Mengenal Suparto Brata | Blogger Tertua di Indonesia

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:53 PM
14 comments
Siapa blogger tertua di dunia? Awalnya rekor blogger tertua disematkan pada wanita jompo asal Australia bernama Olive Riley. Namun belum lama ini Olive Riley meninggal dunia pada tanggal 12 Juli 2015 saat umurnya genap 108 tahun.

Nah, kini siapa blogger tertua di Indonesia? Saya perkenalkan kepada anda Bapak Suparto Brata. Dialah blogger tertua dari negeri ini yang masih aktif menulis hingga sekarang.

Nama aslinya adalah Raden Mas Suparto Brata. Lahir di Surabaya pada tanggal 27 Februari 1932. Kini beliau tinggal di jalan Rungkut Asri II/12 Perum YKP RL-I-C17 Surabaya.

Blogger berdarah biru ini aslinya memang seorang pengarang buku dan penulis novel berlevel nasional dan internasional. Banyak buku bertema sejarah dan sastra Jawa yang telah lahir dari jari-jari tuanya. Jika menceritakan perjalanan hidupnya, tak akan cukup waktu untuk membahasnya.

Banyak pelajaran hidup yang bisa kita petik dari pensiunan pegawai negeri sipil Pemda II Kotamadya Surabaya ini, terutama melalui setiap artikel yang ditulisnya.

Mengenal Suparto Brata | Blogger Tertua di Indonesia

Kiprah Sang Blogger Tua


Pak Brata begitu beliau akrab disapa, memulai aktivitas ngeblog-nya sekitar tahun 2006. Ada dua blog yang diasuhnya, yaitu supartobrata.blogspot.com dan supartobrata.com dimana keduanya memiliki konten yang tak jauh berbeda.

Secara jujur Pak Brata mengaku gaptek soal internet, sehingga untuk urusan desain blog beliau dibantu oleh putranya.

Di usianya yang telah menginjak 83 tahun, Suparto Brata masih tetap eksis menulis. Hampir setiap hari dilewatkannya dengan menulis. Beliau memiliki jadwal rutin yang tetap.

Ruang kerjanya adalah kamar berukuran 4x3 meter, sekaligus merangkap sebagai ruang tidur. Bangun pukul 03:00 dini hari, jemarinya langsung menari di atas keyboard komputer. Setelah pukul 07:00 beliau istirahat sambil olahraga dan sarapan pagi. Sejam kemudian, dia kembali menulis.

Dalam sehari kurang lebih 10 artikel mampu beliau ciptakan.

Hingga saat ini, Pak Brata telah menerbitkan kurang lebih 10 ribu artikel  selama 8 tahun bergelut di dunia blogging. Artikelnya kebanyakan membahas tentang sastra Jawa, literatur dari buku dan novel karangan beliau serta petuah-petuah bijak yang ditujukan untuk generasi muda.

Gaya tulisan Pak Brata sangat khas dan kental dengan nuansa sastra lama dan terkadang dengan ejaan bahasa Indonesia tempo dulu. Meski begitu, Pak Brata memiliki banyak penggemar. Tulisannya banyak diminati beberapa tokoh budayawan, sastrawan, wartawan dan kalangan umum.

Salah satu artikel beliau yang saya sukai adalah “Aku Berkarya Maka Aku Ada” yang sempat di muat pada harian Surabaya Post. Dalam salah satu kalimatnya beliau menyebutkan, “yang penting bagi saya adalah berkarya, dengan berkarya maka saya (sastra) itu ada”.

Selain itu, masih banyak lagi karya beliau yang dikenal dalam dunia sastra seperti “Gadis Tangsi”, “Donyane Wong Culika”, “Nona Sekretaris”.

Di waktu luang nya, Pak Brata sering menerima tamu dari lokal maupun asing untuk berbincang tentang sejarah khususnya semasa penjajahan Belanda di kota Surabaya.

Pak Brata seorang Blogger Sejati


Sebagai blogger, kita patut mencontoh dari seorang bernama Suparto Brata. Beliau satu-satunya blogger sejati yang saya temui di dunia maya. Dedikasinya sangat tinggi dalam dunia menulis. Tulus dalam berbagi, dan peduli dengan dunia sastra Indonesia tanpa pamrih.

Selama delapan tahun mengabdi dalam dunia blogging, tak sedikitpun terlintas kata ‘monetisasi’ di benaknya. Saat mengunjungi blog Pak Brata, tak akan Anda jumpai satu iklan pun yang menempel  di sana

Ngeblog bagi Pak Brata adalah sarana untuk menulis. Titik. Tak perlu direpotkan soal trafik, SEO dan embel-embel blogging yang bikin pusing.

Sebagai pemula yang malas untuk membuat artikel, Anda wajib malu. Meski saat ini berusia 83 tahun, Pak Brata masih semangat dan rajin membuat hampir 10 artikel tiap harinya.

Kesimpulan


Dedikasi dan kecintaan pada dunia menulis dari seorang blogger tua bernama Suparto Brata perlu jadi sebuah teladan. Tulus dalam menulis dan berbagi kisah hidup telah beliau curahkan dalam setiap tulisannya.

Tulisan ini takkan cukup untuk menjabarkan tentang sepak terjang Pak Brata dalam kancah sastra Indonesia dan dunia blogging khususnya. Silahkan cari di berbagai media untuk melengkapi referensi Anda tentang profil beliau.

Untuk pihak yang mengenal sosok beliau, terlebih keluarga Pak Brata, jika ada kekurangan dalam tulisan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Jika boleh memberi julukan, saya akan menyebut beliau sebagai Bapak Blogger Indonesia. Setujukah anda?

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

14 komentar:

  1. luar biasa ya dia, jarang-jarang ada orang sepertia dia. melihat dia dari link di atas dia benar benar hebat.

    BalasHapus
  2. semoga menjadi inspirasi..thanks mas walidin udh berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  3. Sang inspirasi blog :)
    Kereeennn.......

    Mantap mas artikelnya :)

    BalasHapus
  4. artikel yang ganteng maksimal.. 2 jempol deh...

    BalasHapus
  5. jangan 2 jempol mas, ntar situ nggak punya jempol he he he..thank atas apresiasinya pada artikel ini.

    BalasHapus
  6. Waahh... Sangat menginspirasi.
    Contoh orang hebat (y) :D

    BalasHapus
  7. sudah sewajarnya kita belajar dari yang tua..thanks mas dihak

    BalasHapus
  8. semoga beliaudeiberikan umur panjang dan tetap bisa berbagi tulisan kepada sesama ya :)

    BalasHapus
  9. Wah ni dapat membuat para blogger muda seperti saya menjadi lebih semangat lagi untuk menulis dan berkara. Saya juga tidak akan kalah semangatnya dengan beliu hehe

    BalasHapus
  10. untuk urusan berkarya..kita nggak boleh mengalah sama yang tua...ya kan mas? makasih atas tiap opini nya mas saliman

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas , betul mas kita harus menggantikan dan meneruskan perjuangan blogger indonesia hahah

      Hapus
  11. mantap pak. ini buat motivasi saya agar lebih giat buat artikel. terima kasih pak teguh

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam