Ingin Artikelmu Nongol di Page One? Ini Resep SEO OnPage-nya - BLOG MUST TEGUH

Ingin Artikelmu Nongol di Page One? Ini Resep SEO OnPage-nya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:23 AM
18 comments
Untuk membuat artikel page one di Google, harus ada yang dioptimalkan. Agar mendarat mulus di halaman 1 Anda perlu teknik untuk mendorong lebih ke depan setiap elemen pada blog. Cara ini sering disebut SEO OnPage.

Supaya website tampil di halaman satu, Anda tak perlu menyewa ahli SEO. Saya yakin setiap blogger bisa melakukan pekerjaan ini. Yang penting tahu jurusnya - dari langkah awal sampai artikel diterbitkan.

Dulu, rahasia halaman pertama Google hanya milik para master SEO. Tapi kini, cara menampilkan blog di pencarian Google bukan barang langka lagi.

Sudah banyak blogger yang mengulas tentang ini. Meski konten “cara membuat artikel page 1 Google” yang mereka tulis belum tentu masuk kriteria mesin pencari.

Kabar gembiranya, saya pun serasa ingin ikut meramaikan euforia itu. Tapi jangan kuatir, uraian saya ini lebih mudah dipahami dan bisa Anda praktekkan agar artikel Anda muncul di halaman pertama Google paling atas.

artikel page one

10 Langkah Membuat Artikel Muncul di Pencarian Google Halaman Pertama


Jika ingin peringkat pertama, baik di mata Google atau pun pengunjung website Anda, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Mari kita mulai dari bagian atas halaman di situs Web Anda.

1.Perpendek URL Website


Nama domain Anda harus pendek dan manis, karena mesin pencari dan pengunjung lebih mudah menemukan situs yang URL nya singkat.

Contoh : www.ayobaca.com atau www. aladokter.com atau www.zonailmu.com

Jika dikaitkan dengan keywords, gunakan kata-kata yang sangat jelas dan sangat sangat spesifik yang bisa mewakili konten halaman Anda dan mudah dipahami oleh pengunjung serta Google.

Contoh : www.trikbisnisonline.com atau www.jasapenulisonline.com

Ingat, URL sangat penting untuk kampanye SEO Anda. URL Anda harus mudah diindeksasi. Hindari menempatkan tanda strip, titik atau simbol lain yang tidak perlu pada URL Anda. Percayalah, tak akan terbaca oleh Google.

Jadi, permudah kerja Google dengan menggunakan frasa yang umum dan mendasar.

Jika belum punya domain, cari dan pilih penyedia domain yang terpercaya. Jangan hanya ngiler harganya, tapi telusuri kualitas dan kredibilitasnya.

Lalu mana yang harus saya pilih, .com, .net atau yang lainnya? Mudah saja, sesuaikan dengan web dan target yang Anda inginkan.

Tapi di sisi lain, menggunakan .com bisa dipakai untuk melompati pesaing Anda di mesin pencari dan mendaratkan konten Anda di halaman 1 Google.


2.Perhatikan Meta Judul


Ini adalah referensi untuk judul atau nama website Anda. Tag judul memberitahu Google tentang hal itu. Jika tak dikasih tahu, Google hanya bisa menebak.

Jadi, hal pertama dan paling penting – jangan sampai Google menerka tentang web Anda.

Google dan mesin pencari lainnya ingin melihat struktur judul yang konsisten dari atas hingga ke bawah. Untuk hasil terbaik, gunakan tag judul hanya sekali pada setiap halaman. Ingat, tag judul tak sama dengan headline.

Jumlah kata pada judul web cukup 30-65 karakter, termasuk spasi. Jangan terlalu pendek dan pastikan berisi kata kunci terbaik dan ekslusif.

Inilah tiga manfaat penting dari meta tag judul.
  • Sebagai deskripsi singkat halaman Anda (65 karakter) – ya untuk pengguna ya untuk robot.
  • Dari segi esensinya, memperkaya konten dengan kata kunci yang bagus untuk mesin pencari dalam mengklasifikasikan konten.
  • Judul yang nyaman punya peluang diklik orang saat halaman Anda muncul di hasil pencarian.

3. Meta Description jangan sampai kelewat


Meta deskripsi tidak akan muncul pada halaman Anda. Tag meta inilah yang dipakai Google untuk mengetahui gambaran tentang situs ataupun isi artikel Anda.

Meta deskripsi dianggap berguna karena bisa mendikte bagaimana halaman Anda ditampilkan dalam hasil pencarian. Agar efektif dan optimal, meta deskripsi sebaiknya berisi antara 70-160 karakter.

Harus ringkas dan berisi kata kunci terbaik, sinonim terkait, serta harus mencakup panggilan untuk bertindak agar orang mau klik saat halaman Anda muncul di pencarian pertama Google.

Untuk menghindari duplikat konten, pastikan setiap halaman situs Web Anda memiliki deskripsi meta sendiri. Jangan takut, Google ngga akan marah.

4. Tag Headline


Ini adalah tag untuk judul artikel Anda. Jika tag judul (judul Meta) belum terisi, maka tag headline lah yang dipakai Google dalam hasil pencarian. Tag Headline memberitahu Google apa yang penting tentang halaman Anda. Ini ibarat tag cadangan dari tag Judul.

Anda memiliki sejumlah 'H' (Pos) pilihan dalam halaman web Anda (H1, H2, H3). Idealnya, Anda harus memunculkan tag ini secara berurutan.

H1 dibatasi hanya digunakan sekali pada web. H2 untuk sub judul utama dan H3 untuk sub judul kategori umum. Contoh:
  • <H1> Bermain Game Online </ H1>
  • <H2> Cara Bermain Game Online di Androids</ H2>
  • <H3> Game Online Smartphone Androids Marshmallow</ H3>

Hal-hal yang perlu Anda ingat :
  • Pentingnya Tag H1: H1 adalah tag yang paling penting dan tidak boleh terlewatkan pada halaman web. Robot spider memperhatikan kata-kata yang digunakan dalam tag H1 karena harus berisi deskripsi dasar dari konten halaman.
  • Relevansi: Spider search engine memeriksa relevansi tag header dengan konten yang terkait dengan itu.
  • Keyword Konsistensi: si laba-laba mesin pencari memeriksa konsistensi kata kunci antara tag header dan bagian lain dari halaman.
  • (UX – User Experience) : Tag Heading harus berisi info yang jelas tentang isi halaman Anda. Search engine sangat memperhatikan pentingnya pengalaman pengguna di situs, ini berarti tag heading hadir sebagai komponen penting dari SEO.

5. Keywords adalah KUNCI nya


Kata kunci adalah kata-kata atau kalimat yang di input pengguna di mesin pencari yang kemungkinan mengarah tepat ke situs Anda. Modelnya ada dua, yaitu short-tail dan long-tail keywords.

Contoh kata kunci ekor pendek - "game online". Jika halaman Anda ngomongin tentang game online, pastikan kata ini muncul pada halaman Anda. Jika isi artikel Anda hanya 500-750 kata, penampakan kata kunci “game online” sebanyak 4x rasanya sudah cukup.

Sayangnya, kata kunci ekor pendek seperti "game online" jarang diinput pengguna meskipun volume pencarian di search engine sangatlah tinggi dan kompetitif.

Faktor ini perlu Anda pikirkan jika ingin konten Anda nongkrong di halaman pertama, kecuali URL situs Anda www.gameonline.com. Untuk membangun website, saran saya gunakan kata kunci ekor panjang (long- tail).
Kata kunci long-tail lebih mudah mengantar Anda menuju halaman pertama Google. Karena keywords ini berbentuk mirip sebuah kalimat atau ungkapan yang mungkin sering diketik pengguna ke mesin pencari. Contohnya “cara bermain game online" atau “tempat download game online”.

Keindahan kata kunci ini adalah untuk membangun otoritas niche web jika digunakan pada semua halaman yang relevan dari situs Anda.

Agar peluang page one terbuka lebih lebar, Anda bisa mencoba sinonim kata sebagai bagian dari strategi konten Anda secara keseluruhan. Uraian detailnya bisa Anda temukan pada artikel  “Latent Semantic Indexing – Bekal Penting Menuju Page One”.

6. Masukkan Alt Tag sebagai Atribut Gambar


Tag alt mirip dengan tag judul dan tag deskripsi. Fungsinya membantu Google memahami gambar Anda. Gunakan alt tag pada setiap gambar dan buatlah lebih berbeda.

Pastikan alt tag berhubungan dengan materi artikel Anda dan letakkan frase kata kunci utama Anda di situ. Misal, jika gambar Anda adalah orang yang sedang main game maka alt tag yang pas adalah "Game Online". Untuk tag judul gambarnya bisa Anda masukkan “Cara Bermain Game Online”. (lihat gambar)

alt tag gambar

Kadang ada pengguna internet sengaja mematikan tampilan gambar pada browser mereka (untuk memblokir iklan). Tapi dengan alt tag - teks gambar Anda tetap akan muncul dan terlihat di halaman web mereka.

Bisa dikatakan, atribut gambar membuat situs Anda lebih user friendly. Sebagai bonusnya, gambar Anda pun bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian gambar Google (kalo lagi mujur).

7. Internal Link harus Relevan


Internal link adalah link yang mengarah ke halaman artikel Anda yang lain dalam lingkup situs yang sama. Link jenis ini dianggap penting karena untuk tiga alasan:
  • Memudahkan pengguna menavigasi web Anda.
  • Membantu membangun hirarki informasi untuk website.
  • Membantu penyebaran link juice (kekuatan peringkat).

Bisa dibilang internal linking adalah usaha SEO paling basic. Hal ini memungkinkan Anda untuk menunjukkan ke mesin pencari, mana konten yang merupakan prioritas tertinggi serta halaman tematis yang terkait satu sama lain.

Sinyal-sinyal ini sangat membantu robot untuk mencari nilai ascribing ke halaman Anda. Untuk itu, hindari internal link yang ngga ‘nyambung’.


8. Perhatikan kualitas Outbound Link Anda


Google ingin para penggunanya menemukan apa yang mereka cari dalam sebuah web yang direkomendasikan lewat mesin pencari.

Saat link Anda mengarah ke situs lain yang lebih otoritatif dan relevan, berarti Anda telah menyediakan layanan terbaik bagi pengguna Google. Hal ini membuat website Anda dianggap sebagai sumber daya yang lebih berharga.

Oleh banyak blogger, celah ini dianggap sebagai cara paling masuk akal untuk meningkatkan otoritas dan peringkat situs mereka pada mesin pencari. Tentunya dengan menempelkan link mereka ke situs-situs yang relevan dan otoritasnya diakui.

Dengan menghubungkan ke sumber yang berkualitas maka dapat meningkatkan reputasi Anda dengan pengunjung nyata. Yang pada akhirnya menambah nilai inbound link dan tingkat respons yang lebih tinggi.

Melalui informasi yang jelas dengan pilihan link keluar bermutu, pengunjung bisa saja mem-bookmark situs Anda dan menggunakannya sebagai jumping point. Umumnya orang suka situs web yang membantu mereka belajar lebih banyak tentang topik yang menarik dengan diperkuat dari berbagai sumber link.

Nah, berikut adalah saran untuk membuat outbound link :
  • Link ke halaman yang benar-benar menambah nilai dan bisa meng-cover topik Anda menjadi lebih baik.
  • Link ke blog dengan DA/PA yang baik atau blog yang sukses.
  • Link ke orang lain dalam niche Anda dan buat jaringan yang berfungsi guna.
  • Tambahkan atribut nofollow.
  • Setting agar link terbuka pada tab atau jendela baru. (lihat gambar)

outbound link

9. Jangan sepelekan Kecepatan Halaman (loading time)


Google dan pengunjung naksir website yang loadingnya super ngebut. Jika ingin page one, buat website Anda secepat mungkin tanpa mengorbankan kualitas situs Anda.

Penelitian oleh Kissmetrics menyimpulkan bahwa 1 detik delay loading bisa mengurangi konversi sebesar 7%. Jika sebuah situs e-commerce menghasilkan rata-rata $ 100.000 per hari, maka 1 detik delay halaman berpotensi menghilangkan biaya penjualan $ 2,5 juta setiap tahun.

Marissa Mayer dari Google menyatakan bahwa keterlambatan 0,5 detik untuk waktu loading bisa menyebabkan penurunan trafik sebesar 20%. Waktu tunggu kebanyakan orang  untuk load sebuah halaman tak lebih dari 4 detik.

Jadi berapa patokan loading time yang bagus menurut Google? Google mengukur situs Anda menggunakan metrik Page Speed Insight. Alat ini memiliki range antara 0-100 poin. Sebuah situs tampil oke jika memiliki skor 85 ke atas.


10. Perjelas Sitemap atau Peta Situs Anda


Robot menemukan halaman web Anda melalui peta situs. Jadi, Anda harus punya sitemap yang mudah dibaca dan dirayapi. Jika tidak, mustahil website Anda bisa page one meski dengan cara apapun.

Peta situs adalah daftar kumpulan semua URL yang telah Anda buat. Di dalamnya berisi informasi tentang judul situs, kata kunci, dan bobot setiap jenis halaman yang Anda miliki.

Ada dua jenis peta situs yaitu xml dan html. Google berpatokan pada sitemap.xml sedangkan situs pencarian lain seperti Bing dan yahoo masih mensupport sitemap.html.

Seperti namanya, peta situs berfungsi untuk menunjukkan struktur situs Anda. Ini adalah cara Anda berkomunikasi dengan mesin pencari.

Jika robots.txt mengecualikan pengindeksan sebuah halaman web dari mesin pencari, peta situs justru memberitahu ke arah mana robot harus bergerak menyusuri halaman Anda. Jadi peta situs bukanlah barang baru, mereka menjadi bagian terbaik dari sebuah desain web.

Penutup

Orang mencari informasi yang disajikan dengan baik dan relevan. Catat itu.

Celotehan ini tidak menjamin Anda di tempat pertama Google atau mesin pencari lainnya dengan cepat. Tetapi minimal Anda tahu apa yang harus Anda lakukan.

Tapi jika Anda telah menyelesaikan tips optimasi di atas, pelan namun pasti Anda akan melihat artikel Anda merangkak naik peringkatnya menuju halaman pertama Google seperti yang Anda bayangkan.

Pahami pesan sederhana ini :
“Google bukanlah satu-satunya penentu peringkat website Anda. Saat pengunjung menempatkan blog Anda pada halaman 1 dari algoritma Google internal mereka, itulah PAGE ONE PALING ISTIMEWA !

Semoga bermanfaat. Akhir ucap ‘SAY NO TO COPY PASTE’. Thanks dan wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

18 komentar:

  1. page one masih menjadi misterius buat saya gan... hiks hiks dari beberapa postingan cuman satu yang masih berada di page one google

    BalasHapus
  2. niche blog mas zainal unik tapi segmen pasarnya kurang,. artikelnya juga irit kata2nya..coba deh bikin artikel tentang ekspedisi seorang pendaki terkenal..atau gunung2 di seluruh dunia lengkap dengan spesifikasinya..buat tulisannya yang panjang,..mungkin itu bisa membantu

    BalasHapus
  3. wah keren nih sob!, jadi lebih sedikit paham tentang pengoptimalan SEO tuk judul, sip makasih infonya sob! salam kenal

    BalasHapus
  4. makasih mas maddie..moga artikelnya banyak yg bisa muncul di page one..salam sukses

    BalasHapus
  5. oh ya mas, lebih utama mana ya judul blog / judul artikel dengan descripsi mas? mhon penjelasannya ,mksh...

    BalasHapus
  6. ngeblog itu mirip berdagang...
    judul blog=nama tempat usahanya..di bentuk saat awal kita membuat blog
    judul artikel=jenis barang dagangannya..di buat rutin tiap hari, minggu atau bulan
    deskripsi=metode pemasaran nya..berisi kata-kata untuk memancing pengunjung
    ketiga elemen tersebut ada teknik optimasinya.. mana yg diutamakan ? semua wajib di utamakan...thanks mas fendi moga itu bisa sedikit membantu

    BalasHapus
  7. bagaimana dengan isi artikel itu sendiri gan ? apakah perlu di kasih beberapa keyword yang kita bidik ?

    BalasHapus
  8. keyword harus ada dalam artikel, letakkan di atas, tengah dan bawah postingan..yang penting masih dalam taraf yg wajar jgn berlebihan..perhatikan juga LSI nya

    BalasHapus
  9. Aku mau nanya mas kenapa judul artikel saya tidak masuk di index goole, padahal artikel yang saya cari sangat tepat tulisannya dengan artikel yang saya posting
    Mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. submit artikelnya ke webmaster...cek di pencarian dengan kode site:urlartikel....klo artikel Anda muncul..itu artinya terindeks...klo udh terindek tapi ga muncul di pencarian dg keyword yg di input, mungkin artikelnya kalah saingan sama yg lain, makanya ga muncul..itu aja mungkin bisa membantu..thanks

      Hapus
  10. Nambah ilmu, makasih artikelnya mas.

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah mas semua trik diatas sudah saya lakukan.. tapi ada satu yang sampai sekarang masih belum paham, yaitu Meta Description.. maksudnya ringkas dan berisi kata kunci terbaik itu gimana mas? bisa dijelasin lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara garis besar, ada dua model penempatan meta deskripsi, yaitu pd template dan pada setelan entri..

      meta deskripsi yg dipasang pd template fungsinya utk memunculkan halaman web (homepage) pada hasil pencarian berdasarkan keywords web...
      meta deskripsi pd artikel fungsinya utk memunculkan artikel kita pada hasil pencarian sesuai keyword yg diinput pengguna yg bisa mengarahkan pada artikel sesui dg keyword tsb..

      khusus utk meta deskripsi pd artikel (setelan entri) buat seringkas mungkin yg berisi keyword sampean,...untuk lebih jelasnya, nanti sya update gambarnya pd artikel di atas...

      Hapus
  12. Page one memang misteri ya mas, kadang saat nulis tanpa memperhatikan penempatan kata kunci tp malah bisa page one, giliran nulis dengan kata kunci yg tersusun tp malah Ndak bisa page one.

    Btw: ulasanya sangat mencerahkan tentang bagaimana mengoptimalkan SEO onpage. Thanks mas, sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibilang misteri ya ngga juga sih mas..
      klo udh terbiasa mengoptimasi setiap artikel dg SEO OnPage,.nantinya juga akan terbiasa melihat artikel yg selalu pageone,..yg ptg jgn lupa,..pageone di hati pembaca, itu yg plng utama

      ok, thanks ya mas Isrofi

      Hapus
  13. panduannya sangat lengkap ya mas... sepertinya diperlukan latihan secara terus menerus menulis artikel yang seo agar terbiasa dan tidak kaku lagi saat menulis, trims infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih mas? he he he....
      tulisan saya belum terlalu sempurna kok mas Ikhwan, masih banyak yg perlu di tambal sulam, maklum blogger kelas pinggiran..
      tapi dengan biasa menulis, lama-lama juga akan terbiasa...

      thanks ya mas Ikhwan,..sukses terus buat blognya sampean,...artikelnya mantep2..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam