Promosi dan Spam, Itu Beda Tipis

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:45 AM
Leave a Comment
Promosi dan spam, itu beda tipis. Promosi adalah perkenalan diri. Kegiatan promosi berarti aktivitas memperkenalkan diri, bisa berupa perkenalan suatu produk barang atau jasa yang bisa di lakukan lewat dunia maya atau dunia nyata.

Segala hal yang berbau komersil pasti butuh promosi. Promosi juga termasuk dalam cabang ilmu marketing. Untuk itu, jika anda seorang internet marketing tentu sudah paham tentang seluk beluk promosi.

Kali ini saya bicara tentang promosi yang berhubungan dengan dunia blogging, yaitu perkenalan (promosi) konten.

Saat artikel telah kita publish, step selanjutnya tentu promosi artikel. Ini proses yang wajib dan perlu dilakukan.

Meskipun artikel Anda unik, menarik, bagus atau keren sekalipun, namun tidak ada gunanya jika tidak di promosikan.

Promosi sangat membantu membesarkan sebuah artikel. Semakin sering promosi, trafik bisa merangkak naik yang akan mendongkrak peringkat blog Anda.

Promosi dan Spam, Itu Beda Tipis

Promosi = Spam ?


Spam memang mirip dengan promosi tapi jangan salah, promosi bukanlah spam. Sesuai dengan judul di atas, promosi dengan spam memang beda tipis. Meskipun tipis bukan berarti keduanya memiliki kesamaan arti.

Bisa dipahami?

Kadang kita sering terjebak, mana yang murni promosi dan mana yang benar-benar spam.

Saat ada artikel yang sering muncul di sebuah forum komunitas atau media sosial, kadang vonis spam langsung ditudingkan. Padahal belum tentu itu dianggap spam.

Bahkan ada sebagian forum komunitas blogging yang melarang para anggotanya untuk promosi artikel di forum. Alasan nya simpel, untuk menghindari spam (kata owner dan moderatornya).

Spam = Hiper Promosi


Kata ‘spam’ mempunyai makna pesan tanpa arti atau tidak pantas yang di kirim ke internet pada sejumlah grup atau pengguna secara berulang-ulang.

Dalam perkembangannya, spam tidak hanya sebatas email saja tetapi juga merupakan bentuk penolakan yang tidak di inginkan oleh pemilik blog atau website.

Semakin pesatnya perkembangan blogging membuat aksi spam kian tak terbendung. Spam  termasuk bentuk promosi yang negatif. Tujuan utamanya memang untuk perkenalan konten blog serta menunjukkan sebuah eksistensi. Namun dilakukan dengan intensitas yang berlebihan.

Karena sifatnya yang berlebihan inilah spam di anggap sebagai aksi hiper promosi yang malah justru mengganggu blogger lain.

Tips Promosi Blog yang Efektif


Sebelum era media sosial berkembang, membesarkan sebuah blog masih terasa sulit. Kini seiring pertumbuhan sosial media yang kian pesat, membuat promosi sebuah blog terasa lebih mudah.

Semakin mudahnya promosi sebuah blog bisa membuat seorang blogger terjerumus ke aksi spam tanpa mereka sadari. Berikut beberapa tips promosi untuk blog anda.
  1. Buatlah fanpage di media sosial, sebagai wadah meng-update artikel
  2. Pahami waktu dan situasi yang tepat untuk promosi
  3. Membagikan artikel pada grup atau komunitas di media sosial dengan porsi yang wajar
  4. Untuk menghindari spam, lakukan promosi setiap 2 hari sekali

Kesimpulan


Promosi adalah kegiatan positif yang berguna untuk menjaga eksistensi sebuah blog . Kita mesti hati-hati, promosi yang berlebihan bisa membawa dampak yang negatif untuk blog anda.

Spam dan promosi dipisahkan oleh benang halus yang menjadikan keduanya memiliki definisi yang hampir sama.

Patokannya mudah, perbedaan yang mencolok antara promosi dan spam terletak pada intensitas nya. Jika promosi yang dilakukan sudah pada level yang tidak wajar, itu adalah spam.

Semoga bermanfaat. Akhir kata “SAY NO TO COPY PASTE”.

Terima kasih dan wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam