5 Tips Membuat Konten yang Bermanfaat - BLOG MUST TEGUH

5 Tips Membuat Konten yang Bermanfaat

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:58 PM
“Buatlah konten yang bermanfaat, dijamin Google akan menyukai blog Anda.”

Ungkapan tersebut bukan sekedar isapan jempol belaka, itu kenyataan.

Blog besar pasti dikendalikan oleh blogger yang hebat. Peringkat tinggi akan disematkan oleh Google khusus untuk blog atau website dengan muatan konten yang banyak memberi manfaat untuk penggunanya. Saya yakin, Google tidak mungkin salah pilih.

Apa sih konten yang bermanfaat itu?


Mungkin terlalu sering kita dengar wejangan para senior di forum komunitas, “buat konten yang bermanfaat, agar diterima Adsense”.

Si junior pun berpikir, “konten yang bermanfaat itu seperti apa?”.

Namun sayang, komentar sang senior tidak muncul kelanjutannya. Tapi jangan khawatir, saya akan coba menyambung komentar para senior tersebut melalui penjelasan di bawah ini.

Konten yang bermanfaat memiliki definisi yang sangat luas, tergantung pengalaman masing-masing pengguna.

Artikel tentang niaga  lebih bermanfaat untuk golongan pengusaha, karena di situ ada ilmu yang bisa diaplikasikan. Tapi apakah cocok untuk pelajar? Nah, seperti itulah kira-kira ilustrasi nya. Bisa Anda pahami?

Karena setiap konten berkualitas sudah pasti bermanfaat tentunya akan mampu menyerap pengunjung organik dari search engine. Hal ini menjadikan blog akan selalu eksis untuk jangka panjang, ini akan lebih disukai oleh Google dan pembaca Anda.

5 Tips Membuat Konten yang Bermanfaat

5 Tips Membuat Konten yang Bermanfaat


Sebuah konten boleh dikatakan bermanfaat jika memenuhi beberapa tips di bawah ini. Saya kutip langsung dari sumbernya yaitu Google. Silahkan Anda pahami.

Berguna dan informatif

Konten bermanfaat itu harus berguna sekaligus informatif. Kebanyakan konten artikel yang saya temui hanya sebatas ‘berguna’ namun tidak informatif.

Contoh judul : “Cara Membuat Blog untuk Pemula

Sekilas kandungan artikel di dalamnya berguna untuk para blogger yang ingin mulai terjun ke dunia blogging, tapi belum menyentuh ke level informatif.

Setelah blog dibuat, what next? Blogger yang awam tentu banyak pertanyaan yang butuh jawaban. “Setelah blog jadi, apa yang harus saya lakukan?

Nah, disinilah kita perlu menyempurnakan artikel agar lebih informatif.

Sebagai contoh, saya pernah menulis artikel berjudul “ 7 Tahap Membuat Blog agar Siap Pakai”.

Silahkan, Anda bandingkan dengan contoh judul yang pertama. Menurut Anda, mana yang punya muatan ‘berguna’ dan ‘informatif’? (tulis di kolom komentar)

Lebih bernilai dibanding artikel blog lain

Di internet, 50 blog bisa saja membahas satu topik yang sama. Dari semuanya, mungkin hanya beberapa yang berhasil memberikan konten bermanfaat. Siapa tahu, salah satunya blog Anda.

Agar konten lebih bernilai, buat sesuatu yang beda meski masih satu topik.

Ibaratnya, mereka bikin ‘nasi goreng’, Anda buat ‘nasi goreng + abon’. Meski sepele, tapi minimal Anda punya sesuatu yang berbeda dan lebih bernilai untuk dijual.

Bandingkan judul artikel di bawah ini:

“Resep Membuat Kue Bolu yang Enak”

“Tips Membuat Kue Bolu Agar Pembeli Ketagihan”

Keduanya memiliki topik yang sama, yaitu cara membuat kue bolu.

Judul pertama, hanya fokus pada proses pembuatan kue untuk dikonsumsi.

Pada judul kedua, ada dua keuntungan yang pembaca dapatkan, yaitu kue bolu untuk dikonsumsi dan peluang bisnis usaha kue. Disini lah letak nilai lebih dari konten yang bisa Anda tawarkan.

Dapat dipercaya

Pengguna internet kini makin selektif. Sebagai blogger, konten yang Anda buat harus berisi data yang bisa dipercaya.

Kredibilitas blog bisa Anda bangun melalui konten yang disertai sumber data, kutipan, tautan, ulasan, atau pun testimoni dari penulis lain.

Testimoni pembaca pada kotak komentar, bisa menjadi tolok ukur manfaat dari konten yang Anda tulis. Ini bisa meningkatkan reputasi dan kepercayaan orang terhadap blog Anda.

Berkualitas tinggi

Blog harus punya konten yang unik, spesifik, dan tentunya berkualitas tinggi. Konten akan terasa bermanfaat jika dibuat untuk pengalaman terbaik pengunjung, bukan untuk mengejar posisi atau peringkat tertinggi di mesin pencari.

Hanya pembaca manusia yang mampu memberi penilaian terhadap kualitas sebuah konten. Robot atau mesin sekedar menampilkan konten Anda berdasarkan keyword yang diinput.

Meski artikel Anda jadi juara di mesin pencari, tanpa apresiasi positif dari pembaca (manusia) itu sinyal negatif bahwa konten Anda buruk tanpa manfaat yang berarti.

Makin banyak respon positif yang Anda peroleh, itu isyarat konten Anda berkualitas super.

Sangat menarik

Konten bermanfaat tidak harus berisi artikel dengan kalimat yang panjang.  Itu justru bisa membosankan. Sekali-kali, pasang gambar yang menarik agar blog menjadi ‘berwarna’ dan lebih hidup.

Konten akan membawa manfaat untuk pengunjung, jika mereka tidak merasa terganggu dengan gangguan kecil yang kadang muncul pada artikel seperti kesalahan ejaan, gaya menulis yang berlebihan, fakta tidak relevan, dan penempatan iklan secara sembarangan.

Untuk itu hindari 4 hal ini, agar konten yang Anda buat menjadi menarik dan lebih bermanfaat.
  • Kesalahan link tautan (broken link)
  • Tata bahasa dan ejaan yang buruk
  • Iklan yang dominan
  • Spam komentar

Bonus untuk Anda


Sebagai penutup, saya berikan bonus formula copywriting agar konten yang Anda ciptakan, bisa benar-benar bermanfaat untuk pembaca Anda.

Formula AIDA

Saya temukan formula ini saat jalan-jalan ke blognya Mas Darmawan (panduanim.com). Sengaja saya kutip untuk Anda ketahui.

AIDA adalah akronim dari :

Attention, yaitu tulisan yang menarik dan bisa mempengaruhi pikiran pembaca.

Interest, yaitu bagaimana menarik minat pembaca terhadap isi artikel yang Anda buat, setelah mereka tertarik pada tulisan Anda.

Desire, yaitu mengarahkan pembaca agar merasakan betapa pentingnya tulisan yang Anda buat, hal ini tentu dipengaruhi oleh faktor ketertarikan (attention) dan minat (interest).

Action, yaitu melakukan tindakan sesuai isi artikel atau setidaknya melakukan share secara viral ke media sosial mereka.

Itulah tips membuat konten bermanfaat dari saya. Semoga bisa menambah referensi Anda.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________