Konten Berkualitas atau Materi Menarik - Mana Pilihanmu?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:47 PM
8 comments
Antara konten berkualitas dan konten menarik. Konten adalah barang dagangan sebuah blog. Tanpa konten, blog Anda tak akan punya nilai jual (sell point)).

Dengan asumsi tersebut, sudah sewajarnya blog wajib memberikan konten yang menarik juga berkualitas.

Sebenarnya, konten berkualitas berbeda definisi dengan konten menarik.

Saya pernah melemparkan sebuah topik di sebuah forum. Begini bunyinya :

“SAMPAI SEKARANG SAYA MASIH BINGUNG DEFINISI KONTEN BERKUALITAS DENGAN KONTEN MENARIK.ALASANNYA, KONTEN BERKUALITAS BELUM TENTU MENARIK, DAN TIDAK SEMUA KONTEN MENARIK ITU BERKUALITAS.
DARI KEDUANYA, MANA YANG DI PILIH GOOGLE??
YANG MAU SHARE OPINI..MONGGO”


Berikut tanggapan relevan dari para member di forum tersebut .

Ganis Sebastian (pemilik website klikmania.net)

“Yang penting artikel tersebut di temukan di search engine..nah,itu yang menjadi menarik. Masalah kualitas tergantung opini masing masing...tergantung penyampaiannya. Dan tergantung tata bahasa yang di gunakan.”

Bung SanJAYA (pemilik website paketnelponsms.com)

“konten berkualitas menurut saya konten yang dibuat berdasarkan pengalaman/riset yang bisa memberikan solusi/memecahkan masalah yang sedang dihadapi oleh pembaca, sedangkan konten menarik itu menurutku di lihat dari gaya penulisan yang membuat pembaca seakan-akan tertarik dengan apa yang kita sampaikan sehingga membuat pembaca ingin terus membaca artikel-artikel kita”

perbandingan konten berkualitas dan materi menarik

Fandi Guritno (website masih misterius)

“Simple. Konten berkualitas itu menurut google. Dan konten menarik itu menurut pengunjung. Konten yang semakin sering dibaca maka kedudukannya akan merangkak naik ( karena dianggap berkualitas ).

Konten yang sering dibaca pengunjung,terlebih dalam durasi lama dan berulang-lang , maka konten tersebut dianggap menarik oleh visitor.”

Indri Lidiawati (bos di juragancipir.com)

“jangan berpikir membuat konten yang dipilih Google, tapi berpikirlah membuat konten yang dipilih pembaca, maka google pun akan tunduk.”

Sopandi Ahmad (website di rahasia kan)

"Konten berkualitas itu padat, berisi, bernilai, bermanfaat, dan biasanya isinya gak basi sampai kapan pun. Sedangkan konten menarik itu kekinian, lucu, dan membuat ingin dikunjungi lagi tanpa melalui search engine."

Deni Tisrian (pemilik jajananuenak.com)

“Konten berkualitas dan menarik itu bukan rewrite, kebanyakan blogger yang punya banyak blog lakukan.”


Tanggapan dari member di atas, sudah bisa dijadikan sebuah referensi. Tak perlu minta pendapat dari ahli atau pakar yang lain.

Biar ngga bingung, saya rangkum pendapat di atas menjadi sebuah definisi tunggal.

Apa itu konten berkualitas?

Konten berkualitas adalah konten padat dan bernilai yang dibuat berdasarkan pengalaman penulisnya (bukan hasil tulis ulang), eksistensinya diakui oleh mesin pencari, serta bisa memberikan solusi buat pembacanya.

Apa itu konten menarik?

Konten menarik adalah konten yang menitikberatkan pada gaya bahasa dengan topik up-to-date agar mampu menarik minat pembaca tanpa melalui mesin pencari. Konten yang semakin sering dibaca, itulah konten yang menarik.

Konten yang menarik tujuannya untuk pembaca bukan mesin pencari alias robot. Prinsipnya, konten yang dipilih pembaca, sudah pasti akan jadi pilihan Google.

Pilih Konten Berkualitas atau Materi Menarik ?


Bagi sebuah blog, keduanya sama-sama menjanjikan. Masing-masing memiliki segmen pembaca tersendiri.

Perbedaan skill dan pengalaman tiap blogger tentu akan melahirkan sebuah konten yang berbeda. Dan semua terjadi secara natural.

Ada yang sanggup membuat konten dengan artikel kualitas tinggi, namun memiliki segmen pembaca tertentu.

Di lain pihak, ada yang mampu membuat konten artikel super atraktif meski kualitasnya tidak terlalu di tonjolkan. Prinsipnya, asal pembaca suka.

Namun sedikit yang sanggup menggabungkan dua kekuatan konten sekaligus. Yang berkualitas dan sangat menarik.

Pada prakteknya, kita tidak bisa memilih. Konten apapun yang lahir dari ide kita, pembacalah yang akan menentukan. Apakah konten Anda berkualitas atau menarik, atau justru tidak kedua-duanya.

Yang terpenting, dalam ngeblog buatlah konten yang berisi materi yang berkualitas sekaligus menarik bagi pembaca Anda. Bisakah Anda wujudkan?

Penutup


Sebagai penghujung tulisan, saya hanya ingin bertanya tentang uneg-uneg yang saat ini melilit di dalam kepala.

“APAKAH ARTIKEL INI BERKUALITAS ATAU MENARIK?”

Silahkan berikan pendapat Anda pada kolom komentar.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam dan sampai jumpa.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

8 komentar:

  1. Kalau begitu saya bakal coba membuat yang beda mas teguh, konten berkualitas yang menarik, gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mampu Anda wujudkan knp tidak? nanti pembaca yang menilai

      Hapus
  2. Ooooh Thks info nya Mas Teguh, mungkin intinya saling mendukung dan berkaitan konten yang satu dengan konten yang lainnya. blog ini saya temukan dengan kata kunci "konten apa yang dipilih para blogger". salam kenal maklum pemula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bung Marulloh sudah ikut ber-opini,..

      salam kenal kembali,..sukses buat blognya

      Hapus
  3. menurut saya konten berkualitas dan menarik itu hampir sama, alangkah baiknya kita membuat dua konten ini saling mengikutinya, itu akan lebih di gandrungi oleh pembaca, dan mereka senantiasa akan selalu ingat website yang mereka gandrungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya konten kombinasi antara human friendly dan seo friendly yg punya peluang tinggi untuk sukses menggaet pembaca,..karena keduanya bisa menarik sekaligus berkualitas,..begitu ya mas iqbal?

      thanks udh kasih banyak opini untuk blog ini mas...salam

      Hapus
  4. Menurut saya kalau dilihat dari judulnya jelas menarik, ya menarik untuk diklik dan
    cara menyajikan kontenya juga menarik, yang saya tanyakan apa saja sih yang perlu dipelajari supaya bisa menulis artikel yang menari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih mas Pidin atas penilaiannya..
      " artikel yang menari "...boleh juga tuh istilahnya,..he he he
      ga ada tips yg istimewa, ngalir aja kok mas...yg penting jaga terus hubungan kalimat antar paragraf, biar ga terputus gregetnya..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam