Agar Blog Kamu Di Sukai Pembaca

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 5:44 AM
17 comments
Agar blog kamu disukai pembaca. Ciri blog yang di sukai pembaca adalah pengunjung yang datang lagi, lagi dan lagi.. Blog yang di sukai pembaca, membawa keuntungan secara moril juga materiil.

Anehnya tidak semua blogger bisa mewujudkan hal ini. Padahal caranya sangat gampang dan mudah di praktek kan. Tidak butuh software atau ‘bantuan’ dari situs yang aneh-aneh.

Saya akan berbagi pengalaman, agar setiap artikel yang Anda buat bisa laku keras dan di sukai oleh pengunjung yang mampir dan menjadi langganan setia.

Tips Agar Blog DiSukai Pembaca


Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda terapkan agar blog di sukai oleh pengunjung.

1. Ciptakan blog mirip perpustakaan

Saat main ke perpustakaan, apa yang ada di benak kita?. Tatanan buku yang rapi, label dan katalog yang mudah di cari.

Para pengunjungnya pun terlihat enjoy menikmati suasana sambil membaca dari buku yang mereka pilih.

Kita bisa mengadaptasi model sebuah perpustakaan untuk di aplikasikan pada blog. Memang tidak mudah. Kelengkapan konten yang bervariasi wajib di penuhi.

Jika ingin blog di sukai pembaca, jadikan blog sebagai gudang informasi layaknya sebuah perpustakaan yang mampu menarik pengunjung dari semua lapisan.

Agar Blog Di Sukai Pembaca

2. Bagikan tip dan trik gratisan

Materi yang berbau tip dan trik masih menjadi primadona di dunia maya. Apalagi jika itu gratisan, karena entah ini fakta atau bukan, umumnya orang Indonesia suka yang gratisan.

Artikel dengan tema tips dan trik serta tema tutorial, menempati peringkat tertinggi dalam mesin pencarian Google.

Agar blog Anda ramai pengunjung dan di sukai oleh pembaca, buatlah minimal 10 artikel tips dan trik dan 5 artikel tentang tutorial untuk anda bagikan secara gratis.

3. Balas komentar yang masuk

Meski Anda orang yang sibuk, usahakan memantau setiap komentar yang masuk. Komentar dari pembaca wajib untuk di balas, karena itu bentuk apresiasi dari pembaca terhadap artikel yang telah kita buat.

Comment and reply adalah sebuah jalinan komunikasi antara pembaca dengan Anda. Dari sinilah tercipta hubungan silaturahmi layaknya seorang teman atau keluarga.

Membalas komentar itu penting, agar pembaca merasa di hargai. Bagaimana untuk komentar spam? Nah, untuk urusan yang satu ini terserah anda sebagai pemilik blognya.

4. Berikan solusi untuk setiap masalah

Kadang ada pembaca yang menyampaikan keluhan mereka melalui kotak komentar. Tugas kita untuk memberikan solusi. Disini akan di ketahui profesionalitas kita sebagai seorang blogger.

Jika masalah yang di kemukakan tidak kompeten dengan bidang yang kita kuasai, berikan rujukan ke situs yang berkaitan dengan masalah tersebut. Intinya, jangan sampai pembaca merasa di abaikan.

5. Navigasi yang mudah

Navigasi adalah petunjuk arah yang mengarahkan pembaca ke artikel yang mereka cari. Navigasi tergantung dari desain blog Anda. Gunakan template yang lebih menonjolkan konten di bandingkan desain.

Percuma desain blog yang indah namun pengunjung di buat susah. Navigasi yang baik terletak pada semua elemen blog mudah untuk di jelajahi.

Pada header, letakkan beberapa tag atau kategori dari masing-masing artikel anda dengan di sertai daftar isi (sitemap). Untuk sidebar, pasang widget popular post, label atau kategori dan arsip blog sebagai pelengkapnya. Sebagai tambahan, pasang widget recent post (artikel terbaru).

Itulah beberapa elemen navigasi yang saya sarankan untuk di pasang pada blog.

6. Artikel yang ringan

Artikel ringan adalah artikel yang mudah di pahami dan bisa di ikuti meskipun materi yang di sajikan berupa topik yang kurang umum. Setiap materi apapun jenis niche nya asal di olah dengan bahasa yang ringan, pesan yang di sampaikan akan lebih mudah di cerna.

Jangan terlalu banyak memakai bahasa atau istilah-istilah yang hanya kita sendiri yang tahu. Pakailah bahasa yang universal agar gampang di mengerti oleh semua kalangan.

7. Jangan membuat pembaca menunggu

Hal yang paling di benci oleh semua orang adalah menunggu. Apalagi menunggu terlalu lama.

Blog dengan loading lambat, akan membuat kesal pengunjung. Ingat, persaingan di dunia maya sangat ketat. Kecepatan loading halaman blog wajib Anda perhatikan, jika tak ingin pengunjung setia Anda pindah ke blog sebelah.

8. Pancing rasa penasaran pembaca

Ada dua tips yang bisa Anda pakai untuk memancing rasa penasaran pembaca.

Pertama, buat judul yang unik dan sedikit provokatif. Judul memegang peranan penting dalam menarik pembaca. Buat judul yang lain daripada yang lain. Segala sesuatu yang berbeda biasanya memiliki daya tarik tersendiri di mata pembaca.

Kedua, buat sebuah artikel bersambung, tapi jangan terlalu panjang. Cukup dua episode saja. Pada artikel episode pertama, pancing pembaca dengan topik masalah yang banyak di cari di dunia maya seperti masalah money blogging, adsense, tutorial dan lainnya.

Kupas secara tuntas topik yang ingin di bahas. Tujuannya agar pembaca puas dengan presentasi Anda.

Selanjutnya, buat sambungannya pada artikel episode kedua yang berisi tips rahasia yang berkaitan dengan artikel pada episode pertama.

9. Gambar yang menarik

Gambar berfungsi sebagai visualisasi sebuah artikel. Untuk itu gambar harus relevan dengan isi artikel. Jika anda jeli, sebuah gambar bisa kita gunakan sebagai sarana pemikat mata.

Secara ilmu psikologi, gambar adalah target pertama pada artikel yang dilihat oleh mata pembaca. Minat baca secara tidak langsung akan dipengaruhi oleh gambar yang ada pada artikel. Anda boleh percaya boleh tidak.

Saat pengunjung melihat gambar yang tidak relevan dengan materi artikel, minat baca akan turun 30%.

10. Buat Blog dengan Cinta

Wiih, rada melankolis kesan nya. Tapi ini penting. Konten blog dari perasaan tulus pemiliknya tersirat dari tulisan yang mengalir dan enak di ikuti.

Sebagai blogger tak perlu 'ngoyo' mengejar SEO. Buat artikel yang bisa di cintai oleh pembaca. Jika setiap artikel kita banyak di sukai pembaca, blog kita pun akan di cintai oleh mereka. Itu logika yang sederhana bukan?

Kesimpulan


Membuat blog agar di minati dan di sukai oleh pembaca, kuncinya hanya satu "BERIKAN APA YANG PEMBACA CARI DAN SUKAI".

Sederhana memang, tapi tidak semua blogger mampu merealisasikan nya. Umumnya pemilik blog menyiapkan artikel sesuai mood masing-masing, tanpa memperhatikan kepuasan pembaca mereka.

Kebanyakan para blogger terlalu banyak menghadirkan materi yang asing dan kurang diminati. Ini bisa memberikan kejenuhan bagi pengunjung blog Anda.

Meskipun topik yang di kupas berupa materi yang tidak umum, usahakan menyajikannya dengan metode yang sedikit ringan agar lebih mudah di pahami.

Cukup itu saja tips yang bisa saya bagikan. Silahkan tambah referensi bacaan Anda melalui artikel teman blogger yang lainnya. Perkaya wawasan untuk menjadi pintar.

Semoga artikel tentang cara agar blog di sukai oleh pembaca ini bisa ada manfaatnya. Blogger sejati selalu meninggalkan jejak kaki di setiap blog yang di kunjungi. Silahkan berkomentar pada kolom yang tersedia.

Akhir kata, pesan dari saya “say no to copy paste”. Terima kasih dan wassalam.

17 komentar:

  1. mantap mas artikelnya... akan saya coba mas biar blog saya betah di kunjngi. mampir balik ya mas :D

    BalasHapus
  2. thank mas jembung udah mampir

    BalasHapus
  3. pancing rasa penasaran itu yang perlu perjuangan bro hehe

    BalasHapus
  4. itu betul..tapi hasilnya buat kita2 juga tho..

    BalasHapus
  5. Makasih mas tips nya.. tapi saya kurang yakin jika harus bikin blog tentang tutorial ,maklum newbiebiebi hehe.. ini blog saya sehatluwihindah.blogspot.com

    BalasHapus
  6. tutorial nggak harus panjang, topiknya juga nggak mesti tentang blogging kok mbak, tentang kesehatan jg bisa..yg ptg pembaca merespon..thank mbak andri udah mampir..

    BalasHapus
  7. mantap mas teguh bagus banget...:)

    BalasHapus
  8. moga bisa bawa manfaat..thanks udah mampir..

    BalasHapus
  9. Saya suka materi dan cara penyampaian blog ini.
    Terutama dengan gaya bahasa yang alami mengalir dari lubuh hati, seolah-olah seperti itu.
    Kalau boleh rikues saya ingin pembahasan tentang dunia tulis menulis.

    Sekian terima kasih.

    BalasHapus
  10. makasih sudah menjadi pemerhati blog saya..insya alloh saya coba bikin artikel tentang dunia writing..di tunggu aja ya..maklum nyari referensi dulu biar jhoos..thank mas isnen

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. Blog mas faris juga keren,..topiknya langka, personal banget.

      Thanks for your visit, salam blogger

      Hapus
  12. Info bagus buat rujukan dan arahan buat blogger pemula macam saya agar meningkatkan kualitas blog..tks mas vroh gak percuma mampir dimari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas Adi..thanks udh mau berbagi..pokoke ojo bosen ya..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam