4 Langkah Sukses Bermain Podcasting

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:01 PM
6 comments
Dunia pemasaran digital sedang mengalami perubahan yang penuh gejolak. Setiap marketer berusaha menemukan inovasi teknologi pemasaran terbaru. Dalam skenario ini, podcast menunjukkan tanda-tanda kebangkitannya.

Hal ini telah menjadi model yang lumrah di kalangan dunia Techie, dimana para pelaku marketing di sosial media menerapkan nya untuk kesuksesan kampanye mereka.

Apakah Anda tertarik untuk membuat podcast untuk bisnis Anda? Tetapi Anda tidak tahu harus bagaimana dan mulai dari mana? Rasanya artikel ini sangat cocok untuk Anda.

Apa itu Podcasting dan Perlukah Itu?


Podcasting adalah media konten digital, yang biasanya dalam bentuk radio audio atau digital dengan format mp3 atau AAC yang bisa diunduh lewat RSS 2.0 Feed.

Tidak seperti platform sosial media lainnya. Ini memungkinkan Anda secara konsisten memberikan konten berkualitas tinggi dan lebih relevan dengan target yang luas. Selain itu, Anda dapat terhubung secara personal dengan audiens.

Tapi, untuk memaksimalkan potensinya Anda perlu merencanakan strategi. Tak ada bedanya dengan outlet media yang biasa di pakai oleh para profesional. Jika Anda masih amatir, maka Anda harus melakukannya dengan benar.

Langkah Sukses Bermain Podcasting

4 Langkah Memulai Podcasting


Berikut adalah 4 langkah yang harus Anda ikuti agar Podcasting Anda berhasil dan tepat sasaran.

1. Tentukan Frekuensi Podcasting

Podcast terdiri dari seri episodik, jadi sangat penting untuk menentukan frekuensi. Sama seperti konten media lainnya seperti acara TV, blog, dan lain-lain - itu sama pentingnya untuk menetapkan jadwal yang harus dipatuhi.

Jadwal podcast yang tidak menentu bisa membuat audiens podcast Anda kecewa. Jadi, jaga konsistensi dan informasi kan jadwal  Anda kepada audiens untuk memudahkan mereka agar terlibat lebih jauh.

Sebagai pemula, bisa dimulai tiap dwi-mingguan. Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mencoba beberapa kali dalam seminggu. Usahakan menjaga interaksi dengan audiens Anda, itu yang terpenting.

2. Menentukan Format podcast

Format apa yang ingin Anda pakai. Audio atau video? Keputusan ini akan sedikit merepotkan. Saran dari saya, cukup banyak berbicara, jangan pikirkan format nya. Jadi, lakukan apa yang cocok untuk Anda dengan cara yang terbaik.

Jika kurang percaya diri dengan kamera, atau tidak punya skill yang bagus untuk menembak konten yang lebih panjang, maka Anda bisa memilih podcast audio.

Selain itu, intip pesaing Anda yang punya niche sama. Format apa yang mereka gunakan. Informasi ini pasti akan membantu Anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

3. Tentukan Durasi

Menentukan durasi podcast adalah perkara yang rumit, yang hanya bisa dilakukan melalui metode trial and error. Untuk podcast solo, panjang optimum  biasanya antara 12-15 menit.

Jika Anda menggabungkan banyak wawancara dalam satu sesi, durasi harus tetap dijaga agar tetap pendek dan informatif. Berhentilah sebelum Anda merasa telah kehabisan topik. Sementara dalam kasus podcast co-host, 15 menit masih tetap panjang yang optimal untuk menjaga penonton tetap tertarik.

Jadi, apa yang penting di sini adalah pengalaman podcaster dan jenis konten nya. Jika Anda benar-benar percaya diri dan memiliki konten yang menarik,  maka Anda dapat bekerja dengan format lama untuk menjaga keterlibatan penonton.

Tapi, jika Anda seorang pemula, maka lakukanlah dengan hati-hati. Apalagi, jika Anda memiliki solusi untuk membuat konten yang jelek menjadi menarik, maka butuh durasi lebih lama untuk membantu memberikan pengetahuan lebih untuk audiens Anda.

Jelas, disini tidak ada salahnya untuk bereksperimen sampai Anda bisa melakukannya dengan benar.

4. Fokus pada Kualitas Produksi

Ini adalah poin penting yang sering diabaikan para podcaster. Kualitas produksi ibarat pedang bermata dua yang dapat membangun audiens atau malah justru menghancurkan nya.

Jadi, fokus kan  pada voice podcast Anda. Periksa kualitas audio yang Anda pakai. Pakai mikrofon bermutu tinggi serta camcorder HD. Dan yang pasti, kenali jenis suara Anda (bariton, sopran, bass atau sejenisnya).

Jangan sampai audiens mengeluh karena suara yang kurang jelas, efeknya bisa cukup fatal, podcast Anda tidak akan ada nilainya.

Saya ada sedikit tips untuk hasil terbaik dalam konten podcasting, yaitu :
  1. Buatlah intro selama 30 detik untuk memancing interaksi psikis dari audiens. Selain itu, melalui 1 atau 2 kalimat, cobalah menyusun pitch control dengan benar yang menjelaskan podcasting Anda.
  2. Cobalah membagi podcast ke dalam segmen yang berbeda agar lebih menarik seperti TV atau radio.
  3. Catat ini. Jangan berhenti membuat podcast yang mengagumkan jika ingin sampai ke level podcast profesional.
  4. Luangkan waktu untuk mengedit dan memperbaiki kualitas suara. Agar lebih maksimal, gunakan software pendukung.

Setelah mendalami lebih jauh artikel tentang podcasting ini, Anda akan tahu bahwa banyak pihak-pihak yang terlibat dalam dunia podcast.

Podcasting tak semudah blogging atau platform sosial media lain nya. It’s nothing to lose. Takkan rugi jika dicoba. Jika gagal, telusuri apa penyebab podcast Anda gagal total. Perbaiki, dan buat agenda baru.

Jadi, apa pandangan Anda selanjutnya tentang podcasting?

Apakah hanya sekedar media marketing di media sosial yang over promotion atau yang memang benar-benar menawarkan nilai lebih? Anda kini bebas berkomentar.

Baca juga :  5 MANFAAT PODCASTING


Semoga bermanfaat. Akhir kata, "SAY NO TO COPY PASTE". Wassalam.

6 komentar:

  1. thanks mas imam,..sukses juga buat blognya,,,tutorial photoshop nya keren2 lho..

    BalasHapus
  2. Wah keren mas. Sangat membantu..

    BalasHapus
  3. mantap mas teguh,, jaya terus.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas doanya...sukses juga buat blognya..salam blogger

      Hapus
  4. wahh makasih tipsnya sukses selalu

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam