Masih Perlukah SEO untuk Menarik Visitor?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:52 PM
6 comments
Masih perlukah SEO untuk menarik visitor? Ketika ditanya “Apakah sebenarnya SEO sudah mati?” Jawaban saya pribadi, “SEO tidak akan mati selama masih ada mesin pencari.”

Tapi jujur, saya kurang simpatik dengan SEO. Kurang simpatik disini bukan berarti nggak setuju lho, ingat itu.

Entah kenapa pikiran itu muncul akhir-akhir ini, saat saya mulai asyik menggeluti dunia blogging. Berbeda 180 derajat, saat awal pertama kali saya mengenal blog.

Lalu, apakah SEO masih bisa menjadi magnet untuk menarik visitor? Nah, itulah pertanyaan yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan.

Sampai kiamat pun, perdebatan soal SEO tidak akan ada habisnya. Masing-masing mengusung argumen dengan dasar yang kuat. Tentu berdasarkan pengalaman mereka dalam ngeblog dengan atau tanpa teknik SEO.

Terlepas dari itu, meski bertentangan dengan apa yang selama ini Anda baca, optimasi mesin pencari organik jauh dari kata ‘MATI’.

Bagi pelaku bisnis online, SEO mutlak perlu karena menjadi bagian dari taktik pemasaran dan dari situlah branding mereka dimainkan.

Banyak perusahaan, termasuk agen SEO yang membuat komitmen baru untuk berinvestasi dalam mengembangkan infrastruktur SEO dengan meng-optimal kan website yang ramah search engine. Tujuannya tentu untuk mengimbangi dinamika perubahan algoritma  mesin pencari dari waktu ke waktu .

Masih Perlukah SEO untuk Menarik Visitor?

Alasan SEO Masih Layak Dipertimbangkan


Berikut adalah daftar tujuh alasan tertentu mengapa SEO masih layak di pertimbangkan sebagai ‘investasi’ pada lalu lintas organik Anda.

1. SEO masih bekerja

Pertama dan terpenting, teknik yang digunakan untuk meningkatkan SEO masih bekerja. Meskipun data mengenai lalu lintas organik dari Google sering ada perubahan akibat algoritma baru, namun teknik SEO sendiri tetap relevan.

Banyak studi kasus SEO dilakukan pasca-Hummingbird dan hasilnya tetap dapat ter-verifikasi.

2. SEO selalu berkembang

Melihat perkembangan cara mesin pencari bekerja, bukan tidak mungkin SEO akan menjadi efektif di masa mendatang.

Pada tingkat tertentu, bahkan pencarian audio dan video pada akhirnya tergantung pada kata kunci yang sama seperti konten berbasis teks tradisional. Link ini menjamin kesuksesan teknik SEO, selama itu ada.

3. Promosi yang efektif

Ini adalah biaya yang efektif. Dibandingkan dengan biaya marketing on line yang lain seperti iklan PPC, pemasaran pada media sosial, atau membeli lead untuk program pemasaran email, SEO ternyata memberikan ROI (return of investment) yang cukup baik.

Sementara PPC dapat mendorong lebih banyak pendapatan, dan media sosial mungkin lebih penting untuk pencitraan, SEO organik dalam banyak cara tetap menjadi landasan kehadiran online Anda.

4. Search engine memiliki pangsa pasar yang lebih

Antara 80-90% dari pengguna internet, sekarang memeriksa tinjauan online pada mesin pencari sebelum melakukan pembelian dan aktivitas bisnis lainnya. Jumlah ini diharapkan terus meningkat.

Hampir semua orang mencari produk dan layanan online. Apakah Anda berharap mereka menemukan web bisnis Anda, atau tidak?

Tanpa SEO, orang akan sangat sulit menemukan usaha online Anda. Dan sebaliknya, mereka justru akan menemukan kompetitor kita.

5. Lonjakan bandwidth mobile

Kenaikan bandwidth mobile dan optimasi pencarian lokal berakibat lonjakan jumlah lalu lintas yang dikirim ke perangkat mobile melebihi perangkat desktop tradisional.

Dengan ledakan dramatis dalam penggunaan ponsel, teknik SEO yang efektif telah mendorong perusahaan dalam melakukan optimasi pencarian lokal.

6. SEO mem-filter konten yang merusak

Setiap update algoritma mesin pencari, Google dan mesin lainnya mengubah cara mereka melihat situs. Hal yang dulunya tidak diperhitungkan, seperti indikator media sosial, sekarang dampaknya cukup tinggi pada peringkat situs Anda.

Tidak membangun profil konten yang sehat berpotensi merusak bisnis Anda, karena merupakan salah satu faktor Google mengevaluasi ketika melihat situs Anda.

7. Kompetitor Anda melakukannya

"Ingat, SEO adalah proses yang tidak pernah berakhir" kata Jason Bayless, pemilik BestSeoCompanies.com

"Jika Anda tidak bergerak maju dan meningkatkan posisi, Anda akan kehilangan peluang dan mungkin saja di ambil oleh kompetitor. Itu fakta sederhana bagaimana proses SEO bekerja.

"Jangan biarkan pesaing Anda mengeluarkan  manuver, ini adalah alat yang berharga untuk bisnis Anda.

Sekarang saya kembalikan pada anda. Masihkah SEO memberi dampak yang signifikan terhadap lalu lintas pada website anda?

Kesimpulan yang valid mungkin tidak bisa saya berikan. Opini tentang SEO selalu fluktuatif tergantung dari pengalaman dan jam terbang dari blogger itu sendiri.

Semoga info tentang SEO sebagai magnet untuk menarik visitor, bisa ada manfaatnya.


Akhir kata ‘SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.

6 komentar:

  1. Setuju Kang, SEO nggak bakal ada matinya. Mungkin ada perubahan-perubahan tertentu aja cuman tidak akan menghilangkan inti dair SEO secara utuh.

    BalasHapus
  2. saya juga setuju kang reky,,tapi cuma kurang simpatik aja...he he he bingung kan? thanks ya

    BalasHapus
  3. wowk sepertinya saya pernah membaca di artikel anda kalo gak salah judulnya diperbudak SEO atau apa lah itu lupa... jadi menurut anda SEO masih penting kah?

    BalasHapus
  4. he he he..masih inget aja mas ernest sama artikel ane...saya kurang simpatik sama SEO..artikel ini lebih saya orientasikan untuk pelaku bisnis online..

    BalasHapus
  5. SEO berkembang karena Algoritma Berkembang bukan begitu kang?

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam