Next Step, Setelah Blog Berganti Domain ke TLD

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 6:38 PM
23 comments
Next step, setelah blog berganti domain dari blogspot ke TLD. Ini adalah topik yang banyak di cari oleh blogger yang baru saja melakukan migrasi dari blogspot ke top level domain. Terkejut adalah reaksi pertama yang biasa terjadi.

Peringkat Alexa 'no data', pengunjung kian menyusut, artikel lama terindeks oleh Google dan pelanggan feedburner yang kabur, semua itu adalah deretan dari dampak migrasi domain dari blogspot ke top level domain.

Bingung tak tahu apa yang harus dilakukan, mungkin itu reaksi berikutnya. Jika hal itu menimpa Anda, tak salah jika membaca artikel ini. Saya adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling baik sedunia (narsis abis).

Saya coba membantu Anda untuk keluar dari permasalahan akibat migrasi domain yang telah sobat lakukan meskipun ada alasan yang melatarbelakangi nya. Simak baik-baik dan jangan bercanda yaa.

Next Step, Setelah Blog Berganti Domain ke TLD

Aksi Setelah Migrasi Domain dari blogspot ke TLD


Di bawah ini adalah tindakan yang harus dilakukan, setelah adanya pergantian domain pada blog Anda.

1. Submit domain baru ke Search Console

Meskipun kita sudah ganti domain, bukan berarti blog lama kita tidak terpakai. Itu salah besar. Ganti domain hanya merupakan pengalihan alamat blog ke domain yang baru. Setelah Anda memiliki domain yang baru untuk blog, sebaiknya dan harus Anda lakukan adalah membuat properti baru pada Search Console.

Caranya, masuk ke Search Console lalu klik kotak merah bertuliskan "Add Property" (Tambahkan Property). Setelah itu masukkan URL blog Anda yang baru itu lalu klik "Tambah". Langkah ini bertujuan agar googlebot lebih mudah menemukan alamat domain blog Anda yang baru.

2. Buat peta situs baru

Menyambung dari langkah yang pertama, selanjutnya kita pindah ke bagian peta situs. Karena domain Anda masih baru, tentunya peta situs di Search Console belum terisi.

Pada menu "Crawling" (Perayapan), masuk ke bagian Peta situs. Buat peta situs domain baru Anda dengan mengklik kotak merah "Tambahkan/Uji Peta Situs". Saran saya, buat 3 jenis peta situs yaitu hatom, rss, dan sitemap. Untuk lebih lengkapnya, begini format URLnya :

  • http://www.domainbaruAnda.com/atom.xml
  • http://www.domainbaruAnda/rss.xml
  • http://www.domainbaruAnda/sitemap.xml

Pada prakteknya, nama domain Anda akan muncul secara otomatis. Jadi, cukup masukkan satu persatu mulai dari atom.xml, rss.xml, dan sitemap.xml pada kotak kosong saat tombol Tambahkan/Uji Peta Situs Anda klik, selanjutnya pencet Kirim. Setelah itu, refresh halaman web Anda.

3. Daftar ulang ke Google Analytic

Kenapa harus daftar ulang? Tujuannya untuk mendapatkan ID Property Analytic supaya dipasang pada Setelan - Lainnya di dasbor blog. Juga untuk memperoleh script kode pelacakan yang akan disisipkan pada template blog Anda.

Bagi yang belum paham caranya, silahkan masukan curhat Anda di kotak komentar untuk bimbingan privat gratis dari Mas Teguh tercinta.
4. Verifikasi ulang blog Anda

Langkah ini, ada yang menganjurkan ada juga yang tidak. Saya pribadi lebih menyarankan untuk melakukan 3 metode verifikasi pada webmaster untuk blog. Alasannya, disamping untuk memperkuat kepemilikan domain baru, juga untuk meyakinkan Google bahwa itu memang alamat domain Anda yang baru.

Karena caranya mudah, rasanya tidak perlu saya jabar kan lagi, cukup buka artikel saya tentang cara verifikasi ke webmaster tool.

5. Submit ulang ke Bing webmaster tool

Bing merupakan search engine terbesar selain Google dan Yahoo. Jika alamat blog lama Anda pernah di daftarkan ke webmaster-nya Bing, kini saatnya mengirim ulang domain Anda yang baru ke akun webmaster Bing yang Anda miliki.

Seandainya lupa, ini alamatnya http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url, silahkan tambahkan domain baru Anda di sana. .

6. Submit ulang ke Alexa

Saat terjadi perubahan domain sebuah blog, peringkat Alexa pastinya akan menyusut dengan drastis, hingga menyentuh level NO DATA. Untuk mengatasinya silahkan submit kembali domain baru Anda pada akun Alexa Anda.

Selanjutnya lakukan optimasi seperti biasa pada setiap artikel pada blog Anda, agar peringkat Alexa bisa kembali seperti dulu lagi. Bagi sobat yang tidak punya akun Alexa langkah ini tidak perlu diikuti.

7. Menulis artikel pilar

Setelah menempuh semua langkah di atas, lakukan tugas utama Anda sebagai seorang blogger yaitu menulis artikel. Buatlah minimal dua artikel pilar, maksudnya tulisan yang panjang dengan isi yang berbobot, agar statistik pengunjung cepat melesat. Jangan kapok untuk selalu mempromosikan domain baru Anda lewat setiap artikel yang Anda publikasikan.

Ini penting :
JANGAN LAKUKAN PERUBAHAN PADA FEEDBURNER dan ROBOT TEKS KHUSUS

Langkah Alternatif


Seandainya Anda sudah melakukan step di atas, hingga keringat dan darah bercucuran (sumpah lebaay banget), namun hasil yang dihasilkan belum maksimal, ikuti solusi selanjutnya di bawah ini.

1. Benahi link internal

Periksa link internal pada blog Anda. Gunakan broken link checker untuk memastikan tidak muncul error 404 (halaman tidak di temukan).

2. Ganti template yang lebih SEO dan mobile friendly

Mengganti template adalah solusi terakhir yang bisa kita lakukan. Cari template yang SEO friendly dan mobile friendly, agar semua artikel Anda bisa terindeks dengan baik.

Itulah solusi yang bisa saya tawarkan. Seandainya semua cara di atas tidak mampu membawa perubahan pada domain baru Anda, maka apa boleh buat, silahkan membuat blog baru, dengan semangat baru dan masalah yang baru pula. Atau kembali ke domain lama Anda.

Sekian dulu artikel dari saya tentang pergantian domain ke TLD. Semoga bermanfaat.


Akhir kata, tak bosan saya berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

23 komentar:

  1. mantap gan, soalny bsog mau pke domain TLD

    BalasHapus
  2. makasih gan infonya. nice post

    BalasHapus
  3. nice post gan ane juga mau ganti ke TLD nih

    BalasHapus
  4. ok thanks semuanya yang udah pada mampir, semoga sukses blognya..happy blogging

    BalasHapus
  5. saya ndak paham masalah google analytic kang must

    BalasHapus
  6. emang blognya belum di daftarin ke google analytic kang?

    BalasHapus
  7. untuk point 1, "lakukan pada smua judul artikel"

    kmrn smpat tanya sama seseorang, katanya untuk artikel2 lama tidak perlu sumbit ulang. Kita hanya perlu submit artikel baru saja + sitemap.

    kalau mnurut must teguh sndiri gimana baiknya ?

    ntuk sementara saya menggunakan cara dari orang itu, dan sudah sminggu blog TLD saya masih flat alias datar-datar saja pengunjungnya....

    BalasHapus
  8. klo menurut pengalaman saya, submit aja semua artikel biar cepet keindex..kalo artikel yg baru aja sih gpp..dua2nya boleh..gmn enaknya aja..kecuali jika artikelnya terlalu banyak..submit homepage url yg baru jg boleh..

    BalasHapus
  9. okelah kalau begitu, terima kasih referensinya #must teguh

    BalasHapus
  10. ya sama-sama..salam sukses

    BalasHapus
  11. Selamat mas teguh atas domain barunya

    BalasHapus
  12. terima kasih mas teguh atas informasi nya, karena saya baru saja berganti ke domain yang TLD.
    informasi ini sangat membantu.
    oh ya mas kenapa ya ketika kita mengetikkan kata kunci di google yang tampil masih domain yang blogspot? berapa lama akan berubah ke domain yang .com mas.? mohon informasinya.

    BalasHapus
  13. paling cepet seminggu..tergantung jumlah artikel yg di submit..makin banyak makin lama..

    BalasHapus
  14. jadi takut beralih TLD ane klw gini :v
    oya mas teguh, ini blog saya yat95.blogspot.com rencana mau jadi yat95(.)net kira" berubah TLD aja atau masih pake subdomain ya?

    oh ya makasih sebelumnya :) artikelnya sangat bermanfaat, apalagi seperti saya yang baru rencana mau ganti domain.. :)

    BalasHapus
  15. Terimakasih artikelnya sudah saya terapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas Arton,..moga domain barunya cepet rame pengunjungnya,

      salam

      Hapus
  16. daftar ulang google analytic gimana caranya? harus buat e-mail baru lagikah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga perlu mba,..pake aja akun google analytic yg lama,..trus pada menu admin bikin lg akun Google analytic sesuai blog TLD mba yang baru dibikin,..

      Hapus
  17. Terimakasih sob atas infonya, kebetulan ane baru ganti domain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sama-sama mas Dwi,..selamat ya atas pergantian domainnya, moga blognya tambah greget

      salam

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam