Jadikan Blog sebagai Investasi Masa Depanmu

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 3:22 PM
12 comments
Membangun konten blog sama artinya dengan berinvestasi. Kualitas konten menentukan nilai investasi yang bisa Anda petik di kemudian hari. Percayakah Anda?

Tengok para blogger milyader yang berhasil mengantongi 5 miliar per bulan hanya dari blog. Apakah mereka sukses dalam sekejap? Tidak saudaraku. Butuh waktu yang panjang untuk merealisasikan itu semua.

Seorang Linda Ikeji (blogger asal Nigeria), mulai ngeblog tahun 2003 dengan platform blogspot alias tanpa modal. Hanya laptop dan modem senjata ngeblog nya. Setelah tujuh tahun, tepatnya pada Agustus 2010, blog berita yang dikelolanya mulai mengalirkan pendapatan iklan secara rutin. Sedikitnya 5 milyar per bulan masuk ke rekening nya.

Lain lagi cerita Pete Cashmore,  pendiri situs Mashable. Dia  mulai aktif menulis di blog sejak tahun 2005. Kini dia dinobatkan sebagai salah satu blogger terkaya di dunia dengan penghasilan milyaran dolar per bulan.

Semua blogger pasti ingin seperti mereka, tak terkecuali Anda.

Blog sebagai Investasi Masa Depan

Antara Blog dan Investasi


Investasi adalah menanam sejumlah dana dengan tujuan untuk mendapatkan hasil.

Pemahaman investasi biasanya mengarah ke bisnis properti, logam mulia, valuta asing, surat berharga, dan sebagainya. Ada dua elemen penting dalam berinvestasi, yaitu ‘risk and return’.

Saat sedang menulis konten blog, sadarkah bahwa Anda sebenarnya sedang berinvestasi ?

Investasi yang real, butuh dana untuk dialokasikan. Sebagai blogger - waktu, tenaga, pikiran dan biaya - itulah bentuk investasi Anda.

Ada jangka waktu tertentu hingga investasi bisa mendatangkan profit yang tinggi. Bisa per tri-semester, semester bahkan bisa tahunan.

Return investasi dalam blogging bisa terealisasi saat blog siap dimonetisasi. Itulah perlunya manajemen konten, untuk mengetahui kapan blog Anda siap untuk difungsikan sebagai alat investasi. Tanpa itu, ngeblog hanya menjadi ajang menulis semata.

Bagaimana ber-Investasi lewat Blog?


Yang terpenting Anda harus punya ideologi baru, yaitu blogging adalah investasi. Investasi blog jangan di lihat dari banyaknya blog yang Anda buat, tapi berapa banyak blog yang telah Anda besarkan.

Tiap orang punya tujuan blogging yang berbeda. Ada yang mengejar uang, popularitas, membangun sebuah komunitas, atau hanya sebagai jurnal harian.

Blogger pemula sering terbentur urusan modal saat mulai aktivitas blogging. Mereka kesulitan memutuskan hal-hal penting untuk berinvestasi.

Bagi blogger profesional, blogging layaknya ajang bisnis. Mereka rela merogoh kocek dari 1 juta hingga 100 juta untuk investasi dalam bisnis blogging mereka.

Khusus untuk pemula, saya beri gambaran untuk melihat poin-poin penting untuk investasi blog Anda.

Hitung dan rencanakan budget Anda

Modal minim? Saran saya, gunakan blogspot dari blogger. Pelajari dasar-dasar blogging lebih serius. Saat proses pembelajaran, mulailah rencanakan bisnis blog Anda.

Setelah pendapatan mulai mengalir dari blogspot Anda, sisihkan minimal 40-60% pendapatan tersebut untuk persiapan membuat blog baru yang lebih kompetitif.

Hosting dan nama domain

Ingat, blog untuk investasi jangka panjang. Jika ingin sukses berinvestasi blog, pilih hosting dan nama domain berbayar. Lupakan yang gratisan.

Banyak layanan hosting premium yang bisa Anda manfaatkan. Pilih yang terbaik. Jangan gunakan hosting murahan, yang justru merepotkan dan bisa mengganggu proses investasi blog Anda.

Template premium

Tata letak dan desain sebuah blog sangat mempengaruhi kinerja blog. Atur lah dengan tepat. Tempatkan setiap elemen penting pada posisi yang seharusnya.

Gunakan template premium, sekali lagi lupakan yang gratisan. Template premium di buat oleh profesional blogging yang telah berpengalaman dalam mengatur desain sebuah blog secara profesional. Ini yang akan memudahkan langkah Anda.

Khusus pemakai wordpress, gunakan plugin premium untuk lebih mengangkat performa blog.

Optimisasi Blog

Poin ini erat kaitan nya dengan SEO (search engine optimization). Hosting, domain dan template premium akan sia-sia tanpa optimisasi nyata pada blog Anda.

Memiliki ide investasi dalam blog ada dibenak semua orang, bukan hanya Anda saja. Banyak blogger punya pemikiran yang sama. Hal ini menjadi pemicu munculnya persaingan yang harus Anda hadapi. Karenanya, optimalkan SEO blog untuk posisi terbaik di mesin pencari.

Bagi pemula, Anda bisa mulai berinvestasi dengan menyewa jasa SEO dengan tarif yang terjangkau (bukan murahan).

Optimasi Sosial Media dan Boookmarking

Media sosial dan social bookmarking kini berubah fungsi sebagai alat marketing. Twitter, Facebook, Stumbleupon, Delicious, Digg merupakan situs paling populer sebagai media promosi blog.

Di Facebook, fitur pemasangan iklan berbayar mulai ramai di buru para pemilik blog karena harganya yang ringan di kantong.

Sebagai situs dengan jutaan pengguna hampir di seluruh dunia, Facebook bisa mendatangkan lalu lintas yang tinggi ke blog Anda.

Ada juga Adsword. Dengan produk milik Google ini, blog Anda akan di tampilkan pada mesin pencari sesuai dengan keyword yang relevan dengan materi blog Anda.

Penutup


Menutup artikel ini, saya ada pesan spesial untuk Anda sebagai pembaca setia blog ini.

Mulailah menulis konten yang positif karena apa yang Anda tulis bakal menjadi viral di masyarakat. Blog adalah investasi berharga yang bisa Anda wariskan, selama itu bermanfaat dan menghasilkan.

Pernahkah terpikir, kelak 10 tahun yang akan datang, anak Anda akan membaca tulisan yang saat ini sedang Anda buat? atau anak Anda sekolah ke luar negeri berkat blog yang Anda ciptakan? Itu bukan lagi mimpi saudaraku, tapi kenyataan yang bisa Anda wujudkan.

Sekian dari saya. Semoga investasi blog Anda bisa berbuah di kemudian hari.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

12 komentar:

  1. ini template premium kah ? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha ha..ini template gratisan...lg percobaan ngetes trafik bro

      Hapus
  2. sepertinya postingan ini berdasarkan pengalaman dan pengamalan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 begitu kang abdur..baru nongol nih dari pertapaan? sibuk terus ya kang?

      Hapus
  3. Saya semakin semangat dalam ngeblog. Terima kasih motivasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam blogging,..semangat itu yg terpenting..thanks mas rahmat

      Hapus
  4. Benar sekali mas, sy sepakat dngn mas teguh.. Semangat berbagi konten menarik, inovatif, kreatif, dan inspiratif penting guna mendukung kelangsungan investasi di dunia blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya blogger adalah pekerjaan yg mulia,
      bayangin aja bang, Andai kita baru bikin blog, tentu wajib nulis siang dan malam hanya untuk berbagi info kepada orang lain, tanpa di bayar.

      nah,..selama kita serius, monetisasi bisa jadi sarana kompensasi dari hasil jerih pyah itu,.

      moga kita selalu memberi yg terbaik buat pembaca blog kita...

      ok, thanks buat bang Ali yg udh rajin absen ke blog ini,..

      salam blogger

      Hapus
  5. Gan, kok saya cuma batas mikir 5 Tahun mengenai Investasi Blog, mikir domain hosting, "Blog Kopinet" eh ternyata masternya standar mikir 10 tahun, bagus gan, makin serius ne

    Oh ya gan, ada e-book tentang blogging gak, saya mau tinjau, akan saya beli dari blogger profesional seperti agan,

    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini saya belum ada waktu buat bikin ebook gan,..repot ngurus anak sama istri,.ha ha ha...

      menurut saya, blog yang diolah dg profesional, dalam kurun waktu 10 tahun, saya yakin sudah bisa menghasilkan pendapatan yg tetap gan,..dg catatan "FOKUS DAN SERIUS"...

      ayo lebih semangat ngeblognya gan,..jgn cuma mikir utk 5 tahun kedepan,..kalo bisa seumur hidup kita jadi blogger,..

      salam blogger

      Hapus
  6. Sayangnya, masih banyak orang yang belum ngeh kalau blog memang bisa dijadikan investasi...

    Buktinya, mereka lebih merasa PD ketika menulis di media online ternama, ketimbang membangun konten di blognya secara rutin.

    Padahal, jika dikerjakan secara serius, bukan tidak mungkin sebuah blog memiliki otoritas tersendiri di topik/niche yang dia pilih.

    Bener gak Mas Teguh?

    Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mas Reza,..kan lebih enak tenar jadi blogger di blog sendiri, drpd mengejar impian sukses jdi penulis di website lain,..

      dua jempol buat sampean,..itu namanya blogger yg punya prinsip,..sya dukung

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam