Tips Mantap Bikin Blog Bahasa Inggris

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 2:50 PM
21 comments
Membuat blog bahasa Inggris. Apa motivasi kamu membuat blog bahasa Inggris? Tebakan saya mungkin sekedar ikut trend, target pembaca internasional, Adsense atau mungkin hanya coba-coba. Semoga tebakan saya meleset, hanya Anda yang tahu.

Membangun sebuah blog berbahasa Inggris itu tidak gampang, kecuali jika lidah dan program otak kita sudah otomatis terbiasa dengan bahasa Inggris.

Jika belum terbiasa berarti Anda butuh latihan. Kalau perlu kursus bahasa Inggris minimal 6 bulan jika memang serius ingin terjun ke blog berbahasa Inggris.

"Kok ribet amat mas syaratnya?" Ya, memang. Blog lintas bahasa tingkat kesulitan nya juga dobel.

"Tapi kan ada Google Translate yang bisa memuluskan jalan kita, bukan begitu Mas?" Itu menurut Anda, belum tentu tamu bule Anda nantinya paham dengan konten kita.

Struktur kalimat bahasa Indonesia saat kita terjemahkan ke bahasa Inggris (dengan Google Translate) pengertian nya bisa 'melenceng' dari arti yang sesungguhnya. Itu yang patut kita antisipasi. Untuk itu ketahui dulu komponen dasar sebelum membuat blog berbahasa Inggris.

Tips Mantap Bikin Blog Bahasa Inggris

Komponen Dasar Membuat Blog Bahasa Inggris


Sebelum melangkah lebih jauh, introspeksi diri dulu. Apakah ketiga komponen dasar di bawah ini sudah Anda kuasai?

Vocabulary (kosakata)

Vocabulary merupakan kumpulan kata bahasa Inggris yang telah kita ketahui dan kuasai artinya. Jadi kata-kata yang tidak kita kuasai makna nya maka belum termasuk sebagai bagian dari vocabulary kita.

Makin bertambahnya vocabulary kita, pemahaman terhadap bacaan atau ucapan bahasa Inggris akan menjadi semakin mudah.

Grammar (tata bahasa)

Grammar secara sederhana diartikan sebagai aturan dalam penggabungan kata yang membentuk susunan kalimat.

Ada 8 part yang lazim disebut “part of speech” dalam tata bahasa Inggris, yaitu
  1. Pronoun (kata ganti), memberi keterangan untuk orang atau benda. Contoh : you , your, they, them.
  2. Noun (kata benda), untuk mengidentifikasi orang, benda, tempat, hewan, atau konsep abstrak. Contoh: box, bus, chair dan sebagainya.
  3. Verb (kata kerja), menerangkan tindakan dari  subjek, peristiwa, atau keadaan. Contoh: work, write, study, dan lain-lain.
  4. Adjective (kata sifat), memberikan keterangan untuk kata benda atau kata ganti. Contoh: soft, humble, shy, dan lain nya.
  5. Adverb (kata keterangan), menggambarkan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain. Contoh: beautifuly, slow, dan lain nya.
  6. Determiner adalah kata di depan kata benda untuk membatasi maknanya. Contoh: much, many, the, a, an, some, any.
  7. Preposistion (kata depan) adalah kata yang diletakkan di depan kata benda atau kata ganti untuk mengisyaratkan hubungan dengan kata benda tersebut. Contoh: at, in, dan on.
  8. Conjunction (kata hubung) adalah kata yang menghubungkan kata, klausa, kaimat, atau paragraf. Contoh: and, because, dan or.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL merupakan ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat bernama ETS (Educational Testing Service).

Metode ini dari dulu hingga sekarang dipakai sebagai persyaratan masuk kuliah di seluruh universitas di Amerika Serikat yang terbagi dalam 4 bagian yaitu :
  • listening comprehension (pemahaman mendengarkan)
  • grammar structure and written expression (struktur tata bahasa dan ekspresi tertulis)
  • reading comprehension (pemahaman membaca)
  • writing (penulisan)

Sejak tahun 2005, tes TOEFL diselenggarakan secara online melalui http://www.toefl.org di situs resmi TOEFL.

Untuk mengetahui dan mengukur kemampuan Anda dalam menulis artikel berbahasa Inggris, TOEFL mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English). Peserta akan diminta untuk menuangkan gagasan dan ide dalam bentuk karangan atau artikel.

Nilai untuk hasil uji TOEFL berkisar antara 0 – 120. Silahkan kunjungi situs TOEFL untuk mengetahui berapa skor Anda.

Selanjutnya baca tips membuat blog bahasa Inggris di bawah ini.

Tips Membuat Blog Bahasa Inggris


Agar blog bahasa Inggris kita sukses menembus kancah internasional, pelajari beberapa tips dari saya di bawah ini.

1. Kenali dan kuasai gaya menulis orang bule

Perlu Anda tahu, gaya tulisan orang luar negeri itu berbeda dengan kita. Entah itu artikel di surat kabar, media online atau pun pada sebuah website.

Gaya tulisan pada setiap artikel blog bule biasanya lebih lugas, obyektif  dan natural. Struktur kalimat nya pun tidak banyak basa basi.

Ini tantangan pertama yang perlu Anda ketahui. Silahkan lakukan observasi ke beberapa website terkenal dari luar negeri. Pelajari dan temukan gaya menulis yang sering mereka pakai.

Dari situ kita bisa belajar membuat sebuah artikel untuk menemukan gaya kita sendiri sesuai dengan kebiasaan mereka dalam membuat sebuah artikel.

2. Ikuti alur pola pikir pengunjung luar negeri

Orang bule lebih menyukai tulisan yang real, simpel dan ilmiah. Jangan buat artikel asal-asalan, tulisan Anda akan sia-sia dan di anggap ‘sampah’ oleh mereka.

Hadirkan gambar, grafik, tabel atau video (jika perlu) untuk mendukung setiap hipotesis dan analisa Anda.

Hal ini untuk meningkatkan mutu pada setiap artikel yang Anda buat.

3. Gabung dan aktif di komunitas blogger luar negeri

Punya blog berbahasa Inggris wajib melebur ke dalam grup-grup atau komunitas blog luar negeri. Tujuan nya untuk melancarkan promosi blog. Secara simbolik mengisyaratkan “ hey guys, I am here!”.

Disini diperlukan eksistensi Anda dalam berbaur dengan mereka. Tunjukkan bahwa kita eksis. Jalin komunikasi dengan anggota. Jangan sungkan untuk mem-follow atau menambahkan mereka sebagai teman.

4. Sering ‘traveling’ ke blog-blog bule yang relevan

Tak berbeda dengan blog bahasa Indonesia, di sini blogwalking pun perlu. Komentar yang konstruktif pada blog teman bule Anda akan memberikan feedback positif ke blog kita.

Jadwalkan minimal 30 blog perhari untuk Anda kunjungi dan berkomentar. Hasilnya akan Anda rasakan sendiri.

5. Buat trend artikel kontroversial

Tingkat ‘curious’ (rasa ingin tahu) orang bule terhadap suatu isu sangatlah tinggi. Apalagi jika menyangkut sebuah trend yang sedang hangat di negara mereka. Bisa isu politik, sosial, ekonomi, teknologi, atau entertainment.

Manfaatkan momen ini. Cari sumber informasi terpercaya tentang trend isu yang sedang berkembang. What next?

Buat sebuah artikel yang sedikit kontroversial mengenai isu yang bersangkutan. Ciptakan opini Anda melalui tulisan yang mengundang perdebatan. Lakukan investigasi secara detail dan mendalam terhadap sebuah kasus.

Hadirkan artikel Anda tersebut pada grup atau komunitas blog bule tempat kita join. Lihat apa yang terjadi.

6. Manfaatkan sosial bookmark asing

Ini yang terpenting. Agar website atau blog bule kita cepat dikenal (beda lho dengan terkenal), bergabunglah pada sosial bookmark asing terbaik.

Karena target kita adalah global, berikut 5 situs sosial bookmark asing terbaik yang saya rekomendasikan untuk Anda.
  • http://www.stumbleupon.com
  • http://www.reddit.com
  • http://www.delicious.com
  • http://www.diigo.com
Di situlah tempat artikel para blogger asing berkumpul. Gabung dan rutin update artikel di sana.

7. Jangan pakai domain gratisan

Orang luar negeri sangat menjunjung tinggi sebuah profesionalitas. Profesionalitas akan membentuk kredibilitas dengan sendirinya.

Blog dengan domain gratisan dianggap tidak profesional di mata mereka. Atau istilahnya blog ‘mainan’.

Untuk itu, otoritas website harus Anda bangun melalui domain berbayar dan jika perlu gunakan hosting pribadi. Blog Anda tidak akan di pandang sebelah mata.

Namun bukan berarti blog gratisan berbahasa Inggris tidak bisa sukses. Ini sifatnya ‘recommended’ (disarankan), bisa Anda terapkan tidak juga nggak jadi masalah. Semua kembali pada kemampuan individu Anda.

Nah, saya rasa 7 tips di atas sudah cukup untuk bekal Anda dalam membuat blog berbahasa Inggris.

yosef ardi

Blog bahasa Inggris Terkenal Milik Orang Indonesia


Pada sub judul terakhir ini, penulis hadirkan seorang blogger terkaya asal Indonesia yang sukses membangun blog berbahasa Inggris.

Dia adalah Yosef Ardi. Pria yang lahir di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini awalnya berprofesi sebagai wartawan ekonomi di harian Bisnis Indonesia.

Awalnya bang Yosef ini membangun blog berbahasa Inggris dari domain gratisan bernama yosef-ardi.blogspot.com, setelah sukses dan banyak pengunjung dia mengubah blog nya menjadi website berbayar dengan nama yosefardi.com yang tetap mengangkat isu-isu ekonomi dan bisnis.

Kini websitenya telah menjadi acuan bagi kalangan bisnis di seluruh dunia seperti Hongkong, London, Tokyo, Singapura, Sydney, Kuala Lumpur dan tentu Jakarta sebagai basis utama nya.

Resep utama kesuksesan websitenya terletak pada kekuatan konten. Dia lebih menyarankan para blogger untuk lebih mengambil sisi feature dengan investigasi yang mendalam dan mendetail dalam setiap tulisan.

Baginya, konten harus variatif, memancing kritikan pembaca, dan memberikan nilai tambah.

Dibawah bendera PT Alpha Research Database ia memiliki beberapa karyawan. Secara pasti bang Yosef enggan berkomentar soal penghasilan websitenya. Namun dia mengakui, pendapatan nya kini berlipat-lipat dibandingkan saat masih berprofesi sebagai wartawan.

Bagaimana gaes, siap mengikuti jejak bang Yosef ? Mulailah berkreasi.

Sampai disini pembahasan dari saya. Agar lebih sempurna, silahkan tambah referensi Anda dari tulisan teman-teman blogger yang lain.

Kiranya cukup sekian tips membuat blog bahasa Inggris dari saya. Semoga ada manfaat nya.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

21 komentar:

  1. Nambahin nih Kang, buat yang kesulitan sama Grammar, ada program yang namanya Grammarly buat ngebantu kita menyusun kalimat demi kalimat yang sesuai dengan grammar. Nice inpo kang.

    BalasHapus
  2. thank kang rexy atas infonya..bisa menjadi tambahan referensi buat yang membaca artikel ini...moga tambah maju blog nya..happy blogging brow

    BalasHapus
  3. Mantap kang makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok gan sama-sama,..

      blog sampean unik dan menarik,..

      Hapus
  4. ketik di pencarian tentang blog bahasa inggris kok ya blog mas teguh muncul. mantabs kang.. salam dari muridmu hehehe. saya laksanakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti internet memang sempit kang,.buktinya ketemu lagi eh ketemu lagi..ha ha ha

      monggo dijajal tips dari saya di atas...sapa tahu bisa ngikutin jejak bang yosef

      Hapus
  5. Saya ada rencana mau buat blog bahasa inggris. Setelah membaca artikel ini saya jadi tau cara nya main blog bahasa inggris. Trimakasih tipsnya mas salam sukses..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok bung Murdani, moga lancar jaya blog inggrisnya

      salam sukses juga buat Anda...happy blogging

      Hapus
  6. Balasan
    1. thank you for your appreciation..brother

      Hapus
  7. makasih mas bermanfaat untuk saya yang baru belajar buat blog bahasa ingris. Domain yang bagus untuk bahasa ingris apa ya mas. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pingin bikin blog asing, coba pakai domain asing juga mas, seprti godaddy atau bluehost juga bagus kok...

      silahkan dicoba, moga blognya bisa nembus kancah internasional,..amin

      Hapus
  8. MasyaAllah. Tips-nya beneran mantap. Sepertinya Anda sudah menerapkan saran dari bang Yosef, untuk memberikan nilai tambah pada konten.

    Saya baru tahu kalau ada seorang blogger bernama Yosef Ardi. Kisah suksesnya menginspirasi dan semakin memantapkan hati.

    Setelah saya baca lebih kurang tiga artikel di blog Anda, ada beberapa hal yang menurut saya perlu untuk ditiru oleh blogger lainnya (termasuk saya).

    Diantaranya penulisan judul yang menarik (memancing untuk diklik), penyampaian informasi yang baik, memiliki nilai tambah, dan ramah kepada para pengunjung.

    Happy Blogging! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, banyak amat mas pujiannya,..

      yang terpenting, saya sangat senang jika setiap tulisan yg saya buat, bisa memberi arti untuk pembaca,,,

      sekali lagi thanks buat mas Gery atas apresiasinya,...sukses selalu buat Anda,..salam

      Hapus
  9. Dapet ilmu bagus, tipsnya harus di praktekin. Baru buat blog tentang resep makanan pengen coba pakai bhs.ingris, walau bahasa saya pas-pas an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog bhsa Inggris ngga mesti tentang informasi kok mas,..resep makanan juga oke klo mau dicoba, apalagi resep masakan nusantara yg saya yakin mereka pasti masih awam tentang itu, dan bisa dianggap unik oleh mereka, buktinya banyak orang bule yg mencari resep masakan rendang dan tempe,..

      bayangkan seandainya artikel sampean hadir ditengah2 mereka, saya rasa sambutannya bisa positif,..

      ok mas, ayo maju ke depan untuk maju,..jangan ragu2..

      salam blogger

      Hapus
  10. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai TOEFL
    Silahkan kunjungin web kami http://www.language.gunadarma.ac.id/html/ibt/ kami menyediakan Tes untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris seseorang

    BalasHapus
  11. terima kasih infonya mas. saya akan mencoba terjun di blog bule dan melakukan pengamatan bagai mana respon orang bule dan orang indo

    BalasHapus
  12. Lebih memotivasi ini mah. Mantap kang.

    BalasHapus
  13. Mas Teguh. Tulisan ini bagus sekali.

    Saya sangat termotivasi dengan tulisan mas Tegus apalagi jadi tahu ada blogger indonesia yaitu Yosef Ardi yang rupanya legend.

    Saya termotivasi untuk memfokuskan pada kemampuan menulis bahasa inggris. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih atas apresiasinya,..moga blog Inggrisnya bisa sukses.. Amin

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam