Erno Rubik - Jadi Jutawan dari Permainan Asah Otak

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:40 PM
2 comments
Rubik’s Cube adalah permainan asah otak. Berbentuk kubus yang di tiap sisinya terdapat bagian-bagian kubus kecil dengan warna yang berbeda.

Aturan mainnya sederhana, saat kubus-kubus kecil di acak, tugas kita selanjutnya adalah mengembalikan atau menyusun tiap kubus kecil agar membentuk formasi pada tiap sisi dengan warna yang sama.

Permainan rubik mulai populer pada tahun 80’an. Hingga kini masih banyak yang menggemari permainan unik ini. Bahkan variasi model permainan nya pun kini tidak terbatas hanya pada bentuk kubus saja, bisa berbentuk piramid atau silinder.

Nama 'rubik' itu sendiri diambil dari nama belakang dari si penemu permainan ini yaitu Erno Rubik. Seorang profesor di bidang arsitektur. Pria kelahiran Budapest, Hungaria pada 13 Juli 1944 ini adalah pencipta sekaligus penemu permainan kubus rubik.

Saat menciptakan permainan ini, Erno Rubik berstatus sebagai staf pengajar di Department of Interior Design at the Academy of Applied Arts and Crafts di Budapest.

Saat mengajar, Rubik sering memakai model kubus sebagai alat untuk membantu para mahasiswa nya dalam memahami objek 3D.  Tujuan utamanya untuk memecahkan masalah struktural tanpa mekanisme yang membuat seluruh bagian nya berantakan.

Erno Rubik - Jadi Jutawan dari Permainan Asah Otak

Rubik’ Cube (Kubus Rubik)


Prototipe kubus pertama berhasil Rubik selesaikan pada tahun 1974. Dan pada tahun 1975, desain permainan kubus ini mulai ia paten kan.

Pada tahun 1977, mainan ini mulai diproduksi secara massal dan di jual pertama kali di toko mainan di Budapest.

Bulan September tahun 1979, terjadi kesepakatan dengan perusahaan mainan ‘Ideal Toys’ untuk memasarkan “Kubus Ajaib” ini ke luar negeri. Permainan ini sempat dipamerkan di pameran mainan di London, Paris, Nuremberg dan New York.

Penjualan pertama sukses di pasaran Eropa hingga mencapai puncak popularitas nya di era tahun 1980-an. Di tahun 1980, permainan kubus rubik telah diperkenalkan di Amerika Serikat dan seluruh dunia dengan julukan “Rubik’s Cube”.

Rubik telah tercatat sebagai mainan yang paling banyak terjual di seluruh dunia sekitar 300 juta kubus Rubik termasuk imitasi nya.

Erno Rubik jadi Jutawan dari “Kubus Ajaib”


Nasib orang siapa yang tahu? Hanya dari permainan asah otak yang telah ia ciptakan, sejak saat itu Erno Rubik memperoleh penghasilan dari penjualan “Kubus Ajaib” nya yang telah berhasil menembus pasar mainan dunia.

Rubik’s Cube kini menjadi standar toko mainan yang telah melahirkan puluhan imitasi nya. Mainan yang telah terjual jutaan ini banyak menarik perhatian para ahli matematika dan orang dalam lingkup akademis. Permainan ini  dapat meningkatkan ketajaman dan kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkan nya.

Erno Rubik menjadi salah satu pengusaha terkaya di Hungaria dan terus melakukan inovasi permainan teka teki yang lebih kreatif. Rubik’s Revenge dan Rubik’ Snake adalah beberapa contoh dari hasil kreasi Erno Rubik lain nya.

Hingga saat ini, Erno Rubik terus bekerja untuk memproduksi permainan puzzle yang baru.

Pemegang rekor speedcuber tercepat di dunia saat ini dipegang oleh Erik Akkersdijk dengan waktu 7.08 detik. Mampukah Anda melampauinya?

Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

2 komentar:

  1. mainan waktu SD nih, cukup ampuh nih buat ngisi waktu luang gara-gara lama nyelesaiinya, hahaha :D
    makasih gan buat informasinya :)

    BalasHapus
  2. sama2 mas kuncoro,..sampai sekarang juga saya nggak bisa mainin ampe tuntas..ha ha ha

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam