial.

Inspirasi yang macet dapat menghalangi proses pembuatan konten. Anda dapat mengandalkan berbagai macam alat seperti Ubersuggest, Topsy atau Hubspot BlogTopik Generator untuk mengatasi masalah tersebut.

Konsistensi Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Ubah kebiasaan negatif dalam membangun sebuah konten. Temukan rumus yang menjadi poin pentingnya.

Rutinitas update, informasi yang kaya , dan orientasi konten untuk pengguna adalah titik penting untuk membuktikan konsistensi Anda.

Jika konten Anda berhasil, ini akan memicu umpan balik instan dari para pembaca, sehingga mereka akan sukarela membagikannya ke media sosial.

Semua tanda-tanda ini menunjukkan bahwa tulisan Anda saat ini sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan dan mendapat tempat di hati Google.

Semoga bisa bermanfaat.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

4 komentar:

  1. Saya akan coba terapkan mas :)

    BalasHapus
  2. Sangat bagus artikelnya Mas,
    Saya sangat suka dengan poin nomor 6. Perencanaan konten.

    Perencanaan Konten akan sangat berpengaruh dengan hasil akhir konten. Kita dapat membedakan mana konten tanpa konsep dan yang ter-konsep.

    Konten yang berkualitas selalu dilakukan dengan konsep/perencanaan.

    Terimakasih Artikelnya, Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. perencanaan adalah langkah awal suatu pekerjaan...mungkin itu garis besarnya...thank mas asep...
      bisa minta tolong kritikan nya untuk blog ini, ?

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam