Kisah Seorang Blogger Copy Paste

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:16 AM
35 comments
Kisah seorang blogger copy paste. Saya punya sedikit cerita tentang seorang blogger copy paste, bisa di sebut fiktif namun memang ada.

Alkisah ada seorang yang hobi main internet. Tiap hari kerjanya cuma nongkrong di depan komputer. Browser kesana kemari entah apa yang dicari. Suatu hari saat membuka salah satu video di Youtube, dia melihat tayangan kisah dari seorang internet marketing yang sukses, yang awalnya hanya seorang tukang angon bebek.

Pada video itu, dia terkejut saat melihat sang internet marketing sedang mencairkan uang di sebuah kantor pos. Yang membuat dia terperangah adalah ketika gepokan uang seratus ribuan sedang berpindah tangan dari kasir ke tas hitam milik sang internet marketing.


Cerita tidak berhenti sampai di situ.

Semenjak menonton video itu, sang pemuda selalu terbayang gepokan uang ratusan ribu berwarna merah miliki sang internet marketing. Apa yang dilakukan oleh orang itu? Bagaimana caranya dia mendapat uang sebanyak itu? Kemudian dia mencari info tentang profesi sang internet marketing, yang ternyata adalah seorang blogger ternama yang sudah lama menekuni dunia Adsense lewat karya tulisan nya di dunia blogging.
.
Lalu si pemuda ini bertekad untuk menjadi seorang blogger agar bisa seperti tokoh di Youtube yang mulai diidolakan oleh nya. Dengan harapan bisa mendapatkan uang dari blogging, si pemuda mulai membuat sebuah blog.

Saat blog sudah selesai ia buat, dia mulai kebingungan.

Apa yang harus saya buat untuk blog saya?" Itu pertanyaan yang muncul di benaknya waktu itu.

Kenapa aku harus capek menulis, menyalin saja biar lebih cepat selesai.

Sebuah ide kotor mulai muncul di pikiran si pemuda itu. Mulai sejak itulah, hampir semua isi blognya menyalin alias copast dari artikel orang.

Tak terasa sudah hampir dua bulan berlalu, dan blog si pemuda pun sudah mulai banyak dipenuhi oleh artikel. Dengan percaya diri si pemuda mulai mengikuti jejak sang idolanya di Youtube, yaitu mendaftarkan blog copy paste nya ke Google Adsense.

Permohonan pertama hanya berita penolakan yang dia terima.  Kedua di tolak lagi, ketiga dicuekin dan begitu seterusnya sampai membuat si pemuda frustasi dan akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi seorang blogger.

Kisah Seorang Blogger Copy Paste

Blogger Copast? 


Kisah seorang blogger copy paste sengaja saya hadirkan sebagai bahan pelajaran untuk Anda yang masih gemar menciptakan artikel copy paste. Ini adalah hikmah yang bisa Anda petik dari kisah di atas.

1. Jangan melihat keberhasilan seseorang hanya dari luarnya saja

Kasus ini sering terjadi pada blogger yang hanya melihat kesuksesan blogger lain hanya dari visual materi nya saja. Mereka tidak mendalami lebih jauh tentang resep dan strategi kesuksesan dari para senior nya.

2. Dunia blogging ada prosesnya

Pengetahuan ini yang masih kurang dimengerti oleh mereka para blogger muda. Pemikiran mereka masih dangkal untuk memahami dan menekuni proses membangun sebuah blog. Hasil maksimal dengan proses yang cepat adalah semboyan yang selalu mereka kumandangkan.

3. Keberhasilan bersumber dari ketekunan

Jika kita berniat serius menjadi seorang penulis blog, semboyan poin ketiga ini bisa Anda jadikan pegangan. Belajar dan berlatih adalah kunci utamanya. Tanpa itu Anda takkan mampu menciptakan sebuah karya yang luar biasa.

Jika masih ada hikmah lain yang bisa sobat ambil dari kisah di atas, silahkan berikan komentar Anda.

Resiko Blogger Copy Paste


Sub judul ini hanya tambahan dari saya. Ditujukan untuk Anda yang saat ini masih gemar menyalin artikel dari blogger lain. Inilah resiko yang terjadi untuk seorang blogger copy paste.

1. Mandulnya kreatifitas

Seorang blogger penjiplak akan terbiasa untuk membuat artikel yang sama prosesnya yaitu meniru, menyalin dan menerbitkan. Di sadari atau tidak hal itu justru merugikan. Menjadi kurang percaya dengan kemampuan diri, yang ujungnya adalah malas menggali kreatifitas dalam diri sendiri.

2. Sanksi moral blogger lain

Fatal akibatnya jika banyak blogger yang memberikan stempel plagiat kepada blog Anda. Itu adalah sanksi moral yang akan Anda terima jika hobi menyontek blog lain tetap dilakukan. Sekali Anda menerima sanksi ini, seterusnya itu akan melekat pada diri Anda.

3. Bahan omongan negatif di forum

Forum dan komuntas blogger adalah tempat segala informasi bersliweran. Segala permasalahan tentang blog tumpah ruah di sana, tak terkecuali masalah blog copy paste. Bermacam ungkapan kekesalan muncul dari para anggota forum yang merasa jengkel akibat artikel blog yang dibajak tanpa permisi. Seandainya nama blog Anda ada di blacklist mereka, tinggal tunggu tanggal mainnya.

4. Sulit menembus Adsense

Jika niat awal membuat blog adalah untuk monetisasi blog di Adsense, jangan biarkan copy paste menjadi kebiasaan. Karena blog dengan materi yang dominan dengan artikel contekan sulit untuk menembus program iklan sekelas Adsense. Jangankan untuk diterima, review pertama pun akan sulit Anda dapatkan.

5. Merugikan blog lain

Inilah yang bisa membawa dampak buruk untuk blog Anda. Artikel copy paste tentu merugikan blog yang tulisannya Anda tiru. Saat pemilik blog melaporkan ke pihak Google, sanksi banned siap menghadang Anda. Jangan kaget jika suatu saat blog Anda hilang dari peredaran.

Itulah sepenggal kisah seorang blogger copy paste. Semoga bermanfaat.


Akhir kata, seperti biasa saya berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan Wassalam.

35 komentar:

  1. wah, semangat sekali jadinya setelah baca ini, ada hikmah dibalik semua ini

    BalasHapus
  2. saya td berkunjung ke blog rungan..maaf saya nggak bisa kasi komen ..nggak ngerti dunia balap..tapi keren blognya..sukses terus

    BalasHapus
  3. Harusnya para blogger copasan baca artikel ini. Blog ane udah di copas berkali-kali T_T

    BalasHapus
  4. doain aja..itung2 amal, malah jadi pahala..thanks mas malik

    BalasHapus
  5. selain enggak akan di terima oleh program GA. blognya juga bisa dipastiin susah dapat peringkat di serp. Metode ATM menurut saya bisa dicoba bukan hanya untuk pemula tapi untuk temen-temen blogger lain dengan tetap memberikan ciri khasnya... artikel yang bagus untuk dibagi

    BalasHapus
  6. thanks mas hendri, atas opininya di blog nyubi ini..salam sukses selalu

    BalasHapus
  7. Hiii mas teguh anaknya forum IAPD hahaha... Saya mau memberikan komentar nih mas. Salah satu contoh kasus adalah tentang Tips SEO.

    Seperti yang kita ketahui ada banyak blog yang membahas tentang SEO. Nah, yang menjadi sorotan paling utama adalah semua isi yang ada hampir sama. Mengapa hal ini bisa terjadi...??? Anggap saja kita berdua belajar dari pakar SEO sebut saja si pakar SEO ini adalah Anonymous. Kita pun sama-sama membuat blog tentang tips SEO. Hampir semua artikel tentang tips SEO yang kita publish terlihat seperti sama, bahkan terkesan copy paste (padahal tidak).

    Disinilah letak permasalahan. Banyak blogger-blogger yang beranggapan bahwa artikelnya di copy paste oleh orang lain. Bahkan mereka tidak segan-segan mengadukan artikel tersebut ke CDMA dan Google Sandbox atas pengaduan COPAS. Hal yang paling menjijikan bagi saya. Padahal si korban membuat artikel hasil jerih payah dan orisinil banget.

    Sekian komentar saya mengenai kisah seorang blogger copy paste :D

    BalasHapus
  8. di tampung bang jali..sedikit mengomentari: kita pake skala persen aja untuk lebih mudahnya, kalo udah copas 100% terlalu donk, tapi kalo masih di level 50% ke bawah, bisa ditolerir...sebenarnya ada 3 tipe yang rancu untuk masalah copas yaitu..mengutip (translate dr bahasa asing ke indo), rewrite (menulis ulang dengan modifikasi), copas mutlak...nah yg ketiga inilah biang masalahnya karena bisa di katakan merugikan..ok bang jali thanks salam sukses

    BalasHapus
  9. Menginspirasi sekali Mas Teguh. Persis seperti yang selalu saya alami selama ini. Ternyata setelah kelemahan diri sendiri teridentifikasi, ngeblog jadi semakin menyenangkan karena jelas prosesnya.

    BalasHapus
  10. ngeblog akan terasa mudah jika melalui proses yang alamiah, blog jadi lebih natural dan kokoh,,thanks mas alvian untuk apresiasinya pada blog ini..salam blogger

    BalasHapus
  11. Mendingan full copy write deh dari pada copy paste.. Berawal copy write dari dunia blogger, sekarang bekerja menjadi copy writer di salah satu online store di indonesia.. Selain penghasilan dari kerja, dapet pula penghasilan adsense dari blog dumy tempat kerja + blog pribadi walaupun blog pribadi masih dalam tahap pengembangan.

    BalasHapus
  12. selama aman dan menghasilkan..terjang aja mbak he he he..maju terus happy blogging

    BalasHapus
  13. bikin kisah yang lain gan ,, judulnya "kisah seorang blogger rewrite" ..

    BalasHapus
  14. ha ha ha..kalo ente mau jadi figurnya sih boleh aja...

    BalasHapus
  15. Wah... sangat mengerikan yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga juga gan..masa kayak nonton film horor..he he he

      Hapus
  16. Hahahah jadi malu sendiri.
    Awak bikin blog bengkel ini ada bebera[a artiketl yg copas, beberapa paragraf aja sih.

    Tapi kesini nya udah diedit, ganti pake tulisans endiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir semua blogger pasti ngrasain yg namanya copas,.

      saya pun nggak munafik, kadang sering copas dari blog luar,.meski cuma 4-5 % saja,..

      thanks kunjungannya gan,..salam blogger

      Hapus
  17. wah makasih baget mas. setelah baca tulisan diatas jadi tambah semangat lagi bgeblognya.. pasti yg dimaksud diatas adalah mas Eka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus selalu dijaga mas semangat ngeblognya..

      Hapus
  18. Terimakasih atas pencerahannya Mas Teguh... Hal demikian itu bermanfaat bagi blogger lainnya termasuk saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama-sama Bang Ali...syukur deh kalo tulisan ini ada manfaatnya..

      salam blogger

      Hapus
  19. mas teguh, saya banyak melihat blog orang lain yang artikelnya banyak di copas tapi mencantumkan link sumber dan di blognya pun ada terpasng iklan google adsense, sedangkan saya membuat artikel tersendiri tampa copas udah 2 thn selalu di tolak oleh google adsense mas, itu gmn ya? apakah boleh copas tapi cantumin link sumber?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo boleh jujur,..artikel copas utk didaftarkan ke Adsense, sebenarnya bisa, hanya saja resikonya nanti setelah jditerima, dan artikel tsb diklaim oleh pemilik aslinya dan dilaporkan ke Google, akun adsense bisa kena banned mas...meskipun telah mencantumkan link sumbernya

      kalo sampe 2th mas hajim belum juga ditrima, kemungkinan ada yg salah dg konten blognya, cara mendaftarnya, serta tekniknya..

      coba googling, dan cari referensi yg lebih akurat, biar adsensenya bisa diterima, atau bisa lihat salah satu artikel saya di menu Adsense,..

      andaikan masih belum ditrima,..sebaiknya buat blog baru aja dg topik yg berbeda dan akun gmail yg masih fresh..

      semoga membantu,..salam blogger

      Hapus
  20. klo di dunia nyata berarti maling........

    BalasHapus
  21. emmm mungkin carane beda denganku, aku juga punya blog copas dan blog copas saya berada di halaman 1-2 serp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog copas itu tumbangnya oleh blogger lain yg ngga terima karena merasa artikelnya disalin paste oleh orang lain,..Google hanya mengeksekusi,..

      jadi selama belum ada klaim dr pihak lain,..akan tetap aman meski posisinya ada dipageone,..

      Hapus
  22. Terimaksih infonya mas, sangat bermanfaat bagi bloggger pemula ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan...moga jgn ditiru ya

      Hapus
  23. SETUJUUUU,,,, masak orang lain susah susah bikin ide, nulis, yang lain tinggal copy paste aja...ihhh

    BalasHapus
  24. memang benar yg di katakan. kopy paste itu merugikan orang lain dan merugikan diri sendiri.

    BalasHapus
  25. Budayakan jujur dalam segala hal, jika kita mengkopi tukisab seseorang sebisa mungkin cantumkan sumbernya.

    BalasHapus
  26. saya punya artikel blog copas semua tapi dah berumur sekitar 7 tahun gmn menurut kamu

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam