Kenapa Konten Original itu Penting untuk Blog?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:36 PM
10 comments
Kebutuhan konten asli atau original untuk sebuah website telah menjadi aspek yang sangat penting. Banyak orang menghabiskan waktu mereka di internet. Website dengan kandungan konten asli akan menarik orang untuk membaca.

Meningkatkan tingkat kualitas SEO juga menjadi alasan kenapa sebuah blog atau website butuh konten yang baik dan asli.

Konten adalah kunci untuk meraih perhatian visitor yang pada gilirannya akan memainkan peran utama dalam mempromosikan sebuah bisnis.

Sebuah situs web atau blog tidak cukup hanya berisi gambar dan video semata. Konten pada website harus benar-benar mampu berbicara kepada audiens dan memberi kesan positif ketika mereka pergi.

Memang benar bahwa gambar dapat berbicara seribu kata, tetapi website dengan grafis yang berat mungkin tidak mampu menyampaikan visi penulis dengan baik.

Selain itu, website dengan dominasi gambar atau video tanpa konten yang memadai, tidak memiliki tempat yang baik di mesin pencari, karena mesin pencari terintegrasi dengan kata kunci tertentu.

Kenapa Konten Original itu Penting untuk Blog?

Kenapa Konten harus Original?


Bandingkan antara konten asli dan yang palsu (konten penjiplak). Banyak kesulitan bakal ditemui dari segala aspek untuk konten palsu.

Website berisi konten palsu tidak akan mendapat tempat istimewa di mesin pencari.  Algoritma Google kini makin ‘galak’ dan menyapu bersih artikel sampah yang ada di beranda mereka.

Konten asli dan unik akan memberikan sentuhan ajaibnya untuk blog. Membuat mereka jadi berharga di mata pembaca. Mereka akan rela untuk datang lagi guna menemukan artikel baru.

Aspek sebuah Konten Original


Berikut beberapa aspek penting untuk sebuah konten asli agar mudah diterima oleh pembaca.

Target pembaca


Ketahui dulu untuk siapa konten Anda buat. Perilaku pengunjung bisa dilihat pada data analytic. Statistik umur, demografi, minat pada analytic bisa dipakai sebagai bahan acuan.

Konten original yang Anda tulis harus bisa merasuki pikiran pembaca. Gaya bahasa dari konten itu sendiri sangat tergantung pada audiens yang Anda targetkan.

Saat pembaca terhubung dengan artikel kita, materi di dalamnya harus bisa berbicara kepada mereka. Inilah perlunya skill menulis agar muatan pada konten bisa dengan mudah diterima.

Menulis Ulang (rewrite)


Banyak pandangan bervariasi terhadap aspek ini. Menulis ulang tidak perlu menjadi masalah selama Anda memastikan tidak menyalin materi. Apalagi jika bisa menulis lebih baik dari sumber Anda.

Sebagai contoh, komentar pembaca pada blog teman atau blog Anda sendiri, bisa dijadikan sebagai materi tambahan untuk disusun menjadi sebuah artikel yang baru. Cara ini sering saya lakukan, dan terbukti efektif dalam menjaring pembaca.

Gambar dan Video


Gambar dan video adalah cara paling penting yang dapat mewakili sebuah pernyataan dalam artikel.

Tetapi perlu diingat untuk membatasi dalam jumlah yang proporsional sesuai kebutuhan. Gambar digunakan sebagai sentuhan seni dari sebuah website atau blog. Hal ini juga bertujuan untuk meredam kejenuhan mata pembaca.

Menyewa penulis professional


Makin banyak pembaca, menandakan blog makin berkembang. Pembaca semakin haus informasi. Mereka butuh update konten secara rutin. Ini jangan dianggap remeh, jika Anda tak ingin pembaca setia hengkang dari blog Anda.

Kadang-kadang sulit untuk mendatangkan sebuah konten asli. Dalam kasus tersebut, akan disarankan untuk mencari penulis profesional yang dapat menambah potensi besar untuk bisnis Anda. Pasti itu butuh biaya.

Cara lainnya, sediakan ruang untuk penulis tamu. Calon writter yang melihat potensi bisnis pada blog Anda, tentu akan bersedia untuk menyumbangkan tulisan mereka.


Itulah sedikit coretan ngelantur tentang konten original dari saya. Semoga bisa bermanfaat.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

10 komentar:

  1. Yap benr gan konten ori memang sangat penting dan cuma blogger yg ngblog pake hati yg bisa bikin konten ori , yg cuma tergiur duit rata2 jiplak

    BalasHapus
    Balasan
    1. doain aja mas biar pada insaf..he he he

      Hapus
  2. menulis konten asli itu wajib buat kesehatan dan kenyaman blog, sebisa mungkin saya selalu menulis dengan ide dan pemikiran sendiri atau mengembangkan tulisan yg sdh ada dengan mencari referensi lain yang tentu saja harus beda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menulis sesuai passion sendiri hasilnya bisa di rasakan oleh pembaca..good job mas triadi..mari biasakan ngeblog secara sehat

      Hapus
  3. setuju, konten is number one (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. God is number one sist...he he he

      Hapus
  4. Sangat benar sekali, konten-konten yang originalah yang di sukai oleh google, dengan konten ori kita dapat optimasi dengan mudah dan tidak di anggap nyontek hak cipta orang lain. Trima kasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. duplikasi konten itu musuh besarnya Google mas Iqbal,..

      Hapus
  5. Wah. Senangnya yang sudah terbiasa ngeblog....saya masih belajar. Jadi, nyimak saja, Mush Teguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau nyimak aja juga gpp kok mas,..yg penting ngeblognya jalan terus,..lama-lama juga akan terbiasa,..

      matur nuwon mas yudi,..salam

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam