7 Tahap Membuat Blog agar Siap Pakai

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:34 AM
6 comments
7 tahap membuat blog agar siap pakai. Blog siap pakai artinya telah memenuhi kriteria dan siap untuk dioperasikan.

Ngeblog jangan buru-buru. Selesai membuat blog, jangan langsung membuat artikel dan mempublikasikannya. Persiapkan dulu semua elemen penunjang agar blog layak dan siap dijalankan.

Tips ini sengaja saya buat untuk melengkapi tips-tips yang telah banyak beredar. Umumnya tips yang diberikan hanya sebatas membuat blog tanpa disertai penjelasan yang lengkap agar blog siap tempur.

Membuat blog agar Siap Pakai


Tahap 1. Membuat akun gmail dan mendaftar ke blogger

Untuk tahap pertama ini, saya anggap Anda semua sudah paham langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Bagi yang masih awam tentang hal ini, silahkan cari di Google tentang tutorial membuat blog.

Tahap 2. Mengatur dasbor

Saat blog sudah jadi, masuk ke tahap berikutnya yaitu mengatur ulang blog Anda melalui dasbor blog. Dari situ, pilih menu Setelan. Ada 6 item menu setelan, ini yang harus Anda lakukan pada masing-masing item.

Dasar

Pada menu setelan Dasar, kita cukup mengubah bagian Judul, Deskripsi dan Privasi. Anda bisa isi sesuai dengan judul dan deskripsi blog yang telah dibuat. Pada setelan privasi, centang Ya pada kedua pilihan yang ada.

Menu Penerbitan, berfungsi saat blog kita upgrade ke domain TLD.

Menu Izin, berfungsi saat kita mengundang penulis tamu untuk ikut berperan dalam mengisi konten pada blog Anda.

7 Tahap Membuat Blog agar Siap Pakai

Pos dan Komentar

Pada setelan Pos, isi sesuai selera Anda pada kotak tampilkan sebanyak mungkin. Kotak ini nantinya menentukan berapa jumlah postingan yang terpasang pada homepage (beranda). Jumlah maksimal yang di tawarkan 8 postingan.

Pada setelan Komentar, kita cukup fokus ke bagian Moderasi Komentar dan Pesan Formulir Komentar. Lebih disarankan untuk mencentang pilihan Selalu pada moderasi komentar, tujuannya agar kita bisa menyaring setiap komentar yang masuk dan menghindari munculnya spammer.

Pada kotak pesan formulir komentar, tulis pesan untuk calon pembaca blog Anda yang berkaitan dengan komentar pada artikel.

Seluler dan Email

Menu setelan ini tergantung dari Anda sebagai pemilik blog. Mau mengaktifkan fitur ini atau tidak.

Bahasa dan pemformatan

Menu bahasa silahkan setting ke bahasa Inggris, khusus bagi anda yang berminat untuk mulai mengajukan permohonan Adsense. Untuk zona waktu bisa disesuaikan dengan zona GMT Jakarta.

Preferensi dan Penelusuran

Pada sub menu Tag meta, aktifkan deskripsi penelusuran dengan mencentang Ya, kemudian masukan deskripsi blog anda (maksimal 150 karakter)

Jangan lupa untuk mengaktifkan robot.text khusus dan tag tajuk robot khusus. Banyak model yang di pakai untuk robot.text khusus ini, saya lebih menyarankan atur sesuai bawaan (default) blogger saja.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow: User-agent: *

Disallow: /search
Allow: /
Sitemap: http://NAMABLOGKAMU.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=UPDATED

Lainnya

Menu Umpan situs diisi sesuai dengan URL feedburner. (penjelasannya ada pada tahap memasang feedburner).

Id property web analytic isi sesuai dengan kode pelacakan yang telah Anda dapatkan setelah blog disubmit ke Google Analytic.

Tahap 3. Mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tool (search console)

Tahap berikutnya adalah mensubmit blog kita ke Google Webmaster tool (GWT) atau sekarang namanya Search Console. Untuk keterangan lengkapnya, silahkan di baca cara mendaftar di google webmaster tool.

Tahap 4. Mendaftarkan blog ke situs Alexa

Sebenarnya ini tahap opsional. Untuk Anda ketahui, mendaftarkan blog ke situs Alexa fungsinya agar blog yang kita kelola dapat diketahui perkembangan trafik nya secara lokal atau pun global melalui peringkat blog di Alexa.

Seiring perkembangan dunia blogging yang kian pesat di sertai era mobilgeddon, membuat pamor Alexa rank kian meredup. Hal ini yang menyebabkan para blogger berpendapat rank Alexa kurang berpengaruh terhadap blog.

Jika ingin mendaftar blog ke Alexa, baca cara daftar dan klaim blog ke situs Alexa.

Tahap 5. Submit Blog ke Bing dan Yahoo

Selain mensubmit blog ke Google, kita juga perlu untuk memperkenalkan blog kita ke search engine lainnya seperti Bing dan Yahoo.

Tahap ini tujuannya agar blog berpeluang mendapatkan trafik dari search engine selain Google. Namun syaratnya Anda harus memiliki akun hotmail. Berikut ini cara-caranya.

1. Masuk ke halaman web ini http://www.bing.com/toolbox/webmaster

2. Isi kolom dengan alamat hotmail anda, lalu klik sign in

3. Pada halaman web yang muncul masukkan url blog anda, setelah itu klik add. Akan muncul halaman web berupa form untuk anda isi. Jika form telah lengkap klik save.

4. Selanjutnya, akan muncul kode validasi untuk di pasang pada template blog anda. Setelah kode terpasang dan di save di blog, klik Verify.

5. Selesai, kini blog anda sudah terdaftar di search engine Bing dan Yahoo.

Tahap 6. Memasang Feedburner

Feedburner berguna saat blog memiliki banyak pengunjung. Mereka bisa berlangganan setiap artikel yang baru kita terbitkan melalui widget feedburner. Sebelum widget dibuat, sebelumnya blog harus Didaftarkan ke situs feedburner milik Google. Ini langkah-langkahnya.

1. Buka halaman https://feedburner.google.com

2. Login dengan akun gmail yang anda punya.

3. Masukkan URL blog pada kotak isian, lalu klik next.

4. Pada halaman yang muncul, klik next.

5. Halaman berikutnya, klik lagi next.

6. Jika berhasil. Klik next.

7. Pada gambar yang muncul, centang kotak pertama dan ketiga, lalu klik next.

8. Selesai. URL feedburner anda telah jadi, kini tinggal kita letakkan di dasbor blogger.

9. Cari tulisan edit feed detail, lalu salin tulisan seperti contoh gambar dibawah (itulah url feedburner anda).

Pada menu setelan Lainnya di dasbor blogger, letakkan url feedburner Anda pada kolom posting URL pengubahan arah feed. Lalu klik simpan setelan.

Tahap 7. Migrasi ke domain TLD (opsional)

Setelah tahap 1 sampai 5 selesai di buat, upgrade blog ke domain TLD, bagi yang belum berminat upgrade blog tidak jadi masalah. Banyak keuntungan yang bisa anda temui dengan domain TLD.

Disamping lebih mudah diterima oleh Adsense, blog dengan domain TLD lebih terlihat serius dan profesional. Ada dua pilihan untuk migrasi domain, bisa berbayar atau gratisan.

Tahap Tambahan (Membuat halaman penting)

Ini adalah tahap terakhir dari proses membuat blog agar siap pakai. Membuat halaman penting pada blog, apa saja itu? Baca 4 halaman penting yang wajib ada pada blog.

OK sampai di sini penjelasan 7 tahap membuat blog siap pakai yang bisa saya berikan.

Setelah semua tahap di atas Anda lakukan, selanjutnya kita bisa mulai mengisi blog dengan artikel, tapi jangan lupa untuk tetap aktif mempromosikan setiap artikel yang telah dibuat.

Jika ada yang kurang jelas, jangan malu untuk bertanya melalui kolom komentar yang telah tersedia, saya siap membantu anda.

Akhir kata, pesan rutin dari saya, “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.

Adios.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

6 komentar:

  1. wah baru sadar saya ternyata ada 7 tahap .. hehe.. saya hanya tau membuat nya..

    BalasHapus
  2. biar blog siap pakai..tinggal di isi konten lalu promosi..moga bermanfaat ya mas

    BalasHapus
  3. mantap mas postingan nya tapi walaupun begitu blog hanya diketahui si penulis saja jika lum di publish

    BalasHapus
  4. ha ha ha..itu bagian pentingnya..publikasi..thanks mas irwin..ngeblog selalu

    BalasHapus
  5. mantaf mas blog sangat bermanfaat banget mampir ke blog saya ya
    http://teknoupdate125.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam