Blogger Pemburu Dollar Recehan - BLOG MUST TEGUH

Blogger Pemburu Dollar Recehan

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:45 PM
10 comments
Blogger pemburu dollar recehan.Dollarholic’ adalah istilah saya untuk memberi gelar kepada blogger pemburu dollar.

Tak perlu kita pungkiri, banyak blogger yang mencari nafkah lewat dunia maya dengan mengumpulkan receh demi receh, meski mata uang yang didapat memiliki kelas tersendiri yaitu dollar.

Dollar kini telah menjadi target papan atas bagi para blogger yang sangat berambisi mengadu nasib di internet melalui blog. Blog diciptakan untuk berbagi informasi. Namun sayang falsafah ini telah berubah arah menjadi “blog untuk dolar” di mata para pengumpul recehan.

Akibatnya apa yang terjadi? Mereka menjadi lebih sibuk mengurus trafik dan statistik pendapatan blog di bandingkan mengisinya dengan materi yang lebih bermanfaat. Yang jadi pertanyaan, apa yang pembaca dapatkan dari blog seperti itu?

Blogger Pemburu Dollar Recehan

Ciri Utama Blog Pemburu Dollar


Berdasarkan pengamatan penulis, ada beberapa kategori blog yang memiliki julukan sebagai pengumpul dolar. Anda boleh setuju atau menyangkalnya. Inilah kategori nya.

1. Pengunjung di sambut dengan pariwara

Saat masuk ke halaman blog, iklan redirect langsung menyambut Anda tanpa tahu apa maksudnya. Jika pernah punya pengalaman seperti ini, tanpa perlu saya jelaskan lagi sobat sudah bisa mengetahui salah satu ciri blog pemburu dollar recehan.

2. Artikel bersifat ala kadarnya

Artikel yang minim informasi namun kaya komentar spam. Artikel dibuat asal jadi, bahkan kalau perlu cukup copy paste. Kemampuan menulis artikel original tidak lebih dari 300 kata. Waktu mereka lebih banyak terfokus hanya untuk meningkatkan pendapatan pada setiap program iklan yang mereka ikuti.

3. Iklan berfungsi sebagai wallpaper

Background pada blog pemburu dolar sering tertutup oleh wallpaper gratisan dari jenis-jenis iklan yang muncul dengan aneka model yang membuat pusing pengunjung.

Inilah ciri yang bisa kita lihat langsung dari blogger jenis ini. Perlu berkali-kali menekan tombol close untuk melihat isi artikelnya. Meski pada akhirnya pembaca hanya akan melihat artikel yang tidak terlalu istimewa.

4. Blog lebih banyak membahas tentang iklan

Materi artikel biasanya berupa trik atau tutorial dengan disertai iming-iming tentang program iklan yang mereka ikuti. Dengan sistem referal, sebisa mungkin mereka akan membujuk pembaca nya untuk meng klik salah satu iklan pada blog, atau menggiring pengunjung agar mau mengikuti salah satu iklan yang sedang mereka promosikan.

Bagaimana dengan Adsense?


Adsense berbeda dengan program iklan yang lain. Program yang satu ini terasa lebih istimewa di mata para blogger. Banyak syarat yang super ketat untuk bisa bergabung. Menjadi kepuasan tersendiri bagi seorang blogger saat berhasil menjadi publisher dari Google Adsense.

Apapun program iklan yang Anda ikuti, termasuk Adsense sekalipun, saya tetap memandang Anda sebagai blogger pemburu dollar recehan.

Setiap hari waktu kita akan tersita hanya untuk mengutak-atik model iklan serta trik-trik ajaib yang bisa membawa perubahan pada statistik pendapatan Adsense.

Artikel pun dibuat hanya untuk mendongkrak trafik dengan harapan adanya perubahan pada grafik pendapatan. Apa sesungguhnya yang anda 'jual' kepada pembaca, informasi atau iklan?

Simpan jawaban nya untuk Anda sendiri.

Blogger Hebat tidak Mengejar Dollar Recehan


Semua blogger pasti mendambakan dollar bisa singgah ke rekening mereka. Penulis bukannya antipati dengan iklan yang menghasilkan dolar. Apapun namanya entah Amazon, Chitika bahkan Google Adsense sekalipun.

Prinsip saya sederhana, jika dollar lembaran bisa kita dapatkan kenapa harus mencari recehan? Memang terdengar sedikit idealis. Namun tahukah Anda, seorang blogger sukses yang telah menghasilkan miliaran dollar dari blog mereka, rata-rata adalah seorang blogger idealis.

Linda Ikeji (Nigeria) dan Pete Cashmore (Skotlandia) adalah contoh blogger jutawan yang memiliki idealitas dan loyalitas yang tinggi pada dunia blogging.

Dollar recehan jauh dari angan-angan mereka sebelumnya. Prinsip seorang blogger mereka junjung tinggi. Menjadi ‘kaki tangan’ perusahaan iklan hanya untuk memungut beberapa kepingan dollar sama sekali belum terlintas di benak mereka saat mulai merintis sebuah blog.

Prioritas utama mereka adalah memuaskan pembaca dengan cara konsisten dan fokus dalam menerbitkan artikel yang berdaya guna untuk pengunjung blog. Tak peduli berapa lama waktu yang telah dilalui, berkarya dan terus menciptakan kreasi untuk blog adalah motivasi utama mereka.

Idealisme seperti mereka yang saat ini penulis terapkan pada blog ini. Memang butuh waktu dan pengorbanan untuk hasil yang maksimal. Namun kita harus yakin, dengan blog yang memiliki nilai jual tinggi, tanpa perlu kita ‘mengemis’ pun, para perusahaan iklan yang justru akan memburu blog Anda.

Kesimpulan


Dalam blogging, buatlah target semaksimal mungkin. Jangan cepat berpuas diri, dari pendapatan dolar recehan yang Anda kumpulkan. Jadilah seorang blogger yang memiliki komitmen tinggi dengan pembaca Anda. Hakekat blogger adalah pemberi informasi bukan pemburu dollar.

Kita harus bisa berpikir di luar kemampuan orang berpikir. Orang lain bisa menjadi jutawan dengan hanya berprofesi sebagai penulis blog, kenapa Anda tidak? Buat daftar pertanyaan pada diri Anda seperti di bawah ini.
  • Apa yang harus saya tiru dari mereka?"
  • "Berapa lama waktu yang telah mereka korbankan?"
  • "Bagaimana mereka bisa melakukannya?"
  • "Apa yang harus saya pelajari?

Blogger dollarholic lebih tertuju pada “iklan apa yang bisa membuat mereka cepat kaya?”. Itulah pertanyaan konyol yang biasanya terbersit saat menyaksikan kesuksesan blogger lain. Saya tidak menganjurkan Anda menjadi seperti itu.

Andai saat ini Anda adalah seorang pengumpul dollar recehan, kini saatnya merubah stigma tersebut. Jika blog adalah ladang tempat kita mencari nafkah, rawatlah dengan kesabaran, tanam ‘bibit unggul’ yang bisa membawa manfaat buat orang lain, pilih materi yang memiliki nilai jual tinggi.

Saat blog Anda telah memiliki nama besar, tak perlu repot lagi kita mengajukan diri menjadi seorang publisher, para perusahaan iklan yang justru akan meng-antri dan siap menjadi sponsor iklan pada blog Anda.

Itulah "kesuksesan seorang blogger yang sesungguhnya."

Demikianlah pandangan penulis tentang blogger pemburu dollar recehan. Semoga bisa membawa manfaat. Setiap pendapat pasti ada yang pro maupun yang kontra. Silahkan berikan tanggapan Anda pada kolom komentar yang telah saya sediakan.

Akhir kata tak lupa saya berpesan, “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

10 komentar:

  1. Receh dollar sedikit demi sedikit, lama2 juga jadi bukit dollar..hehe :D

    BalasHapus
  2. betul, itu mencerminkan siapa kita...

    BalasHapus
  3. saya rasa memburu dolar itu wajar aja gan, bagaimanapun caranya. tapi harus juga di pikirkan kenyamanan pengunjung untuk membaca artikel kita, karena pengunjung datang untuk membaca bukan klik iklan, selanjutnya konten berkualitas juga perlu agar blog tidak termasuk kategori poor content, sisanya menyesuaikan dengan target. namun hal ini jarang diperhatikan, dan maunya hanya berburu dolar tanpa ingat lainnya. inilah yang bahaya, iya gak gan?

    BalasHapus
  4. betul mbah, di tampung usulnya..thanks udah mampir lagi di blog ane

    BalasHapus
  5. gak munafik kalau saya hobbi ngeblog tapi juga biar bisa menghasilkan gan.. hehehe tapi sampai skarang blom bisa menghasilkan,,,

    kalau menurut saya si sah sah aja asal profesional gak bikin bingung pengunjung, dan tidak memaksa untuk mengklik iklan yang tidak tau dimana tombol closenya

    BalasHapus
  6. ha ha ha..itu yang kerap ane temui..iklan tanpa tombol close

    BalasHapus
  7. hidup harus punya mimpi..... dan mimpi perlu diwjudkan.....hehehehe
    jadi kalau bermimpi untuk dapatkan dolar, WHY NOT??? sekalipun hanya receh

    BalasHapus
  8. di tampung opininya..ayo siapa lagi? he he he

    BalasHapus
  9. Bener banget mas kalo mau jadi pemburu dollar lembaran harus mencoba jadi profesional dulu ya salah satunya memanjakan pengunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau jujur,..pengunjung lah yang memberi dolar untuk kita melalui klik iklan yg mereka lakukan,..

      jika pengunjung merasa di abaikan, iklan Anda pun tidak akan di perhatikan..Masuk akal bukan?

      thanks mas agustiar..tetap berikan yg terbaik untuk pembaca,..happy blogging

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam