Belajar Google Adsense | Panduan untuk Blogger Pemula

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:12 PM
20 comments
Belajar google Adsense. Bagi yang sudah lama malang melintang di dunia blogging, pasti sudah tidak asing dengan topik kali ini. Belajar Google Adsense butuh waktu dan konsentrasi, karena banyak yang harus kita kuasai secara benar tentang dasar-dasar Adsense.

Mengapa saya tambahkan pada judul artikel saya ini point panduan belajar untuk blogger pemula, alasan utamanya karena hanya 3 hal mendasar tentang Google Adsense yang akan kita pelajari.

Selebihnya tentang belajar Google Adsense mungkin bisa Anda temukan di artikel teman blogger yang lain. Terus terang saja, blog ini baru sebulan saya kelola, namun hampir satu tahun lamanya saya menekuni dunia blogging.

Sayangnya blog pertama yang saya kelola banyak berisi materi-materi yang banyak melanggar kebijaksanaan dari google adsense. Berpijak dari kesalahan tersebut, saya mengajak sobat agar lebih mendalami tentang kebijakan google adsense sesuai panduan yang benar.

Apa itu Google Adsense?


Berdasarkan keterangan dari situs resminya Bapak Google, disebutkan bahwa Google Adsense adalah iklan Google yang bertarget bagi semua penayang situs web baik besar maupun kecil yang di daftarkan secara mudah dan gratis untuk memperoleh uang atau pendapatan dari iklan yang di semat kan.

Google Adsense sangat berbeda dengan jaringan iklan yang lain. Sebagai yang terbesar, Google Adsense merupakan jaringan iklan yang istimewa di mata para pemain blog.

Pendapatan yang sangat menjanjikan dari gaji bulanan yang bisa diterima melalui iklan. Banyak pelaku blog yang sudah terbukti sukses bermain di bisnis ini. Tak heran banyak muncul pemain baru di dunia blogging yang sangat berambisi untuk mencantumkan iklan dari Google Adsense.


 Belajar Google Adsense | Panduan untuk Blogger Pemula

Bagaimana Cara Mendaftar Google Adsense?


Untuk proses yang lebih mendetail tentang cara mendaftar Google Adsense, akan saya terangkan di artikel saya selanjutnya. Disini hanya diberikan tahapan proses pendaftaran nya hingga proses persetujuan nya saja, kurang lebih seperti di bawah ini.

Mengirimkan permohonan ke Adsense

Memiliki blog atau situs merupakan syarat mutlak sebelum mengajukan permohonan ke pihak Adsense. Tinjau lebih detail terhadap materi blog agar proses permohonan bisa segera di setujui.

Verifikasi dari permohonan yang kita ajukan

Biasanya pihak Adsense butuh waktu satu hari untuk meninjau permohonan yang Anda ajukan. Pemberitahuan status permohonan akan dikirim lewat email yang Anda daftarkan. Jika permohonan diterima, Anda bisa melanjutkan ke langkah ke tiga.

Mulai membuat unit iklan dan menempatkan iklan di blog

Pelajari dari situs resmi Google Adsense tentang panduan memasang unit iklan pada blog. Biasanya muncul kotak kosong di ruang iklan Adsense, hal ini hanya bersifat sementara. Pada akun Adsense Anda akan muncul bilah merah yang menandakan bahwa permohonan iklan sedang ditinjau (review).

Masa peninjauan iklan pada blog oleh pihak Google Adsense

Proses ini butuh waktu kurang lebih satu minggu. Sistem Adsense akan mendeteksi dan meninjau penempatan iklan pada blog Anda. Setelah proses peninjauan, akan ada notifikasi email kedua yang memberitahukan status permohonan Anda. Jika permohonan diterima, berarti Anda sudah diterima secara penuh sebagai publisher dari Google Adsense.

Iklan telah aktif sepenuhnya (full approved)

Bilah merah di beranda akun akan hilang, artinya akun Adsense sobat telah aktif sepenuhnya. Kini saatnya sobat untuk mengoptimalkan iklan adsense untuk meningkatkan pendapatan.

Apa Syarat Agar Di terima Google Adsense?


Agar blog bisa diterima oleh Adsense, buka situs tentang Adsense. Di situs resminya , secara gamblang telah dijelaskan tentang persyaratan apa yang harus di miliki agar bisa bergabung dengan Adsense.

Konten-konten yang dilarang pada blog serta kebijakan kebijakan lainnya tentang Adsense telah dijabarkan secara detail pada situs resminya.

Lalu apa syarat yang paling masuk akal agar diterima Adsense?

Sejauh ini saya hanya bisa merangkum pendapat dan beberapa pengalaman para master dan rekan sesama blogger yang telah berhasil lolos seleksi dari Google Adsense.

Pengalaman mereka bisa Anda jadikan panduan sekaligus pedoman di antaranya sebagai berikut.

1. Baca lebih teliti kebijakan Google tentang Adsense

Ini adalah syarat utama yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui lebih dalam tentang kebijakan Adsense, kita akan lebih tahu dan berhati-hati sebelum mendaftarkan blog kita atau pun setelah blog kita di setujui atau aktif sepenuhnya.

2. Pahami apa yang Google mau

Bentuk template sederhana dan materi yang berkualitas dan originalitas adalah yang Adsense idamkan dari konten sebuah blog. Artikel copy paste tak punya tempat di sini.

Yang paling utama yaitu artikel yang berasal dari buah pikiran Anda sendiri, meskipun topik yang disajikan sudah banyak yang membahasnya.

3. Memaksimalkan fungsi Google Webmaster Tool (Search Console)

Melalui fitur yang ada di Google webmaster tool, Anda bisa melihat kesehatan blog. Selalu perhatikan perkembangan blog dari tool ini. Segera lakukan perbaikan jika ada indikasi blog sedang bermasalah.

4. Rajin Menulis Artikel

Saat mengajukan permohonan Adsense dan sedang dalam masa peninjauan, lakukan update artikel minimal 3 atau 4 buah setiap harinya agar blog dinilai aktif di mesin pencari Google.

Buatlah artikel yang menyinggung tentang salah produk Google. Tujuannya tentu saja agar bapak Google senang dengan blog Anda.

5. Silaturahmi dan aktif  di forum-forum

Aktivitas ini mungkin ringan untuk dilakukan, namun efeknya sangat berpengaruh pada blog Anda. Dengan aktif di setiap forum, pelan tapi pasti bisa meningkatkan trafik blog yang akan menambah nilai positif di mata Google.

6. Mendaftar Adsense blog dari Blogger

Iklan adsense dari Youtube hanya bisa ditampilkan di youtube. Iklan adsense dari blogger hanya bisa tampil di blogspot. Hal itu sudah jelas dan keduanya tidak bisa dicampurkan walaupun keduanya sama sama produk Google.

Ada yang mengatakan keduanya bisa dikolaborasikan asal domain dari blogspot.com di upgrade ke domain berbayar.

Namun saya lebih menyarankan jika blog sobat berdomain blogspot.com lebih baik mendaftar lewat menu 'Penghasilan' pada dasbor blogger. Jangan terlalu pedulikan trik menyesatkan untuk sekedar mendapat akun Adsense lewat youtube. Saya berbicara dari pengalaman yang sudah saya alami.

7. Menambah fitur penting pada blog

Apa fitur penting yang harus ada pada blog sobat. Privacy policy, terms of services, contact, disclaimer dan about adalah fitur yang harus ada. Google menilai, adanya fitur tersebut membuat blog terlihat lebih profesional, serius dan konsisten.

8. Harus siap ditolak

Nah, ini yang penting. Jika ingin mendaftar ke adsense Anda harus siap mental untuk ditolak berkali-kali. Hampir semua blogger yang sudah menjadi publisher pernah merasakan pahitnya ditolak adsense. Namun penolakan bukan berarti kegagalan. Maju terus pantang mundur.

Jika Adsense Di Tolak


Tak selamanya pengajuan adsense berjalan dengan mulus, penolakan bukan hal yang mengejutkan bagi para blogger yang siap terjun ke dunia adsense. Untuk itu, disini kita belajar Google Adsense untuk menyikapi penolakan yang mungkin terjadi. Lalu apa yang harus dilakukan saat permohonan adsense kita di tolak? Ini saran yang bisa saya berikan.
  1. Perbaiki konten dan desain blog Anda. Untuk konten, coba tempatkan diri kita sebagai pembaca lalu perhatikan artikel yang sudah kita buat, terasa unik atau tidak. Untuk urusan desain, saat mendaftar kembali gunakan template default dari blogger yang sudah responsive.
  2. Saat ditolak, jangan langsung terburu-buru mendaftar kembali, karena akan dianggap spam oleh Google. Hanya penolakan lagi yang akan Anda terima. Tunggu beberapa hari atau minggu, sambil memperbanyak konten dan trafik.
  3. Tambah perbendaharaan artikel pada blog Anda. Semakin banyak semakin baik. Dan yang terpenting harus unik dan bernilai.
  4. Periksa semua link pada artikel Anda, jika ada broken link segera perbaiki. Buang artikel yang memiliki trafik rendah, ganti dengan yang lebih baru dan menarik.

Jika semua perbaikan sudah Anda lakukan, silahkan mengajukan permohonan Adsense berikutnya.

Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih.

Jangan lupa selalu “Say No to Copy Paste”. Wassalam.

20 komentar:

  1. Membaca artikel ini sangat menyenangkan.... saya ingin sekali menggapai cita2 ini... menjadi blogger sehat dengan google adsense

    BalasHapus
  2. Kalo cara mendapatkanya susah, insya alloh hasil yang di dapat juga akan berkah, betul kan mas abdur?

    BalasHapus
  3. ditolak 15x masalah konten tidakmemadai
    2akun GA disable

    BalasHapus
  4. ditolak 15x masalah konten tidakmemadai
    2akun GA disable

    BalasHapus
  5. alasan penolakannya apa maz rizal?

    BalasHapus
  6. baca artikel saya tentang penolakan adsense terkait konten tidak memadai..barangkali bisa membantu..sukses selalu maz rizal blognya

    BalasHapus
  7. Mas teguh udah ketrima google adsense ?

    BalasHapus
  8. Untuk blog ini masih di review, blog saya yang ada iklan adsense, kena banned, baca paragraf atas artikel ini, thanks mas juku, semoga sukses blognya

    BalasHapus
  9. saya ttarik dgn tulisan anda gan, saya buat blog udh hampir 9 bln, tp saya blm tau, apa blog saya bisa didftrin adsense gak ya.....?

    BalasHapus
  10. dicoba aja mas aan, barangkali di terima..kalo belum nyoba mana kita tahu? thank ya.moga sukses blognya

    BalasHapus
  11. terima kasih atas ilmunya...

    BalasHapus
  12. trimaksih informasiny bagus

    BalasHapus
  13. sama2 nona cantik..tetep semangat ya ngeblog nya..jangan putus asa

    BalasHapus
  14. Pengen uga daftar adsenses tapi masih belum memiliki blog yang siap untuk ikutan daftar,

    BalasHapus
  15. bikin blog aja mas,..maaf..mas profesinya tambal ban? wah, langka lho blogger yg nyambi jadi tkng tambal ban..bikin blog yg membahas ttg keunikan profesi mas poniran mungkin bisa menarik perhatian adsense..ayo mas semangat..

    BalasHapus
  16. mas teguh mo tanya kemari tgl 23 agustus daftar, setelah 5 jam lolos review dua trus ada email pasang kode iklan. ane pasng pake plugin offisial adsense tapi hingga saat ini belum ada kabar juga tidak ada bilah merah bahwa situs sedang direview. mohon pencerahannya

    BalasHapus
  17. setelah kode iklan di pasang,..tugas selanjutnya hanya menunggu dan tetap ngeblog seperti biasa agar trafik makin bertambah..yang sabar aja mas ferry.

    BalasHapus
  18. setelah kode iklan di pasang,..tugas selanjutnya hanya menunggu dan tetap ngeblog seperti biasa agar trafik makin bertambah..yang sabar aja mas ferry.

    BalasHapus
  19. artikelnya sangat mmbantu banget mas,oia..kalo blog dengan nice agama islam bisa di aproov ga ya ma adsense. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, selama konten nya tidak melanggar TOS adsense, seprti artikel yg berbau sara, penghinaan atau penistaaan agama trtentu,..

      di coba aja mas Anggoro,..moga ditrima

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam