5 Manfaat Jika Anda Mulai Podcasting Hari ini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:01 PM
Leave a Comment
Dalam podcasting ada masa depan yang menjanjikan. Menurut studi kasus baru pada Podcasting Audiens, tiga statistik menarik sedang mengalami gejolak, antara lain :
  1. Pemilik smartphone cenderung berkorelasi lebih besar untuk mendengarkan podcast.
  2. Podcast lebih banyak dinikmati pada perangkat mobile dari pada komputer.
  3. Pendengar podcast lebih sering mendengarkan melalui sistem audio mobile mereka.

Nah, itu semua adalah poin konsumen dari perangkat mobile, yang melihat media ini sebagai sumber tambahan atau mungkin informasi alternatif. Hal ini karena podcast dianggap jenis informasi yang lebih menonjol dengan format yang lebih praktis.

Untuk branding, podcasting adalah senjata yang kuat, murah dan mudah untuk menjangkau konsumen mobile yang butuh informasi praktis, ringkas dan berdedikasi.

Saat ini, untuk menjadi seorang expert yang diakui dalam bidang yang Anda minati bisa dilakukan melalui podcasting, tanpa harus melanggar konvensi regulasi radio maupun aturan dalam blogging.  Anda pun bisa memiliki pendengar setia.

Untuk membangun kredibilitas,  promosi penjualan, daftar pelanggan dan mendapatkan basis penggemar yang sangat cepat dan tanpa keterbatasan blogging, "apakah bisa dilakukan lewat audio?".

manfaat podcasting

5 Alasan Anda butuh Podcasting


Jika tiga indikator kunci yang tercantum di atas adalah cara untuk sukses, maka podcasting boleh Anda jadikan pilihan. Berikut ini alasannya:

1. Podcasting masih relatif belum dikenal

Dalam studi penelitian 'Podcast Konsumen 2015', oleh Edison dan Triton, dijelaskan bahwa usia pendengar podcast merata hampir di semua kelompok umur.

Rata-rata 15% pendengar podcast antara kelompok umur 18-24 tahun, 25-34 tahun, 35-44 tahun, 45-54 tahun.

Angka 15% mungkin saat ini terdengar masih rendah, tapi pertimbangkan dampaknya ketika pemain podcast menjadi lebih mudah diakses.

Dan ini masih dalam kategori semua kelompok umur. Artinya, brand image  Anda akan langsung mendapatkan penonton yang berdedikasi, terlepas dari kelompok usia mana Anda menargetkan nya. Pelan tapi pasti, Anda akan memenangkan persaingan.

Akses ke podcast menjadi lebih mudah dengan smartphone yang dilengkapi dengan pemutar podcast. Jejak audiens Anda secara alami akan tumbuh dalam beberapa bulan mendatang.

Popularitas smartphone masih di atas angin dengan ditunjang oleh peningkatan upgrade ke model yang lebih canggih. Ini indikasi nyata bahwa tren mendengarkan podcast pada smartphone akan tumbuh dengan pesat.

2. Memberi nilai tambah pada upaya pemasaran

Anda harus sadar bahwa podcasting mampu melengkapi upaya pemasaran Anda saat ini.

Tak perlu berhenti promosi di media sosial. Lanjutkan upaya pemasaran Anda dengan Facebook, Twitter, atau pun blogging.

Silahkan tambah posting blog Anda dengan konten segar tentang episode podcasting. Melalui konten podcasting pada blog, akan mendatangkan penonton yang benar-benar baru.

3. Konversi ke pelanggan jadi lebih mudah

Saat seseorang mencari podcast, bisa dipastikan mereka ingin mendengarkan sebuah topik tertentu. Tidak seperti radio, di mana pendengar radio konvensional akan mengganti saluran saat acara terpotong oleh iklan komersial.

Dengan podcast, Anda memiliki satu pendengar yang berdedikasi dan akan mendengarkan dengan penuh perhatian, segala sesuatu yang Anda katakan selama itu baik.

Pendengar yang berlangganan podcast, mereka telah memilih untuk menerima konten Anda.

Selain itu, podcast tidak akan ternodai oleh  SPAM seperti pada e-mail. Anda bisa yakin bahwa pesan podcast kita mencapai audiens yang terfokus. Ini memberikan peluang yang lebih besar pada konversi pelanggan.

4. Menjadi 'The Voice'

Misalkan Anda punya sebuah blog tentang diet dan gizi. Ada lebih dari 30 juta blogger bersaing  untuk niche tersebut.

Satu-satunya kesempatan Anda adalah lewat promosi yang ‘mahal’, atau harus bersabar menunggu pertumbuhan audiens blog Anda selama beberapa bulan atau mungkin bertahun-tahun, sampai Anda mencapai status’diakui’.

Plus, Anda harus belajar tentang optimasi SEO, rutin membuat konten segar dan tentunya bertamu ke blog lain.

Dengan mengikuti jejak para podcaster, berarti Anda sedang mengembangkan kredibilitas sebagai bentuk otoritas. Audiens akan lebih cepat Anda peroleh.

Target sebulan bisa Anda capai hanya dalam hitungan minggu dan menjadi “The Voice” di niche Anda.

Jika dapat mengembangkan otoritas podcast ke niche Anda, dengan sendirinya Anda bisa mengarahkan lalu lintas yang potensial ke situs atau blog.

Sebagai podcaster Anda akan menikmati kredibilitas yang sama. Orang-orang akan menghargai pendapat Anda. Anda dapat memanfaatkan posisi ini untuk mempengaruhi audiens, mempromosikan diri dan bahkan untuk monetisasi.

Caranya adalah dengan memanfaatkan niche tertentu dan melakukan segala kemungkinan untuk mendominasi niche market nya.

5. Nyaman, otomatis dan murah untuk riset audiens

Persiapan  untuk podcasting relatif murah. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah komputer, mikrofon, dan koneksi internet broadband. Anda dapat membeli peralatan yang lebih baik jika itu perlu.

Untuk saat ini, Anda bisa memulai dengan biaya minimal. Yang Anda butuhkan adalah sesuatu untuk disampaikan dan keinginan untuk mengatakan itu. Podcasting menghapus semua biaya dan kesulitan.

Salah satu alasan mengapa podcasting menjadi begitu populer adalah karena semua serba otomatis.

Pendengar berlangganan feed Anda. Ini berarti mereka tidak harus menghafal untuk kembali ke situs Anda dan memeriksa konten baru.

Ketika Anda memposting konten baru, itu otomatis didownload ke pendengar Anda.

Ini sangatlah mudah. Dalam waktu kurang dari satu menit, podcast Anda siap mengudara dan tersedia untuk jutaan audiens di seluruh dunia.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang bagaimana memanfaatkan podcasting untuk blogger, tulis pada komentar di bawah ini. Saya siap membantu Anda.

"Ingin suara Anda didengar? Mulailah dengan Podcast!"


Demikian sedikit info dari saya. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam