10 Tipe dan Karakter Blogger yang Wajib Anda Tahu

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:30 AM
16 comments
Mengenal karakter blogger dari tulisan nya. Dalam dunia jurnalis, tulisan mencerminkan siapa Anda. Tulisan pada artikel, secara tidak langsung bisa ‘berbicara’ dan membeberkan karakter Anda yang sebenarnya.

Metode unik ini hanya bisa diraba oleh orang yang peka dengan gaya bahasa dari sebuah tulisan. Saya beri nama metode ini “touch of writing” (sentuhan dari sebuah tulisan).

Jujur, saya termasuk orang yang suka mengamati tingkah polah blogger melalui setiap tulisan yang mereka lahirkan. Hal ini menyenangkan.

Melalui kacamata ini lah saya menciptakan slogan untuk blog Must Teguh “berbicara realita blogging yang sesungguhnya”.

10 Tipe dan Karakter Blogger yang Wajib Anda Tahu

Tipe dan Karakter Blogger


Berikut ini adalah 10 tipe blogger berdasarkan karakter dari tulisan yang mereka ciptakan dan sepak terjang mereka di dunia blogging.

Blogger Idealis


Blogger idealis sering berseberangan dengan blogger realis. Makna idealis adalah suatu prinsip terhadap keyakinan yang dianggap benar oleh seseorang berdasarkan pengalaman, latar pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan.

Blogger jenis ini, lebih suka mengangkat tema artikel berdasarkan ilmu yang mereka peroleh dari pengalaman.

Mereka tidak mudah terbawa arus untuk melahirkan tulisan yang hanya bersumber dari trend atau isu yang sedang booming.

Dalam menulis, mereka lebih mementingkan kepuasan pribadi yang bisa memberi manfaat untuk pembaca. Tak perduli soal SEO, traffic atau pun monetisasi.

Salah satu contoh blogger idealis yang terkenal adalah almarhum Bapak Suparto Brata. Profil tentang beliau, pernah saya tulis beberapa waktu yang lalu.

Blogger Egois


Namanya juga egois, tentu lebih mementingkan diri sendiri di atas kepentingan orang lain.

Blogger egois, umumnya didominasi oleh kaum penjiplak (copas). Mereka kurang menghargai hasil karya cipta orang lain.

Artikel seorang blogger egois kebanyakan hasil copy paste tanpa ijin. Kemajuan blog sendiri lebih di utamakan, meskipun itu bisa menciderai hak cipta orang lain.

Sampai kapanpun, blogger egois tidak akan mampu menghasilkan tulisan yang murni berasal dari pemikiran sendiri.

Contoh paling nyata dari blog milik seorang blogger egois adalah terselubung,blogspot,com. Kini blog tersebut hanya tinggal kenangan karena ulah nya sendiri.

Blogger Ortodok


Ortodoks identik dengan pemikiran kuno atau ketinggalan jaman. Biasanya berkaitan dengan segala sesuatu yang berbau religi. Istilah ini sengaja saya pinjam untuk mengelompokkan karakter blogger yang masih memegang pakem dalam dunia blogging secara fundamental.

Blogger ortodoks akan menjauhi trik-trik ngeblog yang dianggap keluar jalur atau tidak sesuai dengan pedoman yang ada.

Artikelnya lebih banyak mengangkat tentang tutorial yang dikupas secara detail. Maka tak heran, umumnya materi yang disajikan para blogger ortodoks lumayan panjang dan agak membosankan.

Blogger Humoris


Kebanyakan orang menyukai suatu hal yang dianggap lucu. Kekonyolan dan humor, mampu menarik orang untuk mendekat.

Blogger humoris sudah pasti punya “skill enterpreneur” atau kemampuan menghibur. Berangkat dari sifat dasarnya yang suka bercanda, konten blog dari seorang blogger humoris  tentu banyak berisi materi yang kocak namun mendidik.

Sudah pasti blognya akan banyak yang suka. Dari sisi psikologi, segala hal yang berbau humor, entah itu video atau artikel, memiliki magnet yang kuat dan mudah diingat.

Salah satu contoh blogger humoris yang sukses adalah Mas Agus Mulyadi (Gus Mul). Kalau ingin tertawa terpingkal-pingkal silahkan kunjungi websitenya di www. agusmulyadi.web.id.

Blogger Sosialis Humanis


Pengertian humanis dan sosialis memiliki obyek dasar yang sama yaitu manusia. Blogger sosialis humanis menganut paham yang menganggap manusia adalah obyek terpenting.

Mereka lebih suka menghadirkan tulisan bertema kemanusiaan serta nilai-nilai moralitas manusia dengan tujuan untuk mengajak pembaca untuk ikut berperan dalam program yang sedang mereka geluti.

Artikel yang dibuat mencerminkan keseharian mereka dalam dunia nyata. Biasanya, blogger jenis ini suka aktif dalam organisasi sosial, aktivitas kemanusiaan lain nya seperti bantuan bencana, donor darah, pengumpulan dana, dan lain-lain.

Blogger Inspiratif


Inilah blogger yang menjadi panutan atau sumber inspirasi. Kesuksesan dari karya yang dihasilkan oleh blogger inspiratif menjadi bahan percontohan blogger lain.

Mereka memiliki tulisan yang unik dan membawa manfaat untuk bidang tertentu seperti pendidikan, agama, wisata, sosial masyarakat, dunia blogging dan sebagainya.

Artikelnya tentu menginspirasi banyak orang. Hal ini ditunjukkan melalui membludaknya komentar yang masuk dan banyaknya pengunjung.

Blogger inspiratif, biasanya aktif di dunia maya maupun dunia nyata. Mereka sangat suka berbagi ilmu dan pengalaman.

Inilah beberapa contoh blogger inspiratif Indonesia menurut versi saya.
  • Herajeng Gustiayu (backpacker-notes.com – blog traveling)
  • Diana Rekasari (dinarekasari.blogspot.com – blog fashion)
  • Linda Ikeji (www.lindaikejisblog.com – blog berita)
  • Indri Lidiawati (juragancipir.com – blog tentang blogging dan Adsense)

Blogger Kontroversial


Ini tipe blogger yang suka menantang arus. Materi nya lebih banyak tentang kritikan atau sindiran terhadap suatu hal yang mereka anggap tidak sesuai dengan norma yang ada.

Blogger seperti ini lebih menyukai topik tentang politik, ekonomi dan sosial budaya. Karena dari tiga aspek itulah, mudah ditemukan penyimpangan yang bisa dijadikan sebagai obyek tulisan.

Blogger Arogan


Apa ciri blogger arogan? Mereka suka pamer. Model blogger arogan mudah kita temukan di sosial media khususnya Facebook.

Saya anggap blogger tipe ini hanya ingin eksis di dunia blogging melalui bentuk sikap arogansi yang tidak mereka sadari. Mereka sering unjuk gigi hanya untuk kredibilitas semu.

Yang sering mereka pamerkan sebenarnya sepele. Biasanya seputar trafik blog, earning atau pendapatan dari money blogging, dan satu lagi “artikel pageone”.

Contohnya bisa Anda lihat sendiri pada grup-grup di media sosial seperti Facebook atau Google Plus.

Blogger Motivator


Seorang blogger motivator senang mengamati perilaku manusia dari sisi psikologi nya. Setiap tulisan yang mereka buat, berisi kalimat yang bisa memotivasi dan membuka pikiran ke arah yang lebih baik.

Artikel mereka lebih banyak mendapat respon positif dari para pembacanya. Rata-rata blog dikunjungi oleh pembaca yang ingin konsultasi via chatting atau pun obrolan langsung pada kotak tanya jawab.

Contoh beberapa blogger motivator dari Indonesia yaitu Edvan M Kautsar (http://edvanmkautsar.blogspot.co.id), Muhammad Adam Hussein (www.adamsains.us).

Untuk luar negeri contohnya adalah Steven Webb (themovingroad.com)

Blogger Oportunis


Oportunis adalah orang yang mengikuti paham oportunisme. Sedangkan oportunisme sendiri artinya paham yang mengambil untung untuk diri sendiri melalui kesempatan yang ada tanpa berpedoman pada prinsip tertentu.

Tujuan utama seorang blogger oportunis tidak lain adalah uang (dollar). Sumber uang didapat melalui banyak nya pengunjung yang datang ke blog atau websitenya.

Melejitkan trafik website setinggi-tingginya adalah agenda utama mereka. Prinsip dasarnya sederhana, trafik naik maka dollar pun mudah didapat. Maka tak heran, blogger jenis ini sangat menguasai teknik SEO yang luar biasa.

Sangat mudah bagi mereka untuk meningkatkan traffic blog, ibaratnya seperti membalikkan telapak tangan.

Umumnya, blog seorang blogger oportunis lebih didominasi oleh review sebuah produk dan beberapa iklan yang menggiurkan. Saya lebih suka menyebut mereka, blogger pemburu dollar.

Itulah, beberapa tipe blogger yang saya rangkum untuk Anda. Sekarang bertanyalah pada diri sendiri, termasuk tipe yang mana Anda?

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Jika ada tipe blogger lain nya menurut versi Anda, silahkan masukkan ke kotak komentar.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

16 komentar:

  1. Saya Termasuk yg mana ya....?
    Saya Bungung mas...
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung mas hery...kira2 kebisaan ngeblognya seperti apa?

      Hapus
  2. saya termasuk yang mana yaa? hihi...

    BalasHapus
  3. saya tipe bloger seperti apa ya...

    BalasHapus
  4. sampai senyum-senyum sendiri saya baca ini artikel... saya sempat berpikir kalau saya jenis penulis yang mana yah? wkwkwk.

    saya blogger baru masnya, salam kenal. blog saya masih berumur 3 hari lagi genap 1 bulan. alamatnya www.wowcang.com. jika mas mau mereview saya akan sangat senang sekali bisa diberi saran dari agan yang sudah memiliki pengalaman blogging lebih dari saya.

    saya senang menulis dan mambaca artikel ttg dunia blogging yah walaupun blog yang saya buat bukan tentang blog. tapi saya suka mencari ilmu tentang dunia blog. mungkin blog maseteguh jadi blog ke-5 inspirasi saya mengenai tips & trik dalam perbloggingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas bayu, atas kepedulian nya pada blog ini..pertama mohon maaf saya bukan ahli review blog...mungkin teman blogger yang lebih senior bisa membantu Anda..
      sekilas, blog mas bayu artikelnya unik2, umumnya ttg dunia mahasiswa sesuai dg background nya..berhubung template blognya sama, saya nggak perlu banyak komen lg..good job

      Hapus
    2. Terimakasih sebelumnya.. Saya malah baru sadar kalau templatenya sama..

      Hapus
  5. Dari kesepuluh tipe blogger diatas, saya masih bingung saya termasuk yang mana, apa mungkin saya bisa masuk ke dua tipe sekaligus ya? :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. maybe yes,.maybe no hanya anda yg tahu

      Hapus
  6. Ternyata blog adamsains masuk juga makasih mas.

    Semoga bisa memotivasi yang lain terutama yang profesinya motivator. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Adams,..saya juga terima kasih telah diijinkan nama blognya saya cantumkan di sini..

      sukses terus dan moga tetap memotivator blogger muda lainnya..salam blogger

      Hapus
    2. Iya mas, sama-sama kemabli.

      Semoga kesuksesan kita bisa dipertahankan dan ditingkatkan. :)

      Hapus
  7. Saat ini banyak sekali para blogger arogan di sosmed, ya tidak luput saya pribadi. Karena memang itu menjadi sifat manusia secara lahiriah. Artikelnya di blog ini memang inspiratif. thanks to admin

    BalasHapus
  8. Hmm,artikelnya bagus mas. Bagusnya saya yg mana ya? Baru mau ngeblog nih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Putra,..
      dijajal dulu aja mas,..klo blognya udh jalan, nanti bisa ketahuan sendiri..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam