Ngeblog itu Butuh Skill dan Talenta

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:47 PM
9 comments
Skill dan talenta adalah dua unsur yang saling mengikat. Di dunia blogging, keduanya sangat dibutuhkan. Saatnya  introspeksi diri, sudahkah Anda memiliki keduanya?

Ngeblog perlu skill atau keahlian yang sifatnya lebih ke segi struktural dari blog itu sendiri. Sedangkan talenta lebih dominan pada bakat menulis yang harus di kuasai oleh seorang blogger.

Dalam blogging, talenta menulis dibutuhkan untuk melahirkan artikel yang bisa menjadi sorotan pembaca.

Apakah Ngeblog Butuh Skill?


Jawabannya mutlak ‘ya’. Apa saja skill yang dibutuhkan oleh seorang blogger? Jawabannya ‘relatif’.

Tiap-tiap blogger memiliki caranya sendiri dalam mengelola blog mereka. Skill yang dimiliki pun berbeda-beda. Secara garis besar, skill yang diperlukan oleh blogger ada tiga.

1. Keahlian mendesain website/blog

Desain yang unik dan menarik butuh sentuhan seni dan pengaturan tata letak yang pas agar enak dipandang mata. Tampilan blog yang nyaman akan membuat pengunjung betah.

Tampilan blog akan mencerminkan siapa kita. Kesan ini yang akan ditangkap oleh pembaca, sehingga respon yang didapat pun tergantung dari skill Anda dalam mengolah desain dan tata letak sebuah blog.

skill dan talenta blogging

2. Kemampuan bahasa pemrograman

Skill ini sedikit rumit untuk dipelajari. Membaca kode script, pemahaman bahasa html, kode encoding adalah bagian kecil dari skill ini.

Tidak semua blogger mampu menguasainya. Namun dengan sering berlatih dan belajar, skill ini pelan-pelan bisa kita mengerti meski tidak secara menyeluruh. Biasanya cukup menyangkut masalah bahasa html pada template.

3. Penguasaan ilmu marketing

Kemampuan marketing mutlak Anda miliki jika blog yang dikelola ingin cepat tenar atau banyak dikenal di dunia blogging.

Marketing atau pemasaran sama halnya memperdagangkan sebuah produk. Hanya saja, produk ini berupa blog atau website.

Semakin Anda menguasai poin-poin penting pada dunia marketing, kredibilitas blog Anda akan semakin mudah di kenal. Ilmu ini biasanya bisa kita pelajari secara autodidak atau ‘menimba’ langsung dari beberapa referensi para internet marketer.

Apakah Ngeblog Butuh Talenta?


Ngeblog alias blogging identik dengan aksi coretan dalam bentuk tulisan. Meskipun bobotnya tidak seperti menulis cerpen atau sebuah novel. Karena umumnya tulisan dalam sebuah blog tidak lebih dari 1500 kata.

Dalam menulis, ada faktor yang disebut bakat atau talenta. Lahirnya seorang penulis hebat, tidak terjadi secara kebetulan.

Mereka memiliki anugerah yang menjadikan mereka tajam mengkritisi suatu masalah, pandai memberikan ilustrasi, mudah mendeskripsikan imajinasi kedalam sebuah tulisan dan mampu mengaduk-aduk emosi pembaca dalam setiap tulisannya.

Permasalahan nya adalah, kadang kita tidak menyadari bahwa ada talenta tersembunyi dalam diri kita. Ya, sebuah bakat menulis yang ada tanpa kita minta.

Itu akan mengalir dengan sendirinya saat kita mencurahkan sebuah uneg-uneg tentang permasalahan yang kita jumpai.

Talenta dalam menulis, bisa kita asah seiring dengan proses kita dalam membangun sebuah blog melalui artikel-artikel yang kita update secara rutin.

Kepuasan pembaca akan terapresiasi dalam bentuk pujian atau pun kritikan. Itu adalah wujud penilaian yang obyektif dari mereka berdasarkan tulisan yang kita publikasi kan.

Kesimpulan


Lebih tepatnya, ngeblog butuh skill yang ditunjang oleh talenta. Apa maknanya? Tulisan hebat yang telah di buat, akan sia-sia kalau tidak ada yang membaca. Nah, disitulah sebuah ‘skill blogging’ dibutuhkan.

Seorang blogger yang meng-kolaborasikan antara skill dan talenta, sangat mudah membangun sebuah blog untuk cepat populer dan digemari oleh banyak pembaca.

Apa skill dan talenta yang sudah Anda miliki? Jawaban nya kembali pada diri Anda sendiri. Andai tidak punya keduanya, tapi tetap memaksa pingin ngeblog juga, itu namanya sampean BLOGGER NEKAD, he he he.

Itu saja dari saya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

“SAY NO TO COPY PASTE” Wassalam.

9 komentar:

  1. Setuju mas, keduanya merupakan kombinasi yang utuh dalam perjalanan menuju blogger master

    BalasHapus
  2. itulah kombinasi yang mantap mas,..sayang saya belum 100% memilikinya..thanks mas daniels

    BalasHapus
  3. Untuk hal desain (html,json,jquey dll) peru sedikit. Banyak blogger yg tanpa paham banget semua itu tapi sukses besar. Contohnya blog linda ikeji yg hanya dengan tampilan standar dengan loading yang slow tapi sukses gaet advertiser seperti samsung misalnya.

    BalasHapus
  4. ada satu faktor lagi yang terlewatkan..lucky..thanks pak haji

    BalasHapus
  5. Bener bang, kesemua faktor itu dibutuhkan untuk menjalankan sebuah blog. Tapi, 3 sklill dasar yang agan sebutin menurut saya opsional dan bisa dipelajari sambil bermain blog. Jadi intinya, tidak ada batasan seseorang untuk nge-blog meskipun jadi blogger nekad, yang terpenting adalah kemauan dan kreatifitas yang mereka suguhkan bisa memberi manfaat bagi khalayak umum.

    Kalau talenta menurut saya nilai tambah bagi seorang blogger. Contoh, ada programmer yang jago. Terus dia ngeblog satu tema (niche) aja tentang pemograman. Blognya akan berbobot karena berfokus pada satu tema yang banyak orang butuhkan. Namun, tidak (belum) memiliki talenta tertentu, kita masih bisa nge-blog. Setidaknya untuk menjadikan blog sebagai talenta kita.

    Waduh kepanjangan komen ane, btw artikelnya keren gan. Maaf kalau ada komen saya yang nyeleneh. Heheheh.

    BalasHapus
  6. opininya saya setuju, meski panjang tapi gpp..nanti saya sambungin ke artikel ini he he he..komentar nyeleneh juga asyik kok ..thanks mas reky and salam kenal..

    BalasHapus
  7. Semua pekerjaan pasti butuh skill dan talenta mas..... hahahaha

    BalasHapus
  8. kalo mbecak? cukup punya tenaga ekstra aja mas..nggak perlu talenta..he he he

    BalasHapus
  9. Tanlenta dan sikil juga perlu mas dalam mbecak..... coba kalo gak punya bakat mbecak,, yah gak bakal mbecak

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam