Mau Daftar Google Adsense? Baca Dulu Artikel Ini - BLOG MUST TEGUH

Mau Daftar Google Adsense? Baca Dulu Artikel Ini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:23 AM
49 comments
Mendaftar Adsense syaratnya hanya satu. Harus siap ditolak. Sesederhana itukah? Tentu. Karena saat ada email penolakan, kita sudah sadar diri kalau bakal ditolak. Namun seandainya email dari Adsense isinya tentang ‘sambutan penerimaan’ anggap saja itu sebagai bonus.

Bayangkan andai kita mendaftar dengan harapan ingin diterima. Ketika Google mengirim email penolakan yang mampir ke inbox kita, tentu hanya kekecewaan yang luar biasa akan kita dapati. Bukan begitu saudaraku?

Maaf ya, itu hanya sedikit intermezo dari saya, untuk sedikit merubah stigma Anda sebelum mendaftar Adsense. Inti tulisan saya bukan soal itu.

Di sini saya akan berbagi tips yang harus Anda ketahui sebelum mengajukan diri pada program iklan Google bernama Adsense. Tips ini mungkin jarang ditemui pada artikel yang lain.

Artikel lain umumnya berbicara tentang umur blog, jumlah artikel, trafik organik dan sebagainya. Semua itu memang ada benarnya, dan ngga ada salahnya diikuti.

Saya coba ungkap tips yang lain, meskipun sepele, namun ini sangat krusial dan bisa menjadi batu sandungan pengajuan Adsense Anda jika terabaikan.

Agar lebih mudah, tips ini saya bagi menjadi tiga bagian.

Daftar Google Adsense? Baca Dulu Artikel Ini

Sebelum Mendaftar Adsense


Blog dengan artikel dan umur yang telah memenuhi syarat, boleh mendaftar ke Adsense dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

a. Upgrade blog ke domain TLD

Meski domain blogspot.com bisa dipakai, namun lebih disarankan blog dengan domain TLD. Hal ini di perkuat oleh pernyataan pihak Adsense yang lebih menganjurkan para calon publisher nya untuk memakai domain TLD.

b. Gunakan template yang responsive

Template yang responsive sangat dianjurkan. Tampilan iklan Adsense nantinya akan terlihat lebih mudah menyesuaikan ukuran layar pada semua jenis platform. Baik itu versi desktop atau pun mobile.

c. Periksa broken link

Ini hal sepele, namun bisa menjadi ganjalan. Memeriksa link rusak pada blog tujuannya agar tidak muncul error halaman kode 404. Hal ini sangat tidak disukai oleh mesin crawl Google. Jika dibiarkan, jangan kaget jika pengajuan Adsense Anda ditolak.

d. Periksa kecepatan loading

Adanya iklan pada blog, tentu menambah beban loading. Untuk itu disarankan mengurangi beban loading blog sebelum mendaftar Adsense. Loading yang berat bisa mengakibatkan tampilan iklan tidak sempurna bahkan bisa tidak muncul sama sekali.

Hal inilah yang menjadi dasar, kenapa Adsense sangat memperhatikan kecepatan loading sebuah blog.

e. Hindari gambar yang melanggar hak cipta

Jika gambar yang terpasang pada blog Anda kebanyakan hasil mengunduh dari Google, saya sarankan ganti sekarang juga. Pilih dari situs penyedia gambar yang bebas dari pelanggaran hak cipta.

Lakukan sedikit modifikasi melalui photoshop. Gunakan ukuran file yang kecil agar tidak menambah beban blog.

Sekedar informasi, jangan memasang gambar yang memuat logo atau ikon salah satu produk Google. Termasuk di dalamnya logo Google itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan pelanggaran merek dagang.

f. Buang konten plagiat

Ini penting. Kalau perlu periksa semua artikel Anda dan cek pada situs Copyscape. Jangan sampai ada konten yang men-duplikasi dari blog lain.

Jika Anda temukan artikel yang tidak original pada blog, sebaiknya hapus saja.

g. Gunakan akun Gmail baru

Meski ada yang kurang setuju dengan tips ini, namun saya lebih menganjurkan. Cara ini sudah terbukti berhasil pada blog saya yang lain.

Hanya butuh waktu 10 jam, email review pertama saya terima. Dan setelah unit iklan saya pasang, hanya butuh waktu seminggu akun Adsense akhirnya berstatus full approve.

Selanjutnya, akun Gmail Anda yang baru, tautkan pada blog yang akan didaftarkan ke Adsense.  Atur izin penulis dengan status administrator.

h. Buatlah logo blog

Logo blog merupakan lambang identitas. Sebuah blog tak jauh berbeda dengan sebuah badan usaha. Setiap perusahaan atau pun badan usaha pasti memiliki sebuah logo yang menunjukkan identitas mereka agar lebih mudah dikenal.

Cara ini untuk membuktikan profesionalitas kita dalam mengelola sebuah blog. Ini bisa menjadi nilai positif di mata Adsense.

i. Format alamat pada form pendaftaran adsense

Ini hal yang paling mudah dan sepele. Uniknya, banyak yang gagal menjadi publisher Adsense hanya karena kesalahan dalam mengisi alamat pada form pendaftaran.

Menurut pendapat saya pribadi, inilah contoh penulisan alamat yang benar.

Nama : Syamsudin
Alamat : Jalan Kahuripan No. 14
Kelurahan Cimangli, Kecamatan Bantar Gebang,Bekasi
Kode Pos : 40354

j. Copot iklan yang menempel pada blog

Bagi kalian yang sudah terlanjur sayang, atau sudah punya penghasilan dari iklan selain Adsense, seperti Popcash, Bidvertizer atau pun sejenisnya, sudah saatnya Anda merelakan untuk mencopotnya dari blog.

Google Adsense termasuk jenis iklan yang nggak mau 'dimadu'. Artinya, mereka tidak ingin disandingkan dengan iklan lain, kecuali ada beberapa yang diperbolehkan , itupun jenis iklan yang 'sehat'.

k. Hilangkan kode atau script "anti copas" atau "klik kanan"

Salah satu bentuk script yang tidak diperbolehkan oleh Adsense adalah "anti copas". Meski script ini punya tujuan yang mulia, yaitu menghalangi aksi para blogger copas, namun entah kenapa, hal ini tidak diperkenankan diterapkan pada blog yang akan maju menjadi publisher Adsense.

Review Tahap Kedua


Jika ada email dari Google dengan kepala surat bertuliskan “Google Billing” pada akun gmail Anda yang baru, itu artinya pengajuan Adsense kita diterima dan masuk ke review tahap kedua.

Berikut tips yang perlu dilakukan saat review kedua.

a. Buat dan pasang unit iklan

Pertama buat unit iklan yang responsive dan pasang pada sidebar atas dan header. Kenapa harus iklan yang responsif dan dipasang pada posisi atas?

Iklan jenis inilah yang bisa elastis di semua ukuran layar. Karena letaknya pada posisi atas maka akan di load paling awal saat proses loading, sehingga bisa meningkatkan jumlah impressi iklan.

Jumlah impressi sangat dibutuhkan untuk masa review. Jika dalam seminggu iklan yang Anda pasang mendapat impressi yang kecil, maka status iklan kemungkinan besar akan berubah menjadi "idle" atau siaga. Ini yang kadang membuat pendaftaran Adsense Anda menjadi terkatung-katung tanpa kabar.

Itulah cara yang saya lakukan. Boleh Anda tiru atau buat sendiri unit iklan sesuai selera Anda.

Saat review pertama ini, iklan yang terpasang pada blog masih kosong atau blank. Akan muncul iklan yang sesungguhnya, jika akun Adsense kita diterima sepenuhnya.

b. Otorisasi situs Anda

Setelah berhasil masuk dasbor Adsense dan kode unit iklan sudah Anda buat, saatnya meng-otorisasi blog Anda. Caranya, masuk ke menu Setelan, pada bagian Account pilih Site Management. Masukkan URL blog Anda pada kotak yang tersedia lalu klik Add Site.

c. Update minimal 2 artikel

Setelah iklan terpasang, update artikel seperti biasa. Usahakan membuat 2 artikel setiap harinya selama masa review.

Untuk itu, sebelum mendaftar Adsense, saya sarankan untuk membuat 10 artikel cadangan yang benar-benar bermutu. Tujuan nya untuk memudahkan kita dalam  meng- update artikel saat memasuki masa review.

d. Jangan utak atik template

Sangat dilarang me-ngoprek template ketika masa review. Larangan ini sebaiknya Anda patuhi jika ingin diterima oleh Adsense.

e. Tingkatkan trafik blog

Sambil menunggu hasil review, tingkatkan trafik blog dengan mendatangkan banyak pengunjung organik dari search engine. Disinilah Anda perlu sedikit belajar tentang SEO.

Hal ini untuk memberikan sinyal pada Adsense, bahwa blog kita memang aktif dan bukan blog spam.

f. Jangan menyimpan draft artikel

Saat review, buat artikel langsung publish. Jangan menunda artikel dalam bentuk draft. Jika hal itu dilakukan, kemungkinan permohonan Anda akan ditolak dengan alasan situs belum aktif atau konten yang kurang memadai. Bahkan blog Anda akan terdeteksi sebagai blog yang belum rampung.

Jika semua tahap telah dilalui dan Anda telah resmi menjadi publisher Adsense, silahkan baca cara memasang kode unit iklan Adsense.

Kesimpulan


Mendaftar Adsense bisa dibilang susah bagi yang sering ditolak. Dianggap mudah buat mereka yang sekali daftar langsung diterima.

Ada yang blognya baru berumur sebulan tapi di approve, tapi tak sedikit pula yang umur blognya di atas 6 bulan namun masih belum bisa mencicipi dolar Adsense.

Bahkan di kasus yang lain, blog dengan 100 artikel pun belum juga mendapat stempel “lolos sensor”. Namun anehnya, ada blog yang hanya dengan 10 artikel bisa mendapat approve penuh. Itulah misteri Google Adsense.

Ini bukti bahwa pengalaman tiap blogger berbeda-beda. Jangan kita jadikan sebuah patokan mutlak. Kalau blog lain diterima adsense, anggap saja itu rejeki mereka.

Intinya, pelajari dengan teliti apa yang menjadi maunya Adsense. Tentunya dengan mempelajari setiap kebijakan dan aturan yang telah mereka tetapkan.

Jika Anda merasa masih banyak kekurangan pada struktur dan konten dari blog kita, sebaiknya jangan dipaksakan untuk mendaftar.

Ingat, Adsense bukan program iklan sembarangan. Di balik layar mereka, terdapat orang-orang hebat yang akan me-review blog Anda. Hanya blog bermutu yang mereka pilih.

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada yang belum jelas, silahkan berkomentar di kolom yang telah disediakan.


Akhir kata, “SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

49 komentar:

  1. blog yg bahas ttg blogging, umumnya visitor yg datang sudah tau mana iklan adsense, klik yg di peroleh pun sedikit, itulah alasan blog ini tidak saya pasang iklan adsense..lebih baik adsense saya pasang pada blog saya yg lain dg pengunjung yg lebih potensial..bisa di mengerti "saudara tanpa nama?"

    BalasHapus
  2. permisi mas, saya mo tanya nih untuk yang poin G itu maksudnya seperti apa ya? kalo boleh dibagi sedikit pengalamannya mas, sya masih bingung, terimakasih

    BalasHapus
  3. maksudnya...mas ernest bikin akun gmail baru..trus daftarin blog sampeyan pake akun baru tersebut...percaya atau tidak..cara ini 80% work selama syarat yg lain jg sdh terpenuhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. syarat terpenuhi, berarti umur blog juga berpengaruh ya? atau hanya menyesuaikan email yang baru?

      Hapus
  4. umur blog sudah pasti berpengaruh..

    BalasHapus
  5. Saya daftar GA sudah 3 minggu, cukup frustasi karena review tahap ke2 tidak seperti yg dialami orang2, di login adsense tidak ada notifikasi warna merah pemberitahuan bahwa web masih dalam tahap review, dan unit iklan yg baru saya buat 2 kali hilang tanpa pemberitahuan, akhirnya akun saya cancel dan coba daftar lagi menggunakan akun lain buat uji coba, tapi sepertinya sejauh ini sama saja....

    BalasHapus
  6. saat ini GA tidak menampilkan notifikasi warna merah untuk masa review,..untuk unit iklan yg hilang, biasanya karena unit iklan yg kita buat tidak memiliki trafik yg memadai, makanya berubah status menjadi "siaga/iddle" (bukan nya hilang),..saran saya, saat review kedua, kaitkan akun adsense kita dengan akun blogger dari blog yg kita daftarkan..untuk cara mengaitkan nya lihat di blog teman saya (www,gasruk,com)..semoga bisa membantu..thanks happy blogger

    BalasHapus
  7. Kasusnya hampir sama mas, tahap review kedua status iklan menjadi siaga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. selama masih bisa login ke dasbor adsense, status idle abaikan saja, itu sinyal dari adsense bahwa blog kita masih di beri kesempatan untuk menaikkan trafik, buat lagi unit iklan yg baru..tunggu sampai benar2 muncul keputusan di terima atau di tolak, yg penting kuncinya sabar, ngeblog aja seperti biasa...moga bisa membantu

      Hapus
    2. mas admin saya mau nanya nih,, apakah harus membuat iklan yang baru lagi jika kita bisa mengakses dashborad adsense??? atau bisa untuk memasang script iklan adsense yang idle untuk memperbaruinya..

      mohon pencerahannya mas admin terimakasih.
      //salam sukses

      Hapus
    3. kalo masalahnya iklan idle atau belum nongol iklannya di web,..ditunggu aja sampai status permohonannya diterima,..biasanya iklan idle karena tampilan iklan tsb impresinya belum memenuhi target dlm hitungan minggu,..

      Hapus
  8. mau bertanya min..saya sudah buat akun adsense dan sudah ada email pertama kali dari adsense"informasi kontak pembayaran telah diubah" dan saya langsung akses dashboard adsense dan sudah bisa.lalu saya buat 3 iklan dan iklan sudah tampil saat iklan di adsense berstatus "baru" namun jelang 30 menit iklan berstatus "aktif" malah iklan blank..ada apay minn? di dashboard adsense tidak ada notif apa apa kok makasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini, setelah review pertama di terima,..iklan memang muncul utk sementara (30 menit) lalu akan hilang lagi,..tapi bukan berarti adsense anda di tolak,..itu proses wajar..tinggal tunggu email full approve dr adsense..di tunggu aja

      Hapus
    2. tapi sampai saat ini sudah 1 minggu tidak ada email apapun dari adsen nyaa..iklan tetap blank...apa memang prosesnya yg agak lama? makasih atas jawabannya

      Hapus
    3. adsense sepertinya sedang berbenah...banyak blogger yg mengalami kasus yg serupa...waktu normalnya plg 1minggu - 1 bulan utk review kedua...kini ada yg lebih dr 2 bulan tetep belum ada kabar dr adsense...di tunggu aja..sabar itu yg terbaik

      Hapus
    4. jadibiarakan saja iklan blank begitu saja?? mengganggu tampilan dong ya minn?

      Hapus
    5. biarkan saja, emang begitu gan prosesnya...soal tampilan, mungkin tidak berpengaruh, kan tampilan nya 'blank'..

      Hapus
    6. tampilan blank dg background kuning..itu bisa di setting lewat template gan..

      Hapus
    7. caranya gimana gan? butuh bimbingan nih masih newbie terimakasih

      Hapus
    8. cari aja di google gan.."cara merubah background template"..tpi setahu saya,..saat review, di larang ngutak-atik template...bisa di tolak..itu aja saran ane..

      Hapus
    9. Makasih deh minn atas semua jawabannya okee

      Hapus
  9. saya juga mengalami hal yang sama bang pandy.

    BalasHapus
  10. Saya rasa blog saya kuranh yang point e.Saya akan segera menggantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. laksanakan brow...semoga cepat di terima

      Hapus
  11. Ini sudut pandang lain nih mas. Makasih ya. Dari kemarin bingung soal email ternyata dibahas sama mas di sini. hahaha. Email itu langsung mengajukan adsense aja ya mas? Gak usah bikin blog lain lagi gitu ya?
    Sepertinya beberapa hal yang mas sebut di atas itu saya langgar pas review kedua. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di tolak, nggak perlu daftar dengan blog baru,..cukup ganti akun gmailnya aja (akun gmail yg bener2 fresh, belum pernah didaftarkan adsense)..

      klo masih di tolak, perbaiki dulu blognya trus di submit lagi lewat link adsense pada email penolakannya..

      saat review kedua,..update terus artikel dg topik yang saling berhubungan,..

      pasang iklan model link ads dan responsif,.itu saja

      semoga cepat di terima mas Lukito

      Hapus
  12. Tanya mas, kalau pas review ke dua kita kan udah pasang kode iklan tuh, lha di dashboard adsense kan ada pageview,,,, apakah pageview nya di adsense memang masih tetep Nol....walaupun sudah dipasang kode iklannya?Dan munculnya cuma pas udah di aprove gitu...?
    Sayamasih bingung mas padahal blogku pageviewnya banyak tapi di dashboard adsense tetep nol...apakah pemasangan iklan saya salah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk Adsense, trafik selain dari search engine, tidak dihitung oleh Google

      soal pemasangan iklan sudah benar atau belum,..cek lewat source code, cara buka salah satu artikel lalu tekan ctrl+U,..selanjutnya cari kode iklan kita, pastikan kode publisher nya sama dengan akun Adsense Anda.

      semoga bisa dipahami,..salam blogger

      Hapus
  13. Oo...jadi seharusnya trafik blog kita pageviewnya bisa muncul di dasbor adsense meskipun masih review belum di aprove ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo statistik PV yg di dasbor adsense,.itu tampilan iklan yang muncul dari halaman web blog Anda yg di buka oleh pengunjung dari search engine...

      Hapus
  14. Waduhhhh........ blog saya lg tunggu tahap ke dua, namun tampilan kurang memuaskan mk sy merubah template, sudh seminggu lebih menunggu review kedua, belum juga muncul. Biasanya brapa minggu untuk dapat pemberitahuan full approve

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa saat review tidak boleh ganti template atau ngutak atik widget,..karena nantinya google menganggap blog yg kita daftarkan belum memenuhi syarat dalam struktur htmlnya (under construction),.

      untuk pemberitahuan full approved, biasanya maksimal 1 minggu setelah review pertama,.klo lebih dari itu, mending dibatalin atau daftar baru lg dg akun gmail yg baru.

      semoga bisa membantu.. thanks bung amrin, salam blogger

      Hapus
    2. Makasih atas info, balasan dan masukannya, lg usaha untuk daftar ulang, smoga BLOG MUST TEGUH selalu jaya. amin.
      salam bloger, Amrin Madolan di www.mitrakesmas.blogspot.com

      Hapus
    3. aminn, thanks doanya bung amrin,..saya doakan juga moga adsense nya cepet ditrima..

      tetep semangat

      Hapus
  15. keren mas teguh, salam kenal..ia ni, di status iklan dashboard adsense aktif dan iklan muncul sebentar lalu blank. ini proses review kedua ya? trus saya bikin lagi satu unit iklan dengan status tertulis "new" saya pasang dengan widget html di blogger. apakah itu nanti berpengaruh ya mas? email pertama yg saya terima adalah status pembayaran telah di ubah silahkan masuk...bla bla bla..mohon petunjuknya mas? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk blog dg domain blogspot, lebih baik pasang iklannya dari widget di blogger.

      klo buat domain TLD, lebih baik dari dasbor adsense untuk bikin unit iklannya,.

      nah, blog agan ini blogspot atau TLD?

      Hapus
    2. sama nih masalahnya mas.akun adsense saya non hosted trus pasang iklan ke blogspot pke kode iklan sukses tampilnya tapi stelah itu ga tampil lagi itu kenapa ya?

      Hapus
    3. klo statusnya blum full approved, kadang iklan muncul trus ilang lg,.itu tanda masih di review,.
      di tunggu aja..ok

      Hapus
  16. Terima kasih, sangat bermanfaat Mas Teguh.
    setelah saya baca artikel ini banyak dari blog saya yang harus di perbaiki.

    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas taufik,..moga makin mantap blognya,.salam blogger

      Hapus
  17. Makasih mas Teguh, artikelnya membantu banget, saya jadi nambah ilmu disini. Btw, mau tanya yg poin g. mas, soal ganti email. Kalau misal ganti gmail baru, apakah trafik blog nantinya jg kembali baru (nol lagi) atau masih lanjut dengan trafik lama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti email baru buat daftar adsense ngga akan berpengaruh ke trafik blog mba..

      yg penting, gmail baru tsb statusnya adalah admin pada blog yg akan didaftarkan

      Hapus
    2. Sip mas kalo begitu. Setelah baca-baca disini, ternyata blog saya masih banyak yg harus dibenahi nih, thanks mas Teguh, salam

      Hapus
    3. sama2 mba febe,..

      moga blognya makin berkibar dan cepet ditrima Adsense..

      salam

      Hapus
  18. Terimkasih banyak mas, artikel anda sangat membantu. Ada beberapa pertanyaan yang selama ini membuat saya bingung dengan akun adsense saya. Dulu saya daftar adsense dan di dasboard akun adsense saya tertulis tanda centang bahwa saya berhasil lolos dan disuruh menempatkan iklan. Dan itu sudah saya lakukan lalu saya ditolak dengan alasan konten tidak memadai, dan saya liat di status iklan saya semuanya jadi siaga,dan sekarang saya mencoba daftar ulang dan membuat unik iklan lgi yang mash berstatus baru, apakah pertanyaanya apakah saya ada kemungkinan untuk bisa diterima? Oya, satu lagi mas, jika saya mendaftar lg dngan alamt gmail yang baru apakah tidak ada keterkaitan dengan akun saya yang hanya lolos review pertama ini, jika saya mengisi formulir kontak pembayaran yang baru ini sama dengan akun yang hanya lolos review pertama? Mohon penjelasan ditelnya mas, saya benar benar ingin diterima, apa yang harus saya lakukan sekaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ditolak, daftar ulangnya lewat link yang ada pd email penolakan tersebut, tentunya setelah memperbaiki beberapa kesalahan pada blog (konten tidak memadai), jadi ngga perlu daftar lg ke situs Adsense dg akun yg sama.

      iklan berubah 'siaga' karena tidak mendapat jumlah impressi yg memadai, solusinya pasang unit iklan model responsif pd header dan sidebar (jangan dlm postingan).

      klo mau daftar pake gmail yg baru,..hapus dulu cache di browser yg sering kita pakai...atau bisa juga dg menginstal aplikasi CCCleaner untuk menghapus semua trek browsing, agar tidak terlacak sebagai akun yg terkait dg akun yg lama

      setelah pake akun gmail yg baru, pd kontak pembayaran, usahakan nama dan alamat penerima pembayaran di spin,...

      semoga bisa bermanfaat dan cepat diterima Adsensenya ya mas Kinkin..

      thanks..salam blogger

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam