Menulis Artikel Pilar, Banyak Untungnya - BLOG MUST TEGUH

Menulis Artikel Pilar, Banyak Untungnya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:42 AM
Menulis artikel pilar membawa banyak keuntungan. Berapa kata yang mampu Anda buat saat menulis sebuah artikel? Apakah di atas 300 kata, 500 kata atau bahkan lebih?
.
Jika jumlah kata yang Anda tulis masih di bawah angka 1000, itu artinya artikel yang Anda buat belum termasuk artikel pilar. Istilah artikel pilar mungkin masih terdengar asing bagi blogger yang hanya menulis artikel ala kadarnya.

Apa itu Artikel Pilar?


Menilik arti bahasanya, pilar berarti tiang. Fungsi tiang tentunya untuk menjadi penopang sebuah bangunan agar tidak mudah runtuh. Makin banyak tiang, sebuah bangunan tentu makin kuat dan kokoh.

Menurut definisi saya pribadi, artikel pilar yaitu artikel yang panjang dengan jumlah kata antara 1000 hingga 1500 bahkan bisa lebih yang berfungsi untuk membangun sebuah blog agar kuat dan kokoh.

Para master blogger banyak yang menerapkan teknik ini dalam penulisan artikel mereka. Metode ini pun saya pakai untuk membuat artikel pada blog yang saat ini sedang Anda kunjungi. Maka jangan heran saat membuka beberapa artikel pada blog ini, akan Anda temui tulisan yang panjang mirip kereta.

Menulis Artikel Pilar, Banyak Untungnya

Menulis Artikel Pilar


Artikel pilar dipercaya mampu memberi efek positif dalam jangka panjang terhadap sebuah blog. Selama isi dan porsi nya benar-benar sesuai dengan topik. Bukan berarti kita menulis artikel pilar yang berisi kata basa basi yang justru membuat pembaca bosan.

Dibutuhkan keahlian menulis yang tidak sembarangan untuk membuat sebuah artikel pilar. Penulis harus bisa menggabungkan antara ritme kata pada tulisan dan mengontrol emosi pembaca. Inilah tantangan utama seorang penulis blog.

Sebuah gambar yang menarik sangat dibutuhkan pada sebuah artikel pilar. Fungsinya untuk memberi efek pendukung terhadap topik artikel. Selain itu juga untuk mengurangi kejenuhan mata pembaca.

Yang terpenting, sebuah artikel pilar harus bisa menjadi poros utama atau sebagai identitas blog Anda.

Jika anda mampu melewati tantangan tersebut, kemudian berhasil menciptakan sebuah artikel pilar maka banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan.

Keuntungan Menulis Artikel Pilar 


Agar anda lebih tertarik dengan teknik ini, berikut akan saya berikan beberapa manfaat dari menulis artikel pilar.

1. Lebih cepat merampingkan Alexa

Jika blog Anda tergolong masih baru, saya sarankan untuk membuat minimal 1 buah artikel pilar setiap hari. Setelah 20 hari maka 20 buah artikel pilar telah Anda buat. Tak kurang dari satu bulan, perhatikan perubahan rank Alexa pada blog Anda.

Ini pula cara yang saya pakai untuk merampingkan Alexa pada blog ini. Dari angka 5,4 juta saat pertama memasang kode Alexa, setelah 20 hari kini peringkat nya turun hingga di bawah angka 1 juta.

2. Memperkaya variasi keyword pada artikel

Variasi keyword membuat artikel kita tidak dicap sebagai spam oleh Google. Pengulangan kata kunci memang perlu. Namun tidak dianjurkan jika terlalu berlebihan.

Untuk itu kita harus pandai membuat berbagai bentuk variasi kata dari keyword yang akan kita bidik. Artikel yang panjang akan memberi banyak ruang untuk membuat bermacam variasi keyword pada tulisan kita.

3. Memperkuat posisi artikel di search engine

Saya sering mengamati beberapa blog yang mampu jadi juara di pageone yang tidak tergeser posisinya di search engine. Selain kualitas tulisan yang menarik, dialog yang ringan dan pemecahan masalah yang akurat, rupanya artikel pilar adalah teknik utama yang mereka gunakan.

Cara ini sering saya pakai, dan hasilnya beberapa artikel pilar di blog ini mampu bertahan di halaman satu Google.

4. Meningkatkan peringkat SERP

Peringkat SERP masih menjadi incaran setiap blogger. Dengan modal artikel pilar yang Anda buat pada setiap postingan, peringkat itu akan mudah Anda dapatkan. Artikel yang panjang dan berkualitas akan memberi efek domino yang positif untuk blog.

Secara perlahan, peringkat blog Anda akan meningkat sejalan dengan rutinitas artikel yang terus diupdate, serta backlink yang tanpa sadar telah Anda kumpulkan.

5. Lebih mudah menembus page one

Manfaat ini sudah saya buktikan sendiri. Setiap artikel ‘kereta api’ selesai saya buat dan di terbitkan. Tidak butuh waktu lama, artikel saya pun duduk manis di pageone, tentunya dengan pesaing yang tidak sedikit. Agar anda lebih percaya, tes salah satu artikel pilar di blog ini, dan ketik keyword di mesin pencari lalu silahkan lihat hasilnya.

6. Menghasilkan trafik yang lumayan

Setelah manfaat dari poin 1 hingga 5 Anda peroleh, untuk urusan trafik Anda tak perlu khawatir. Dengan sedikit promosi dan update artikel setiap hari, pengunjung akan berdatangan secara bertahap. Tak butuh waktu lama trafik blog Anda akan naik secara drastis dengan sendirinya.

7. Pembaca akan mem-bookmark blog anda

Meskipun membaca artikel pilar bisa mendatangkan kejenuhan, namun jika hubungan tiap paragraf bisa di olah dengan bahasa yang menarik justru akan memancing nilai positif dari pembaca.

Apalagi jika terdapat banyak poin  yang dianggap penting oleh pembaca pada artikel yang kita sajikan, pastinya mereka tak akan ragu untuk menyimpan alamat blog Anda pada browser mereka.

8. Kredibilitas dari pembaca

Kredibilitas adalah bentuk kepercayaan yang akan diberikan pembaca. Saat mereka selesai membaca artikel Anda, reaksi pertama adalah yang terpenting. Artikel pilar yang disukai pembaca akan mendapat kepercayaan penuh dari mereka terhadap blog Anda.

Semakin banyak artikel yang dipilih oleh pembaca, makin tinggi tingkat kredibilitas blog yang kita kelola.

9. Meningkatkan popularitas blog 

Biasanya, popularitas bisa kita peroleh dengan mudah selama poin-poin di atas sudah Anda peroleh.

Kesimpulan


Jika ingin serius menekuni dunia blogging, pahami manfaat dari sebuah artikel pilar. Memang terasa susah jika semuanya tidak dimulai dari sekarang. Menyajikan sebuah artikel pilar butuh ketelatenan. Namun percayalah, semuanya akan terbayar dengan popularitas yang akan Anda dapatkan.

Saat pembaca menemukan informasi yang lengkap, informatif dan menarik, mereka akan segera mengingat blog Anda. Tentunya tidak menutup kemungkinan akan adanya kunjungan kedua, ketiga dan seterusnya.

Kini silahkan Anda untuk memulainya.

Hanya ini yang bisa saya bagikan. Semoga materi tentang menulis artikel pilar ini ada manfaatnya.

Akhir kata, tak lupa saya berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________