Perlukah Riset Keyword untuk Menentukan NAMA dan URL Blog? - BLOG MUST TEGUH

Perlukah Riset Keyword untuk Menentukan NAMA dan URL Blog?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:06 AM
Leave a Comment
Perlukah Riset Keyword untuk Menentukan NAMA dan URL Blog? Riset artinya meneliti atau mengumpulkan informasi. Dalam dunia blogging, riset keyword menjadi gerbang pertama sebelum blog di buat. Khususnya untuk menentukan URL yang akan dipakai sebagai alamat blog.

Kita ibaratkan saja blog adalah sebuah toko. Tentunya banyak pesaing di sekitar kita, dengan model pemasaran yang berbeda, display toko yang unik, serta kelengkapan isi dari toko pesaing kita.

Tentu hal ini tidak ada bedanya saat kita akan membuat sebuah blog. Dibutuhkan riset keyword untuk nama dan url blog yang akan kita bangun.

Hal ini harus jadi acuan untuk melakukan terobosan yang berbeda dan lebih unik. Misalnya saja bentuk bangunan toko yang kita buat lebih atraktif, atau metode pemasaran yang di modifikasi untuk lebih menjaring konsumen agar mau datang ke toko kita.

Kembali ke masalah riset keyword.

Jika sobat perhatikan, artikel blog yang duduk di 5 besar halaman pertama Google yang membahas tentang cara riset keyword untuk nama dan url blog, rata-rata membahas metode yang sama.

Riset Keyword untuk Menentukan NAMA  dan URL Blog


Mungkin kurang lebih metode mereka seperti di bawah ini:

"ibaratkan hendak membuat blog bisnis yang menawarkan ponsel, setelah melakukan riset yang berhubungan dengan ponsel, di dapatkan beberapa kata kunci sebagai berikut:

ponsel murah
ponsel terbaru
ponsel canggih
ponsel terbaik
ponsel keren

Semua kata kunci tersebut dalam sebulan di cari sekitar 1000 orang lebih.

Dari beberapa kata kunci diatas kita bisa membuat nama dan url blog, saya ambil contoh sebagai berikut:

URL: jualponselkomplit.blogspot.com

Title : Ponsel Murah Canggih dan Terbaru Paling Komplit

Deskripsi: Jual ponsel murah berkualitas, ponsel terbaru, ponsel canggih."

Itu memang hanya sebuah contoh, tapi seolah-olah mengarahkan pembaca untuk membuat sebuah judul blog atau url nya sesuai dengan metode yang mereka tawarkan.

Menurut pendapat saya, metode seperti itu tidak 100% maksimal hasilnya untuk SEO.

Url sebuah blog tidak harus diisi dengan kata yang berhubungan dengan judul atau title blog. Meskipun persentase sebuah blog untuk berada di SERP berdasarkan nama domain masih jadi faktor penentu.

Jangan menggunakan satu tool saja untuk melakukan riset keyword.

Sekali lagi yang perlu saya tekankan, konten yang kaya dengan kata kunci dari sebuah judul lah yang mampu bersaing di halaman pertama. Apalagi artikel yang di tulis memiliki konten di atas 1500 kata dengan variasi keyword yang merata di setiap paragraf nya.

Riset keyword untuk nama dan url blog boleh saja dilakukan, sebatas untuk mengetahui tingkat persaingan tentang topik blog atau niche yang akan kita buat.

Ini kesimpulan nya.

1. Kemiripan URL blog dengan judul blog


Dengan cara ini, akan lebih mudah diingat oleh pembaca. Niche atau topik sebuah blog, tidak harus di tentukan dari nama url blog Anda. Perhatikan nama url dari para master blog, kebanyakan mereka justru mengambil nama yang unik untuk URL mereka.

Tentu maksudnya agar lebih berbeda dari yang lain, dan gampang diingat, tapi tetap mengutamakan konten blog yang menjadi nyawa mereka.

2. URL jangan terlalu panjang


Url yang pendek memiliki tingkat persaingan yang tinggi di mesin pencari. Ada poin menarik jika URL blog singkat dan ringkas, lebih 'cacthing eyes'. Buatlah URL untuk nama blog yang gampang diingat serta tidak ribet dalam penulisannya di addres bar.

3. URL blog yang di ambil dari nama sendiri atau nama yang unik


Di banding mengambil nama url dari hasil research keyword, memakai nama sendiri untuk identitas blog lebih memberikan kepuasan serta untuk personal branding di mata mesin pencari dan audiens.

4. Jangan gegabah memilih nama dan URL blog


Nama dan url blog yang sudah di buat kecil kemungkinan nya untuk bisa di rubah kembali.

Sebagai penutup, fokus pada optimasi blog itu yang terpenting. Perbanyak update artikel menarik dan berkualitas. Hal ini lebih bermanfaat untuk lebih memperkaya kata kunci di mesin pencari google.

Jangan lupa selalu “ Say No To Copy Paste “.

Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam