Facebook 'Undercover' | Fakta Unik dan Menarik

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:26 PM
1 comment
Fakta unik dan menarik tentang facebook. Tiga hari nggak ada ide menulis tentang blogging. Sumpek juga bro... Akhirnya iseng-iseng saya coba ngutak-atik pengalaman saat nongkrong di Facebook.

Banyak fakta unik dan menarik yang asyik untuk ditelusuri. Media sosial terbesar di dunia hasil kreasi Mark Zuckerberg ini sudah lama eksis dengan pengguna hampir di seluruh penjuru dunia.

Mengenai sejarah berdirinya Facebook mungkin sudah banyak artikel yang menulisnya. Saya tidak mau bahas lagi tentang itu, percuma. Enaknya kita bicarakan yang enteng sekaligus lucu yang terjadi di sana. Ok gaes, kita tengok ke tempat kejadian perkara.

Fakta Unik dan Menarik Facebook

Fakta Unik dan Menarik di Facebook


Inilah fakta unik dan lucu yang sering menampakkan diri di Facebook.

1. Trend Trans-Gender

Percayakah kalian, dari hasil survey diketahui bahwa pengguna media sosial ini lebih didominasi oleh kaum wanita. Pantas saja, setiap muncul “teman yang mungkin anda kenal” di halaman beranda, rata-rata foto wanita yang akan muncul.

Tapi bukan itu yang jadi masalah. Yang patut dicurigai adalah keberadaan antara “wanita asli” dengan “wanita ID”. Sangat sulit untuk membedakan hal ini.

Trend transformasi pria yang memakai ID wanita sudah sangat umum di Facebook. Motivasinya pun bermacam-macam. Hati-hati, jangan sampai salah berteman.

2. Jual Beli Legal tapi Ilegal

Semakin kuatnya pengaruh Facebook di internet membuat media sosial ini beralih fungsi. Awalnya hanya sebagai sarana mencari teman dan berteman. Kini ‘buka lapak’ pun bisa dimainkan di Facebook.

Aktivitas jual beli bermacam produk dagangan bisa kita jumpai di sini. Mulai dari kaos, software, blog, akun aAdsense, obat kuat, pil kecantikan dan macam-macam produk aneh lainnya.

Yang jadi pertanyaan, legal kah aktivitas itu? I don’t know, brother. Please, ask them.

3. Aksi Tipu Menipu

Ini yang sering terjadi. Maraknya perniagaan di Facebook, membuka celah kejahatan yang bisa dimanfaatkan oleh para penipu ulung. Anda wajib waspada. Jangan mudah tergoda hanya dari display produk yang ditawarkan.

Bisa saja mereka mengambil gambar dari swalayan dekat rumah mereka untuk dipasang pada profil sebagai umpan untuk menarik mangsa. Umumnya penipu di Facebook memiliki ‘seribu wajah’ yang bisa berubah ID nya setiap saat dengan tujuan untuk menghilangkan jejak.

Sudah banyak korban penipuan melalui jaringan ini. Tapi anehnya, banyak dari si korban yang tidak belajar dari kasus-kasus sebelumnya.

4. Bully Sana Sini

Banyak karakter manusia berkumpul jadi satu di media sosial ini. Ada yang mudah simpati, ada pula yang apatis (masa bodoh).

Kalau gabung di grup Facebook, jangan sekali-kali bikin thread yang abal-abal atau 'nyeleneh'. Apalagi suka pamer ‘screenshot’ dari pendapatan iklan blog Anda. Gempuran bully akan membombardir Anda tanpa perlu dikomando.

Di Facebook, bully seperti rudal perang.  Saat kita bikin ulah, Anda harus siap mental dan tahan banting menghadapi serangan bully dari pengguna Facebook. Kata-kata ‘mutiara’ melalui ketikan mereka, bisa membuat hati terbakar. Kuping terasa panas. Jantung berdetak kencang. Rasanya seperti diadili orang sekelurahan.

5. Foto Model Karbitan

Semakin nge-trend nya foto 'selfie' lewat ponsel, menajadikan media sosial sebagai ajang upload gambar para foto model karbitan. Dikit-dikit cekrek...megang gelas..cekrek...abis numis kangkung..cekrek.

Itulah sebabnya beragam pose foto 'selfie' semua ada di sini. Mulai dari tampang bangun tidur sampai mata ngantuk pun bisa Anda jumpai.

Parahnya lagi, Facebook kini disalah gunakan oleh para model 'selfie' yang gemar memamerkan kemolekan tubuh dari setengah vulgar hingga full action. Aksi ini menurut para psikolog disebut eksibisionis sosial media.

6. Bisnis Lendir Terselubung

Inilah yang  mencoreng citra Facebook di dunia internet. Banyak pelaku bisnis lendir yang menyusup masuk. Umumnya mereka ber-promosi secara terbuka. Melalui nomor ponsel yang bisa dihubungi atau lewat pin BB.

Media promosi nya pun berupa gambar syur nan aduhai dari sang 'pramu-nikmat' yang bisa membuat para lelaki menelan ludah. Namun maaf saja, untuk tarif sekali kencan, saya tidak punya data yang akurat (maklum anak soleh..he he he).

7. Promosi Multi Produk

Produk apa pun bisa dijual via Facebook. Media ini menjadi sarana iklan gratis bagi Anda pemain bisnis online. Namun Facebook juga membantu perkembangan produk kita melalui penawaran iklan berbayar dari salah satu fitur mereka.

Biaya iklan bisa disesuaikan dengan budget Anda, bisa per minggu, bulanan atau tahunan. Untuk meningkatkan gengsi, banyak blogger yang memanfaatkan iklan berbayar dari Facebook sebagai media promosi.

8. Ajang BW - Tukar Link

Jika anda seorang blogger yang suka melakukan aktivitas blogwalking, manfaatkan media sosial ini. Banyak pemilik blog yang menawarkan diri untuk saling blogwalking atau istilah mereka ‘BW’ kepada sesama blogger.

Anda bisa ‘dolan-dolan’ ke blog mereka sambil memberikan komentar yang relevan. Jika perlu silahkan bertukar link untuk memperat tali silaturahmi.

9. Ladang Subur Hacker Amatir

Banyak hacker dan cracker tumbuh subur di media ini. Mereka suka membagikan trik-trik gratisan yang tujuannya hanya untuk mendapatkan alamat email calon korban nya.

Modusnya sederhana. Melalui update di beberapa grup, thread tentang bagi-bagi tips atau software mereka lempar ke anggota yang lain. Syaratnya cukup mudah, calon korban hanya diminta mengetik alamat email.

Setelah alamat didapat, tinggal tunggu waktu saja, akun Facebook atau akun Anda lainnya akan sulit diakses lagi.

Blogger yang masih bau kencur sangat mudah tertipu dengan kamuflase semacam ini. Maka...waspadalah!

Itulah beberapa fakta unik yang sering terjadi di dunia Facebook. Semua saya tulis berdasarkan pengamatan dan pengalaman saat nongkrong di media sosial bernama Facebook. Anda boleh menambahkan fakta yang lain.


Semoga bermanfaat. “SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.

1 komentar:

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam