Mengenal Fitur Bantuan Blogger Biar Pinter - BLOG MUST TEGUH

Mengenal Fitur Bantuan Blogger Biar Pinter

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:25 AM
2 comments
Fitur bantuan blogger disediakan oleh Google untuk memudahkan kegiatan blogging. Kurang baik apa coba Google? Sudah daftar gratis fasilitas yang ada pun komplit. Ada masalah ngeblog tinggal buka fitur ini, semua masalah bisa teratasi.

Anehnya, banyak blogger yang tidak menyadari kehadiran fitur ini. Mereka ngeblog cukup menulis artikel lalu mempublikasikan. Saat masalah muncul pada blog, mereka kebingungan untuk mencari solusinya.

Saya anggap itu wajar. Namanya juga proses belajar. Semua dimulai dari tidak tahu menjadi lebih tahu dari setiap pengalaman yang mereka temui.

OK dah, kita langsung saja ke topik.

Fitur Bantuan Blogger

Untuk melihat fitur bantuan blogger itu mudah. Pada dasbor, klik saja ikon roda gigi (gear) pada sebelah kanan atas. Akan muncul menu drop down, lalu pilih bantuan blogger.

Pada halaman web yang muncul, akan ada pertanyaan umum dari banyak sub-sub judul yang mewakili pertanyaan seputar blogging. Di antaranya yaitu Memulai, Akun Anda, Fitur Blogger dan yang terakhir Moderasi Blog.

Nah, kali ini saya hanya akan membahas pada bagian Fitur Blogger yang terdiri dari 18 pertanyaan penting mengenai blog kita.

Namun mohon maaf, tidak semua saya ulas satu per satu. Saya ambil yang cukup penting saja, karena saya anggap yang lainnya mudah untuk Anda pahami.

Fitur Bantuan Blogger


Sebenarnya ini hal sepele. Dikarenakan banyak blogger baru kurang bisa memahami istilah atau bahasa yang dipakai pada fitur tersebut, untuk itulah saya coba memudahkan untuk anda agar lebih mudah di cerna.

Berikut fitur bantuan blogger yang wajib Anda ketahui.

Posting Artikel pada Blog dengan Multi Author

Fitur ini menerangkan tentang multi author pada blog. Jadi, dalam membuat postingan, kita bisa mengundang blogger lain untuk menyumbang artikel pada blog kita atau istilahnya ‘penulis tamu’ dengan status sebagai administrator atau hanya sebagai pengarang. Semua tergantung dari si pemilik blog dalam memberikan akses kepada setiap pengarang pada blognya.

Caranya mudah. Buka Setelan Dasar pada dasbor lalu pilih izin dan klik tambahkan penulis. Masukkan alamat email orang yang ingin di undang. Selanjutnya kita tinggal menunggu email balasan dari orang tersebut, apakah menerima atau menolaknya.

Memulai AdSense pada blog

Jika blog Anda berdomain blogspotdotcom maka untuk mendaftar Adsense, harus melalui menu penghasilan pada dasbor blogger dengan cara mengubah setelan bahasa blog ke bahasa Inggris.

Bagi blog yang masih baru, biasanya tombol ‘mendaftar adsense’ masih berwarna abu-abu dan belum bisa diklik.

Saat Google menilai blog Anda sudah siap, tombol ‘mendaftar adsense’ pada menu penghasilan akan berubah berwarna kuning terang dan siap Anda eksekusi.

Mekanisme Blogger Mobile

Fitur ini hanya bekerja bagi Anda yang ingin ngeblog lewat seluler atau smartphone. Terutama buat yang belum punya laptop atau komputer, fitur blogger mobile ini bisa Anda manfaatkan.

Caranya gampang. Pada smartphone atau seluler Anda, instal dulu aplikasi blogger yang bisa di download lewat Google playstore.

Selanjutnya kirim pesan teks ke go@blogger.com untuk membuat blog yang Anda minta. Akan ada email balasan yang berisi URL blog dan token (berisi password) untuk mengklaim blog Anda. Caranya, masukkan kode token ke http://go.blogger.com.

Anda akan memperoleh wewenang penuh ke menu setelan blogger untuk mengaitkan blog dengan akun Google Anda serta mengaitkan blog mobile dengan blog yang sudah ada.

Verifikasi kata pada Form Pengeposan

Fitur ini ditujukan bagi blogger yang memposting artikel secara berlebihan. Postingan yang wajar adalah 10 artikel per hari. Pembatasan ini tujuan nya untuk mengontrol muatan pada server dan mencegah munculnya indikasi artikel spam.

Jika Anda membuat banyak postingan sehari, maka diharuskan mengisi verifikasi kata untuk setiap entri, terlepas dari apakah blog bebas dari spam atau tidak.

Pintasan Keyboard Saat Memposting

Fitur ini menjelaskan tentang kemudahan dalam mengedit postingan melalui tombol jalan pintas pada keyboard. Dan bisa di terapkan disemua browser seperti Chrome, Internet Explorer dan Mozilla serta browser lainnya. Berikut tombol jalan pintas yang bisa Anda manfaatkan.
  • ctrl+b = untuk menebalkan huruf
  • ctrl+i = untuk membuat tulisan miring
  • ctrl+l = Blockquote (khusus pada mode HTML)
  • ctrl+z = untuk membatalkan 
  • ctrl+y = untuk mengulangi
  • ctrl+shift+a = untuk membuat tautan (link)
  • ctrl+shift+p = untuk melihat pratinjau
  • ctrl+d = untuk simpan sebagai draf
  • ctrl+s = untuk memublikasikan postingan
  • ctrl+g = untuk men-transliterasi bahasa Hindi

Cara Mengganti Domain di Blog

Fitur ini cukup penting untuk dipahami, khususnya bagi Anda yang ingin migrasi dari blogspot.com ke domain level atas atau TLD. Artinya, blogspot.com tidak akan tercantum pada URL Anda dan berubah menjadi domain dengan nama yang sudah Anda pilih.

Di situ dijelaskan, ada tiga komponen yang harus dipersiapkan untuk alamat domain baru.

Domain Anda

Pilih nama domain baru Anda. Bisa yang free atau yang berbayar. Lebih disarankan yang berbayar seperti .com, .net, atau .org dan lainya. Kita bisa memesannya melalui penyedia domain lokal ataupun asing seperti GoDaddy, IdWebhosting, Webmasternet dan masih banyak lagi.

Setelan DNS

Selanjutnya, membuat data CNAME untuk domain Anda dengan DNS yang mengaitkan domain Anda dengan ghs.google.com. Prosedurnya bervariasi, bergantung pada penyedia domain Anda. Kita harus bersabar, karena data DNS yang baru mungkin tidak langsung berlaku.

Setelan Blogger

Pada tahap ini, server DNS akan mengarahkan orang ke Google saat mereka ingin melihat blog Anda. Caranya adalah sebagai berikut.

Pada tab Setelan Dasar masuk ke Pemublikasian untuk blog Anda di Blogger. Jika Anda memublikasikan di Blogspot, Anda akan melihat tautan dekat bagian atas yang menawarkan untuk mengalihkan Anda ke domain pihak ketiga, klik tautan tersebut. Setelan alamat blogspot sekarang diubah ke nama domain Anda. Isilah domain yang Anda daftarkan pada awal proses ini, lalu simpan.

Selanjutnya, masukkan data-data seperti contoh gambar di bawah ini (dengan bulatan merah) pada setelan DNS di penyedia domain anda. Lalu Simpan.

cara setting dns di blogger

Seandainya domain baru Anda tidak mengarah langsung ke blog Anda, tunggulah sehari atau dua hari, untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Jika domain tetap tidak me-redirect ke blog lama Anda, hubungi penyedia domain untuk memastikan setelan DNS yang Anda masukkan benar.

Itulah beberapa fitur bantuan dari blogger yang perlu sobat ketahui. Semoga bermanfaat.

“SAY NO TO COPY PASTE” Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

2 komentar:

  1. Membantu sekali untuk pada newbie seperti saya

    BalasHapus
  2. weleh...programmer kok nyubie..unyu2 kali ya

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam