Google Adsense Bukan Garis Finish

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:20 PM
6 comments
Jangan berpikir, Google Adsense adalah tujuan akhir aktivitas blogging Anda. Efeknya malah membuat kreatifitas menulis jadi tumpul.

Banyak blogger yang tergiur mendapat income tambahan dengan mengambil profesi sebagai penulis blog.

Lewat proses belajar yang instan, mereka berlomba-lomba mengisi blog dengan segudang artikel ‘warna warni’ dengan harapan Google sudi membuka kacamata nya untuk melirik blog mereka.

Ironisnya, bermodal usia blog seumur jagung, mereka rela ngantri demi mendapatkan stempel “lulus sensor” dengan label full approved.

Inilah fenomena yang sedang terjadi. Dunia blogging memang milik semua. Tua, muda, pelajar atau pun mahasiswa. Namun jika monetisasi jadi motivasi utama, percayalah, Google Adsense bukan garis finish untuk Anda.

Google Adsense Bukan Garis Finish

Blog Tercipta untuk Menulis


Pada awalnya blog adalah sarana penyampaian informasi dan data dalam bentuk tulisan elektronik. Tapi disini saya tidak akan membahas panjang lebar tentang sejarah blog.

Yang perlu digarisbawahi adalah lahirnya blog karena hasil evolusi dari sebuah diary online. Artinya blog di ciptakan untuk menyalurkan sebuah tulisan agar bisa dibaca oleh orang lain.

Semakin pesatnya pertumbuhan dunia blogging, kini blog ber-metamorfosa fungsinya sebagai sumber informasi dari segala jenis aspek kehidupan di masyarakat. Pengetahuan tentang cara membangun sebuah blog sangat diperlukan bagi yang akan menekuni dunia blogging.

Hal ini yang membuat para pelaku bisnis mulai melirik dan memanfaatkan popularitas blog sebagai mitra dalam pengembangan jaringan usaha mereka.

Bisnis Google Adsense


Blogger termasuk salah satu platform milik Google. Peluang bisnis yang menguntungkan pada blog menjadi alasan utama terciptanya program periklanan bernama Google Adsense yang akan menjembatani antara pelaku bisnis dengan para pengelola blog.

Semakin pesatnya pertumbuhan blog membuat Google menerapkan aturan ketat bagi para calon publishernya, namun di sisi lain memberi kelonggaran untuk para advertizer. Tak perlu heran, itu adalah trik bisnis yang bisa dicerna dengan logika.

Kedua poin di atas merupakan bentuk sinergi bisnis yang dilakukan oleh Google. Lalu di manakah posisi Anda?

Blogger adalah Publisher Adsense


Saat permohonan kita di approve, artinya kita sudah menjadi bagian dari jaringan periklanan yang berada di bawah naungan Adsense. Posisi publisher adalah jabatan yang Anda terima.

Secara tidak langsung kita adalah karyawan freelance dari Google yang bisa gajian per bulan sesuai dengan kinerja blog yang Anda kelola.

Gelar blogger sekaligus publisher adalah dua tanggung jawab yang harus Anda pikul.

Pertama, memberikan kepuasan untuk pembaca. Kedua, sebagai publisher Anda harus tunduk dan patuh dengan semua aturan yang telah dibuat oleh Google.

Apa tugas seorang publisher adsense?

Seorang publisher memikul tugas untuk mengoptimalkan iklan Adsense yang tersemat pada blog sesuai dengan kebijakan Google.

Apa sanksi publisher yang pasif?

Selama tidak melanggar aturan Adsense, meskipun pasif sebagai publisher, Google tidak akan menurunkan sanksi apapun.

Apakah bisa sukses hanya sebagai publisher Adsense?

Tentu. Banyak blogger yang terbukti sukses meraup dollar per bulan dengan aktif sebagai publisher di Adsense. Kisah mereka banyak yang dijadikan materi tulisan para blogger.

Apakah Adsense terbukti membayar publisher nya?

Sudah pasti. Jika pendapatan Anda mencapai ambang batas atau bahkan lebih, jangan kuatir, pihak Adsense akan membayar Anda tepat waktu.

Google Adsense bukan Garis Finish


Sekarang coba tengok beberapa paragraf pembuka dari artikel ini. Makin berkembangnya trend di dunia blogging terkait dengan Google Adsense. Saya ambil contoh jual beli akun Adsense dan website TLD untuk daftar Adsense.

Banyak blogger terobsesi oleh kisah para senior yang lebih dulu sukses dengan gaji per bulan yang menggiurkan. Dengan obsesi itu, para blogger berlomba-lomba merubah blognya sedemikian rupa agar lolos review.

Itulah sebagian contoh perilaku blogger yang hanya menjadikan Adsense sebagai garis finish untuk aktivitas blog mereka.

Ingat, Google Adsense bukanlah garis finish. Masih panjang langkah Anda untuk mengembangkan blog dengan Adsense sebagai mitranya. Manfaatkan itu sebaik mungkin.


Semoga bermanfaat. Akhir kata "SAY NO TO COPY PASTE". Wassalam.

6 komentar:

  1. mantep dah gan nice info, jadi tambah semangat untuk nge-blog.

    BalasHapus
  2. Bisa di jadikan inspirasi para blogger yang pemula. Makasih gan!

    BalasHapus
  3. terima kasih untuk semua atas kunjungannya, semoga sukses selalu blognya.

    BalasHapus
  4. Setelah penantian panjang kini blog-blog yang saya kelola siap bersaing di Search Engine mas.. Terimakasih atas ilmunya, krn tdk sedikit yg sy pelajari dari blog ini. Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. senang bisa membantu...moga nanti blognya sukses dan ramai pengunjung..

      tetap semangat bang ali..salam blogger

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam