Mengenal Fungsi dari Menu di Dasboard Blog | Berbagi Ilmu

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:57 PM
2 comments
Mengenal fungsi dari menu di dashboard blog. Untuk para master atau mastah, fungsi dari masing-masing menu dasboard mungkin sudah tidak asing bagi mereka, namun bagi para blogger pemula hal ini bisa saja sedikit membingungkan.

Tidak ada salahnya juga sekarang saya berbagi kepada mereka untuk lebih mengenal fungsi dari menu di dasboard blog.

Untuk masuk ke dasboard, klik nama blog anda di halaman akun blog.

Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu fungsi dari menu dasboard blogger. Simak baik-baik.

Entri Baru

Ini adalah menu tempat Anda menulis sebuah artikel. Pada menu ini terdapat dua tag yaitu Compose dan HTML. Untuk menunjang aktivitas menulis Anda, terdapat ikon-ikon yang bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan artikel yang Anda buat.

Mengenal Fungsi dari Menu di Dasboard Blog

Pos

Di dalamnya berisi draft tulisan dan postingan yang telah diterbitkan. Kita bisa mengedit, menghapus, dan menyimpan artikel dari menu ini. Berapa jumlah artikel yang telah Anda buat bisa dilihat pada menu ini.

Statistik

Terdapat 4 item di menu ini yaitu:
  1. Ikhtisar, memberitahu statistik penayangan dari blog secara real time, kemarin, dan bulan lalu, serta jumlah penayangan secara keseluruhan dari pertama blog dibuat.
  2. Pos, menunjukkan jumlah penayangan postingan berdasarkan range waktu tertentu (hari, minggu, bulan, dan setiap saat).
  3. Sumber lalu lintas, menunjukkan penayangan postingan sesuai URL perujuk berdasarkan sumber situs perujuk, entri dan kata kunci yang terbaca melalui mesin pencari.
  4. Pemirsa, menunjukkan asal negara dari pengunjung yang masuk ke blog Anda.

Komentar

Menu ini berfungsi untuk mengontrol komentar yang masuk. Termasuk didalamnya komentar yang telah diterbitkan atau pun yang sedang menunggu moderasi dari Anda.

Kampanye

Ini adalah salah satu menu yang ditawarkan Google bagi Anda yang berniat mengkampanyekan blog baru Anda melalui jasa iklan Google Adwords.

Laman

Halaman static blog dibuat melalui menu ini. Static page atau halaman static adalah halaman suatu blog di luar postingan. Halaman ini sifatnya independen dan bisa diatur sesuai keinginan. Contoh halaman static misalnya about, privacy policy, disclaimer, contact, dan sitemap.

Tata Letak

Penambahan atau pengeditan widget blog dilakukan lewat menu ini. Dari sini Anda bisa mendesain letak atau posisi widget sesuai selera Anda berdasarkan template yang dipakai untuk mengatur keserasian tampilan blog Anda. Selain itu pemasangan kode script iklan juga bisa dilakukan lewat menu ini.

Template

Ini termasuk menu yang paling penting. Dari menu ini Anda bisa merubah, mengedit kode, atau mem-backup template Anda. Sebenarnya menu ini sedikit sensitif bagi mereka yang kurang memahami bahasa coding. Kesalahan yang terjadi saat proses pengeditan, akan berdampak langsung terhadap kinerja blog Anda. Untuk itu Anda perlu berhati-hati ketika mengoperasikan menu yang satu ini.

Setelan

Jika diibaratkan sebuah mobil, menu ini adalah setir mobil yang akan mengatur pergerakan blog Anda. Terdapat sub-sub menu yang perlu Anda perhatikan satu per satunya.
  1. Dasar
  2. Pos, Komentar, dan Berbagi
  3. Email
  4. Bahasa dan Pemformatan
  5. Preferensi Penelusuran
  6. Setelan Pengguna
  7. Lainnya

Kiranya cukup sekian penjelasan yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.


Akhir kata “SAY NO TO COPY PASTE”. Thanks - wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

2 komentar:

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam