Penyebab Blogger Malas 'Ngeblog' Lagi

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:45 AM
21 comments
Penyebab blogger malas ngeblog. Penyakit blogger yang paling ‘berbahaya’ adalah malas ngeblog. Semua aktivitas blogging bisa terhenti seketika. Artikel mulai jarang diupdate. Trafik blog mulai goyang. Itu hanya sebagian kecil dari efek yang ditimbulkan oleh penyakit malas ngeblog.

Semangat ngeblog umumnya muncul saat pertama kali mengenal dunia blogging. Terlebih jika mendengar ada blogger yang bisa meraup banyak dollar dari aktivitas blogging. Ini adalah bentuk suntikan motivasi bagi blogger muda yang ingin membuat blog tapi hanya sekedar untuk batu loncatan mengais dollar.

Saat malas ngeblog muncul di pertengahan jalan, apa yang terjadi? Blog menjadi tidak terurus karena di tinggal oleh pemiliknya. Banyak blogger yang tumbang di tengah jalan. Merubah haluan atau membuat blog baru dengan niche yang berbeda. Bahkan yang lebih parah, ada yang sampai menghapus blog. Itulah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi.

Penyebab Blogger Malas Ngeblog


Apa sesungguhnya yang menjadi alasan utama seorang blogger malas untuk ngeblog? Banyak faktor yang melatarbelakangi nya. Namun inilah 5 penyebab utama seorang blogger mulai mangkir dari aktivitas blogging mereka.

Penyebab Blogger Malas 'Ngeblog' Lagi

1. Ditolak adsense


Kata orang, ditolak Adsense lebih menyakitkan dibandingkan ditolak pacar. Sakitnya tuh di sini..(tau tuh di mana?). Blog yang sudah dibangun dengan susah payah hingga keringat penghabisan, saat itu juga bisa runtuh saat mendapat email penolakan dari Google Adsense.

Mereka merasa sudah tidak ada artinya lagi ngeblog. Usaha membangun blog dengan segala macam teknik yang telah ditumpahkan, seakan sia-sia dan tidak ada harganya di mata Google. Realita ini yang bisa menurunkan semangat seorang blogger hingga mereka menjadi malas untuk ngeblog lagi.

Namun jika disikapi dengan bijaksana, hal itu tak perlu terjadi. Adsense bukanlah tujuan akhir untuk aktivitas blogging kita. Di tolak adsense, tidak perlu frustasi apalagi sampai mengundurkan diri dari dunia blogging. Masih banyak jalan menuju Roma, bukan begitu?

2. Trafik blog stagnant


Pengunjung blog yang sedikit atau bisa dibilang blog sepi pengunjung, bisa menjadi alasan utama yang menyebabkan blogger malas ngeblog lagi. Masalah yang satu ini penyebabnya sangat kompleks.

Mendongkrak trafik blog memang butuh kerja keras. Bisa dengan promosi, update artikel dan aktivitas blogging lainnya. Dan semua itu butuh waktu.

Saat trafik blog belum juga ada perubahan, pelan tapi pasti tanda-tanda penyakit malas ngeblog pun mulai terlihat.

Yang biasanya sehari update 3 artikel, bisa berubah menjadi 1 artikel. Hingga update artikel tak lagi di lakukan, karena melihat statistik pengunjung blog yang selalu sepi.

3. Artikel sulit nembus pageone


Siapa yang tidak kepingin artikelnya muncul di pageone? Sudah pasti, ini adalah target utama blogger saat membuat sebuah artikel, terutama blogger pemula.

Artikel yang telah dibuat, namun tidak mampu bersaing di Google bisa membawa efek kecewa pada blogger. Jika baru satu atau dua artikel yang gagal muncul di 'pejwan', mungkin tidak begitu bermasalah. Namun jika hampir keseluruhan artikel memiliki kasus yang sama, ini yang bisa membawa masalah.

Dampaknya bisa kita tebak, blogger akan merasa enggan untuk update artikel berikutnya. Tapi tidak semua blogger mengalami kasus seperti ini.

4. Kehabisan ide


Penyebab yang satu ini paling besar dampaknya buat kelangsungan hidup sebuah blog. Sebuah ide merupakan pangkal awal sebuah artikel dibuat. So, apa jadinya jika kehabisan ide?

Jangan khawatir, nggak ada yang namanya kehabisan ide. Hanya orang nggak kreatif yang cepat merasa kehabisan ide. Pikiran buntu, atau susah mengembangkan blog adalah ciri-ciri blogger yang mulai merasa kehabisan ide. Produksi artikel menjadi tersendat.

Jika situasi seperti ini dibiarkan tanpa ada solusi, bisa dipastikan semangat untuk ngeblog akan luntur dengan sendirinya. Itulah yang menjadi penyebab mereka mulai malas ngeblog.

5. Pendapatan ‘money blogging’ tak sesuai harapan


Bukan rahasia umum lagi kalau banyak blogger yang ngeblog hanya untuk monetisasi. Saat penghasilan ‘money blogging’ masih di bawah UMB (upah minimum blogger), bisa membuat blogger 'ngedrop'. Semangat 'ngedrop' akan membuat malas 'ngeblog'.

Inilah akibat blog yang belum cukup umur namun sudah memasang iklan. Menurut saya nggak jadi masalah selama blog kamu memiliki trafik yang luar biasa meski blog masih seumur jagung.

Kasus yang umum terjadi, blog baru belajar jalan namun sudah dibebani iklan yang berlebihan. Dan lucunya, mereka berharap hasil yang maksimal. Namun ada juga blog yang sudah mapan, namun penghasilan belum sepadan. Itu fenomena blogging yang sudah sering kita jumpai.

Kesimpulan


Semua poin di atas, merupakan kemungkinan alasan penyebab blogger mulai malas ngeblog. Hal tersebut mungkin bisa di atasi dengan dua hal. LOYALITAS dan KONSISTENSI. Dua hal ini menjadi modal utama bagi Anda sebagai seorang blogger.

Loyalitas mendorong kita melakukan yang terbaik untuk blog kita sendiri tanpa pamrih. Sedangkan konsistensi akan menjaga komitmen pada diri sendiri untuk tetap selalu aktif memberikan informasi kepada pembaca setia.

OK, mungkin sampai disini uraian penulis tentang penyebab blogger malas ngeblog. Semoga bisa membawa manfaat buat Anda, agar selalu tetap semangat ngeblog dan tidak putus asa.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan wassalam.

21 komentar:

  1. paling banyak saya menemukan karena ditolak terus menerus di adsense , begitulah kalau ngeblog ngejar uang. gagal ya putus asa padahal banyak manfaat dari ngeblog itu sendiri dan sekarang juga sudah banyak sekali alternatif adsense. PPC indonesia juga gk kalah dengan GA yang cuma kalah pamor saja

    BalasHapus
  2. saya masih setia dengan blog ini..di tolak adsense makin rajin ngeblog..thank pak haji udah mampir

    BalasHapus
  3. Orang indonesia (termasuk saya :D) maunya nyari duit dengan mudah sih, padahal untuk sukses gak semudah apa yang dikatakan koran dan media lainnya, butuh proses dan perjuangan :D

    BalasHapus
  4. dunia maya dan dunia nyata sama mas..nyari duit butuh kerja keras dan pengorbanan...nggak gampang

    BalasHapus
  5. benar sekali mas ngeblog butuk kerja keras dan harus konsisten tentunya. Semua ada prosesnya ane ditolak adsense udah 10x mungkin lebih tapi usahakan ngeblog itu suatu karya kita. Jadi walau tidak ada penghasilan menjadikan kita bangga dengan diri kita yang kreatif. Untuk kedepannya semoga blog kita semua dapat merasakan manisnya uang dari blog, amin

    BalasHapus
  6. bangga karena berbagi lebih baik baik dari pada sering di bagi meski tanpa embel2 iklan di blog kita...thanks mas saliman udah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya benar sekali gan , makasih juga sudah memperbolehkan komentar dan melihat blog agan. Blog agan keren abis

      Hapus
  7. Nah ini ..., saya suka dengan gaya sentilan anda Must Teguh ..., semakin menggugah semangat saya untuk kembali berkiprah di dunia blogging yang pernah aku tinggalkan sejak tahun 2012 kemarin. Terima kasih atas motivasinya. Salam blogger mania.

    BalasHapus
  8. waduh lama amat ngasonya mas?..ya wis, yang penting sekarang harus semangat lagi buat membangun blognya..semoga sukses blognya..thanks mas nawi atas kunjungan nya..happy blogging

    BalasHapus
  9. terimakasih sindirannya must teguh,, dan sekarang rasa malas itu sudah ane buang ke laut :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas saeful,..trima kasih juga sudah mau di sindir..he he he

      salam kenal,..silahkan jalan2 buat melongok artikel yg lain,..

      Hapus
  10. Iya betul sekali maz,,, saya juga malas nulis gara" di tolak adesens..hehe

    BalasHapus
  11. Iya mz..mles ngeblog gara" di tolak adsens

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,.jangan loyo gitu maz yogi,..

      kalo orang lain bisa, Anda juga pasti bisa,..keep spirit

      Hapus
  12. Sebgian point diatas jg yg sring saya rasakan mas teguh. Dan skrg saya lg galauuu untuk point itu, ningkatin trafik yg dampknya ke earning ads..haha
    Senang bs visit blog mas teguh. Saya nginap dsni boleh gk mas? :D

    BalasHapus
  13. waduh gan,..kalo sampean nginep, nanti anak istriku tidur dimana,..ha ha ha..

    apa nggak malah umpel2an?...

    BalasHapus
  14. OK Mas, saya males karena susah ngatur waktu kerja mas. Terima kasih motivasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Agus,..jangan males lagi ya..genjot terus semangatnya.

      Hapus
  15. ide bisa dikalahkan dengan bawa HP, motret apa adanya lalu ditulis. Ini juga teory juga, namun inilah aliran saya hingga seandaianya tulisan belum baik minimal data gambar sangat valid. memang semangat blogger mustinya spt PSSI kapan bisa kalahkan Tim Brasil....? memang sulit, tapi siapa tahu, bolanya sama bundar, media blogging ibarat bola, tergantung yang ngolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, "media blogging ibarat bola, tergantung yang ngolah"

      intinya, bolanya harus ditendang, biar bisa bergerak, memantul saat bertabrakan dengan obyek lain,..klo ga ditendang, kapan permainan dimulai? bener ga mas?

      moga2 PSSI bisa kalahkan tim Brasil,..entah kapan,..(ngarep)

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam