Mengapa Artikel 'Tips dan Trik" Lebih Di Sukai ?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:00 PM
9 comments
Artikel tips dan trik paling banyak disukai. Semua orang butuh informasi. Internet adalah perpustakaan raksasa yang berisi jutaan informasi. Semuanya bisa kita petik dengan gratis, hanya butuh koneksi internet agar informasi bisa mengalir di perangkat kita.

Tidak semua artikel jadi buruan para browser internet. Hanya jenis artikel tertentu yang laris dan banyak peminatnya. Menurut pengamatan saya, artikel dengan ‘embel-embel’ tips dan trik masih memiliki banyak penggemar di dunia maya.

Apapun niche blognya, asal ada unsur tips dan trik pasti bakal diserbu oleh pembaca.

Apakah sama dengan tutorial? Tentu saja berbeda. Tutorial lebih mendetail dalam penjabaran sebuah materi dan biasanya lebih panjang.

Tip dan trik bisa juga dikatakan sebagai miniatur dari sebuah tutorial, karena biasanya tips dan trik mengambil intisari dari sebuah tutorial dengan sedikit modifikasi.

Tips, biasanya berupa info yang lebih condong ke cara-cara yang simpel dan efektif. Sedangkan trik lebih mengarah ke strategi atau sebuah jalan pintas yang umumnya belum dikenal orang.

Tips dan trik tidak hanya sebatas masalah blogging. Materi tentang otomotif, kesehatan, bisnis online dan beberapa niche lainnya, trafik nya bisa didongkrak dengan konten bermuatan tips dan trik. Namun bukan berarti saya menganggap artikel dengan jenis yang berbeda akan ditinggalkan oleh pembaca.

Lalu kok bisa materi tentang tips dan trik bisa memiliki magnet yang kuat untuk menarik pembaca?

Mengapa Artikel 'Tips dan Trik" Lebih Di Sukai ?

Penyebab Artikel Tips dan Trik Lebih DiSukai


Inilah beberapa alasan mengapa artikel tentang tips dan trik lebih laku.

1. Memiliki unsur “sell point


Artikel yang memuat topik tentang trik-trik tertentu, dipercaya masih memiliki pamor jual yang tinggi. Asumsinya sederhana, rata-rata pemburu info di internet lebih banyak yang awam dibandingkan yang ahli.

Kemudahan akses internet membuat  banyak orang menggali tentang metode atau cara yang mereka butuhkan untuk memecahkan suatu masalah melalui artikel tips dan trik yang mereka temukan saat berselancar.

Materi tips dan trik bisa diimplementasikan ke dalam semua jenis niche atau topik. Tips dan trik biasanya berisi ulasan sebuah cara yang unik atau tidak lazim.

Keunikan dan ketidaklaziman masih menjadi sesuatu yang dianggap menarik oleh sebagian masyarakat kita. Untuk itu artikel tips yang unik dan trik yang tidak lazim masih bisa ‘menjual’. Inilah letak “sell point” nya.

2. Bersifat “exlusive


Sebuah tips atau trik berisi informasi tentang sebuah metode atau cara yang bersifat perdana. Ada sisi ekslusive pada setiap artikel tips atau trik. Tips baru dan trik yang unik banyak ditunggu oleh pembaca.

Tips dan trik terbaik biasanya berasal dari pengalaman pribadi dari si penulis yang belum pernah dipublikasi kan, sehingga memiliki nilai ‘first time’ yang belum pernah diketahui publik. Di situlah sisi ekslusifitas-nya.

Penulis dengan idealis tinggi sangat menjaga nilai ekslusifitas sebuah artikel. Mereka tidak akan merilis tulisan berdasarkan permintaan. Apalagi membuat konten yang sama dengan penulis lain.

Jika sebuah tips atau trik lahir dari penulis semacam ini, bisa dipastikan materi nya akan sarat dengan nilai ‘first time’ yang sangat jarang ditemui pada artikel lain.

Sayangnya, saat ini banyak tips dan trik kadaluarsa yang dikemas dengan judul menarik untuk memanipulasi pembaca. Padahal isi materi nya sama saja dengan yang sudah ada.

3. Tidak mudah ‘basi’ (immortal topic)


Artikel yang mengusung tema tips dan trik umumnya tak lekang oleh waktu. Sampai kapanpun, informasi dengan model seperti ini tidak akan berubah. Kecuali topik nya mengalami sedikit perubahan.

Sebagai contoh.

Judul artikel “ Tips Merawat Komputer Agar Awet dan Tahan Lama”. Sampai lebaran monyet, metode dan materi untuk merawat komputer tidak akan mengalami perubahan.

Hanya saja ada sedikit tambahan ketika muncul teknologi baru tentang komputer. Itupun hanya perlu sedikit modifikasi agar materi nya tetap relevan.

4. Lebih memancing empati pembaca (empaty responses)


Apa yang Anda pikirkan saat pertama membaca judul artikel tentang tips atau trik?

Jika topik nya sesuai dengan minat kita, kesan yang pertama muncul adalah

Apa sih tips dan triknya?

Nah, ini dia tips yang aku cari.

Sepertinya artikel ini cocok dengan masalah saya

Itu adalah bentuk empati dari pembaca. Apa itu empati? Empati adalah respon afektif dan kognitif yang kompleks pada emosional orang lain. Di dalamnya termasuk kemampuan untuk mengambil perspektif (sudut pandang) orang lain.

Nah itulah beberapa alasan kenapa artikel 'tips dan trik' lebih banyak disukai. Sedikit saran dari saya, buatlah beberapa artikel tips dan trik yang berhubungan dengan niche blog Anda.

Perlu diingat, tips atau trik yang Anda buat harus bisa dipertanggungjawabkan. Jangan membuat sebuah trik kotor tanpa referensi yang jelas. Hal itu justru akan menjadi bumerang bagi blog Anda.

Semoga bisa bermanfaat. Akhir kata “SAY NO TO COPY PASTE”.

Terima kasih dan wassalam.

9 komentar:

  1. mungkin mas akram mau menambahkan..monggo

    BalasHapus
  2. Betul kata Bang Teguh "Trik dan Tips" selalu saja dicari pada SE khususnya kita di Indonesia entah negara lain,mungkin para Blogger kita haus akan ilmu Bang jadi mereka selalu mencari dan mencari contohnya seperti ini coba abang cari pada search engine "Trik Seo Buat Blogspot" begitu banyak yang memakai kata kunci itu yang gunanya menularkan pengetahuan si empu Blog untuk para teman-teman Blogger....begitu pendapat saya Bang Teguh..hahahahyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups...satu lagi yang membuat menarik itu adalah dengan membuat suatu hal yang bisa membuat mereka merasa nyaman dengan trik yang di bagikan....

      Hapus
  3. komentarnya asyik bang, ada 'hahahay nya' ..kehormatan tersendiri nih di samperin SUHU dari Banjar..salam buat blogger banjarmasin...kyapa habar pian? salam sukses

    BalasHapus
  4. yups akan lebih baik kalau bisa menyediakan tips dan trik yang uptodate....karena kebaruan itulah yang bisa membuat daya tarik tersendiri untuk menjaring pengunjung.

    BalasHapus
  5. tambahan dari mbah dinan bisa juga di kategorikan sebuah tips...makasih mbah atas tipsnya..thank udh visit lagi..happy blogging

    BalasHapus
  6. Makasih buat sharing nya..
    Ditunggu artikel berikutnya..

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam